Sep 062014
 

Dalam satu minggu ini cukup banyak pejabat negara yang diundang untuk melihat kapal selam Nanggala. Mereka juga diberikan brevet Hiu Kencana dan menjadi warga kehormatan Kapal Selam TNI AL. Kapal Selam KRI Nanggala sebagai alutsista strategis, sudah mulai terbuka, untuk ditampilkan ke matra lain, bahkan ke kalangan sipil.


Penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana oleh Kasal Laksamana TNI Marsetio kepada Kapolri Jenderal Polisi Sutarman dan Kasad Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. (Foto: Dispenal)

Penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana oleh Kasal Laksamana TNI Marsetio kepada Kapolri Jenderal Polisi Sutarman dan Kasad Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. (Foto: Dispenal)

Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Chairul Tanjung dijadwalkan menerima Brevet Kehormatan Hiu Kencana dari TNI Angkatan Laut.

Brevet tersebut disematkan di dalam Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang menyelam di kedalaman 60 meter di bawah permukaan laut perairan Laut Jawa. Kapal selam berangkat dari Dermaga Pelabuhan Kiat Indah Merak, Banten, Sabtu (6/9/2014).

Dengan penyematan ini maka Menteri yang akrab disapa CT ini resmi menjadi warga kehormatan kapal selam RI. Brevet Hiu Kencana adalah simbol pengakuan terhadap provesionalisme prajurit kapal selam dalam taktik dan tekni peperangan bawah laut. Brevet ini dapat menumbuhkan kebanggan, jiwa korsa bagi pemakainya.

Tanda kualifikasi khusus ini dapat menjadi pendorong semangat pengabdian serta peningkatan disiplin dan motivasi untuk setia mengemban tugas negara.

Bersama CT, adalah Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana dan juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari LK Pangestu juga turut menerima Brevet Kehormatan ini.

Penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Marsetio kepada Kapolri Jenderal Polisi Sutarman dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dilakukan di dalam lambung kapal selam TNI AL KRI Nanggala-402 yang sandar di Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Rabu (3/9).

Kedua pimpinan angkatan tersebut mendapatkan kesempatan berlayar dan menyelam dengan KRI Nanggala-402 pada kedalaman 25 meter di bawah permukaan laut.

β€œPenyelaman dilakukan selama sekitar dua jam pada titik posisi yang ditentukan,” ucap Ketua Panitia kegiatan dari Lanal Banten, Letkol Laut (P) Agus Izudin.

Kapal selam memiliki tekanan tertentu dalam penyelaman di bawah permukaan laut, sehingga Kapolri dan Kasad akan menjalani pengecekan kesehatan terlebih dahulu sebelum melakukan penyelaman.

“Pengecekan kesehatan seperti tekanan darah, itu perlu dilakukan sebelum menyelam, karena kita mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan sebagai dampak tekanan di bawah air,” papar Agus.

Selain Kapolri dan Kasad, Penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana juga disematkan kepada Panglima Armada Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Sri Mohamad Darajatim dan Panglima Armada Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aryatmaja yang sebelumnya telah disematkan oleh Asisten Operasi (Asops), Kasal Laksamana Muda TNI Arief Rudianto. (Detik.com dan JurnalMaritim.com).

  267 Responses to “KS Nanggala, Kok Dipamerkan Terus ?”

  1. Selamat siang…!!!

  2. 2 nd kah?

  3. Hehehe

  4. warga kehormatan hiu kencana ,berarti gede banget jasa mrk buat korp hiu..

  5. 4 lg kah.

  6. No papat, SR maneh…….

  7. Nah ini yg saya tanyain ama bang PS di artikel sebelumnya. Akhirnya nongol juga artikelnya.
    Nih yg dipake Neggala 402 yang jenis apaan ya?

