Feb 062014
 
Nakhoda Ragam Class TNI AL

Nakhoda Ragam Class TNI AL

Singapura. Pemerintah Singapura menyampaikan keprihatinannya atas rencana Indonesia untuk menamai kapal Angkatan Lautnya dengan nama KRI Usman Harun. Nama tersebut merupakan salah satu dari dua tentara AL yang dihukum mati atas peledakan kompleks kantor di Singapura pada tahun 1960-an silam.

Dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP, Kamis (6/2/2014), Kementerian Luar Negeri Singapura menyebutkan bahwa Menteri Luar Negeri K Shanmugam telah membahas masalah ini dengan Menlu Indonesia Marty Natalegawa. Dijadwalkan, pekan ini Menlu Shanmugam akan berkunjung ke Jakarta.

“Keprihatinan Singapura terhadap penamaan kapal AL tersebut dan dampaknya terhadap warga Singapura, terutama keluarga korban (ledakan),” demikian bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Singapura.

“Dua marinir Indonesia tersebut dinyatakan bersalah atas pengeboman, yang menewaskan 3 orang dan melukai 33 orang lainnya,” demikian disampaikan.

Nakhoda Ragam Class TNI AL

Nakhoda Ragam Class TNI AL

Pemerintah Indonesia berencana memberi nama salah satu light frigate Nakhoda Ragam Class yang dibeli dari Inggris, dengan nama KRI Usman Harun. Nama tersebut berasal dari nama Osman Haji Mohamed Ali dan Harun Said yang dieksekusi mati di Singapura atas pengeboman di kompleks perkantoran setempat pada Maret 1965 silam.

Menurut Kementerian Luar Negeri Singapura, pengeboman tersebut merupakan bagian dari upaya Presiden RI saat itu, Soekarno untuk melancarkan konfrontasi bersenjata terhadap federasi Malaysia yang baru dibentuk. Saat itu, Singapura masih menjadi bagian dari federasi.

Konfrontasi yang juga dikenal dengan istilah ‘Ganyang Malaysia’ dilakukan sebagai bentuk penolakan atas masuknya Sabah dan Sarawak ke dalam Federasi Malaysia. Dua personel AL tersebut, Osman dan Harun merupakan anggota Korps Pasukan Khusus yang diperintahkan menyusup ke dalam wilayah Singapura.

Tak lama kemudian, Singapura berpisah dari Malaysia dan menjadi negara merdeka pada 9 Agustus 1965. “Singapura menganggap masa sulit dalam hubungan bilateral tersebut telah berakhir pada Mei 1973 ketika PM saat itu, Lee Kuan Yew berkunjung dan menabur bunga di makam dua marinir Indonesia,” tambah pernyataan tersebut. (detik.com)

  137 Responses to “KRI Usman Harun Menuai Protes Singapura”

  1.  

    LANJUTKAN..!!!
    Harumkan nama Pahlawan kita ” KAPAL REPUBLIK INDONESIA USMAN HARUN ” CLASS
    Persetan dengan singaporn..

  2.  

    Menlu Pak Marty mengatakan pihak Singapura belum menyampaikan keberatan mereka SECARA RESMI
    Menlu mereka K.Shanmugam menyatakan keberatan tersebut melalui sambungan telepon beberapa waktu lalu (mungkin setelah baca artikel diwarjag:D)

    Mereka menyampaikan rasa keprihatinan mengenai penamaan kapal perang yang dimaksut.
    “Kami sudah MENCATAT keprihatinan itu” Ujar pak Marty digedung DPR kemarin.
    Meski ada keprihatinan dari kubu Singapura.pak Marty tidak beranggapan bahwa HARUS ada penggatian nama.menurut menlu CUKUP dengan diperhatikan.Pak menlu sudah berkonsultasi dengan menkopolhukan pak Djoko Suyanto dan pihak TNI AL

    “Kita cukup Mencatat keprihatinan dari pemerintah Singapura,saya sampaikan kepada pihak Singapura,kita mencatat keprihatinan tersebut dan saya kira masalah ini sudah SELESAI” terang pak Marty .

  3.  

    Mbah sakit hati dengan singapore yang merasa keberatan KRI dinamai usman Harun.
    Mbah sakit hati saat itu mbah masih muda dimana Grasi usman harun di tolak oleh singpore.
    Lagian saat itu suasana dan kondisinya saat perang, dan harusnya tawanan perang harus diampuni.
    pemerintah Malaysia yang ikut memohon pengampunan Usman Harun ke singapore pun ditolak pemerintah singapore. Ini menunjukkan sikap pendendam Singapore, sampai kini masih berlanjut.

