Feb 062014
 
Nakhoda Ragam Class TNI AL

Nakhoda Ragam Class TNI AL

Singapura. Pemerintah Singapura menyampaikan keprihatinannya atas rencana Indonesia untuk menamai kapal Angkatan Lautnya dengan nama KRI Usman Harun. Nama tersebut merupakan salah satu dari dua tentara AL yang dihukum mati atas peledakan kompleks kantor di Singapura pada tahun 1960-an silam.

Dalam pernyataannya, seperti dilansirΒ AFP, Kamis (6/2/2014), Kementerian Luar Negeri Singapura menyebutkan bahwa Menteri Luar Negeri K Shanmugam telah membahas masalah ini dengan Menlu Indonesia Marty Natalegawa. Dijadwalkan, pekan ini Menlu Shanmugam akan berkunjung ke Jakarta.

“Keprihatinan Singapura terhadap penamaan kapal AL tersebut dan dampaknya terhadap warga Singapura, terutama keluarga korban (ledakan),” demikian bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Singapura.

“Dua marinir Indonesia tersebut dinyatakan bersalah atas pengeboman, yang menewaskan 3 orang dan melukai 33 orang lainnya,” demikian disampaikan.

Nakhoda Ragam Class TNI AL

Nakhoda Ragam Class TNI AL

Pemerintah Indonesia berencana memberi nama salah satu light frigate Nakhoda Ragam Class yang dibeli dari Inggris, dengan nama KRI Usman Harun. Nama tersebut berasal dari nama Osman Haji Mohamed Ali dan Harun Said yang dieksekusi mati di Singapura atas pengeboman di kompleks perkantoran setempat pada Maret 1965 silam.

Menurut Kementerian Luar Negeri Singapura, pengeboman tersebut merupakan bagian dari upaya Presiden RI saat itu, Soekarno untuk melancarkan konfrontasi bersenjata terhadap federasi Malaysia yang baru dibentuk. Saat itu, Singapura masih menjadi bagian dari federasi.

Konfrontasi yang juga dikenal dengan istilah ‘Ganyang Malaysia’ dilakukan sebagai bentuk penolakan atas masuknya Sabah dan Sarawak ke dalam Federasi Malaysia. Dua personel AL tersebut, Osman dan Harun merupakan anggota Korps Pasukan Khusus yang diperintahkan menyusup ke dalam wilayah Singapura.

Tak lama kemudian, Singapura berpisah dari Malaysia dan menjadi negara merdeka pada 9 Agustus 1965. “Singapura menganggap masa sulit dalam hubungan bilateral tersebut telah berakhir pada Mei 1973 ketika PM saat itu, Lee Kuan Yew berkunjung dan menabur bunga di makam dua marinir Indonesia,” tambah pernyataan tersebut. (detik.com)

  139 Responses to “KRI Usman Harun Menuai Protes Singapura”

  1. deal with it Mr.Lee

  2. Usman Harun sejatinya jadi pahlawan Singapura. kedua orang itu layak dan dijadikan gambar mata uang dolar Singapura.

    • Suatu saat nanti, patung Usman Harun akan berdiri megah di Marina bay πŸ˜‰ Usman menghadap ke selatan dengan gerakan tangan memanggil sedang Harun menghadap ke utara dengan lengan menunjuk. pendukung Majapahit II pasti pada doyan nih :megreen:

      • dari negara anggota commonwealth, hanya Brunei dan NZ yang “low profile” terhadap kita. PNG dengan 1000 orang tentara bahkan berani bertingkah di bawah perlindungan Australia. Sedangkan Timor Leste cenderung bersahabat dan melupakan sejarah lama

        Singapura tidak benar2 memandang kita sebagai sahabat dan rekan, Malaysia jelas-jelas pernah menusuk kita dari belakang dan demikian juga Australia. Indonesia dikelilingi ‘musuh’ , zero enemy bagi kita hanyalah jika kita superior atau minimal mengimbangi gabungan kekuatan negara2 tersebut. karena jika lemah, tetangga2 kita sudah terbukti tidak bisa dipercaya

  3. Kalau kita namain KRI edi tanzil atau KRI ahmad fathonah atau KRI atut baru mereka sujud wkwkwk

  4. Tutup telinga aja Bung. Mereka juga cuekin kita soal ekstradisi kok..!

  5. setiap pahlawan pasti adalah musuh yang dibenci pihak seberang, begitu pulah sebaliknya. jadi wajar saja.

  6. Lanjutkan…. !!!

  7. Bung Satrio, Bung WH, Bung Diego, Bung Surya para sesepuh dan Warjager semua, di warung sebelah ada postingan U-214s (4Unit) yang g jadi dibeli AL Yunani, Kasel Astuti (7 Unit) UK dan Kapal Induk Ex Soviet. katanya positif di ambil TNI AL. apakah benar demikian?? mohon maaf agak keluar dari topik, saya jadi bener-bener penasaran. bung-bung semua yang ada info mohon di share..

    • Postingan anak itu selalu melihat dulu apa yang diposting disebelah dan disini,
      Pernah postingan disebelah malam didiskusikan paginya dia posting.

      Bukan Khayalan dia yang ketinggian tetapi memang itu strategi dia melawan arus dengan berita bombastis agar blognya laku dan ditengok
      Jadi nggak usah di tanggepi serius,

      Tentang polemik Usman harun kan pernah ane posting bahwa nama ini kontroversial 3 pahlawan yang melawan inggris ..dan gimana raut muka Pm nya Lee Kuan yew yang dipaksa menghormati Uaman Harun saat berkunjung ke kalibata,(tabur bunga)
      sekarang upil bereaksi kan hehehehe
      ne buat mengingatkan mereka bahwa PM nya tulus ihklas nabur bunga
      http://2.bp.blogspot.com/-03b24C9Hob0/TvXbSx_ktoI/AAAAAAAAAIA/xgVHlJ80E78/s400/Kuburan.jpg
      kapal kapal kita,beli pakai uang kita,kok ngatur πŸ˜€

  8. Lanjutkan namanya Usman-Harun jangan sampai pemerintah RI nurut kemauanya negeri upil..dan kita harus tahu kewaspadaan kepada negara singo,biar tahu sampai dimana negara kecil itu punya sengatan dan sudah mulai agak berani dengan NKRI nantinya karena banyak sekali menimbun senjata modern pada suatu saat akan menjelma menjadi monster juga.

  9. Sip.

    Ke depan dengan postur militer kita yang makin tangguh maka politik luar negeri dan diplomasi akan lebih lancar jaya πŸ™‚

    Kepercayaan diri China di kancah internasional dalam membela kepentingan mereka meningkat seiring dengan peningkatan ekonomi dan militer. Pada level tertentu Indonesia juga mengalami peningkatan yang sama.

  10. nda usah gubris singapura lah masa kita kalah gertak ama negara cilik, tunjukan suara Bung Karno

  11. sebaiknya ditinjau ulang nama itu.kita tentu tersinggung jika misalnya kapal perang malaysia diberi nama TDLM Noordin M.Top

    • ya jelas beda lah sikon nya bro, noordin m.top ngebom indonesia dlm kondisi indo dan malay tdk sedang berperang atau konfrontasi bro.

    • Nurdin M Top di Malay juga jadi buron bung, anda salah kamar…

      • nah kalo londo namain kapal perangnya “westerling” gimana?