  8. monggo bung PS,monggo :v

  9. emang waktunya udah harus ditongolin biar pada percaya.hehhe
    yang biasa hoax2 lgs ditutp pake laban

  10. Bakar menyan dan nyebar bunga 7 macam buat ngundang Ndan @PS

    :v :p

  11. Nanggala udh mau di pensiunin kyknya..

  12. Apakah bs dijelaskan apa jasa para penerima brevet ini dan apa kriteria penerima brevet?

    • satu yang jelas Bung, jasa mereka untuk Korps Hiu Kencana dan TNI AL pada umumnya, sangat bersar :mrgreen:

      • Boleh nebak dkit ah.. para mentri ini kayanya penyandang dananya.
        maaf kalau salah.

        • hahaha… yang benar mereka berjasa dalam kebijakan pembangunan kekuatan dan postur TNI pada umumnya dan TNI AL pada khususnya hehehe… Blue Print MEF itu dibahas dengan beberapa kementerian terkait lho Bung hehehe.. ndak hanya TNI saja :mrgreen:

          • Klo jasa menteri pariwisata dan ekonomi kreatif apa ya bung ps? Bingung iki hubungane ks ma menparekraf… kn gak seberapa nyambung itu bung

          • janga dilihat sekarang Ibu Mari Eka sebagai kemenperaf, sebelum resuffle kabinet kemarin Ibu Mari Eka jadi menteri apa hayoo Bung? hehehe… :mrgreen:

  13. ada apa ya dibalik itu semua, para sesepuh warjager, berilah pencerahan, moga2 ada clue yang positip dah !

  14. menyannya kurang nh,bakar lagi…datanglah bung PS :mrgreen:

  15. mununggu ahlinya

    #sr mode on

  16. Bakar menyan dulu,,,β€œβ€œ,, biar bung PS nonggol ,,β€œ,,β€œβ€œ

  17. Ditunggu kaka2nya KS Nanggala yg bernomor lambung sama jg nonggol..colek ndan PS..ditunggu babaran hibah KS Seken..apa Akula yg renov kemaren y ndan PS..he3

  18. Paling mksdnya, para tamu kehormatan itu diajak keliling di bawah utk ditunjukkan (sbgai bukti) KS2 kita yg lain. Jd slama perjalanan 2 jam itu, bbrp KS kita yg gaib2 sudah stanby di sepanjang perairan yg akan dilintasi KS Nanggala. Ini taktik TNI utk meyakinkan BPK, KPK, agar tdk mengaudit pengadaan Alutsista yg gaib, minimal tidak mempublish.

    Maaf analisa bakul ayam…
    Sundul Bung @Pocong Syereeeeeeeem……

  19. bung ps lgi nyelem. ndak ada sinyal buat datang. ?Β°[???e?????e?????e??]?:p Β°[???e?????e?????e??] β€œ? ?Β°

  20. kalo bisa itu para pejabat di kasih training sebulan ajah nyari kerang. biar tahu rasa πŸ˜†
    kapan2 kalo beneran perang suruh ikut nyilem hahahaha

  21. Makasih artikelnya, wah kalau artikel kapal selam emang wajib ditunggu nih yang misteri2……

  22. Itu KS U209 yg utk ks latih, bukan yang biasa keluyuran di selat2.

  23. TNI AL–KS–Menko Perekonomian–Meneg PerPembangunan Nas…ada link yg berkaitan kah?…colek mas PS,…

  24. bsok kl ks latihnya dh pensiun jdin musium ea kyk di surabaya

    • lagi-lagi tergantung kebijakan pemerintah untuk hal itu Bung hehehe… :mrgreen:

      • Bung PS, saya jd penasaran kabar KS yg TNI miliki pada jaman Pres Soekarno, udah jadi apaan yaH?

