Jun 112016
 

Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali mengkritisi TNI. Kali ini SBY mengkritisi banyaknya prajurit TNI yang sudah terlalu sibuk menjalankan ‘tugasnya’ di luar tanggungjawabnya sebagai penjaga kemanan negara.

Menurutnya, hal ini akan membuat profesional dan kesiapan TNI dalam bertempur akan berkurang. “Yang berbahaya adalah karena terlalu sering dan terlau banyak unsur TNI menjalankan tugas yang diluar tugas pokoknya, profesionalitas, kemampuan dan kesiagaannya untuk bertempur dan berperang bisa menurun,” tandasnya.

Saat ini menurutnya banyak penguasa yang memanfaatkan TNI menjadi alat kekuasaan sehingga, banyak prajurit yang akhirnya terjun ke dunia politik. “Ini seperti masa lalu, harusnya sudah masuk museum,” ucapnya, di kediaman pribadinya, Cikeas, Bogor, Jumat (10/6/2016).

Dia mengikatkan kepada para penguasa dan prajurit TNI agar tidak menarik TNI ke wilayah politik demi kekuasaan dan para pemimpin TNI agar menjaga profesionalitas, menjaga semangat reformasi, dan tidak tergoda untuk masuk ke wikayah politik praktis.

 Posted by on June 11, 2016  Tagged with: ,

  96 Responses to “Kritik SBY Untuk TNI”

  1. SBY pertamax,

  2. Telah kembali…

  3. kumat.

  4. ah,pak beye bisa aja bercanda.

  5. sippp…

  6. Pst nanti ada yg panas kupingnya sbb kritik dari SBY hehehe….

  7. sehat selalu untuk pa SBY …

  8. halaaaaahhh rasah digagas……

  9. Mengurangi kesiapan untuk berperang…lah, katanya “thousand friends zero enemy…” piye toh pak..?

    • Ya kalo gitu gak usah pakai tentara kalo kau artikan zero enemy itu mentah2…
      Tidur2an aja…jual semua peralatan militer…mikir koq telat

  10. Yesss……ane sangat tdk setuju prajurit tni aktif masuk duna politik

  11. kritikan yg bagus Jeli dan sekalian mengingatkan tni kembali bahwa tni bukan satpol pp
    jaga wibawa dan pro tni agar selalu di banggakan di mata rakyat ri dan dunia
    klu gusur menggusur dll serahkan saja ke ahok di jamin rata tak tersisa

  12. ya..kita trima.aja….toh gimana juga ..mantan presiden kita..harus hargai..kekurangn dan kelebihan.y..

  13. Kali ini kritikan pak sby wajib di dengar demi nkri dan wibawa tni ..

  14. sangat setuju sekali dengan Pak SBY atas kritikannya

  15. Mantap…….

  16. Kritikan yg masuk akal & bisa diterima, tp alangkah baiknya gaji untuk TNI dinaikan supaya anggota tdk sibuk cari kerja sampingan. Hhi”

    • Klo untuk kanaikan gaji ane setuju bung, tp masak mo komplain k pak SBY, komplain donk ama si joko, sekalian komplenin ke ahok jgn TNI jdkan pol PP…….masak iya tentara suruh perang ma rakyat, muke gile tuh si ahok @kambing

  17. betul jg skrng TNI bs dipake penguasa gantiin satpol pp #miris

  18. Setuju pak …

  19. Ya memang lebih baik kembali ke tupoksi, namun diharap satpol pp/polisi/ dan instansi lainnya didukung full oleh negara ketika ada oknum instansi lain menjadi halangan pekerjaan mereka. Jangan malah oknum tersebut di back up instansinya, sehingga pemimpin saat ini merasa perlu melibatkan banyak pihak untuk pekerjaan satpol pp atau polisi sekalipun.

  20. Sekarang semuanya diam..gw ga liat pegiat ham waktu pinggiran laut digusur..padahal itu adalah hak mereka.ga liat Juga ada para pembela hukum buat rakyat kecil..yg gw liat tni..yg gila2 an siap nonjok,nembak,mentung..para penduduk yg ngelawan..parahnya jendral2 tni merestui…tni INI diciptakan untuk menjaga masyarakat Dari serangan luar. Masyarakat disini wni yg kaya,miskin,yg dipasar,disekolah,dipenjara,DLL.bukan malah ikutan beginian..mending lo olang pada pelang disuriah..gugur DLM tugas lebih enak didenger Dari pada..tni digebuki nganu..