        • Ga mungkin, mereka sudah mengakui kesalahan masa lalu (kolonialisme) dan menamai kapal perang mereka dgn tokoh kolonial bisa diartikan mereka berniat kembali melakukan kolonialisme πŸ™‚

          Alasan yang sama yg membuat Singapura (dan Malaysia) merasa tidak nyaman penamaan kapal perang RI dgn pahlawan di masa konfrontasi, dan itu memang wajar saja. Tapi memprotesnya sampai memerlukan datang khusus hanya nyari penyakit.

  12. Mengukur nyali pemerintah..
    Masih kah pemerintah kita bisa di dikte negara seupil?.

    Ustman harun adalah motivasi untuk anggota PASSUS indonesia..tentang bagaimana bangsa kita menghargai prajuritnya yg menjalan kan tugas negara dlm senyap..tentang bagaimana pentingnya sebuah perintah yg harus di jalankan walaupun nyawa taruhannya..

  13. maju terus nkri

  14. Kalau nanti udah datang, sering2 aja patroli di sekitar selat Malaka dan sekitar Batam. Biar setiap sabtu dan minggu, warga S’pore yang liburan ke Batam bisa lihat nama di atas kapal itu. Lumayan buat ciutkan keegoan mereka.

    Buat saya, negara paling arogan di Asia Tenggara ini ada dua, Malaysia dan S’pore. Kalau soal M’sia mungkin kita semua sudah maklum, tapi soal S’pore mungkin ada beberapa diantara kita yang belum begitu mengenal keangkuhannya.

    Kalau anda pernah bekerja di luar negeri, mungkin kita akan memiliki pendapat yang sama tentang yang satu ini. Singapore adalah negara yang sangat meremehkan kualitas tenaga kerja asal Indonesia. Ijazah pendidikan dari sekolah Indonesia dianggap tidak lebih bernilai dari sebuah harian The Strait Times.

    Mereka hanya memandang warga M’sia, sebagai ekspatriat dengan kualifikasi yang setara. Jika anda diterima bekerja di sebuah perusahaan di S’pore, maka ijazah Anda akan dibawa ke Kementerian Pendidikan terlebih dahulu, untuk memastikan apakah Anda benar2 layak bekerja di sana.

    Hal ini tidak berlaku jika Anda seorang warga Malaysia. Dan satu hal yang paling menyakitkan, kita akan selalu menerima gaji dengan standar yang lebih rendah daripada yang mereka terima. Di Malaysia, soal gaji masih lebih flexible.

    Dulu saya pernah nego gaji dan menolaknya, tapi mereka bilang, sebaiknya saya mengirim CV ke HQ Holding Company di Tokyo. Karena saya yakin dengan kualifikasi yang saya miliki, saya iseng mengirimnya ke alamat di Tokyo. Jawabannya sangat dahsyat dan spektakuler, mereka menelusuri sendiri riwayat hidup saya di perusahaan lama saya di beberapa negara, dan mereka menerima saya tanpa pernah interview apalagi bertatap muka. Saya direkomendasikan untuk bekerja di perusahaannya yang ada di S’pore dengan gaji US dollar, bukan Sing dollar.

    Di Singapore, hal ini menjadi sebuah diferensiasi diri anda yang bisa diandalkan untuk memukul telak orang S’pore yang selalu under estimate terhadap orang Indonesia. Saya merasakan dipanggil Sir, mister atau Boss oleh bawahan saya di S’pore selama dua tahun. Dan Alhamdulillah, saya bisa berkata dengan kepala tegak bahwa saya orang Indonesia, dan di sana saya tidak berdiri sendiri, ada banyak top manager, banker dan enginer handal yang juga berasal dari Indonesia.

    Sekarang saya mendengar kabar, perusahaan tersebut selalu melakukan traveling ke beberapa tempat di Indonesia hampir setiap tiga bulan sekali. Selamat datang Oesman Harun…!

    Jangan pernah lagi berkata apalah arti sebuah nama, karena nyatanya nama bukan saja mewakili aura dan wibawa si empunya, melainkan lebih daripada itu, nama bisa menjadi symbol kebesaran dan kekuatan suatu bangsa dan negara.

    • Bner bung yan.

    • Sy acungkan jempol atas nasionalisme anda! INDONESIA TANAH AIR BHETA!

    • betul sekali, bung.
      pelecehan yg seringkali mereka lakukan adalah bicara dengan logat kumur2 bahasa singlishnya yg kayak cina kawin ama malaysia selingkuh ama india itu, lantas kalau dilihat lawan bicaranya kebingungan karena inggris yg gak standar itu dilontarkanlah dengan nada meremehkan “you undstand engrish or not..? dun undstand engrish why cum work singapoh??!”

      pertanyaan paling standar lainnya adalah ‘you from indon ah? how singpore good ah? not like indon so messy everywhere.’
      dikiranya negara mereka paling hebat sedunia deh.

      sentimen terhadap orang singapur ini gak didominasi oleh orang2 indo aja kok, orang2 thai juga merasakan hal yg sama, orang2 vietnam juga sama, walaupun rata2 mereka sekarang lebih memilih diam dan mengalah karena memang masih butuh banyak investasi dari singapur.

      tapi tunggu saatnya ketika negara2 besar di asean sudah bisa berlari kencang sejajar dengan singapur, lihat nanti bagaimana mereka membalas ‘perlakuan’ singapur pada mereka di masa lalu.

      ‘that little red dot better learn how to behave themselves’

      tapi satu hal yg kita harus lihat dari singapur, adalah cara mereka bermain sangat cantik di mata dunia intl. termasuk dimata orang2 indonesia sendiri, kelihatannya spt tetangga yg baik setiap ada bencana kirim bantuan. tidak pernah ribut2 di depan. kemudian dengan medianya yg dikontrol pemerintah dan berbahasa inggris mereka rajin sekali menyiarkan ‘versi mereka sendiri’ dari hal2 yg terjadi di kawasan.

      yang dulu terjadi soal ribut2 perjanjian ekstradisi, itu yg dimunculkan dan diterima oleh khalayak ramai adalah masalah ada di pemerintah indonesia dengan sistem hukum kita yang nggak kredibel. jadi singapur gak bisa nerima kecuali kita perbaiki dulu sistem hukum kita. so bola seolah2 ada di kita sebagai pihak yg salah.

      ribut2 soal usman harun ini juga sama, semalam disiarkan liputannya oleh channel news asia corong pemerintah singapur dibuat sedemikian sehingga seolah2 pemerintah RI mengelu2kan dua orang teroris dan menjadikannya sebagai pahlawan. sementara pemerintah singapura sendiri hanya menjalankan hukum mereka dengan menjatuhkan hukuman mati pada pembuat onar. pun setelah itu LKY dengan jiwa besar gagah berani berkunjung ke indonesia untuk melakukan tabur bunga di makam usman harun ini. sebagai bangsa singapura sudah memaafkan dan tidak akan mengungkit2 kembali peristiwa ini. sementara sepertinya bangsa indonesia bagaikan masih belum puas dan kembali berusaha menjadi big bully di kawasan kepada negara sekecil singapur. see what i mean?

      bener2 juara pencitraan kelas satu….. πŸ™‚
      menkominfo sama deplu jangan mau kalah, besok lusa kita bikin kampanye pengembalian duit haram yg dilarikan ke luar negeri. bikin iklannya besar2an tayangkan di cnn, bbc, sebut dengan gamblang disitu pakai fakta dan angka kemana duit2 itu selama ini dilarikan… tampar balik dengan elegan.