        • pensiun semua Bung hehehe… :mrgreen: ini saya kasih data yang benar yah hehehe…

          12 Desember 1966, RI Tjakra dan RI Nanggala pensiun
          18 Maret 1970 : RI Henrajala, RI Alugoro pensiun
          25 Mei 1971 : RI Trisula, RI Nagarangsang, RI Tjandrasa,
          3 Maret 1980. KRI Ngabanda
          24 Juni 1986: KRI Bramastra-412 pensiun
          1990 KRI Pasopati 410 pensiun setelah sebelumnya menjadi KS latih dan kemudian dijadikan museum, sementara KS sisanya dijual ke Pakistan hehehe… :mrgreen:

  25. jd pen tau yg diintip james bond di ujung jawa ndan..apa kurang canggih ya ampe ketangkep tuh..ga nyerah lagi ngirim agen laen ngintip sarang hiu yg mo dibangun..
    awas lho ndan nek jawabnya pake :mrgreen: tak suruh ndan plak njepret pake karet kolor ntar :mrgreen:

  26. selamat sore bung ps
    salam kenal
    btw bung ps ikut tidak di dalam ks nanggala wktu penyematan?

  27. hehehe…. itu aibnya sonotan Bung, biarkan mereka yang duluan membuka boroknya seperti KS mereka yang saat intip sana-sini diwilayah kita rusak ditengah laut gara-gara jaring nelayan, itu kejadian tahun 2007 tapi baru dibuka ke publik oleh mereka kalo ndak salah sekitar lima tahun kemudian dari kejadiannya hehehe… :mrgreen

  28. hadirrrrr

  29. bung ps nanya dong by the way kakaknya jeung astuti gmn kbrnya?

  30. bang pocong..

    seumpama ane nyelametin ikan lele yg kesangkut jaring trus ane lepasin di laut sebage penghormatan sesama mahkluk hidup n peduli kelestarian lingkungan hidup apa ntu dah masuk kriteria dapet brevet hiu kencana pa belon, bang pocong ?

  31. mudah2an jokowi-jk bikin kebijakan baru yg bikin alutsista aneh2 itu sebagian dibuka ke publik.. gak perlu yg gahar2 lah, ygh sekelas kilo bekas lah..

  32. Wah ada pak Chairul Tanjung segala nih sbg warga bawah lautnya … Jangan jangan beliau mau buka gerai Carrefour nya di dalam kapal selam ya bunh Pocong ? Hehe ..

  33. Moga pemerintahan yg bru bisa pengadaan yg lebih gaib bin aneh.terserah apa yg penting jg ganggu yg sdh di teken.

  34. salam kenal bung PS, semenjak baca artikelnya bung PS kok saya jadi sangat tertarik ke bidang KS an ini, mo tanya tanya sedikit. apakah ks hanya mengandalkan propeler saja untuk bergerak. apakah ada teknologi yg bs mendorong selain propeler misal jet air yg dikembangkan agar senyap. saya pikir AIP merupakan pengganti propeller, namun kelihatannya pengembangan lebih ke batterynya. jd inget red oktober yg mentest KS dengan penggerak selain propeller. kemudian teknologi propeller jg kelihatannya rada aneh bentuknya, ini saya lihat dari borei classnya ruski yg bentuknya hampir mbulet. kemudian pertanyaan lain untuk prosedur emergency surface apakah ada faktor yg musti diperhatikan mis kedalaman tertentu ? dan bagaimana kondisi awaknya, walaupun pressurized tapi kalo kecepatan menyembul sangat cepat apakah berpengaruh dan berapa meter perdetik kecepatannya ? maklum sy paling takut menyelam, banyak jg pertanyaan dalam benak saya seandainya jd silent warrior misal jika ballast fail dll