  21. Contohnya kyk di bali skrng,setiap presiden datang ke bali,aparat2 baik TNI POLRI satpol pp langsung paranoid memaksa masyarakat menurunkan baliho2 penolakan reklamasi teluk benoa,bhkan kabar terbaru,masyarakat yg menghadiri pawai pesta kesenian bali hri ini yg memakai baju tolak reklamasi di intimidasi dan dsuruh ganti baju,aspirasi dibungkam,yg makek baju dilihatseolah2 kyk orang jahat yg mw bikin onar pdhal mreka dtng untuk menonton dan orang bali asli lg ,aparat yg katanya manunggal dengan rakyat,nyatanya jd alat untuk memuluskan kepentingan,bukti di lapangan sungguh jauh dari hal2 yg bnyak di bahas di forum ini yg bnyak menyajikan profesionalisme aparat,kalo bisa diangkat pke artikel bwt admin,bsa memberikan gambaran riil bgaimana aparat sbnrnya dilapangan khususnya di bali,yg smpe baju dan baliho penolakan reklamasi teluk benoa pun diurusi kyk ngurus teroris

  22. Setujuuu.. kembalikan Marwah TNI!! Jangan jdkan alat kekuasaan, jgn jebak TNI dlm kancah politik’, apaa lg sampe suruh bersihkan gorong2 d sekitar Istana.. jgn berikan ia tugas yg d luar fungsinya

  23. pak sby juga dulu terjun ke politik lho

    • Beliau terjun ke politik setelah tidak aktif lagi sebagai prajurit TNI bung..saat karir beliau masih panjang, beliau ‘dipaksa’ pensiun dini oleh Gus Dur untuk menjadi pembantu beliau sebagai menteri. Gus Dur saja percaya dengan kualitas Pak Beye bung..

  24. Karena ada yg lemah yang kuat jadi tambatan

    Dan TNI menjadi tameng dari si anu…. salam buat pak SBY sumpah kangen semoga Allah selalu memberi kesehatan buat Pak Sby.

  25. Pernyataan sby ini jg blunder ke dirinya sediri,pda saat dia masih menjabat saat datang ke bali mulai saat itu aparat jd paranoid,membungkam aspirasi rakyat bali,krena dy yg mengeluarkan perpres ijin reklamasi teluk benoa,lha situ yg memulai menggunakan aparat untuk membungkam suara rakyat,skrng situ mengkritik aparat,dan lbh lucunya sekarang dia mengaku berKTP gianyar bali,udah ngeluarin perpres,membungkam aspirasi eh masih tak segan jg bwt berKTP bali ckckck

  26. saran bagus tapi tidak spesifik jadi sulit untuk mengkaji.penertiban dan perbaikan sistem memang harus selalu dilakukan semua lembaga negara karna bukan hanya mengikuti perkembangan jaman,juga menjaring oknum yang menjadi biang virus hingga tidak mengkotaminasi yang lain.

  27. Memang kdg pikiran jernih baru bisa keluar saat sdg puasa. . . .

  28. lah bapak sendiri gimana pak?

  29. begitulah sang mantan….eehehhehe, kayak waktu periodenya saja yg terbaikk…sama seperti mantan kita kayak dia saja merasa terindah dan paling pas buat kita, pdhl kita sudah punya yang baru yang lebih baik…..

    • Nanti juga sampai masanya yang sekarang menjabat juga jadi ‘mantan’ kok. Kecuali mau mengangkat diri jadi presiden seumur hidup seperti Soekarno.

  30. apanya yg baik sekarng, semuanya serba mahal, utang indonesia malh betambah, alusista belum ada yg kebeli, indonesia mandiri, itu krn presiden sebelumnya, yg baru datang sekarng, dan proses tot dan kerjasama lainnya, mulai dri ifx, cambogo, sigma, lah presiden sekrng?

    • Lho bandingin yang dua priode sama yangbaru dua tahun?
      Yang jabat dua periode saja baru datang sekarang apalagi yang baru jabat dua tahun. mikirrrr….