      • Setuju Bung..! Kelak kalau saya sudah menetap lagi di Indonesia, saya akan ajak teman2 yang bokap dan nyokapnya punya bangunan besar dan tinggi, untuk setiap tahun menutup atap bangunannya itu dengan poster raksasa yang bertuliskan Usman Harun, dengan harapan agar orang2 S’pore yang lagi googling map di peta Indonesia, bisa membaca nama besar tersebut. Bagaimana pendapat Anda Bung?

      • mirip, waktu orang Hk,ngeremehin orang2 mainland dulu, sekarang orang2 yg mereka remehin jadi segede raksasa gitu, kentut aja mereka gak berani,cm nggerutu dibelakang.

  15. klw saya lihat secangih apapun alusista singapura dia ngak akan berkutik jika melawan indonesia, atw malaisya skalipun. lihat itu hanya 2 prajurit kopasus yg gugur menjalankan misi udah kacau negaranya, bayangin klw dikirim 500 – 1000 pasukan khusus dari AL dan AD dengan senjata lengkap Antitank, Rudal pangul anti pesawat. sudah pasti bakalan berabe mereka..;D.hehe

    • …2 prajurit kopasus….
      koreksi sedikit bung FA, sekaligus sedikit koreksi untuk artikel ini :
      Usman Harun anggota KKO (Komando Korps Operasi)
      KKO sekarang bernama Marinir
      RPKAD sekarang bernama Kopassus

  16. Ini baru awal. Moga akan ada lagi nama2 ‘kontroversial’ dan menggentarkan kawasan misalnya ‘Suwondo’ (pilot TU-16 yg digunakan menyusup ke australia) dan ‘Raden Wijaya’ (you know lah sejarahnya, cocok klo ada KRI dgn nama ini stand by di Laut China Selatan)

    • bung@Loai, di LCS KRI “Raden Wijaya” berhadapan dgn 2nd carrier PLA “Ike Mese”?
      *just joke πŸ™‚

      • unlikely bung. Modern China saat ini kembali di tangan bangsa Han, bahkan mereka memandang Mongolia dalam sebagai wilayah mereka yang lepas πŸ™‚ kita harus khawatir jika aircraft carrier mereka dinamai Cheng Ho, yang terakhir itu adalah ikon kebesaran kekaisaran China di kekuatan maritim, bahkan pernah berkayar hingga ke P.Jawa

        tapi melihat Liaoning sepertinya penamaan kapal induk lain mungkin akan menggunakan nama provinsi juga

  17. Mantap ulasanya bung yayan.@

  18. betull.. andaikan saja turun paling ngak bakal lama untuk mengusainya. apalagi sekarang kita jg sering latihan perang kota. secangih apapun alusista ngak akan berguna klw sudah terinfiltrasi apalagi untuk sat pasukan elit.

  19. “Mereka menyampaikan rasa keprihatinan
    mengenai penamaan kapal perang yang
    dimaksud. Dan kami sudah mencatat
    keprihatinan itu,” ujar Pak Marty Natalegawa di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (6/2/2014).

    Lalu apakah Pemerintah Indonesia bakal
    mengganti nama kapal tersebut? “Kenapa
    harus seperti itu, kita cukup mencatat
    keprihatinan dari pemerintah Singapura.
    Saya rasa demikian,” tegas Marty.

    betul pak marty ,saya rasa singaporno udah dapat jawaban yg loud & clear.

  20. Usman Harun adalah Pahlawan Bangsa …mereka hanya mendapatkan perintah untuk sebuah misi dlm keadaan perang.

    Dan bangsa kita wajib hukumnya menghargai menghargai,menghormati dan mengenang setiap putra-putrinya yg gugur dalam mengemban tugas negara.

    Nice info tambahannya Bung Diego ….Maju terus TNI !

  21. singpret masbuloh hehe..

  22. Kita negara besar jgn mau di dikte ma negara kecil….lanjutkan pemberian nama KRI Usman-Harun Jalesveva Jayamahe……

  23. “Nama tersebut merupakan salah satu dari dua tentara AL yang dihukum mati atas peledakan kompleks kantor di Singapura pada tahun 1960-an silam.”

    Bukan salah satu om. Gak singkron sama yang dibawahnya, Hehe.

  24. Saya usul salah satu kecebong siluman kita nantinya dinamai KRI Alexander Noel Constantine, untuk menghadapi hobart class.

    Alexander Noel Constantine adl mantan pilot pesawat tempur pada Perang Dunia II juga memiliki kehormatan menjadi Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia yang pertama berkebangsaan Australia.
    Alexander Noel Constantine gugur dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Dengan demikian ia bukan hanya pahlawan perang Australia, namun juga diakui sebagai pahlawan kemerdekaan Indonesia.

    Jadi angkatan laut Australia akan sukan klo berhadapan dgn KS satu karena namanya ks itu juga pahlawan perang australia.
    Teman2 silah googling nama itu,

    http://ikahan.com/wp-content/uploads/2013/12/06.jpg

  25. Bangsa yg besar adlh bangsa yg bisa menghargai para pahlawannya. Generasi penerus berjiwa besar adlh generasi yg tdk pernah lupa akan jasa2 para pahlawannya. Lucu jg ada statement diatas yg bilang, bisa saja noordin m top jadi nama kapal malaysia memang si noordin pahlawan malaysia, dan kalaupun benar kayaknya tdk ada pengaruhnya bagi kita malah kita sendiri ketawa kok malaysia bisa, sekalian saja hambali cs jd kapal perang mereka.

  26. bilang gini aja ke Sin : ‘go fcuk yourself !’ …mereka telah mengeksekusi Usman – Harun, masih belum puas?

    AS gak pake sungkan kepada sekutunya Jepang dan Jerman ketika menamai kapal induk Nimitz, atau menamai salah satu tank (M-48) Patton…

  27. Hehehehee….penamaan ini selain alasan dan pertimbangan lainnya,rasa2nya adalah akibat S pore bantu aliansi 5 mata nyadap RI, dan nota diplomatik RI sampai sekarang belum dijawab secara loud n clear olehnya……, diplomasi cerdas dan halus namun “menampar muka”

  28. setuju bung Yayan. Terlepas dari latar belakang perang intelijen dan kebijakan politik pemerintah saat itu ke dalam Indonesia beranjak memasuki fase baru. Fase tersebut ketika kita melihat rekam jejak integritas tokoh-tokoh sejarah kita agar kemudian penganugerahan gelar kepahlawanan tersebut istimewa. Bayangkan KRI Tan Malaka. Atau KRI Kahar Muzakar. Tokoh yang mungkin kotroversial tapi pada fase tertentu almarhum ialah tokoh yang berintegritas dan komit.

  29. Kalau perlu jln HR rasuna said..satu jalur dimana lokasi kedubes singapaura berada diganti nama jln USMAN-HARUN

  30. #bung satrio,bung surya tolong bs dikasih pencerahan dikit tentang tulisan kamar sebelah ini..apakah khayalan tingkat tinggi atau cm mimpi atau….???
    Matursuwun…monggo…..

    KAPAL INDUK RI SIAP BERLAYAR

    Inilah saat yang ditunggu-tunggu oleh rakyat Indonesia, Flagship untuk TNI AL telah diputuskan dan siap diboyong. Pengadaan Kapal Induk ini merupakan proyek strategis dan merupakan kado paling manis diantara kado-kado yang dipersembahkan Pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kerjasama dengan Russia, Ukraina, dan India menghasilkan kesepakatan pembelian Kapal Induk eks AL Uni Sovyet yang telah mengalami Retrofit disegala segi, baik rangka, lambung, mesin hingga persenjataannya. Diperkirakan bulan Juli sudah akan tiba di Indonesia untuk mengawal Pulau Jawa dari serbuan Australia dan konco-konco sehingga memberi efek gentar kepada negeri para bromocorah tersebut.

