Jan 052015
 
Tiga KRI baru TNI AL: Bung Tomo-357, KRI Jhon Lie-358 dan KRI Usman Harun-359 (Dok. TNI AL)

Tiga KRI baru TNI AL: Bung Tomo-357, KRI Jhon Lie-358 dan KRI Usman Harun-359 (Dok. TNI AL)

VIVAnews – Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Madya TNI, F. Henry Bambang Soelistyo, pada Minggu, 4 Januari 2015 menyampaikandalam pencarian bangkai pesawat dan jasad penumpang AirAsia QZ8501, TNI Angkatan Laut menambah dua kapal lagi. Kedua kapal itu diketahui yakni KRI Usman Harun dan KRI Frans Kasepo.
Namun, pengerahan KRI Usman Harun rupanya tidak terlepas dari perhatian Singapura yang juga ikut serta dalam misi kemanusiaan itu. Bahkan, media Singapura, Channel News Asia, edisi Minggu, 4 Januari 2015, menurunkan tulisan dengan judul “Indonesia Mengerahkan KRI Usman Harun yang Kontroversial untuk Pencarian Pesawat AirAsia”.
Mereka masih mengaitkan nama kapal tersebut dengan insiden pengeboman Gedung MacDonald di tahun 1965 lalu. Nama kapal itu diambil dari pelaku pengeboman yakni Usman Mohamed Ali dan Harun Said yang menjadi anggota Korps Komando Operasi (KKO). Akibat aksi pengeboman itu, sebanyak tiga orang tewas dan 33 lainnya terluka.
Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF), turut memberikan komentar mereka. Mereka mengatakan, walau KRI Usman Harun ikut dilibatkan dalam misi tersebut, namun mereka akan tetap melanjutkan misi pencarian.
“Singapura menawarkan bantuannya untuk upaya kemanusiaan yang muncul dari sebuah kecelakaan tragis AirAsia QZ8501 yang jatuh di teritori negara tetangga kami, Indonesia. Kami menawarkan rasa duka terdalam kepada keluarga penumpang dan kru. SAF, akan tetap membantu upaya pencarian secara profesional,” tulis perwakilan MINDEF.
Dalam misi ini Pemerintah Singapura mengerahkan dua kapal, dua pesawat Hercules C-130, 1 helikopter dan tujuh personil anggota DVI untuk mengidentifikasi jasad korban. (VIVAnews)

Media Singapura sindir TNI cari AirAsia pakai KRI Usman-Harun

Merdeka.com – Media massa Singapura kembali mengungkit isu nama KRI Usman-Harun milik TNI AL, ketika armada tempur itu digunakan dalam misi evakuasi korban pesawat nahas Indonesia AirAsia QZ8501. Sejak Ahad (4/1), kapal kontroversial itu mulai dilibatkan mencari badan pesawat di bawah air, lantaran memiliki teknologi sonar.

Channel News Asia dan The Real Singapore, Senin (5/1), mempertanyakan pelibatan kapal yang secara resmi namanya dipermasalahkan pemerintah Singapura.

Nama kapal ini berasal dari pelaku peledakan Gedung MacDonald, Orchard Road pada 1965, yakni Usman Muhammad Ali dan Harun Said. Bagi RI, keduanya adalah marinir yang melaksanakan tugas negara pada periode konfrontasi dengan Federasi Malaya.

Tapi buat warga Singapura, aksi mereka termasuk terorisme paling parah sepanjang sejarah negara itu. Bom Usman dan Harun menewaskan tiga orang, menyebabkan 33 lainnya cedera parah.

“Penamaan kapal milik TNI itu pada Februari 2014 sudah menimbulkan ketegangan antara kedua negara,” tulis Channel News Asia.

Sementara situs jurnalisme warga the Real Singapore menilai langkah TNI AL tidak peka. Sebab militer Negara Singa resmi terlibat dalam evakuasi ini.

“Indonesia entah sadar atau tidak kembali bermain-main dengan api mengirim kapal kontroversial itu dalam proses pencarian.”

Dihubungi terpisah, Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF) berusaha tidak memikirkan keberadaan KRI Usman Harun yang dulu mereka keluhkan itu. Fokus gabungan tim SAR saat ini menemukan sebanyak mungkin korban serta kotak hitam pesawat.