    • ya saat bergerak di air KS hanya mengandalkan Propeller saja Bung, saat ini setau saya belum ada teknologi pendorong jet bagi KS, kalau untuk kapal atas air mungkin ada, tapi bagi kS yang 90% kegiatannya berada dalam air perlu penelitian seirus lagi Bung hehehe… AIP (air independent propulsion) itu memberikan kemampuan menyelam lebih lama bagi KS konvensionil bertenaga Diesel sebelum diharuskan snorkeling untuk mengisi kembali baterai penggerak motor elektrik saat menyelam. untuk prosedur emergency surface ya ada faktor kedalaman tertentunya Bung, Sebetulnya dalam pengoperasian KS dapat menyelam pada beberapa macam kedalaman. KS bisa dikatakan menyelam pada kedalaman periskop, yaitu sekitar empat belas meter, dimana KS masih dapat menggunakan periskopnya untuk melaksanakan kegiatan pengamatan daerah operasi sekitar KS berada, dan juga masih dapat menggunakan alat alat angkatnya untuk bekerja (melakukan pengisian batere dengan rezim RDP, atau mengirimkan / menerima berita dll). Biasanya KS akan berada pada kedalaman ini pada saat melakukan pengintaian didaerah lawan.
      Kedalaman aman adalah kedalaman selam sekitar tiga puluh sampai tiga puluh lima meter sekurang-kurangnya, dimana KS dapat berlayar dengan aman, walaupun tidak dapat melihat lingkungan sekitarnya yang ada diatas air. karena pada kedalaman ini KS tidak akan mungkin tertabrak oleh kapal atas air (dengan asumsi, bahwa tidak akan ada kapal atas air yang demikian besarnya, sehingga sarat kapalnya mencapai tiga puluh meter). KS dilarang keras menyelam lama pada kedalaman diantara dalam periskop dan dalam aman, karena ada kemungkinan akan tertabrak oleh kapal atas air.
      Kedalaman operasi adalah kedalaman diatas atau lebih dalam dari kedalaman aman, dimana KS boleh beroperasi dengan jangka waktu yang tidak terbatas.
      Kedalaman maximal adalah suatu kedalaman, dimana kapal masih boleh menyelam, tetapi waktu untuk berada didaerah kedalaman ini dibatasi. Hal ini berkaitan dengan keselamatan badan tekan KS, dalam menerima tekanan kedalaman air tempatnya menyelam, yang akan bertambah besar 1 kg/cm2 setiap pertambahan kedalaman sepuluh meter. Biasanya kedalaman ini dicapai saat KS harus melarikan diri dari kejaran musuh, masuk kekedalaman ini untuk mengambil keuntungan adanya layer dalam air yang memiliki kemampuan menghalangi propagasi pancaran sonar aktif kapal atas air musuh, atau menurunkan kemampuan deteksi sonar pasif kapal selam lawan. Lama berlayar pada kedalaman maximal harus senantiasa dicatat, karena ini akan mempengaruhi kekuatan badan tekan KS secara keseluruhannya.
      Kedalaman kehancuran atau collapse depth adalah kedalaman yang diperhitung kan secara teoritis, berdasarkan ketebalan badan tekan kapal akan dapat menghancurkan kapal. Bagi Changbogo class, collapse depth adalah sekitar empat ratus lima puluh meter sampai lima ratus meter, tetapi tergantung seberapa lama dan sering KS ini telah menjalani pelayarannya pada kedalaman maximal pada masa masa sebelumnya. Makin lama KS pernah berada pada kedalaman maximal, makin rendah dalam arti makin kecil nilai collapse depth tersebut. ditiap kedalaman tersebut prosedur penanganan emergency nya berbeda-beda Bung. hehehe.. :mrgreen:

      • ini lah saya sukanya jkgr, bs langsung tanya ke masing masing ahlinya, sayang dilewatkan kl cuma ngetrol sama diskusi gak sehat. bung PS kenapa jika periskop depth gak boleh lama, bukannya radar masih bisa aktif untuk deteksi perahu atas ? jika persikop depth sambil jalan apakah tidak bisa terlihat jelas riak airnya yg kemungkinan bisa dideteksi secara visual. sya penasaran jika periskop tidak di naikan bagaimana cara menembak torpedo khususnya whiskey class kita dulu.kl sekarang mungkin masih bs di kunci dengan deteksi sonar terhadap propeller ? kadang bingung sama cara kerja hunter killer, wong mereka sama sama gak lihat ? oya bedanya apa ya pemburu kapal selam dengan ks biasa ?