    Kapal Induk ini akan memuat Pesawat Tempur Su 33 dan Mig 29 Fullcrum, yang merupakan satu paket sehingga tidak seperti Kapal Induk Liaoning yang masih mencari pesawat tempur yang sesuai. Nantinya akan beroperasi di Samudra Hindia dan pada tahun-tahun selanjutnya akan berdatangan Kapal Induk lain dari Spanyol, Rusia dan Inggris tergantung pada kesepakatan yang akan dicapai dengan tim-tim yang dikirim oleh Pemerintah RI di akhir tahun 2013 dan awal tahun 2014.

    Adapun Nama Kapal Induk yang diusulkan diantaranya adalah Sukarno, Suharto, dan beberapa nama-nama Raja-raja kerajaan di Nusantara ini. Apapun namanya, kita patut berbangga kepada TNI, bahwasanya ditengah himpitan ekonomi dan minimnya anggaran, TNI mampu merespon tantangan-tantangan dari luar dengan menghadirkan deretan alutsista gahar sehingga memaksakan musuh untuk tidak gegabah menghadapi Indonesia.

    • sudah di bahas sama bung satrio di atas ,. koment no 10 ,..

    • kamr sebelah banyak hoax nya…mending disini..selalu update dan banyak teman diskusinya.

    • Lek Jiman, maaf saya newbie disini…tp saya amati, baca dan renungkan isi warjag ini… Sedikit background saya, saya anak dari salah satu wamil jaman Trikora yang dikirim ke India oleh pemerintah Indonesia untuk belajar mesin kapal di Royal Navy & India Navy (1959). Dan saya ingat betul kata-kata almarhum ayah saya : Indonesia tidak perlu Kapal Induk, karena ada begitu banyak pulau-pulau yang bisa dijadikan “Kapal Induk” yang tidak bisa dikaramkan oleh torpedo apapun. Yang Indonesia perlukan untuk melindungi pulau-pulaunya adalah “Payung Udara berupa rudal jarak menengah dan jauh” serta kapal-kapal cepat rudal (sekarang ini sudah mulai terwujud) yang memiliki kemampuan “hit and run”, bersembunyi di gugusan pulau-pulau kita, juga jangan dilupakan Armada Pespur + Kasel yang hebat seperti era Trikora…. Saya pikir dengan dengan kombinasi tersebut….mau ausit, malingsia, singaparno akan berpikir 12x untuk berkonflik dengan kita… Demikian pendapat saya. Salam hormat lek jiman….

  31. Ciri2 Militer Kuat dan Tangguh banyak tantangan, rintangan, halangan bagi tetangga. Singapura tak ingin TNI menjadi KUAT di asean. Lanjutkan TNI AL atas nama KRI USMAN HARUN tanda jasa pengabdian 2 KKO.

    • kalau almarhum ayah saya masih hidup saat ini….pasti beliau akan menatap bangga ketika melihat KRI Usman Harun tiba…dan meneteskan air mata haru…. Dalam beberapa kesempatan beliau pernah bercerita kepada saya kalau beliau sempat jumpa dan bercakap-cakap dengan ke-2 pahlawan bangsa ini sebelum penugasan patriotik tersebut…. “Jalesveva Jayamahe !”

  32. Mbah jengkel dengan Negara Singapore, ibaratnya Singapore adalah duri dalam daging, apalagi singapore tidak mau diajak aliansi menghadang China di Laut china selatan.

    Menurut mbah yang sebagai orang tua dan sebagai suara rakyat kecil, jika nanti memang 2020 sudah pecah perang di Laut china selatan dan indonesia terpaksa harus terlibat karena gerak maju PLA yang mendesak ke selatan, dan saat itu Indonesia sudah di pihak Australia dan Usa, sebaiknya indonesia menghantam juga singapore sampai paripurna.

    Setelah itu armada kita baru bergerak ke Utara, dimana Armada Australia dan Malaysia sudah menunggu armada indonesia bergabung di Laut Sarawak. Mbah yakin Australia dan Amerika serikat tidak akan ikut campur bila kita menghantam Singapore, karena singapore sudah pro china.

    • mimpi kali mbah ausi gebuk singapor

      • @Mbah Bowo

        Bisa jadi. Singapura memang memiliki hubungan militer yang kuat dengan US maupun Ausie, Tetapi ketika terjadi perang di LCS saya kok merasa kurang yakin jika Singapura akan ikut meladeni Cina…

        Pulau yang besar hanya 1, kota hanya 1, otomatis ibukota, pusat pemerintahan maupun pusat ekonomi negaranya pun hanya 1…

        Bagaimana nasibnya jika terkena serangan dari Nuklir Cina sekali saja…

        Pesawat militernya memang banyak dan diparkir di berbagai negara… Tapi kalau kota utamanya sudah hancur bisa2 base2 militer tersebut hanya sebagai tempat parkir pesawat…

        Cina lho yang dihadapi… bukan Filipina… Meskipun mereka ber-2 sama-sama sering dibully kalau jadi pekerja di Singapura…:)

  33. Hoax itu bung,…
    Tp ane jg heran dr tulisan d itu blog waktu ane buka ke belakangnya banyak dr tulisan itu yg jd kenyataan sekarang2 ini (contoh su 34)…
    Tp terlalu muluk deh klo kapal induk,, anggaran oprasional kita terlalu berat buat ngasih minum itu kapal…

    • jangan seperti thailand yah bang…

      lagian juga indonesia sudah punya 5 kapal induk permanen dan sangat besar…

      KAPAL INDUK SUMATRA,KALIMANTAN,JAWA,SULAWESI,PAPUA,

      he he he
      santai aja bang

      • Betul tuh Bang Oke…

        Thailand memang punya kapal induk, tapi sepertinya mereka bingung sendiri mau dipakai untuk apa…

        Dengar2 saking “jobless”nya… Sampai digunakan rajanya sebagai “kapal pesiar” kerajaan… πŸ™‚

        Indonesia setahu saya memang tidak perlu kapal induk

        Lautnya juga banyak yang tidak terlalu dalam…

        Lagian kalau punya kapal induk, apa mampu bayar bbm-nya…

        Musti beli SU-33 juga…

        Green water navy dulu saja deh baru mikir naik ke level beli kapal induk… πŸ™‚

        • Yg diperlukan indonesia bukan kapal induk, tapi Induk Semang yg ngerti kebutuhan Indonesia akan alutsista yg berkualitas dan sanggup membuat tetangga tdk sempat berpikir utk bermain main di pekarangan kita. Bahkan membuat mereka utk say hello pun tidak punya waktu dan lebih memilih menghindar cari jalan lain walaupun jauh dan menguras tenaga…benar begitu neng okelah.?… πŸ™‚

          • @ibu rusky

            ingin alutsista berkualitas…tergantung FULUS …dari budget yang ada…

          • @ ibu rusky….

            doain saja agar fulus mef 2 dan anggaran on the top ….bisa segera cair thn ini…biar su 35,kilo,bukm2..dll agar banjir alutsista berkesinabungan tiap thn nya…
            mau berkwalitas semua tergantung fulus…makanya giat bayar pajak yah bu…

            he he he
            santai aja bu

  34. setahun cuma jadi SR di pojokan sumut. ijin ikutan nimbrung. thx @bung diego untuk warungnya. @bung satrio @NYD @gue @antonov @WH @sesepuh warjag…u/ pencerahanya. @bung melektech ditunggu trs kicaunya.
    terbang tinggi GARUDAKU…….