    Mbah memuji Indonesia yang memberikan grasi pada Corby, terpidana asal australia, ini menunjukkan pemerintah kita sayang pemerintahan australia dan sebaliknya, saling menghargai dan menghormati, terkadang juga saling sedikit benci tapi masih dalam taraf kewajaran.

    Ingat adek-adek bahwa tahun 2020 akan pecah perang di Laut china selatan.
    Negara asean akan terpecah menjadi dua, ( Kamboja, myanmar dan singapore ) satu grup dengan china, sedangkan ( Filiphina, malaysia, brunai, dan vietnam) satu grup dengan Australia dan Amerika serikat, Indonesia di awal-awal konflik saat itu memang netral, tapi karena seluruh angkatan laut dan udara negara asean rontok satu persatu dihantam china dan china terus bergerak ke selatan untuk menghantam australia dan amerika serikat, maka saat itulah kemungkinan indonesia akan berpihak pada australia, informasi mbah ini A1.

    •  

      Ane baca dr atas komen mbah bewok sepertinya bener,wah si mbah udh tobat,eh setelah smpe komen di bawahnya…????? Sami mawon.
      OZ lagi oz lg yg di belain,

    •  

      untuk komen si mbah ini, saya mempunyai pandangan yang sama. china akan merembes ke selatan lewat serangan kilat melalui laos dan kamboja. setelah berhasil baru armada plan akan meluncur ke semenanjung. dan jangan heran jika teknologi tinggi yang diminta oleh kita akan lebih mudah diakses dari rusia maupun nato. silakan dicermati berita 2 mou lewat negara nato diluar us.

  4.  

    Salam hormat buat warjagger, sesepuh dll,..
    Diskusi disini sangat …sangat menumbuhkan nasionalisme dan kebanggaan pada TNI ….

    Saya hanya SR yg sllu bangga ma TNI,
    Mohon ijin …mau tertawa aja atas tingkah singepur …….!.

  5.  

    Jika singapura adalah seorang manusia, maka sudah saya tampar, tak suruh push up dan minta maaf.

  6.  

    Lee tabur bunga..??..itu adalah hasil diplomasi pak Harto, bhw Lee bolehh ke JKT n bertemu R1 syaratnya berkunjung ke makan Usman Harun berdoa dan menabur bunga dipusara mereka…sekali lg bukan krn inisiatif Lee, tp inisiatif pa Harto dengan tujuan agar dendam kesumat rakyat RI bs teredusir…

  7.  

    bung surya A1 , ojo lali ..

  8.  

    John Paul Jones

    ======================================================================
    John Paul Jones adalah Bapak Angkatan Laut Amerika Serikat mengingat aksi-aksinya terhadap Royal Navy selama Perang Revolusi Amerika Serikat. Bagi pihak Inggris yang saat itu merupakan penguasa wilayah Amerika Utara, aksi-aksi pria kelahiran Skotlandia jelas sangat merugikan karena selain memunculkan korban material, juga korban jiwa.

    Atas keberanian dan aksi-aksinya, John Paul Jones dinobatkan sebagai salah satu pahlawan Negeri Paman Sam. Namanya juga diabadikan pada salah satu kapal perusak milik US Navy, yaitu pada kelas Forest Sherman dan terakhir pada kelas Arleigh Burke. Pengabadian nama salah satu tokoh yang paling dicari oleh Inggris selama masa Perang Revolusi Amerika Serikat itu tak sedikit pun menimbulkan protes dari pemerintah Inggris.

    Singapura seharus meniru langkah Inggris yang terhitung bekas induk semangnya dalam kasus penamaan kapal perang terbaru Indonesia. Tak perlu menyampaikan protes kepada Indonesia karena alasan yang dikemukakan tak masuk akal bagi Indonesia. Lagi pula Usman dan Harun dinobatkan menjadi pahlawan Indonesia karena “jasa” Singapura yaitu menghukum gantung kedua prajurit KKO itu. Andaikan Lee Kuan Yew pada 1968 mau mendengar permintaan Soeharto agar hukuman mati bagi kedua pemberani itu dibatalkan, bisa jadi Usman dan Harun tak sampai dinobatkan sebagai pahlawan nasional oleh Indonesia.

  9.  