“Tentara Nasional Singapura fokus membantu proses pencarian ini secara profesional,” menurut juru bicara MINDEF lewat keterangan tertulis.

Selama proses evakuasi AirAsia berjalan, Singapura menyumbangkan tenaga militer, sekaligus mengerahkan kapal dan helikopter. Pasukan Negara kota itu berjasa menemukan satu jasad penumpang dan kursi pramugari. Tim identifikasi jenazah (DVI) Singapura juga membantu pelacakan identitas korban di Surabaya. (Merdeka.com)

Bagikan :

  127 Responses to “KRI Usman Harun Dikerahkan Cari AirAsia, Ini Kata Singapura”

  1.  

    Negara ini perlu diajarkan definisi suasana perang…

  2.  

    Skali2 di upil memang perlu diberi pelajaran. Biar tidak buta huruf.

    •  

      Kita tdk sedikitpun permasalahkan para negara imperalis dimasa lalu mengangkat tokoh pahlawan yg berjasa buat negaranya meski perlakuan sebaliknya memberikan penindasan dan penderitaan bagi bangsa kita toh kita pun tak mempersoalkan toh wajar setiap negara akan nenghargai jasa pahlawwnnya, syukurlah sebagai bangsa pejuang justru kita bisa memahami dan mungkin kepekaan tetangga kita beda wong kemerdekaan mereka hanyalah hadiah imperialisme sudah2 jgn terlalu di besar2 kan, demi nilai kemanusiaan yg kita junjung bersama

  3.  

    Si upil minta dihajar nih

  4.  

    masi sempet aja mikir kesana nih gw kasih jg contohnya peritiwanya kynya gak jauh beda dah kl gak salah di singapura ada nama jalan salah satu tokoh yg dulu itu pernah melakukan kejahatan perang di salah satu kota indonesia lupa gw namanya kl gak salah raflesia, lah itu org kita aja santai aja gak ungkit2 knp cm masalh bgn diungkit lg, uda ky emak2 aja berantem ungkit2 masalah, kondisi lg misi kemanusiaan malah ributin masa lalu mestinya dia org belajar sm inul masa lalu biarlah masa laluuuuu…..

    •  

      maklum orang kaya…hal sedikit aja trauma…he7x…padahal keisengan Singapur di Indonesia mah lebih banyak…dan bisa mengguncangkan ekonomi dan politik…lagipula Usman Harun itu pantes2 aja kan jaman konflik..iya namanya sabotase sih wajar…..itu Inggris bisa dewasa.. 2 jenderalnya koit.di .perang Surabaya plus belasan ribu tentara gugur dan luka2…g pernah protes dgn nama Bung Tomo di KRI…yah wajar namanya perang…..mass media Singapur rada2 ‘loon’….he7x..

  5.  

    Singapur paranoid seakan (nigthmare)

  6.  

    Liat kata – katanya ni :

    “Indonesia entah sadar atau tidak kembali bermain-main dengan api”

    WUIS HEBAT BENER NI SI UPIL… KLO SI UPIL BERAKSI PASTI SI MALINGSIAL JG BERAKSI..
    DI MN PENERUS P.SOEHARTO DAN BUNG KARNO ..G AKN ADA NEGARA YG MENGHINA INDONESIA

  7.  

    Ha

  8.  

    shit!

  9.  

    Nusti begitu bersikapnya, jgn kek anak kecil lah.. dikit2 ngambek..

  10.  

    Mau brmaen api besar apa api kecil singaparno,..?

  11.  

    Harus belajar berterima kasih terhadap negara tetangga Yang udah baik membantu di waktu musibah.

  12.  

    Mau bantu ya bantu kalo ndak juga silahkan…lain cerita kalo pesawat jatuh di wilayah singaporn silahkan saja protes… Gitu aja repot

  13.  

    Negara yang tak punya pahlawan

  14.  

    yg bikin ribut itu ulah jurnalis di media massa si upil … harusnya jurnalis kita hadapi mereka melalui media juga biar mrk nyaho …
    kalo militer upil biasa aja tuh

  15.  

    udh lah ga usah d’ributin, anggap aje si upil lg belajar baca biar naik kelas..