  35. bung,diego,nowyoudont,bung satrio…..,ada blog sebelah yg isinya bikin penasaran.entah yg posting salah minum obat atau gimana,tp isi postingannya sepertinya sangat waah kalau di baca.disana di sebutkan kita membeli kapal induk sbgai flagship,trus kapal selam kelas astute.serta ada kapal selam u 214 yg ga jd di beli sm yuyani.memangnya bener y?spertinya militer kita penuh rahasia.seandainya berita itu benar,rasanya gak mungkin si aussie bakal sering melanggar wilayah kita.yg saya analisa belakangan ini,militer kita ini sekuat apa sih?pak SBY sampe brani bilang kita akan jd macan asia.padahal beliau berasal dr kalangan militer yg paling mengerti tentang arti macan asia dlm pandangan kekuatan militer.apa mungkin beliau berani bilang kita menuju macan asia kalau pembelian alutsista kita yg terprogram dalam MEF cuma segini saja.rasanya program MEF gak gawat2 amat,karena sebagian besar bersifat tambal sulam.mohon pencerahannya,salam.

    • udah saya bahas sih di quote pistingan nomer 10
      Yang masuk diakal sajalah

      Punya Kapal Induk itu selain harus dicukupi isinya juga dicukupi pengawalnya
      lha kita fregat destroyer kapal BCM dan kapal logistik aja belum punya dan masih kurang
      Prasarana dan sarana pendukung didarat juga harus dipikirkan
      Menjelang punya Killo saja berapa tahun kita sdh siapkan pangkalannya,bengkelnya dll.,

      Masalah kapal eks Yunani yang gak diambil karena mereka gak bisa bayar sejak setahun lalu sudah jadi rumor dan jadi bahan diskusi
      Bila program MEF 2 kita juga memerlukan penambahan KS ,,kapal eks yunani ini bisa dibuat pertimbangan tuk diakuisisi

      • Betul apa yang dikatakan Bung Satrio, perlu BANYAK sekali yang harus disiapkan selain beli kapal induk itu sendiri…

        Masa punya kapal induk tapi yang ngawal sekelas light fregate, KCR 60 sampai speedboat… πŸ™

        Ikuti saja saran Bung Okelah, pakai pulau-pulau besar di Indonesia sebagai “kapal induk”…

        Kan Indonesia negara defensif… Tidak perlu bergerak “kapal induknya”… πŸ™‚

    • banyak juga yang nanya kapal induk πŸ™‚

      bung @juang, saya cuma mau nambahin. pertama, saya pendukung kapal induk masuk dalam kemampuan masa depan TNI AL, tapi bahkan saya males dan sama sekali ga baca artikel yang dibicarakan orang2 mengenai pembelian kapal induk oleh Indonesia

      banyak sekali alasan mengapa itu tidak visible untuk masa sekarang, diantaranya seperti yang bung Satrio sampaikan mengenai operasional dan pendukungnya sudah cukup untuk menyaring berita itu.

      sepintas saja, harga Kapal Induk bekas tidak murah, plus perlengkapan dan pesawat tempur carrier-based bisa $8-10 milyar dollar, sementara anggaran pertahanan kita saja kemarin 7.5 milyar usd untuk kemenhan dan 3 angkatan. gaji,operasional, bayar hutang dan belanja. bisa saja sih memaksakan diri beli carrier plus pesawatnya, hanya saja akan bagai memakai jas tapi ga pake celana. Astute juga sekitar 2 milyar usd, tapi itu KS nuklir untuk menggotong rudal balistik tomahawk, ada duitpun belum tentu kita dapet, mau meratakan Sidney pake rudal US dari kapal selam UK? he he he

      saya tidak ingin mengecilkan potensi TNI, tapi sebaiknya tetap rasional dengan pemberitaan

      • Nggak jd membusungkan dada donk…
        dengan terpaksa ditutup lg deh dadaku yg keliatan tulangnya semua… πŸ™‚
        Tp apa pun itu, kebanggaan thd TNI ” tak pernah padam ” …(lagu kale…)

      • Kalau kita mencermati waktu ketua KPK Abraham samad usai mengikuti rapat koordinasi dengan Pak Safrie dan jajaran pimpinan TNI, Ketua KPK keceplosan bahwa KPK akan turut mengawasi TNI, karena menyangkut anggaran alutsista yg sangat besar dalam jangka menengah (MEF II) yaitu 400 Trilyun.
        Kalau anggaran sebesar itu, coba pikir, belanja apa yg paling memuaskan dan paling top abisss.
        Yang jelas waktu MEF II akan banyak kejutan, tapi kalau juli thn ini kayaknya belum, kecepetan…

        Tergantung next president.

        • Mas Inul baca di mana beritanya?. Yang dipost di situs berita milik bos golongan kuning itu ya?. Kalo itu kita pembacanya harus mikir sendiri. Wartawannya suka ngasal kalo post berita. Editornya juga parah. Apalagi berkaitan soal angka2 deh :).

      • bung @Inul, yang bener? 400T? dengan kurs 12k saja sudah $33 milyar USD. Amin 3x

        @Bank RUSKYE, tetap harus bangga bung, sekarang ini pencapaian yang luar biasa. kalo masalah kapal induk mah memang levelnya belum nyampe ke sana. mungkin nanti kalo anggaran sudah minimal di kisaran $30 milyar USD per tahun, biar ga kayak carrier RTN yang cuman sering nangkring di dock karena berat di ongkos operasional πŸ™‚

        • Bung @nowy, banyak kok beritanya, disini juga ada coba tanya admin atau bung Diego deh. saya lupa kapan itu, yg jelas waktu rakor dan ada photo pak Abraham Samad.
          Kalau anggaran TNI US$ 30 milyard, kalau konsisten dgn pertumbuhan 7% pertahun dari anggaran TNI sekarang, angka itu sepuluh tahun lebih dikit juga tercapai kok.

        • Bung @inul, CAGR anggaran pertahanan kita ada di kisaran 22% lho. Jika stabil pada 2017 anggaran akan mencapai $18 milyar usd. Pada tahun 2015-16 sudah melebihi anggaran Singapura dan 2020 menyamai anggaran Australia, alasannya CAGR ekonomi maupun anggaran pertahanan kita melebihi CAGR ekonomi dan anggaran pertahanan Singapura maupun Australia

          Syaratnyanya hanya itu tadi, kestabilan pertumbuhan ekonomi dan niat dari pemerintah untuk menjaga momentum modernisasi militer

  36. aq suka sikap menlu…. sejak jaman sriwijaya dan majapahit, indonesia mampu menguasai. patutlah kita menghormati pahlawan kita.

    • Perhatikan menit: 6:11 πŸ˜€ ikut eksis

      • betul bung diego siluman kita

      • jenis apa tuh.?

      • gede πŸ˜€

        Masukan untuk Kemenhan. Perlu ada badan “propaganda” untuk memamerkan kekuatan militer dan menumbuhkan rasa bangga kepada negara. diisi oleh para pembuat film profesional.

