Jul 192014
 
mhr-ran

Helikopter Tempur Maritim MH-60R ‘Romeo’, Skadron NUSQN 725, Angkatan Laut Australia

Florida – Dalam waktu tujuh bulan sejak mengoperasikan helikopter tempur maritim MH-60R ‘Romeo’, awak dari New Squadron (NUSQN) 725 Angkatan Laut Australia, berhasil melakukan uji tembak torpedo Mk 54 di Atlantic Undersea Test and Evaluation Centre (AUTEC), Amerika Serikat.

Kru helikopter ini mendapatkan tiga torpedo Mk 54 untuk menghantam sasaran bergerak di areal pelatihan AUTEC, Amerika Serikat. Torpedo tersebut disuplai oleh staf Angktan laut Australia.

Kru heliopter dari NUSQN 725 Australia diminta memberdayakan semua sensor helikopter MH-60R, untuk melokalisir, menjejak dan mengklasifikasikan target yang benar, sebelum diberikan persetujuan untuk rilis senjata.

Pelatihan ini merupakan puncak dari pelatihan perang anti-kapal selam yang secara intens mendalami kemampuan operasi taktis helikopter MH-60R, dengan sistem pengajaran yang rinci serta simulasi yang menantang, sebelum mereka melakukan uji tembakan yang sesungguhnya.

Letnan Steve McConville dari kru Gauntlet 03 mengatakan, menjadi yang orang pertama dari kru helikopter MH-60R Royal Australian Navy untuk menggunakan torpedo MK54, adalah kesempatan yang fantastis.

“Ini adalah peristiwa penting untuk Angkatan Laut Australia dan Fleet Air Arm. Sebagai kapten helikopter, adalah suatu kehormatan untuk terlibat dalam peluncuran pertama.”

Staf perawatan yang terlibat dalam latihan ini juga memperoleh pengalaman yang signifikan dari cara dan sistematika memuat rudal ke helikopter. Bekerja bersama Angkatan Laut Amerika Serikat, memberi mereka pengalaman yang berharga tentang memadukan (interface) pesawat dengan berbagai senjata yang akan dimuat.

rab-10

Kru Pemeliharaan dari Helikopter Tempur Maritim MH-60R ‘Romeo’, Skadron NUSQN 725 loading Torpedo Mk 54 ke pesawat di Florida, United States of America.

Kepala Bintara Roderick Stuart mengaku, sebagai seorang supervisor ia, bertanggung jawab untuk memastikan berbagai senjata dan rudal yang di-loading ke helikopter dalam konfigurasi yang tepat.

“Pemasangan senjata adalah prestasi yang signifikan bagi tim pemeliharaan skuadron.”

“Manfaat yang diperoleh dari pelatihan di AUTEC AS, menjadi pondasi yang kuat untuk melanjutkan kegiatan ini ketika kembali ke Australia.”

Penerapan sistem pemasangan dan pengoperasian senjata dimonitor dan dievaluasi langsung oleh instruktur United States Navy Helicopter Maritime Strike Wing Atlantic Weapons School, dengan detil penjelasan dan feed back yang diberikan untuk semua kru.

Instruktur Angkatan Laut Amerika Serikat terkesan dengan keterampilan yang ditampilkan oleh kru Australia, dan menilai semua yang dicoba dalam pelatihan ini, berlangsung dengan sukses.

Torpedo Mk 54 mulai digunakan Angkatan Laut Australia untuk helikopter MH-60R dan pesawat P-8A Poseidon. Hal ini memberikan peningkatan kemampuan bagi Angkatan Laut Australia. Saat ini torpedo Mk 46 digunakan di helikopter S-70B dan pesawat AP-3C orion.

Untuk pertahanan, Angkatan Laut Australia, juga memiliki torpedo MU90 yang juga dianggap sebagai senjata unggul untuk perang Anti-Kapal Selam. (RAN).

Bagikan :

  41 Responses to “Kru MH-60R, Uji Tembak Torpedo Mk 54”

  1.  

    1

  2.  

    1…Indonesia blm punya ya?

  3.  

    First ! Hehe

  4.  

    kok sepi ya??serem banget kabur ahhh

  5.  

    Pertamax

  6.  

    wah udah ada artikel baru aja…

  7.  

    6 kah??

  8.  

    8

  9.  

    Anti dot buat bung PS…tapi saya yakin,bung ps ma petinggi2 tni masih punya bnyak strategi,lagian poseidon8 kabarnya kurang mumpuni..

  10.  

    Nyimak

  11.  

    apakah HEli AKS yang akan di akuisisi oleh TNI AL jg akan di lengkapi oleh senjata yang gahar kayak punya Ausi??…..Semoga aja

  12.  

    Apa ini jawaban “negeri utara” sedang mengembangkan KS yaa…? mohon pencerahan agan2 n sesepuh, sekalian salam kenal walau saya udah baca ni warung sejak Januari 2014 namun br sekarang memberanikan diri utk ikut komen….

  13.  

    Ndan @PS, awas ada pawang KS tuh di sonotan hahaha…

  14.  

    psywar sonotan, mana tau lontongnya ditorpedo lagi

  15.  

    Bung @toak jangan kabur dedemitnya blm muncul.

  16.  

    Bung @PS, mohon tanya, apakah sampai lama ya latihan penembakan torpedo?
    “alam waktu tujuh bulan sejak mengoperasikan helikopter tempur maritim MH-60R ‘Romeo’, awak dari New Squadron (NUSQN) 725 Angkatan Laut Australia, berhasil melakukan uji tembak torpedo Mk 54”

  17.  

    W

  18.  

    18. kira” Lontong siluman kita bakal ke detect apa gak ya @ndan PS..??

  19.  

    cimiwwww

  20.  

    Izin nyimak!!!

  21.  

    berangan dibilik sepi.

  22.  

    Wah harus hati2 neh KS siluman kita yg ngeroda di selatan, sonotan dah punya antidotnya (romeo n juliet) .

  23.  

    22

  24.  

    sonotan mulai beraksi

  25.  

    Afirmative 😈

  26.  

    belinya enggak tanggung 24 nantinya dan siupil sudah ada 6 mau tambah,thailand juga 6 biji…kalau begitu beli pensil yg anti chopternya dari jerman pak poer dijamin mak nyuss…miapahhh…….

  27.  

    bung nara, bisa diurai lebih lanjut “strategi khusus” yang kita punya? 🙂

  28.  

    Siap ndan !!!!

 Leave a Reply