  16.  

    pulang aja deh singaporno…
    RI gak pernah ngundang juga buat di bantu dalam musibah ini…
    silahkan pulang…

  17.  

    Nunggu aksi gagah KRI UsmanHarun memamerkan kemampuan pd tetangga tetangga

  18.  

    tinggal bilang aja ke singapura,,mau bantu in sukur, kalo ga silahkan pulang kampung .hal ini adalah urusan dalam negeri R.I.

  19.  

    Singapore sendiri lupa klo mereka sudah menghina kita dengan mengirim WNI yang terdaftar wajib militer dalam latihan dengan TNI. Apa itu bukan penghinaan? Kalo KRI Usman Harun, ini wilayah kita sendiri. Jangan sampai kita didikte negara lain

    •  

      sudah dijawab mas sama pak Moel , antara lain kirim ke Dephubham, melalui proses interogasi ….

      lalu menhan Singapore minta dibebaskan
      Pak Moel bilang hati-hati kamu recrut orang indonesia jadi tentara, bisa bisa nextnya jadi tahanan

      •  

        Nah itulah Mas. Negara semaju Singapura, ngga mungkin kalo data prajuritnya ngga komplit. Mereka pasti punya dan tahu soal data WNI yang jadi prajurit wamil itu. Kok berani-beraninya nekat ngirim buat latihan? Niatnya apa? mau ngetes Indonesia? mau ngejek? Untung ketahuan sama TNI, kalo ngga? Dalam hal ini, saya salut sm pak Moeldoko yang reaksinya cukup keras.

  20.  

    biasa media kan kerjanya cari sensasi

  21.  

    Gk usa di gubriss tu media singaporn…lanjutkn kri usman harun ..

  22.  

    apa gk ada kapal lain yg dikerahkan dan harus menggunakan kapal usman harun ?? singapur juga ikut membantu pencarian air asia dari negara asean selain malaysia, itu mereka lakukan demi rasa empati dan semangat persahabatan asean, gmn perasaan low semua klo misalnya ada kapal asing masuk wilayah ri dengan nama kapal dr azahari ??

  23.  

    Percaya lah bahwa Bapak2 TNI kita sudah berpikir panjang ambil keputusan…

    NKRI sedang mengerahkan seluruh Sumber Daya utk mencari WARGAnya di Lautan, dan kebetulan teknologi tercanggih ada di KRI Bung Tomo, John Lie dan Usman Harun…

    Mencari WARGAnya yg HILANG di LAUT, masih mau mikirin kritik negara lain??

    Cb bayangkan kalo keluarga agan yg jd korban, dan “misal” hanya KRI Usman Harun yg bs temukan, dan Pemerintah tidak mau mengeluarkan Usman Harun hanya “karena” tidak mau dkritik negara lain…..zzzz

    •  

      kri iskandar muda, kri frans kasaepo , kri slamet riadi, kri oswald siahaan, kri abdul halim , kri diponegoro ?? apakah semua ini kalah dengan kri usman harun sehingga perlu diterjunkam

      •  

        kri iskandar muda, kri frans
        kasaepo , kri slamet riadi,
        kri oswald siahaan, kri
        abdul halim , kri
        diponegoro
        —————–
        saya belum pernah mendengar
        belanda keberatan dgn
        penamaan kapal perang RI

        •  

          soalnya nama nama tersebut gk pernah ngebom di negara belanda bung.

          •  

            Iye tapi bikin tentara belanda bnyk yg modar..

          •  

            Kalaupun ada yg harus disalahkan, adalah perencananya. Mengapa membom target sipil? Mengapa walaupum bom sudah diatur meledak malam hari di saat area sudah kosong dari manusia namun tetap jatuh korban? Nama kapal, biarlah tidak usah diganti, jangan pula ini menjadi hambatan. Walaupun di masa lalu terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan, hubungan kedua negara menuju masa depan jauh lebih penting. Saya termasuk.yg tidak setuju gagasan menghujani singapur dgn roket. Musuh sebenarnya ada di utara, yg produk2nya di-banned oleh singapur.

          •  

            bedo agen rahasia , singaporno. sdh dijelasin masih bantah terus. penjahat bagi anda bukan berarti penjahat pula bagi kami…….understood!!!!! usman harun menjalankan misi negara !!!