        • secara prosedur yang dilarang itu diantara kedalaman periskop dan aman Bung alias ditengah-tengah, sonar memang bisa aktif memantau tetapi kita menghindar dari resiko lebih baik toh Bung, saat KS memantau melalui Periskop (kedalaman periskop) yang muncul dipermukaan hanya periskopnya saja Bung, riak bisa timbul tergantung kecepatan KS saat itu, saat KS mengintai biasanya berjalan lambat lho Bung, lagipula Periskop KS itu mempunyai jarak pantau yang jauh. kalau untuk prosedur menembak torpedo itu lebih panjang lagi kalau saya tulis disini, tetapi secara garis besar untuk di Whiskey Class pernah saya ceritakan di true story jilid berapa saya lupa hehehe… coba Bung cek aja. dan beda KS pemburu dan KS biasa banyak Bung. mulai dari bentuk desain KS nya, propeller, persenjataan, elektronika, navigasinya, sensornya dll hehehe… :mrgreen:

      • kalo kejadiannya uss tresher apa bisa dikaitkan dengan penjelasannya pung ps diatas? kalo gak salah tuhkasel msh relatif baru, diluncurkan tahun 60, nyungsep tahun 63….artinya kan belum terlalu sering dia lewati batas kedalamanmaksimal, kecuali si tresher tersebut ada cacat bawaan, ada kendala teknis yang sifatnya fatal atau skipernya kelewat nekat nyobain kedalaman super ekstreem….

        • wah itu kejadian tahun 1963 ya Bung, hehehe… saya belum masuk AAL Bung hahaha… (just kidding), banyak sebab yang membuat satu KS itu mengalami kecelakaan saat menyelam, bisa jadi dari sistemnya, desain yang membuat badan hullnya makin tertekan saat menyelam, dan masih banyak lagi lho Bung, saat kita mentrim KS untuk menyelam saja sudah pakai perhitungan lho Bung hehehe.. :mrgreen:

  35. Kangen banget denger pencerahannya bung PS …
    Bung Satrio jarang komen juga, kangen ama artikel kewiraannya.
    Bung Nara apa lagi dah lama banget ga komen …
    Yah setidaknya kalo senjata top secret nya sulit di babar, gimana kalo artikel kedepannya tentang strategi pertempuran pespur, tank, infantri, KS, kaprang, kalo ga perang kerajaan jaman dulu …
    Strategi perang di eropa, atau yang lainnya. Mohon masukan dari saya dapat dipertimbangkan gitu bung diego ,,, please
    Buat para sesepuh ayo dong tulis artikel biar anggota warjag seperti saya yang awam dapat wawasan baru …

  36. @Ndan PS mau tanya kisah terakhir dari latgab 2014 yg bahas ks mana ya koq ngak nongol dimari

  37. “Kalau situasi tidak aman bisa 40 hari kami nonstop di bawah air.” itu Pak Purwanto udah keceplosan kayak saya disini hahahaha… :mrgreen:

  38. Ndan PS jadi idola ne kalo masalah lontong…..he3.Salam hangat bung,smga tetep sehat dan bahagia beserta keluarga

  39. Salam hormat bung ps .selamat bertugas semoga pengabdianmu membawa negeri ini lebih dihormati bangsa lain dikemuadian hari

  40. Maaf commandante, meleset jauh ini. Selama pengalaman Anda, pernah Anda menemui sisa-sisa reruntuhan peninggalan kerajaan indonesia di laut jawa, atau isu di google map tentang reruntuhan tembok raksasa di kedalaman laut di kepala burung papua. Maaf bung ini relevan mengenai klaim peradaban sundaland.? Salam tabik commandante?..

  41. bung PS nanya nich, klo sya bakar menyan yg cukup banyak, kira2 berapa pertanyaan yg bisa diajukan dan dikabulkan? (sambil ngintip2 jgn sampe tau orang)

  42. β€œ””Pengecekan kesehatan seperti tekanan darah, itu perlu dilakukan sebelum menyelam, karena kita mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan sebagai dampak tekanan di bawah air,” papar Agus”””

    Bung PS mngkin bisa di jelaskan tekanan di bawah air bagaimana yg di maksud? Bukannya hanya KS saja yg tertekan air laut? oh iya bung apa ada penyakit tertentu atau gangguan kesehatan akibat dri keseringan menyelam bung PS? Salam hangat bung PS