        Dari yang terjadi di Russia, kebangkitan militer mereka membangkitkan juga rasa nasionalisme di kalangan masyarakatnya. saya liat banyak juga WNI yang bermental asing dan nihilis di negeri ini. Propaganda positive akan membangkitkan kembali rasa nasionalisme di kalangan masyarakat umum

        Jika Ibukota pindah lokasi atau bahkan pindah ke luar DKI, bagusnya pemerintah juga memikirkan tata letak yang apik hingga parade TNI bisa dilakukan di tempat khusus yang berkarakter dan iconic dan didokumentasikan serta disebar di berbagai media. Akan jadi acara taunan menarik bagi seluruh lapisan masayarat yang hadir maupun yang hanya menyaksikan dokumentasinya. pada akhirnya hal seperti ini akan lebih efisien bagi masyarakat banyak untuk meningkatkan nasionalisme daripada sekedar upacara bendera di sekolah

        just my two cents

      • Astuti kah? Spt ada sayap dibodynya

    • hehehe.. apa ane bilang… itu temennye nyi roro kidul.. waktu gempa dan tsunami di meulaboh aceh itu siluman yg ngecek apa bener tsunami itu akibat gempa krn patahan apa krn bom nuklir bwh laut yg isuenya lg santer wkt itu. jd dari 2004 itu siluman emang udh ada. ane sih jrg komen, kecuali komen yg mendekati A1.

  37. lanjutkan,..

  38. Negara liliput singaini memang mengada-ada. Alasan menyinggung perasaan beberapa gelintir keluarga korban tidaklah masuk akal. Pemerintah Indonesia jangan surut, kalau perlu batalyon marinir di Setokok Batam dinamai batalyon Usman Harun juga. Pisahnya Sabah, Serawak dll telah melukai seluruh rakyat Indonesia, jauh lebih menyakitkan bangsa Indonesia daripada hanya beberapa gelintir keluarha korban Usman Harun.

    • Munhkin mereka pikir Usman Harun tumbuh dari biji dan ga punya keluarga juga πŸ˜€

      Jangan lupakan juga Linggitan dan Simpadan bung, cepat atau lambat mereka akan membayarnya, 2 pulau kecil untuk kemarahan dan sentimen negatif abadi 250jt jiwa rakyat Indonesia

  39. itu berita pembelian kapal induk 100% HOAX, INDONESIA bisa beli real fregate ato destroyer aja udah sujud syukur.pembelian kilo juga terkesan di ulur2 jadi gak usah ngimpi terlalu tinggi,yang penting BUNG TOMO,JOHN LIE ama USMAN-HARUN di bawa pulang dulu,JALESVEVA JAYAMAHE

  40. saya sih justru berterima kasih karena kontrovesi ini karena saya jadi tau Sukarno itu bukan pemimpin yang baik seperti yang digembar-gemborkan. Bayangkan pemimpin macam apa yang memerintahkan untuk meneror dan membom negara orang, membunuh orang sipil yang tidak bersalah! Bahkan di waktu perang pun, membunuh rakyat sipil yang tidak bersalah adalah kejahatan perang, ini pada waktu bukan perang. karena singapura tidak pernah menyerang Indonesia, lebih gilanya lagi pelakunya malah dijadikan pahlawan nasional, ini sama aja kalau dr. azhari yang sudah membom negara ini dijadikan pahlawan nasional oleh malaysia. Negara Malaysia aja gak segila itu kan? ternyata yang namanya Sukarno itu penjahat perang

  41. kalau ngikutin kemauan singapur ya keterlaluan namanya

  42. sangat tepat kalau nama Usman Harun diangkat kembali agar kaum muda bangsa ini tidak lupa kalau pernah punya pahlawan bernama Usman Dan Harun

  43. Semakin senut-senut tuh negara seuprit

  44. LANJUTKAN..!!!
    Harumkan nama Pahlawan kita ” KAPAL REPUBLIK INDONESIA USMAN HARUN ” CLASS
    Persetan dengan singaporn..

  45. Menlu Pak Marty mengatakan pihak Singapura belum menyampaikan keberatan mereka SECARA RESMI
    Menlu mereka K.Shanmugam menyatakan keberatan tersebut melalui sambungan telepon beberapa waktu lalu (mungkin setelah baca artikel diwarjag:D)

    Mereka menyampaikan rasa keprihatinan mengenai penamaan kapal perang yang dimaksut.
    “Kami sudah MENCATAT keprihatinan itu” Ujar pak Marty digedung DPR kemarin.
    Meski ada keprihatinan dari kubu Singapura.pak Marty tidak beranggapan bahwa HARUS ada penggatian nama.menurut menlu CUKUP dengan diperhatikan.Pak menlu sudah berkonsultasi dengan menkopolhukan pak Djoko Suyanto dan pihak TNI AL

    “Kita cukup Mencatat keprihatinan dari pemerintah Singapura,saya sampaikan kepada pihak Singapura,kita mencatat keprihatinan tersebut dan saya kira masalah ini sudah SELESAI” terang pak Marty .

  46. Mbah sakit hati dengan singapore yang merasa keberatan KRI dinamai usman Harun.
    Mbah sakit hati saat itu mbah masih muda dimana Grasi usman harun di tolak oleh singpore.
    Lagian saat itu suasana dan kondisinya saat perang, dan harusnya tawanan perang harus diampuni.
    pemerintah Malaysia yang ikut memohon pengampunan Usman Harun ke singapore pun ditolak pemerintah singapore. Ini menunjukkan sikap pendendam Singapore, sampai kini masih berlanjut.

    Mbah memuji Indonesia yang memberikan grasi pada Corby, terpidana asal australia, ini menunjukkan pemerintah kita sayang pemerintahan australia dan sebaliknya, saling menghargai dan menghormati, terkadang juga saling sedikit benci tapi masih dalam taraf kewajaran.

    Ingat adek-adek bahwa tahun 2020 akan pecah perang di Laut china selatan.
    Negara asean akan terpecah menjadi dua, ( Kamboja, myanmar dan singapore ) satu grup dengan china, sedangkan ( Filiphina, malaysia, brunai, dan vietnam) satu grup dengan Australia dan Amerika serikat, Indonesia di awal-awal konflik saat itu memang netral, tapi karena seluruh angkatan laut dan udara negara asean rontok satu persatu dihantam china dan china terus bergerak ke selatan untuk menghantam australia dan amerika serikat, maka saat itulah kemungkinan indonesia akan berpihak pada australia, informasi mbah ini A1.

    • Ane baca dr atas komen mbah bewok sepertinya bener,wah si mbah udh tobat,eh setelah smpe komen di bawahnya…????? Sami mawon.
      OZ lagi oz lg yg di belain,

    • untuk komen si mbah ini, saya mempunyai pandangan yang sama. china akan merembes ke selatan lewat serangan kilat melalui laos dan kamboja. setelah berhasil baru armada plan akan meluncur ke semenanjung. dan jangan heran jika teknologi tinggi yang diminta oleh kita akan lebih mudah diakses dari rusia maupun nato. silakan dicermati berita 2 mou lewat negara nato diluar us.

  47. Salam hormat buat warjagger, sesepuh dll,..
    Diskusi disini sangat …sangat menumbuhkan nasionalisme dan kebanggaan pada TNI ….

    Saya hanya SR yg sllu bangga ma TNI,
    Mohon ijin …mau tertawa aja atas tingkah singepur …….!.

  48. Jika singapura adalah seorang manusia, maka sudah saya tampar, tak suruh push up dan minta maaf.

  49. Lee tabur bunga..??..itu adalah hasil diplomasi pak Harto, bhw Lee bolehh ke JKT n bertemu R1 syaratnya berkunjung ke makan Usman Harun berdoa dan menabur bunga dipusara mereka…sekali lg bukan krn inisiatif Lee, tp inisiatif pa Harto dengan tujuan agar dendam kesumat rakyat RI bs teredusir…

  50. Apa kbr agan2 semua..ane sempetin ngewarjag di sela2 kunker.info TNI beli kapal induk itu sulit dipercaya..info TNI mau beli destroyer itu bs dipercaya..SAAB dan typoon lg saling menggoda utk dipilih pendukung TOT IFX..kemungkinan keduanya diambil..mbah ane dulu pelatih fisik KKO zaman usman harun.salam NKRI satu jiwa indonesia!!!

