Nov 112016
 

Saya kadang merasa miris mendengar beberapa fans boy militer yang terjebak dengan kata-kata Changbogo Indonesia cuma sekelas anjing kampung. Tanpa banyak yang tidak sadar ternyata kemampuan Changbogo improved Indonesia lebih dari sekedar anjing kampung. Bisa dikatakan anjing kampung blasteran Herder, di balik tubuhnya yang kecil ternyata memiliki otot-otot yang kuat untuk membunuh lawannya, bahkan menghadapi lawan yang jauh lebih besar. Banyak pertimbangan yang membuat pemerintah akhirnya memilih kapal selam ini, dikarenakan adanya modifikasi yang sesuai dengan kebutuhan TNI AL. Ternyata Changbogo Improve Indonesia memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Amur 1650 dan masih layak disandingkan dengan kelas Herder.

Chang bogo Improved ( AIP ) PT PAL kita bisa lebih unggul dari beberapa aspek, hanya kalah dalam hal Ukuran, Amament/Persenjataan, External structur coating & material.

 PERFORMANCE

U-209/1500, dari segi kecepatan dan kemampuan lama menyelam di dalam air, U-219/1500 improved lebih superior. Lebih efisien dengan mengatur kecepatan menyelam yang lebih rendah bisa memberikan daya jangkau yang lebih jauh ( mengunakan AIP ).

DESAIN ( struktur hull )

  • Amur 1650Terjadi Perubahan desain yang signifikan terhadap desain kapal selam rusia yang lebih suka dengan double hull. Amur memiliki single Hull dan single-shaft dengan dua propulsors cadangan. Amur memiliki lambung yang solid yang terbuat dari Highstrength baja campuran yang unik. Kapal selam dilengkapi dengan lapisan anto sonar baru yang lebih efesien dari generasi baru Molniya ( Lightning ). Hull Amur memiliki penutup karet berlapis-lapis yang mampu meredam suara mesin yang terdapat pada kapal selam dan memiliki sinyal sonar echo.  
  • U-209/1500 AIPAdanya perubahan dibentuk lambung (Hull) dibanding U-209/1300 lawas, Single hull & made up HY-80/HY-100 High Tensile Steel yang telah lebih dioptimalkan untuk karakteristik hidrodinamika dan siluman. baling-baling yang rendah kebisingan meningkatkan acoustic stealth kapal selam.

*)  Keduanya memiliki struktur atau desain yang baik, dimana menjaga kapal selam mempunyai kemampuan siluman sebagai prioritas dalam pembangunanya. Amur 1650, memiliki strukturs desain External Coating yang lebih baik dibanding U-209. Sementara U-209 /1400/1500 Improved memiliki Hull Sectioning & Shape yang mengoptimalkan ke stealth-annya dibanding Amur 1650.

PROPULSION dan Air Independent Propulsion ( AIP )

Amur 1650

Amur menggunakan sistem propulasi terintegrasi dengan 2 diesel generator, Electirc Propulation motor, 2 Kristall-27E AIP System dan Skewed Seven-Bladed Propeller. AIP system yang ada di Amur 1650 berdasarkan sel bahan bakar Hidrogen-Oksigen agar kemampuan menyelam dibawah yang lebih lama. Kristall-27E AIP System daya tahan menyelam kapal selam 15 – 45 hari.

image003

U-209/1500 AIP

U-209/1500 menggunakan sistem propulasi terintegrasi dengan 2 mesin MTU 16 V-396 ( 2000 KW ) yang menyajikan 600-900 Volt propulsi, 2 Siemens PEM ( Polymer Electrolyte Membrane ) 120 KW Fuel Cell modules dan Skewed Seven-Bladed Propeller. Sistem propulsi berdasarkan Silver-Oxide dan baterai alumunium.

AIP System pada saat patroli dan misi pencegat memungkinkan kapal untuk tetap terendam hingga 13 hari pada kecepatan 4 knot dan pada kecepatan 6 knot kisaran misi bisa mencapai hampir 12.000 Nmil daya tahan bisa mencapai 84 hari.

*) Siemens PEM fuel cell AIP System memiliki endurance dan energi yang lebih efesien dari Kristall-27E AIP System. Tetapi rusia mengklaim sistem AIP nya lebih aman dibanding sistem AIP Jerman karena memiliki bahan yang tidak mudah terbakar.

SISTEM SENSOR

Amur 1650

SONAR: Sistem sonar Amur 1650 terdiri dari transduser pasif dan peralatan elektornik yang sangat sensitif, yang memungkinkan mendeteksi suara rendah yang dikeluarkan dari kapal selam dan kapal permukaan dari jarak yang cukup jauh.

*              Towed Array

*              Communication Array

*              Active Sonar

*              Forward Direction Passive Array ( Lira Sonar ) dengan penginstallan sistem Quasi-Conformal ( berbatasan dengan lambung kapal ) Antena bisa mendeteksi target suara rendah dari jangkauan yang cukup jauh.

ELECTRONIC :

Kapal Selam Amur dilengkapi dengan LITIY-Automated Combar Control System, yang mengintegrasikan dan mengontrol sistem tempur dan teknis sistem kapal selam Amur. Sistem komunikasi yang ada di Amur 1650 dilengkapi dengan sistem yang dapat menerima atau mengirim informasi pada kedalaman 100 meter.

image005

U-209/1500 AIP

SONAR : Sonar suite CSU-90 ( DBQS-40FTC ) :

*              Cylindrical Array ( CAH ) for medeium frequency passive detection.