    • awaknya juga Bung, pada prinsipnya tekanan didalam laut itu sama seperti tekanan udara saat kita naik pesawat terbang dimana ada masker oksigen uantuk setiap penumpangnya Bung hehehe… ada, yang saya tau Silent Warrior pinisepuh itu rata-rata pada penyakitan semua Bung hahaha… (nyuwun sewu…), kalau penyakit tergantung dari kondisi tubuh masing-masing individunya Bung, biasanya baru berasa saat beberapa tahun kemudian :mrgreen:

  43. ha ha bung preman ga liat apa tuh? kemana aja ente? bulan madu ya? he he just kidding

  44. Perkuliahan dan pencerahan baru saja dimulai lagi, rembesan dan babaran harus dikunyah sampai halus, baru bisa mengerti maksudnya. Sungguh suatu ilmu dan wawasan yang tidak akan diperoleh selain hanya di JKGR. Terimakasih Bung PS, atas pencerahannya. semoga bermanfaat bagi kita semua. (sambil nunggu kuliah kewiraan dari Bung Satrio, kuliah HI dari Bung Yayan, kuliah Forcasting dari Bung Nara, dan kuliah2 lainnya dari para sesepuh. Salam hormat buat beliau semua.

  45. mudahan bung PS masih nongol mau nanya itu komandan purwanto yg jadi komandan satkasel emang namanya purwanto saja atau budi purwanto @bung PS kalo gaksalah yg budi purwanto di hydrooceanographi kalo memang beda orangnya yg mana yg berasal dari purworejo mohon dijawab bung…pleas ya…

  46. Om ps mau nanya nih fotodiatas tu pak sutarman,pak joko yg atunya om ps yah hiiii

  47. Kasal Muda TNI Arief Rudianto. gagah juga.
    salam bung PS

  48. jero wacik ada baiknya diajak nyelam sampai kedalaman maksimal, kasih pemberat, trus ….. tendang keluar KS,…….biarkan dah dia merenung dikedalaman laut !

  49. Nyumbah fotonya pak SS saat menjadi warga kehormatan Hiu Kencana

    Mau nanya bung PS itu KS apa yang dipakai πŸ˜€
    pastinya bukan yang produksi 1980an πŸ˜€

  50. Wik ajib dah. Salam hormat pak SS

  51. Wahhhh semur semur sudah mulai matang dan disantap. Memang enak ya klw pakai barang baru. Kinyis kinyis gimana gityuu. Siiip Ndan Satrio muantapps fotone. Langsung maknyus gmn gitu hati ini.

  52. Nice bung,trimakasih analisanya

  53. Bung Diego maaf OOT : cara ngirim gambar ke leave reply gmn ya..?

  54. gak masalah dipamerin terus, la wong kita punya kapal selam yang lebih killer ngumpet di Brunnei, yang lain lagi ngopi dilaut selatan sama nyi R*R* kidoel, juga ada nimitz class carrier kita lagi ngumpet di mongolia , tu-22 backfire, su-34 fullback juga disembunyiin di Suriname
    buat njaga keseimbangan kawasan tentu saja, dan jangan lupakan Gundam Exia 0000 kita yang lagi di jepang buat display mereka
    o_0

  55. hehehe…. :mrgreen:

  56. bung PS dulu sering mampir di tandef ya?

  57. Bung PS kalau lontong nya bisa nyelem sampe 40 hari ada gak tuh latian nyembunyiin presiden kalau terjadi perang seandainya di darat tidak memungkinkan .

  58. Ini 402 bagian humas. Komunikatif,ramah, cantik, dan selalu tampil elegan. Nggak ikut sumpah rahasia mungkin..?!!!!?

  59. Saya merasa di uni emirat arab ada juga alutsista tni al yg di titipkan,entah itu kapal permukaan…dan kapal selam….colek bung PS.

  60. Dear All,

    Tau sama Tempe aja deh

    Kumpulin aja artikel KS Indonesia yg ada, cari kalimat inti yg sering muncul…
    Gampang khan

    Trims

  61. MPP — Masa Persiapan Pensiun…

 Leave a Reply