          •  

            namanya jaman konflik…sabotase sih wajar…lha Singapura itu basisnya Inggris dan Amrik ngerecokin Indonesia via PRRI../Permesta .itu korban sipilnya g tiga ..ribuan WNI tewas.. yg menderita ratusan ribu ..kalo soal korban jiwa…Indonesia lebih banyak…Pers Singapura aja lebay…

      •  

        USMAN HARUN ITU PAHLAWAN bukan teroris karena dia state actor…..artinya NEGARA YG PERINTAHKAN. lagipula mr.lee kwan you pernah NYEKAR DI MAKAM USMAN & HARUN…..maka SELESAI SUDAH PERKARA. negara satu ni udah TENGIL CENGENG PULA.

        •  

          itu klo anggapan kita bung ?? emg bener menurut kita pahlawan, tapi apa bagi mereka sama ?
          ingat bung gimana klo ada temen nolong keluarga anda demi kemanusiaan, tapi anda membuat org yg anda tolong itu merasa tidak enak hati karena telah diingatkan kisah yg menurut mereka pahit

          •  

            belajarlah sejarah bung, saat itu indonesia memohon pd singapura agar mereka berdua di lepaskan dari hukuman gantung, tp tetep saja singapura menggantung mereka berdua, itu benar2 menyakiti hati pemimpin dan berjuta rakyat indonesia.

          •  

            @bedo
            situ ngomong aja sama lee kwan yu yg pernah nyekar dimakam usman harun. kenapa mr.lee ga pernah menggunakan kewenangannya sebagai PM dengan memberikan grasi alias pengampunan hukuman. yg ada malah lari ke jepang.
            camkan baik- baik;
            USMAN HARUN ADALAH PAHLAWAN INDONESIA.dan yang menjadikan usman harun pahlawan adalah MR.LEE KWAN YIUW….alasannya MENOLAK MEMBERIKAN GRASI DAN SUDAH NYEKAR DENGAN MEMBERIKAN PENGHORMATAN DIMAKAMNYA.

            situ nanya rasa empati kita terhadap keluarga korban disingapur. saya tanya TULUS Apa engga sih ngasih bantuan untuk proses pencarian n evakuasi KORBAN AIR ASIA????
            — kalo engga TULUS tarik aja tuh kapal singapur—

            sekarang yang jauh….jauh penting adalah proses evakuasi secara cepat dan efisien. penggunaan KRI USMAN HARUN keberadaan dan kecanggihannya diperlukan dan sesuai KEBUTUHAN. inget kita melawan waktu dan cuaca ganas. kri TOM harus dirotasi alias istirahat.

          •  

            bedo wong gemblung.

          •  

            @bedo: nama sampeyan hrsnya diganti “bodo”! kri Usman Harun beroperasi diwilayah NKRI, tdk ada hak sedikitpun bg singapur u/keberatan, lg pula ini misi kemanusiaan. Seharusnya anda mempertanyakan kemana rasa empati pers negeri tetangga terhdp para keluarga korban karena malah meributkan nama sebuah kapal?

  24.  

    biasa media…bakul kecap….lanjutkan mencari komandan yayan…

  25.  

    coba seandainya ada perompakan kapal barang di selat mlaka yg menimpa kapal
    barang milik s’pore. kemudian KRI UH ada di situ tapi ngak ngebantuin bebaskan kapal
    tersebut,saya pikir itu adalah tindakan yg TEPAT dan PATUT. ini menjadi sinyal betapa
    kerasnya watak orang s’pore sampai2 tuk masalah kemanusiaan pun mereka masih terkena
    penyakit schizopphrenia

  26.  

    ini baru diskusi cerdas.betul bung.pimpinan tni pasti udah pikirkan.apa ini cuma untuk test care singaporn ya??

  27.  

    ngomong apo kamu kunto.preet smua…

  28.  

    (pers) singapur belum move on

  29.  

    kri iskandar muda, kri frans
    kasaepo , kri slamet riadi,
    kri oswald siahaan, kri
    abdul halim , kri
    diponegoro
    —————–
    saya belum pernah mendengar belanda keberatan dgn penamaan kapal perang RI

  30.  