    Fear of Homeland Attack USA ” This reason is

    04.00 or 05.00 times TEXAS USA , there is a special event on TV TALK SHOW ABC 13 TEXAS . The event was in collaboration with the University of Dallas TEXAS . Because in the interviews presented a fairly competent speakers . But the interesting fact concerning the event of the Indonesian military .

    TV TALK SHOW on ABC 13 TEXAS bring the USA and BRITISH retired general , but there is a University of Dallas student inquired about the placement MARINES USA in AUSTRALIA . Then the answer of the General quite astonishing for all viewers .
     
    TV TALK SHOW on ABC 13 TEXAS attended by General (ret ) Mike Jackson ( leader of the British troops when Iraq invaded ) , Gen. (ret ) Tommy Franks ( the current leader of the DELTA FORCES OPERATION DESERT STORM ) , Gen. (ret ) Peter Pace ( former U.S. MARINE GENERAL Joint Chiefs of Staff and the U.S. ) .
     
    Students from the University of Dallas asks : what placement will attack U.S. MARINE indication USA to Indonesia one day ?
     
    Gen. . Peter Pace : ” there are currently three major world powers MARINES and Indonesia are in the 3rd position. Placement U.S. MARINE STABILITY only for areas in Southeast Asia ” . Do not dream of the USA is planning to attack Indonesia, although the NATO-led USA . It never occurred to the USA to attack Indonesian leaders .
     
    ABC 13 TV presenter TEXAS , USA HANNAH add questions to the conflict in the region ever FAR EAST ASIA … Why Indonesia is so calculated ?
     
    Jend.Tommy Franks : ” We ‘ve had a bitter experience in VIETNAM and KOREA , and all the leaders of the USA aware of who is behind the 2nd ASIA countries that were involved in a conflict with us . Indonesia is a teacher for Vietnam and North Korea while fighting against the USA . ”
     
    Gen. . Peter Pace : ” we often practice with Indonesia , we realized how special abilities pasukuan Indonesia , we are often overwhelmed troops in every war exercises with Indonesia . ”
     
    Gen. . Tommy Franks : ” when an operation to free hostages in the hijacked plane in Bangkok Thailand , DELTA FORCE monitor the operation, but that is not owned by the troops of other countries in education SPECIAL forces are , you will be surprised to find a subject that would be obtained in an elite education any military , education namely conquering spirits .
     
    Gen. . Mike Jackson : ” DOCTRINE Indonesian military has been used in some countries even AFRICA ASIA because Indonesia was asked to train some Asian and African countries . Though Indonesia shortage of weapons may not easily conquered Indonesia because if war occurs not only military but people who go to war must also contribute helping to kill the opponent . SAS ‘ve ever felt when confronted with the Indonesian military alliance and the Indonesian people . So never considered mild with Indonesian General Mike Jackson said .
     
    A female student was also asked about the strength ASIA INTERNATIONAL MILITARY eyes . What is their answer ? Indonesian again into the spotlight .
     
    Gen. . Mike Jackson : ” Indonesia in the near future will be a country where the military is very large and difficult unmatched ” .
     
    Gen. . Peter Pace : “Indonesia has it all and if it diopersionalkan Indonesia will surpass India and China in military development ” .
     
    Gen. . Tommy Franks : ” as a man who once led the special forces , I know a lot of secret military technique which is not shown in the joint war games . Kalo today many countries are members of NATO , especially the conduct of trade relations with the Indonesian military , it is a policy that is right , because otherwise it would be very dangerous position of NATO in ASIA , because Indonesia has a BLOCK NON concept . Fore I expect no sanctions or an arms embargo on Indonesia , because it can lead to vulnerability region SOUTH CHINA SEA ASIA especially . SOUTH CHINA SEA For business , Indonesia was our key . Kalo USA is not careful holds the key to the major impact will be felt by our allies from this area ” .
     
    In the end Jend.Tommy Franks revealed ” no one Indonesian special forces are rarely held a joint exercise that AU . Indonesian Air Force special forces are the only forces with qualifications Corps Air Force Special Forces in Asia and most comprehensive in the world . ” Although the USA also have similar forces in some units but completeness is not able to defeat the Indonesian Air Force special forces ” Jend.Tommy said Franks .

  10.  

    setuju bang patech, kapal ini adalah jalan politik Indonesia untuk sedikit demi sedikit menyingkirkan duri dalam perjalanan kita menjadi negera yang disegani oleh Asia.

