KRI Usman Harun-359 dan KRI Terapang-648 Berlabuh di Naval Base Muara Brunei

33
31

KRI Usman Harun– 359 tiba di Muara Naval Base (16/10/2016). (TNI AL)
KRI Usman Harun– 359 tiba di Muara Naval Base (16/10/2016). (TNI AL)

Dua kapal perang TNI Angkatan Laut berlabuh di Naval Base Muara kemarin, dalam persiapan latihan bersama dengan Royal Brunei Navy pada minggu ini .

KRI Usman Harun-359 dan KRI Terapang-648, membawa total 120 pelaut dari pangkalan Angkatan Laut Komando Armada RI Kawasan Timur di Surabaya, Jawa Timur.

kri-usman-harun-359-dan-kri-terapang-648-berlabuh-di-naval-base-muara-brunei-2
Komandan KRI Usman Harun-359, Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, mengatakan bahwa di bawah sandi Helang Laut 17B, ini akan menjadi latihan angkatan laut bersama ke-17 di antara kedua angkatan laut. Latihan ini dijadwalkan berlangsung sampai 19 Oktober di perairan Brunei.

“Kami akan berbagi praktik terbaik dan memperkuat persahabatan kami,” ujar Kolonel Laut (P) Alan.

kri-usman-harun-359-dan-kri-terapang-648-berlabuh-di-naval-base-muara-brunei-3
Kolonel Laut (P) Alan menjelaskan bahwa kedua pihak ingin lebih memperkuat hubungan komunikasi dan koordinasi di masa depan karena keduanya adalah anggota ASEAN.

Selama pelatihan, kedua belah pihak akan fokus pada hal-hal teknis dan strategi berdasarkan referensi yang dipilih dan prosedur operasi standar untuk latihan angkatan laut bersama.

kri-usman-harun-359-dan-kri-terapang-648-berlabuh-di-naval-base-muara-brunei-4
KRI Usman Harun merupakan multi-role light frigate buatan Inggris sedangkan KRI Terapang adalah kapal patroli cepat yang dibangun di Indonesia.

Sumber: The Brunei Times

33 KOMENTAR

  1. Sekalian berterima kasih dan memberi laporan kepada Brunei bahwa Eks Nahkoda Ragam class telah disempurnakan dan telah ditingkatakan kemampuan nya oleh Pihak Indonesia dimana TNI-AL selaku Operator Utama Korvet kelas ini jadi gak sia2 Pihak Brunei menyerahkan kapal2 tsb ke Pihak Indonesia

  2. Ngapain berterima kasih sama brunei,. Tuh kapal kita beli bukan dari brunei karena pemerintah tdk pernah membayar ke brunei dan bahkan angkatan laut mereka blm pernah memakai sama skali. Kita membayar kepada galangan lurssen dan BAE Marine

  3. smua yg ddlm laut emang penuh misteri.gk bs dlihat mta tlanjang sperti ddarat&udara.kasel adlh alutsista pamungkas(kunci)&paling mmatikan dbanding pespur/rudal balistik.kasel bs mnyusup jauh ke daerah musuh&blm ada radar yg dbwh air.kasel bs mbawa rudal balistik&bawa pasukan pemukul cepat.itulah mngapa hrus drahasiakn kbradaan&jumlahny.