    USMAN HARUN ITU PAHLAWAN bukan teroris karena dia state actor…..artinya NEGARA YG PERINTAHKAN. lagipula mr.lee kwan you pernah NYEKAR DI MAKAM USMAN & HARUN…..maka SELESAI SUDAH PERKARA. negara satu ni udah TENGIL CENGENG PULA

  31.  

    USMAN HARUN ITU PAHLAWAN bukan teroris karena dia state actor…..artinya NEGARA YG PERINTAHKAN. lagipula mr.lee kwan you pernah NYEKAR DI MAKAM USMAN & HARUN…..maka SELESAI SUDAH PERKARA. negara satu ni udah TENGIL CENGENG PULA.

  32.  

    dopos

    — adamin tolong delete—

  33.  

    apakah media kita juga lebih bagus dari mereka ???

    •  

      Ente orang singaporno..??? Komen ente berat ke singa..tapi klo ente orang indonesia sungguh disayang ente ngebela singa, liat situasi bro ini masalah kemanusiaan.bukan lagi parade coba klo ada keluarga ente yg jadi korban..!!! Masih bisa ga ente komen kaya begitu..?? Mikiiirr..!!!

      •  

        gue bukan org singapur bung, justru ini misi kemanusiaan semua pihak termasuk singapor juga MEMBANTU misi kemanusiaan yang seharusnya kita juga berterima kasih. yg saya permasalahkan apakah kita kehabisan KRI yang mumpuni sehingga usman harun yg masih jadi kontroversi bagi mereka diterjunkan, gimana perasaan mereka yg sudah membantu sedemikian kerasnya tapi akhirnya tuan rumah memberikan hal yg tidak mengenakan bgi mereka.

        •  

          Bung bedo sy kira singapura sdh mempertimbangkan isu tsb sblm menjalankan misi kemanuauan

        •  

          Trs ente mo beliin lagi kapal yg lebih canggih lagi buat bangsa ini..RI punya 3 kapal baru yg peralatanye canggih buat nyari tuh kapal air asia, trs masalah buat loe klo tuh kapal dipake buat cari korban yg keluarganye berharap biar cepet ketemu..!!! Knp harus mikirin nama kapal emang tuh kapal dah ngebom singaporno..?? Ente baca lagi yg jelas artikel yg ngomong tuh pers singa bukan pemerintah atawa panglimanye singa knp ente yg sewot ngebela ..hahaha aya aya wae sia mah..!!! Mo dipake 1000 kapal usman harun juga bodo amat sama singa, klo ga suka ya udah pulang aje sono..gitu aje kok repot..!!!

  34.  

    gw ketiknya kalo gak salah gw juga lupa2 inget, ato mmg ada tokoh yg laen, jd tolong ingetin, kl diblg singapura terlalu kecil faktanya di lapangan dia org lbh maju bknya gw menangin dia org, scr logika aja apa yg mau dibanggain.

    •  

      walo maju klo sak upil mana bisa menang bung, andaikan singa parno bisa hancurkan 3 kota tapi singaparno juga ludes. jadi katakanla dengan teknologinya kehancuran 3 banding satu. atao 10 banding satu , 10 kota di indo hancur , singaporno ludes juga. kagak ada menangnya …he..he..he

      •  

        betul…. Singapura kecil… kualitas mainan canggih…. Indonesia besar sekali.. kualitas mainan setengah canggih… walau ada perserikatan negara persemakmuran… yakin kalau head-to-head dengan Indonesia, singapura akan mikir 1001 kali… Just like someone said..”quantity has a quality of its own”……

        Lagian ….Yang ngebom Singapura itu siapaa??? Lha wong waktu bom meledak NEGARA SINGAPURA BELUM ADA…..

        Jadi Pers Singapura itu cuma ngaku-ngaku ajaaa punya negara Singapura waktu kejadian itu… Ngigo kok berjamaah..

      •  

        perang itu bkn hanya ngadu dar der dor, perang ekonomi jg bisa loh malahan lbh bahaya dr dar der dor itu yg gw takutin. kadang gw liat di tv ngebayangin gmn caranya negri se-chubby singaporno itu bisa punya ekonomi yg bagus, knp kt gak bisa, bgt aja kt uda kalah pola pikirnya.

  35.  