  31. Gara2 Ahok, TNI didamprat SBY..

  32. lha bukan pak SBY juga terjun ke dunia politik yaa ? HAHAHAHA

  33. Kalau masih ada fungsi teritorial, susah mau menghindari tupoksi diluar perang. Lihat saja koramil dan kodim itu fungsinya apa? pasti bukan utk perang, dulu jaman gusdur mau dihapus, tapi jaman beye malah dipertahankan, lha kalau sekarang diberdayakan utk membantu swasembada pangan dll, ya jangan dikritik. xixixi.

    • Tugas dan fungai Koramil adalah menyelenggarakan binter dalam rangka mendukung tugas pokok kodim, dengan demikian koramil menyelenggarakan binter (pembinaan teritorial) di wilayah melalui berbagai macam kegiatan,di antara nya melaksanakan pembinaaan kesadaran berbangsa dan bernegara melalui pemahaman yang mendalam tentang tatanan nilai-nilai kebangsaan,serta pembinaan kesadaran bela negara dan cinta tanah air melalui pemahaman yang mendalam tentang sejarah dan jati diri bangsa Indonesia,jiwa semangat perjuangan bangsa Indonesia dalam membela negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,Pembinaan tentang kemanunggalan TNI-Rakyat melalui pemahaman jati diri TNI yaitu : TNI dari Rakyat berjuang bersama Rakyat dan berbuat untuk kepentingan Rakyat, Di antaranya melaksanakan kegiatan Bhakti TNI serta kegiatan-kegiatan yang lain nya yang berguna untuk Rakyat dan kemajuan Bangsa Indonesia,selain itu koramil menyelenggarakan pembinaan perlawanan Rakyat (WANRA) di daerah nya sesuai tanggung jawab nya di wilayah dalam rangka untuk menciptakan ketahanan dan keamanan wilayah dari ganguan-gangguan yang mengancam keamanan Bangsa Indonesia.

      Membantu swasembada pangan adalah salah satu fungsi “TNI dan Rakyat berjuang bersama Rakyat dan berbuat untuk kepentingan Rakyat, Di antaranya melaksanakan kegiatan Bhakti TNI serta kegiatan-kegiatan yang lain nya yang berguna untuk Rakyat dan kemajuan Bangsa Indonesia.” Jadi banyak2 belajar lg yah dek, sebelum komen/mengkritik..

    • Mantap komennya bung Theta, pendek tapi jitu.

      Yang dikritik mungkin aparat teritorial / babinsa, yang diminta ikut mengawasi penggunaan dana desa.
      Apa salahnya, wong namanya aja babinsa, yang dibina ya semua aspek desa.
      Dari jaman orba juga ada AMD.

      Post power syndrome aja yang ngritik…

    • biasalah namanya juga by

  34. SBY cuma ngiri sama pemerintahan sekarang’ dulu kan jaman bapak cuma beli Alutsista bekas kalo gak paling beli baru tp yg gak gahar’ liat sekarang pak SU35 didepan mata” ente dulu kebanyakan kasih subsidi BBM yg gak tepat sasaran’ jd yg kebeli barang rongsok’ beli pespur rongsok pun kadang gak ada rudalnya.. kalo puny macan ya macan ompong’ lha pespur kok gak siap tempur

    • Ente ngomong apaan toongg,, secara tidak langsung ente yg iri ga bisa berbuat apa2 buat bangsa ini.. ngapain lo banding2in yg ada kalah telak ngebandingin pemerintah sebelomnya sama sekarang.. lagian yg dibahas skrng masalah TNI yg mulai bermain politik,, masih bagus ada yg mengingatkan drpd ente buta sama mana yg salah & bener.. kalo ente yg ngingetin emang bakal dianggap sama pak jokowi yg ga ada pengaruhnya sama sekali buat jokowi.. selama kritikannya bener ya didukung bukan brdasarkan like or dislike..

