Jun 092018
 

Lebanon, Jakartagreater.com – KRI Usman Harun-359 melaksanakan latihan Mailbag Transfer dengan HS Elli-F450, kapal perang Angkatan Laut Yunani dengan manuver lapangan pada Kamis 7 Juni 2018, di Laut Mediterania.

Demikian dikatakan Komandan KRI Usman Harun-359 yang sekaligus Komandan Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI XXVIII-J United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H.,M.Si., saat berada di anjungan KRI Usman Harun-359 ketika usai latihan di Laut Mediterania.

Dalam kesempatan tersebut Kolonel Kolonel Laut (P) Alan Dahlan menyampaikan bahwa Mailbag Transfer merupakan bagian latihan Replenisment At Sea atau pembekalan di laut dilaksanakan oleh 2 kapal atau lebih dengan salah satu unsur kapal sebagai deliverimg ship atau kapal pemberi, sedangkan unsur yang lain sebagai receiving ship atau kapal penerima.

Menurut Komandan KRI Usman Harun-359, latihan Replenisment At Sea dilaksanakan dengan tujuan memberikan tambahan dukungan logistik kepada unsur kapal yang membutuhkan agar dapat melaksanakan tugas di laut lebih lama tanpa harus melaksanakan bekal ulang di pangkalan.

Latihan Mailbag Transfer ini dimulai dengan pembentukan formasi satu atau formasi berurutan antara kedua kapal dengan  Hellenic Navy frigate HS Elli (F450) sebagai penjuru formasi diikuti KRI Usman Harun-359. Setelah formasi ini terbentuk, selanjutnya KRI Usman Harun-359 bergerak kearah buritan lambung kiri HS Elli (F450), kemudian dilaksanakan pencocokan kompas oleh kedua kapal tersebut.

Pencocokan kompas ini dilaksanakan dengan maksud untuk menyamakan gyro kompas antarkedua kapal sebagai acuan dalam mengolah gerakkan kapal. Setelah tahapan ini, KRI Usman Harun-359 mulai bergerak mendekati HS Elli-F450 untuk menempati stasiun latihan.

Pada tahap kedua, KRI Usman Harun-359 melaksanakan proses pendekatan sampai menempati stasiun di lambung kiri HS Elli-F450 dan dimulai kegiatan rangkaian Mailbag Transfer. Mailbag Transfer dimulai dengan menembakan Gunline dari KRI Usman Harun-359 ke geladak HS Elli-F450, kemudian oleh personel HS Elli-F450 tali Gunline tersebut disambungkan dengan tali jarak dan tali Mailbag.

Selanjutnya tali tersebut ditarik kembali menuju KRI Usman Harun-359, dan setelah semua tali terpasang kegiatan pengiriman material dapat dilaksanakan.  Dalam latihan ini, KRI Usman Harun-359 dan HS Elli-F450 melaksanakan pengiriman plakat dan souvenir melalui Mailbag tersebut. Setelah pengiriman barang selesai, tali-tali dilepas kembali sebagai tanda bahwa latihan selesai.

Latihan Mailbag Transfer ini dimulai dengan pembentukan formasi satu atau formasi berurutan antara kedua kapal dengan HS Elli-F450 sebagai penjuru formasi diikuti KRI Usman Harun-359.

Kemudian kedua kapal bermanuver meninggalkan daerah latihan untuk berpatroli kembali di Area Maritime Operation (AMO). Pada kesempatan tersebut Komandan Satgas MTF TNI XXVIII-J/UNIFIL Kolonel Laut (P) Alan Dahlan juga memberikan apresiasi kepada prajurit KRI Usman Harun-359 yang telah melaksanakan latihan bersama kapal perang Yunani dengan baik.

Lebih lanjut dikatakan latihan ini diselenggarakan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit pengawak kapal perang dan untuk mempererat hubungan diplomasi Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut Yunani. (Pen Konga XXVIII-J/Unifil).

Bagikan :

  8 Responses to “KRI Usman Harun Latihan dengan Kapal Perang AL Yunani”

  1.  

    latihannya kok banyak transfer barang sj,

  2.  

    Latihan Terus sampai mahir

  3.  

    Kerja sama dgn Yunani lebih bagus drpd dg Turkey. Orang Yunani model nya lebih mirip org Jawa — malasnya, percaya primbon, sopan santun nya, mimpi kejayaan masa lalu, procrastinating dan patronizing.

    Org tua Yunani selalu menasehati anaknya utk cari kerja tetap dan berkarir mengabdi. — bisnis & politik buruk utk masa depan, katanya — mirip org Jawa pemalas & korup jaman Soeharto.

    Intinya, alon2 asal kelakon, Hahaha 😀

    •  

      Perasaan loe saja….bandingkan itu aple to aple, bukan aple to kedondong….bandingkan Indonesia sama Malon, baru bisa kejawab, sepertinya loe malon deh….budak british sok jaguh

  4.  

    Kalau cuma mailbag kenapa ga pake drone aja. Simpleks ga ribet.

  5.  

    Boleh jg caranya dipake beli senjata+sucad secara rahasia transfer ditengah laut, masa hy penyelundup ilegal aja yg bisa!he3.ngelantur.com

  6.  

    KRI Usman Harun 359

    https://youtu.be/RLq0KxWGcLI

 Leave a Reply