  51. John Paul Jones

    ======================================================================
    John Paul Jones adalah Bapak Angkatan Laut Amerika Serikat mengingat aksi-aksinya terhadap Royal Navy selama Perang Revolusi Amerika Serikat. Bagi pihak Inggris yang saat itu merupakan penguasa wilayah Amerika Utara, aksi-aksi pria kelahiran Skotlandia jelas sangat merugikan karena selain memunculkan korban material, juga korban jiwa.

    Atas keberanian dan aksi-aksinya, John Paul Jones dinobatkan sebagai salah satu pahlawan Negeri Paman Sam. Namanya juga diabadikan pada salah satu kapal perusak milik US Navy, yaitu pada kelas Forest Sherman dan terakhir pada kelas Arleigh Burke. Pengabadian nama salah satu tokoh yang paling dicari oleh Inggris selama masa Perang Revolusi Amerika Serikat itu tak sedikit pun menimbulkan protes dari pemerintah Inggris.

    Singapura seharus meniru langkah Inggris yang terhitung bekas induk semangnya dalam kasus penamaan kapal perang terbaru Indonesia. Tak perlu menyampaikan protes kepada Indonesia karena alasan yang dikemukakan tak masuk akal bagi Indonesia. Lagi pula Usman dan Harun dinobatkan menjadi pahlawan Indonesia karena “jasa” Singapura yaitu menghukum gantung kedua prajurit KKO itu. Andaikan Lee Kuan Yew pada 1968 mau mendengar permintaan Soeharto agar hukuman mati bagi kedua pemberani itu dibatalkan, bisa jadi Usman dan Harun tak sampai dinobatkan sebagai pahlawan nasional oleh Indonesia.

  52. Fear of Homeland Attack USA ” This reason is

    04.00 or 05.00 times TEXAS USA , there is a special event on TV TALK SHOW ABC 13 TEXAS . The event was in collaboration with the University of Dallas TEXAS . Because in the interviews presented a fairly competent speakers . But the interesting fact concerning the event of the Indonesian military .

    TV TALK SHOW on ABC 13 TEXAS bring the USA and BRITISH retired general , but there is a University of Dallas student inquired about the placement MARINES USA in AUSTRALIA . Then the answer of the General quite astonishing for all viewers .
    Β 
    TV TALK SHOW on ABC 13 TEXAS attended by General (ret ) Mike Jackson ( leader of the British troops when Iraq invaded ) , Gen. (ret ) Tommy Franks ( the current leader of the DELTA FORCES OPERATION DESERT STORM ) , Gen. (ret ) Peter Pace ( former U.S. MARINE GENERAL Joint Chiefs of Staff and the U.S. ) .
    Β 
    Students from the University of Dallas asks : what placement will attack U.S. MARINE indication USA to Indonesia one day ?
    Β 
    Gen. . Peter Pace : ” there are currently three major world powers MARINES and Indonesia are in the 3rd position. Placement U.S. MARINE STABILITY only for areas in Southeast Asia ” . Do not dream of the USA is planning to attack Indonesia, although the NATO-led USA . It never occurred to the USA to attack Indonesian leaders .
    Β 
    ABC 13 TV presenter TEXAS , USA HANNAH add questions to the conflict in the region ever FAR EAST ASIA … Why Indonesia is so calculated ?
    Β 
    Jend.Tommy Franks : ” We ‘ve had a bitter experience in VIETNAM and KOREA , and all the leaders of the USA aware of who is behind the 2nd ASIA countries that were involved in a conflict with us . Indonesia is a teacher for Vietnam and North Korea while fighting against the USA . ”
    Β 
    Gen. . Peter Pace : ” we often practice with Indonesia , we realized how special abilities pasukuan Indonesia , we are often overwhelmed troops in every war exercises with Indonesia . ”
    Β 
    Gen. . Tommy Franks : ” when an operation to free hostages in the hijacked plane in Bangkok Thailand , DELTA FORCE monitor the operation, but that is not owned by the troops of other countries in education SPECIAL forces are , you will be surprised to find a subject that would be obtained in an elite education any military , education namely conquering spirits .
    Β 
    Gen. . Mike Jackson : ” DOCTRINE Indonesian military has been used in some countries even AFRICA ASIA because Indonesia was asked to train some Asian and African countries . Though Indonesia shortage of weapons may not easily conquered Indonesia because if war occurs not only military but people who go to war must also contribute helping to kill the opponent . SAS ‘ve ever felt when confronted with the Indonesian military alliance and the Indonesian people . So never considered mild with Indonesian General Mike Jackson said .
    Β 
    A female student was also asked about the strength ASIA INTERNATIONAL MILITARY eyes . What is their answer ? Indonesian again into the spotlight .
    Β 
    Gen. . Mike Jackson : ” Indonesia in the near future will be a country where the military is very large and difficult unmatched ” .
    Β 
    Gen. . Peter Pace : “Indonesia has it all and if it diopersionalkan Indonesia will surpass India and China in military development ” .
    Β 
    Gen. . Tommy Franks : ” as a man who once led the special forces , I know a lot of secret military technique which is not shown in the joint war games . Kalo today many countries are members of NATO , especially the conduct of trade relations with the Indonesian military , it is a policy that is right , because otherwise it would be very dangerous position of NATO in ASIA , because Indonesia has a BLOCK NON concept . Fore I expect no sanctions or an arms embargo on Indonesia , because it can lead to vulnerability region SOUTH CHINA SEA ASIA especially . SOUTH CHINA SEA For business , Indonesia was our key . Kalo USA is not careful holds the key to the major impact will be felt by our allies from this area ” .
    Β 
    In the end Jend.Tommy Franks revealed ” no one Indonesian special forces are rarely held a joint exercise that AU . Indonesian Air Force special forces are the only forces with qualifications Corps Air Force Special Forces in Asia and most comprehensive in the world . ” Although the USA also have similar forces in some units but completeness is not able to defeat the Indonesian Air Force special forces ” Jend.Tommy said Franks .

  53. setuju bang patech, kapal ini adalah jalan politik Indonesia untuk sedikit demi sedikit menyingkirkan duri dalam perjalanan kita menjadi negera yang disegani oleh Asia.

  54. hehehe.. apa ane bilang… itu temennye nyi roro kidul.. waktu gempa dan tsunami di meulaboh aceh itu siluman yg ngecek apa bener tsunami itu akibat gempa krn patahan apa krn bom nuklir bwh laut yg isuenya lg santer wkt itu. jd dari 2004 itu siluman emang udh ada. ane sih jrg komen, kecuali komen yg mendekati A1.

  55. Betul sekali kata Mr Marty bahwa masalah ini sudah ‘SELESAI’. Usman-Harun sudah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh berdasarkan keputusan presiden. Protes soal KRI Usman-Harun sudah tidak relevan lagi. Kalo mau protes kenapa nggak dulu waktu ditetapkan sebagai pahlawan he..he. Apalagi Lee senior sudah menabur bunga di pusara kedua pahlawan tsb. Kalo benar mau protes sebaiknya pemerintah Singaparna demo aja di depan rumahnya engkong Lee..:)

  56. Bung S&Y..biarkan saja..itu sih biasa. Jarak Batam-Singapur itu dekat sekali. Bahkan jika pespurnya abis take off terus cycle itu sudah nyelonong masuk rumah orang he..he. Demikian juga kasel mereka. Sekedar putar haluan saja sudah masuk pekarangan orang. Jadi ngapain mereka punya alutsista canggih2. Itu cuma buat gengsi2an dan supaya tidak ketinggalan pergaulan saja (baca: ikut serta dalam latihan bersama dengan AS & kroninya).
    Kalo kejadian ribut gede sm mereka mah nggak usah keluar alutsista yang mahal2. Cukup jejerin Atros saja dari Batam pake roket Pindad aja biar hemat. Lalu, tim demolisi bawah air numpang namu di pangkalan AL-nya. Selesai.