  11.  

    hehehe.. apa ane bilang… itu temennye nyi roro kidul.. waktu gempa dan tsunami di meulaboh aceh itu siluman yg ngecek apa bener tsunami itu akibat gempa krn patahan apa krn bom nuklir bwh laut yg isuenya lg santer wkt itu. jd dari 2004 itu siluman emang udh ada. ane sih jrg komen, kecuali komen yg mendekati A1.

  12.  

    Betul sekali kata Mr Marty bahwa masalah ini sudah ‘SELESAI’. Usman-Harun sudah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh berdasarkan keputusan presiden. Protes soal KRI Usman-Harun sudah tidak relevan lagi. Kalo mau protes kenapa nggak dulu waktu ditetapkan sebagai pahlawan he..he. Apalagi Lee senior sudah menabur bunga di pusara kedua pahlawan tsb. Kalo benar mau protes sebaiknya pemerintah Singaparna demo aja di depan rumahnya engkong Lee..:)

  13.  

    Bung S&Y..biarkan saja..itu sih biasa. Jarak Batam-Singapur itu dekat sekali. Bahkan jika pespurnya abis take off terus cycle itu sudah nyelonong masuk rumah orang he..he. Demikian juga kasel mereka. Sekedar putar haluan saja sudah masuk pekarangan orang. Jadi ngapain mereka punya alutsista canggih2. Itu cuma buat gengsi2an dan supaya tidak ketinggalan pergaulan saja (baca: ikut serta dalam latihan bersama dengan AS & kroninya).
    Kalo kejadian ribut gede sm mereka mah nggak usah keluar alutsista yang mahal2. Cukup jejerin Atros saja dari Batam pake roket Pindad aja biar hemat. Lalu, tim demolisi bawah air numpang namu di pangkalan AL-nya. Selesai.

    •  

      Masuk akal jg, tp walaupun bagaimana kenyamanan hidup rakyat Indonesia adalah tolok ukur berhasil tidaknya sebuah pemerintahan, baik dalam hal ekonomi,sosial maupun militer …. tp terlalu jauh kayaknya kalau langsung ke analisis strategy perang bung hehee

    •  

      Walau tidak dipersenjatai iu sangat mungkin show of force setelah menlu mereka pulang dgn tangan kosong. Singapura memang cuman 40-30km diametrnya, tapi untuk pesawat tempur ga perlu jarak yg jauh untuk berputar. Ini sama seperti pelanggaran di laut oleh australia

      Harus ada payung udara jarak pendek- sedang di Batam atau di Setokok melindungi pangkalan marinir. Lain kali ada pesawat tempur asing masuk tanpa ijin langsung saja dilock dan jika perlu ditembak jatuh. Itu hak kita

      Dulu, kita sangat lemah hingga tetangga bisa slonong boy tanpa kendala, ke depan situasinakan berbeda dan mereka harus membiasakan diri terhadap perubahan kondisi yg akan juga meningkatkan sikap tegas

      Tapi kita juga jangan trmakan provokasi asing. Mengingat alutsista barat-timur berdatangan dgn pesat siapa tau sikap Singapura dan Australia adalah provokasi yang disengaja agar berjadi eskalasi yang akan membawa embargo lagi. Semua bisa jadi adalah upaya mereka menghentikan atau setidaknya menghambat modernisasi TNI sebelum menjadi terlalu kuat.

  14.  

    11-16 feb 2014 itu ada air show di singapore. mungkin lagi panasin enjin langsung survey.

  15.  

    Pesawat tempur singaparno udh permisi numpang lewat dgn radius yg sdh disepakati, dan jg dgn syarat tanpa bawa armament persenjataan. itu maka pangkalan AU dipekan baru tdk reaktif. pergerakan pespur sing dari awal sdh dipantau trs agar rutenya tdk melenceng.

    •  

      mudah2 han benar….sudah lapor ke rt /rw setempat via tepon2 an seperti kayak si ausia waktu nganter imigran..via tepon2 an….
      mudah2 tidak melenceng …tapi kok rutenya di kota dan terbang rendah..?

      •  

        Alasannya knp hrs terbang rendah tdk bisa saya katakan sebab terkait kamanan. jalur penerbangan pespur tsb tdk berada dan melewati obvit dan pangkalan militer kita. jd sejauh ini tdk mslh dan msh sesuai prosedur penerbangan. sekalian pilot sing mw liat bank ruskye sdg ngapain.. hehehe..