    • Didepan mata…mata mu siwer dri bulan kapan tnda tngn kntrak diundur undur mulu…nih kabinet skrng saya sebut kabinet 1000 wacana koar2 di media tpi kerjaannya 0 besar

  35. depan matamu yg rabun.??? SU35 akan akan akan akaaaaaaan. mending makan sekalian. xixxixi

  36. saya sanat setuju..dgn apa yg di katakan pak SBY….

    benar sekali…

  37. mungkin ia kali ya….. kalau lihat akhir akhir ini…

  38. haha…baca sejarah SBY donk…dia.itu bukan pensiun dari TNI tapi mengundurkan diri utk masuk dunia politik. waktu itu banuak yg menyayangkannya krn dia salah satu smart general TNI. Keterlibatam SBY di dunia politik jauh sebelum dia mendirikan partai Demoktat di jaman bu Mega…

  39. Barisan CONGOR PUTIH dan barisan keturunan nunut lahir pasti “Panas” klo dikritik Pak BeYe…..air mana airrr ada yg kobong otaknya….Akakakakak

  40. Hikksss jeruk minum jeruk..

  41. TNI Bukan jabatan politik murni pembela negara…bukan pembela golongan…kalo pembela golongan kudeta aja bisa berkuasa dg instan…
    Kembali ke jalannya yg benar itu betul..pak beye..memang jeli…
    Zero enemy thausand friend itu bener tapi pak beye juga tau…kalo enemy pasti dibabat…coba ingat kedekatannya dg om putin..minta lontong nuclear pun dikasi kalo mau…
    Pak beye menang mutlak pilpress 2 kali lo ingat itu…
    Gak ada yg mengungguli recor nya sampe sekarang…
    Pidatonya penuh wibawa dg kata kata yg tidak blekak blekuk…wekekekek…bhs inggris lancar…gak blekak blekuk…wekekwkw
    Ojo panas yo…

  42. Kecebong anyut pada kram otaknya,…makanya gak bisa mikir setelah minum air kobokan kaki junjungannya, tahunya junjungnya yg paling baik, padahal selama ini cuma diPHP doank….ngenes rek uripmu…ndang tobat pumpung bulan puasa ben waras utekmu…

  43. Nah yang sekarang berapa yg dikeluarkan sampe bisa menang ?? Skrg udahlah gak usah mikir kamu bisa beli suara rakyat tidak bodoh…kalo gak cucok pada ambil uangnya tapi gak milih dia…itu rakyat umum…
    Mau beli suara berapa duit lo punya juga gak akan bisa jangan ngecilin kecerdasan rakyat…
    Peace..

  44. greget coyy dikritik bosss 😀

  45. hip hip hore……..
    kagum sama bapa yang satu ini!!!!.

    jgan2 su 27 idenya pa sby pas waktu menjabat jadi menhan ????
    dari padayang sekarang
    menhannya banyak omdo…ga grrget ..

  46. kayaknya SBY enggak pernah jadi MENHAN, tapi jadi MENKO POLKAM …

    sebaiknya jangan memuji pak SBY atau menjelekkan pak JKW, nanti akibatnya justeru terbalik, banyak yang menjelekkan pak SBY …

    sekarang situasinya sudah lain …

    yang paling dahsyat dari pak JKW adalah program pelabuhan Bitung dan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan hub antar bangsa …

    sekali lagi terima kasih pak SBY dan pak JKW …

    … kikikikikikih …

  47. maksudnya :

    pujian atau celaan yang berlebihan

    maaf saking semangatnya ngetik jadi ada yang ketinggalan … kikikikikikih …

    • Bu mega karti@
      Sudah semestinya penguasa skrg harus melakukan pencapaian lebih baik dari sebelumnya…malu donk jika tidak…
      Orang cerdas selalu punya inisiatif dan belajar dari sebelumnya…jika seumpama tambah buruk dari sebelumnya bukan belajar…tapi lola…merusak tatanan yg sudah benar…memundurkan pencapaian yg seharusnya sdh dicapai…moga tidak demikian…

      Koreksi itu penting…yang tidak bisa dikoreksi cuma diktator…disini pak beye sudah betul…koreksinya…krn kapasitas beliau tdk diragukan lagi…

      Jika semua orang berpikiran bijak seperti @mega karti saya yakin indonesia bisa lebih maju dalam pandangan politik…tidak terjebak dalam fanatisme sempit…yang menjijikan…

      Salam kenal…

  48. sby ni presiden berangan dingin dan otak cerdas beda sma preode skrg isinya kisruh melulu…tp anehnya media tdk prnh mengeritik pemerintah..shrsnya media memberi msukan dan kritik mna yg salah dan benar…lha skrg smua media pro jd kyk zaman mbh harto versi moderen,,jk td sejalan dibrangus.