    SAYA BANGGA PUNYA PAHLAWAN SEPERTI USMAN HARUN
    TAPI SAYA LEBIH BANGGA INDONESIA DIHORMATI NEGARA LAIN
    BUKAN DIMUSUHI

    •  

      @bedo

      saya tidak takut dimusuhi negara lain ketika ketika kita yakin benar

      •  

        apa yang km anggap benar udah benar dimata org lain ??
        KITA JADI ORANG JANGAN EGOIS BUNG
        BETUL KATA BUNG MIJOE ” KITA HARUS BELAJAR MENGHARGAI DAN BERTERIMA KASIH TERHADAP NEGARA YG MEMBANTU KITA WAKTU KITA KENA MUSIBAH ?
        dari 11 negara asean cuma singapur dan malaysia yang membantu

        •  

          lihatlah amerika dan rusia, mereka sama2 negara besar dan berpengaruh..walaupu mereka berseteru tp disini mereka bahu membahu membantu tim sar indonesia.. ingatlah negara yg besar mengurusi hal2 yg besar, negara kecil mengurusi hal2 yg kcil..
          buat tni..sy mendukungmu

        •  

          bedo …, “apa yg kamu anggap benar juga belum tentu benar dimata kami semua” nak. ayo lekas tidur jangan bayak omong nanti besok ga bisa bangun pagi.

        •  

          Bodo, kamu tahu tidak, tawaran bantuan itu banyak, tapi basarnas yg menentukan mana-mana bantuan yang diperlukan dan mana yg tidak. Dari ASEAN cuma 2, karena dua2nya terkait dengan insiden ini, Singapura sbg negara tujuan dan Malaysia sebagai negara pemilik maskapai. Selain itu, negara2 besar dari AS, Rusia, Cina, semua sdh menawarkan bantuan.
          Saya lebih bangga negara saya dihormati keputusannya untuk memberi gelar kepahlawanan bagi siapa saja dan menyematkannya pada KRI mana saja oleh negara dan wrga negara lain.

      •  

        hoooi…anak bangsa!!jangan ribut…tentara sing ngapur saja ga ribut.kena apa kita yang pusing bro…yang penting usman harun maju terus.aku usul kri berikutnya kasih nama kri risma harini…gak kakean cangkem..kerja nyata

    •  

      mr lee melakukan tabur bunga ingin agar masyarakat singapur melupakan kejadian itu
      tapi sampai skrg masyarkat singapur tidak pernah melupakan kejadian itu sampai skrg

      •  

        menurut saya dia melakukan tabur bunga sbg rasa penyesalan dan jg keinginan utk mendekat ke indonesia, sadarilah mas kenyataan itu hanya bisa diterima tak bisa dihilangkan..

    •  

      Indonesia mudah dijajah karena penjajah datang dengan pura pura menghormati bangsa kita yg notabene terlalu ramah

  36.  

    ide yang mulia dari panglima.pengabdian di akhir jabatan..

  37.  

    Negara ini protes aj udah ilegal, apalagi sampai marah g terima.. konyol nmnya. Truly Duri Dalam Daging bagi NKRI

  38.  

    @bedo…mass,,coba itu tanyakan kpd awak al mreka yg turut membantu evakuasi korban Airasia.mrk tdk mempermasalahkan kita mau pakai kapal apapun jg,sbab mrk sendiri mnilai ini misi kemanusiaan dan bukan politik…kecuali kejadian ini terjadi di Singapore dan indinesia mengirim kri usman harun itu baru mungkin bisa membuat prihatin sbagian rakyat sana..

    •  

      bung apa perlu pihak singapur koar koar protes dalam situasi seperti ini ??
      tapi apa bung obet tau dalam hati mereka berkata ?

      •  

        masalah hati Tuhan yg tahu..yg jelas yg pny hati bkn hanya mereka, ratusan juta rakyat indonesia jg pny hati dan perasaan bung..

      •  

        Knp ente ngurusin hati orang singapur, ente baca korban yg kena bom usman harun brp.?? Trs ente baca lagi korban air asia brp..?? Berape banyak hati yg berharap & terluka karena saudaranye blm ketemu..usman harun masa lalu korban air asia sekarang.jgn sok ngurusin hati orang wong hati sodara ente yg sebangsa aje yg jadi korban ga ngurus..malah mikirin perasaan hati korban bom usman harun…aya aya wae sia mah bedo..!!!