  16.  

    KEDAULATAN adl harga mati!!! INDONESIA TIDAK BOLEH TUNDUK kpd negapa manapun…!!! Apalagi cuma kpd Sing. Kpd Amerika, Rusia, China, sekalipun, INDONESIA TDK BOLEH TUNDUK atas kedaulatan negeri sendiri!!! Pemberian nama Usman Harun utk KRI AL, sudah SANGAT2LAH BENAR DAN TEPAT. Jika Indonesia nurut/tunduk desakan Sing, maka jgn pernah lg berharap akan muncul PAHLAWAN2 PERANG di NEGERI INI. PAHLAWAN2 YG SIAP MENGOBARKAN NYAWA DEMI NKRI, DEMI NEGARA DAN BANGSA!!! Dan tragisnya lg, jika INDONESIA tunduk, maka akan ada CAP/LABEL bhw INDONESIA NEGARA KECIL CEMEN YANG TAK LAGI GIGIH MENJAGA KEDAULATAN.
    Jelaslah skrg, OZ+ SING, adl MUSUH NYATA….!!!!

  17.  

    RAMPAS KEMBALI SAHAM INDOSAT, TELKOMSEL, XL-AXIATA YANG DIKUASAI SINGTEL…!!!!

    SUdah jelas singaparno adalah budak mata2 AS, Anustralia..

    Setelah SINGTEL DITENDANG DAN DITERJANG dari perusahaan2 komunikasi kita, perbaiki kembali RUTE KOMUNIKASI-INTERNET yang dipaksa lewat SIngtel.com, sehingga apapun yang kita bicarakan dan apapun yang kita kerjakan di dunia internet dapat mereka pantau.

    Saya fikir Ketahanan jalur komunikasi-Internet adalah bagian integral tak terpisahkan dari Atmosfer MEF yang sedang kita bangun. Kalo SIPIL-SIPIL TAK BEROTAK yang telah menjual telkomsel-indosat dan laen2, TIDAK MAU MEMBELI KEMBALI SAHAM YANG DIMILIKI SINGTEL ITU, lebih baik masukkan ke dalam MEF II, saya fikir tidak ada masalah. Selain ada UNSUR KETAHANAN KOMUNIKASI-INTERNET, militer juga mendapat nilai ekonomis dari menguasai saham2 perusahaan telekomunikasi itu.

    SEKALI LAGI! TENDANG SINGTEL DARI TELKOMSEL, INDOSAT, XL AXIATA.!!!!
    LARANG SELURUH PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI SINGAPARNO UNTUK BEROPERASI DI INDONESIA…!!!!!

  18.  

    Direktur Kajian Politik Center for Indonesian National Policy Studies (Cinaps) Guspiabri Sumowigeno menilai ada tiga agenda Singapura dibalik protes atas penamaan KRI Usman-Harun

    Pertama
    Singapura sedang mencoba menyusun persepsi internasional bahwa kebangkitan militer Indonesia sama sifatnya dengan kebangkitan militer Cina yang menjadi ancaman bagi kawasan Asia Tenggara.

    Kedua
    Singapura memiliki kebutuhan untuk membangun nasionalisme dan identitas nasionalnya. Nasionalisme di kalangan rakyat Singapura sulit dibangun karena masyarakatnya terkotak-kotak dalam segregasi etnik yang tajam dan fakta bahwa negara Singapura adalah hadiah dari kekuatan kolonial.

    Ketiga
    rezim yang berkuasa di Singapura yang sudah menguasai Pemerintahan sejak awal berdiri negara tersebut mulai terganggu oleh tuntutan demokratisasi. Rezim ini sedang dilanda kerapuhan, karena proses demokrasi yang berlangsung telah direkayasa untuk melestarikan kekuasaannya.

    “Kita melihat bagaimana pola ini juga digunakan oleh Malaysia yang juga kerap mencari masalah dengan Indonesia. Nampaknya rezim rapuh di Singapura sedang mengikuti jejak rezim sejenis di Malaysia,” katanya.

    _Republika_

  19.  

    Hati2 pemerintah/TNI di singaprok banyak dornanya (israel penguasa dagang), kalau mengamati dr perdagangan israel dg cina meningkat dr tahun ke tahun dan dorna2 memberikan bocoran alutsista modern dr AS utk cina serta kolusi/deal2 antara singaprok dg cina bisa terjadi melalui dorna2 yg ada di kedua negara. Salam………