*              FAS-3-1 Flank Array Sonar

*              Thin Line Tower Array ( TAS-3 )

*              Passsive Rangging Sonar ( PRS ) 3-15 untuk kalkulasi data target

*              Active Sonar ( CTA ) untuk mementukan kisaran target.

*              Intercept Array Sonar untuk mendeteksi emisi aktif kapal permukaan.

*              Mine Detection Sonar ( MAS ) MOA-3070

ELECTRONIC :

CMS MSI -90U Mk-2 Kongsberg Defence System; Radar dan Electronic Support Measure ( RESM )-PEGASO, Radar ARIES-S Low Probability of Intercept ( LPI ) and High Resolution Radar ( HRR ) buatan Indra Spanyol, Integrated Navigation System ( INS ) buatan SAGEM Prancis; Optronic dan Periscop buatan Casadian ( SERO 400 ) yang merupakan produk premium Casadian dan OMS 110.

State-of the-Art Radar Aries-S LPI memiliki sistem resolusi tinggi untuk mendeteksi target kecil. Sinyalnya yang rendah membuat lebih praktis tidak terdeteksi, sehingga dapat “melihat tanpa terlihat”. SERO – 400 dilengkapi dengan tiang elektronik-optik OMS110. Tiang elektronik akan dilengkapi dengan kamera termal, laser range finder and low lightness TV ( LLLTV ).

*)   Sistem sonar suite CSU-90 secara menyeluruh lebih komplex dan memiliki teknologi yang lebih unggul dibanding LIRA sonar. Hampir disetiap sudut U-209 dilengkapi sistem sensor sebagai mata dari U-209. Radar Aries-S LPI merupakan State-of the-Art yang saat ini bisa digunakan dikapal selam U-209/U-214/U-212/S-80.

Tidak terlalu banyak data yang didapat memang mengenai data kemampuan secara menyeluruh tentang 2 kapal selam ini, dikarenakan adanya kerahasian mengenai kapal selam sebagai alutsista strategis. Setidaknya dengan adanya beberapa kemampuan yang ada dichangbogo masih bisa mengimbangi kemampuan kapal selam tetangga. Tampilan luar yang terlihat lawas ternyata dibagian dalam changbogo improved Indonesia tersimpan perangkat premium teknologi terbaru yang hampir mirip dengan U-214. Dengan transfer teknologi yang didapat dari korsel sangat mungkin Indonesia membangun kapal selam yang jauh lebih besar.

Dengan adanya rencana pembangunan kapal selam dengan sistem AIP di kapal selam changbogo U-209/1500 jelas memberikan efek deteren kemampuan tempur bawah air Indonesia. India saat ini sedang mengembangkan U-209/1500 lawas dan kapal selam Scorpone untuk bisa di install rudal brahmos. Kalau memang U-209/1500 India sudah bisa di install rudal Brahmos, bukan hal yang tidak mungkin U-209 Improved PT PAL bisa membawa Rudal Brahmos.

Masih Perlukah pembelian Kilo 636/Amur 1650?

Perlu, sebagai tindak lanjut pengembangan kelemahan Changbogo Improved. Terutama dalam hal persenjataan dan mencari perbandingan bahan material yang lebih baik. Minimal kita bisa dapat TOT dari segi pengintasallan senjata, sistem acoustic stealth dan bahan material yang menjadi kelebihan dari kapal selam Rusia untuk bisa dicangkokan di kapal selam PT PAL. Dengan jumlah 8 lubang tabung torpedo berukuran 63 cm, sangat memungkinkan kapal selam changbogo Indonesia untuk di install rudal Klub-S yang berdiameter 533 mm.

Saya yakin, PT PAL bisa membuat ras baru hasil dari perkawinan anjing blasteran herder dengan Pitbull. Perpaduan anjing kampung yang punya daya tahan ( Endurance ) yang baik, memiliki pengalaman berburu yang alami dan mudah dalam perawatan, dikawinkan dengan Pitbull yang memiliki karakter petarung.  Yang pasti, Changbogo Improved yang dibuat PT PAL bakal jauh lebih kuat daripada anjing tetangga. Masih gak PEDE sama Changbogo Indonesia????

By : Welleeehh

Sumber: Wikipedia; Navy-recognation;GobalSecurity.org: www.elSnorkel.com; naval-technology.com, dll.

jakartagreater.com

  102 Responses to “KRISIS PEDE CHANG BOGO (U-209/1400IN)”

  1.  

    dapat pertamax g ni aku

  2.  

    Mantep…Ijin Kehadiran…86

  3.  

    Test

  4.  

    Beli amur 12 tapi tot nya cuma diajarin bikin hull ogah ah kalo beli 12 minta produksinya disini datengin semua insinyur rusia suruh kerjain dipt pal baru mantap.

  5.  

    Tradisi baru

  6.  

    wow….

  7.  

    Harus beli berapa amur/kilo class baru dapat tot bahan material/senjata amur/kilo?

  8.  

    Mantop…

  9.  

    @ Bung TN, cicing wae…itu saya tanya, ada info kah pemerintah mau beli 3 kasel lagi selain chang bogo…babar dong jika tau, hihihi…makasih sebelumnya..

  10.  

    P>

  11.  

    Sejak kapan ayam menyusui wkwkwkwk

  12.  

    Seharusnya Bung Aby, membaca tentang prestasi CBG di RIMPAC 2000-2010an…. sangat mengerikannnn …

    Disisi lain, scorpene belum ada beritanya sama sekali tentang debutnya.

    Cek dulu sebelum Ngaco …