      •  

        bedo,bedo, ha,ha,ha,ha,ha,he,he,he,he

  39.  

    Kapal Kapal Gue, Laut Laut Gue, NGapain singaporno ikut campur?
    Pulang aja Sono upil kampret

  40.  

    Wilayah milik sendiri, Kapal milik sendiri, Mencari warga sendiri, tetangga kalau mau bantu silahkan, tapi tidak usah kacang (kakean cangkem). Kalau tidak iklas membantu,silahkan pergi,krn masih banyak tetangga dan sahabat lain yang bersedia membantu.

  41.  

    al singa membantu ada alasan rahasia pastinya, apa lagi ada bapaknya si sam, terus neneknya ebet ebet mana ya kq ngga ikut gabung,,,

  42.  

    yakin 1000% mereka mencari lokasi sarang alusista goibx tni.karena kilo kita sudah diketahui oleh menhan malingsial.kita harap tni waspada…terutama dengan sonar mereka yo

  43.  

    udah d rudal aj sekalian…

  44.  

    nah itu loe udah “SADAR”
    kri usman harun itu untuk operasi “KEMANUSIAAN” bukan buat PARADE ‘ show of force.media sing aja yg lebay.RSN ama pemerintahnya adem aja.

  45.  

    Bodo ah, isu nama KRI Usman-Harun itu kan buat pengalihan saja karena waktu itu Singapura lagi demam, keturunan India nya lagi pada ngambek. Sekarang kok manjang, masih dibahas. Kaga punya isu laen?

    •  

      dengan jatuhnya pesawat rute singoporn -suroboyo media singoporn kwatir kedatangan wisatawan menurun.karena jadwal keberangkatan pesawat air asia hasil kolusi antara otoritas penerbangan mereka-air asia-juanda .karena itu mereka bikin pengalihan isu.

  46.  

    Ini masalah kemanusiaan yg oleh media Spor dicampuradukkan dengan masalah politik ya nggak kena. Biasalah itu seiring dengan kemajuan negaranya medianya mulai berkoar menunjukan kekuatan eksistensinya supaya diakui. Tapi mindef kan sudah mengatakan tetap akan membantu, kalau menarik diri pasti dikecam dunia. Dan kita jalan terus.

  47.  

    Sorry bang singa, Stok kapalnya abis…jadi terpaksa dikerahkan…sekalian biar nanti jadi isu di dpr biar bisa nambah anggaran

  48.  

    Moga2 dengan dilibatkannya KRI Usman Harun akan mempercepat pencarian korban dan bangkai pesawat….amin.

  49.  

    Yang begini – Kok hot tread ya- Sukanya pada marah2 pengen perang

  50.  

    lokasi di Indonesia, korban juga warga sendiri, kapal juga punya sendiri. Lanjut maju terus, ngapai ngurusin media singa lebay.

  51.  

    Waaah.. bisa tawuran tuh ABK Usman harun sama ABK Superme

  52.  

    Klo ga salah..pemerintah singapure itu sangat ketat mengontrol media massanya..tdk sprti di indonesia yg bebas ..dsana media massa ga bsa mengkritik pemerintahnya..jdi yg di kritik ya negara laen..ga ad bahan x..dsana..biarkan saja merka brkata apa.yg pasti mreka msi kurang pengalaman nasionalis dn perangnya..klo indonesia berjuang untk merdeka..berperang dgn bangsa asing dri jaman kerajaan2..jdi beda rasanya nasionalitasnya

  53.  

    bedo wong gemblung

  54.  

    nggak mungkinlah singapore protes soal keberadaan kri usman harun yg ikut dlm misi pencarian korban airasia,laut indonesia ya terserah indonesia dong,yg ada justru indonesia berhak mnerima dan menolak/mengusir kapal asing yg ikut dlm misi ini

  55.  

    Indonesia lebih dr mampu tampa kehadiran singapura..dan indonesia lebih dr mampu tampa hrs berteman sm singapura..

  56.  

    “bedo”,. baca comment² nya jadi curiga,. jangan² dalam usahanya mengemis ngemis minta dikasihani

 Leave a Reply