  49. Salam sehat selalu utk Pak SBY & Klg.

  50. Semboyan “BERSAMA RAKYAT TNI KUAT” rubah dulu dong kalau ingin jadiin TNI tugasnya cuma jaga pertahanan doang
    jaman sudah berubah pak ini bukan jaman orde baru TNI pun harus mengikuti perkembangan jaman harus jadi agen dan katalis pembangunan dan membangun negara bersama-sama toh kalau negara dan ekonomi maju TNI juga makin kuat kan begitu juga sebaliknya kalau negara dan ekonomi lemah TNI pun pasti ikut lemah

  51. Tni sekarang banyak kegiatan sipilnya pak, mulai nanem padi, bersihin got, bersihin kali, sampe ngamanin penggusuran.

    Dan dng gagah ahok ngomongg kalo tni dalam setiap kegiatan nya di beri insentip.

    Prajurit senang, kemendan tenang, rakyat mingkeem!!! Yang pejabat bangga programnya berhasil, mulai jualan “itu lho program saya”

    Peajurit daerah pada pengen jg kaya prajurit di pusat, pejabat daerah juga pengen kaya ahok yang di elu elukan masyarakat, ahirnya buat jg program sepertki ahok ngelibatin tni!!

    Tni yang di perbatasan jg mulai iri…. daaaaan terjadilah pelemahan kekuatan dari dalam!!!!

    Hati hatiak tni

  52. Kata2 Pk. SBY benar & perlu dicermati, jgn jauh2 lah lihat para prajurit TNI banyak yg dgn senang hati menjilat ” orang2 kaya “, shg bangga menjadi ” centeng ” orang2 kaya, demi uang ……… !!!

  53. se7 bung joloSutro krn pk. sby pula pondasi mef tercipta.

  54. Ceuk Aink Ge# komen yg pedas. Tapi memang benar kok, yang dulu terbongkar itu perusahaan yang sama sekali tidak mau menggaji karyawanya yang dibekingi oknum tni dan brimob

  55. Maaf out of topix, Saya sering menjumpai banyak anggota TNI di berbagai tempat yg perokok & berbadan tambun.

  56. Aktif dan ikut kegiatan sosial dan pebangunan itu TNI boleh…..yang tidak boleh itu ikut dalam dunia politik praktis…pada gak ngerti…dodol..

    Itu namanya Ilmunya melangit tapi pemahamanya masih kurang….ketipu kamu jadinya…

  57. Sudah laa semua pemimpin baik..semua ada kekurangan dan kelebihan…mari kita doakan pimpinan kita agar di beri hidayah dan kekuatan dari Tuhan.agar bisa memimpin negara dengan baik dan sejahterah…amin…

  58. dimasnya Dia dicap lambat tp tepat, yg sekarang cepat tp banyak ralat,,,kayak dichina aja tiap komen kritikan langsung ilang

  59. klo ingat sby jadi ingat dengan program blue energi nya….hehehehe

    http://www.ugm.ac.id/id/berita/307-ilmuwan.ugm.prihatin.maraknya.penemuan.bahan.bakar.alternatif.palsu

  60. bukannya udah dapet tugas tambahan ya buat meriksain harga kebutuhan pokok di pasar. Siap Kumendan. Lapor harga daging sapi Rp.120.000,- per kg di pasar rubuh. Rp. 115.000,- per kg di pasar kaget, Rp. 110.000,- per kg di pasar pagi menjelang sing. Sekian laporannya kumendan.

  61. TRUS BAPAK KENAPA MASUK KEDUNIA POLITIK…………

    semua purnawirawan punya cita cita jd presiden, jd mau tak mau terjun ke dunia politik!!!memangnya bisa dari panglima langsung jd presiden..wakeup BO…

  62. kemampuan menurun??????????PPRC TNI latihan terus…..

    yg kemampuan menurun tuh mungkin koramil??

  63. Sayangnya pak beye yang ngajarin tni terlibat politik dan bisnis

 Leave a Reply