    • Masuk akal jg, tp walaupun bagaimana kenyamanan hidup rakyat Indonesia adalah tolok ukur berhasil tidaknya sebuah pemerintahan, baik dalam hal ekonomi,sosial maupun militer …. tp terlalu jauh kayaknya kalau langsung ke analisis strategy perang bung hehee

    • Walau tidak dipersenjatai iu sangat mungkin show of force setelah menlu mereka pulang dgn tangan kosong. Singapura memang cuman 40-30km diametrnya, tapi untuk pesawat tempur ga perlu jarak yg jauh untuk berputar. Ini sama seperti pelanggaran di laut oleh australia

      Harus ada payung udara jarak pendek- sedang di Batam atau di Setokok melindungi pangkalan marinir. Lain kali ada pesawat tempur asing masuk tanpa ijin langsung saja dilock dan jika perlu ditembak jatuh. Itu hak kita

      Dulu, kita sangat lemah hingga tetangga bisa slonong boy tanpa kendala, ke depan situasinakan berbeda dan mereka harus membiasakan diri terhadap perubahan kondisi yg akan juga meningkatkan sikap tegas

      Tapi kita juga jangan trmakan provokasi asing. Mengingat alutsista barat-timur berdatangan dgn pesat siapa tau sikap Singapura dan Australia adalah provokasi yang disengaja agar berjadi eskalasi yang akan membawa embargo lagi. Semua bisa jadi adalah upaya mereka menghentikan atau setidaknya menghambat modernisasi TNI sebelum menjadi terlalu kuat.

  57. 11-16 feb 2014 itu ada air show di singapore. mungkin lagi panasin enjin langsung survey.

  58. Pesawat tempur singaparno udh permisi numpang lewat dgn radius yg sdh disepakati, dan jg dgn syarat tanpa bawa armament persenjataan. itu maka pangkalan AU dipekan baru tdk reaktif. pergerakan pespur sing dari awal sdh dipantau trs agar rutenya tdk melenceng.

    • mudah2 han benar….sudah lapor ke rt /rw setempat via tepon2 an seperti kayak si ausia waktu nganter imigran..via tepon2 an….
      mudah2 tidak melenceng …tapi kok rutenya di kota dan terbang rendah..?

      • Alasannya knp hrs terbang rendah tdk bisa saya katakan sebab terkait kamanan. jalur penerbangan pespur tsb tdk berada dan melewati obvit dan pangkalan militer kita. jd sejauh ini tdk mslh dan msh sesuai prosedur penerbangan. sekalian pilot sing mw liat bank ruskye sdg ngapain.. hehehe..

  59. KEDAULATAN adl harga mati!!! INDONESIA TIDAK BOLEH TUNDUK kpd negapa manapun…!!! Apalagi cuma kpd Sing. Kpd Amerika, Rusia, China, sekalipun, INDONESIA TDK BOLEH TUNDUK atas kedaulatan negeri sendiri!!! Pemberian nama Usman Harun utk KRI AL, sudah SANGAT2LAH BENAR DAN TEPAT. Jika Indonesia nurut/tunduk desakan Sing, maka jgn pernah lg berharap akan muncul PAHLAWAN2 PERANG di NEGERI INI. PAHLAWAN2 YG SIAP MENGOBARKAN NYAWA DEMI NKRI, DEMI NEGARA DAN BANGSA!!! Dan tragisnya lg, jika INDONESIA tunduk, maka akan ada CAP/LABEL bhw INDONESIA NEGARA KECIL CEMEN YANG TAK LAGI GIGIH MENJAGA KEDAULATAN.
    Jelaslah skrg, OZ+ SING, adl MUSUH NYATA….!!!!

  60. RAMPAS KEMBALI SAHAM INDOSAT, TELKOMSEL, XL-AXIATA YANG DIKUASAI SINGTEL…!!!!

    SUdah jelas singaparno adalah budak mata2 AS, Anustralia..

    Setelah SINGTEL DITENDANG DAN DITERJANG dari perusahaan2 komunikasi kita, perbaiki kembali RUTE KOMUNIKASI-INTERNET yang dipaksa lewat SIngtel.com, sehingga apapun yang kita bicarakan dan apapun yang kita kerjakan di dunia internet dapat mereka pantau.

    Saya fikir Ketahanan jalur komunikasi-Internet adalah bagian integral tak terpisahkan dari Atmosfer MEF yang sedang kita bangun. Kalo SIPIL-SIPIL TAK BEROTAK yang telah menjual telkomsel-indosat dan laen2, TIDAK MAU MEMBELI KEMBALI SAHAM YANG DIMILIKI SINGTEL ITU, lebih baik masukkan ke dalam MEF II, saya fikir tidak ada masalah. Selain ada UNSUR KETAHANAN KOMUNIKASI-INTERNET, militer juga mendapat nilai ekonomis dari menguasai saham2 perusahaan telekomunikasi itu.

    SEKALI LAGI! TENDANG SINGTEL DARI TELKOMSEL, INDOSAT, XL AXIATA.!!!!
    LARANG SELURUH PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI SINGAPARNO UNTUK BEROPERASI DI INDONESIA…!!!!!

  61. Direktur Kajian Politik Center for Indonesian National Policy Studies (Cinaps) Guspiabri Sumowigeno menilai ada tiga agenda Singapura dibalik protes atas penamaan KRI Usman-Harun

    Pertama
    Singapura sedang mencoba menyusun persepsi internasional bahwa kebangkitan militer Indonesia sama sifatnya dengan kebangkitan militer Cina yang menjadi ancaman bagi kawasan Asia Tenggara.

    Kedua
    Singapura memiliki kebutuhan untuk membangun nasionalisme dan identitas nasionalnya. Nasionalisme di kalangan rakyat Singapura sulit dibangun karena masyarakatnya terkotak-kotak dalam segregasi etnik yang tajam dan fakta bahwa negara Singapura adalah hadiah dari kekuatan kolonial.

    Ketiga
    rezim yang berkuasa di Singapura yang sudah menguasai Pemerintahan sejak awal berdiri negara tersebut mulai terganggu oleh tuntutan demokratisasi. Rezim ini sedang dilanda kerapuhan, karena proses demokrasi yang berlangsung telah direkayasa untuk melestarikan kekuasaannya.

    “Kita melihat bagaimana pola ini juga digunakan oleh Malaysia yang juga kerap mencari masalah dengan Indonesia. Nampaknya rezim rapuh di Singapura sedang mengikuti jejak rezim sejenis di Malaysia,” katanya.

    _Republika_

  62. Hati2 pemerintah/TNI di singaprok banyak dornanya (israel penguasa dagang), kalau mengamati dr perdagangan israel dg cina meningkat dr tahun ke tahun dan dorna2 memberikan bocoran alutsista modern dr AS utk cina serta kolusi/deal2 antara singaprok dg cina bisa terjadi melalui dorna2 yg ada di kedua negara. Salam………

 Leave a Reply