Dec 272014
 
KSAD TNI Gatot Nurmantyo.

KSAD TNI Gatot Nurmantyo.

Liputan6.com, Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, pembentukan Komando Daerah Militer (Kodam) Papua Barat hingga kini belum terjadwal karena masih menunggu bantuan lahan dari pemerintah setempat.

“Bila lahan sudah tersedia, maka kami siap membangun,” katanya di Jayapura di sela-sela meninjau pameran alat tempur yang digelar Kodam Cendrawasih, Jumat (26/12/2014).

Mantan Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) itu mengatakan, pihaknya baru akan membangun Markas Kodam Papua Barat bila lahan yang disediakan oleh pemerintah daerah letaknya berdekatan dengan kantor gubernuran, bukan sebaliknya yang jauh dari pusat pemerintahan.

Bila lahan yang dimaksudkan tidak disediakan, ia menyatakan pihaknya belum dapat memastikan kapan Kodam Papua Barat itu akan dibentuk.

Mantan Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) di Merauke dan Jayapura pada 1990-an itu mengemukakan, hingga saat ini pihaknya belum memiliki lahan untuk membangun markas sehingga belum dapat dipastikan kapan pembentukan Kodam Papua Barat direalisasikan.

Pulau Papua yang luasnya tiga setengah kali Pulau Jawa itu baru memiliki satu kodam dengan 4 komando resor militer (korem) dan 14 kodim serta 113 komando rayon militer (koramil).

Kodam Cenderawasih melakukan pameran alat utama sistem senjata (alutsista) selama 3 hari di halaman Kantor Gubernur Papua di Dok 2 Jayapura, yang menampilkan berbagai alat tempur milik TNI AD, serta peralatan pertanian yang digunakan TNI AD saat kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa.

KSAD Jenderal TNI Nurmantyo yang berkunjung ke Papua sejak Kamis kemarin dan sempat menghadiri Natal bersama warga di Wamena, Lembah Baliem, Pedalaman Papua. (Liputan6.com)

  19 Responses to “KSAD: Pembentukan Kodam Papua Barat Tunggu Ketersediaan Lahan”

  1.  

    Kahiji, sugan

  2.  

    Lanjut

  3.  

    lahan yg di perlukan di darat, laut, udara di papua harus luas karena akan di isi ………
    jadi mempersiapkan lahannya aja harus lama

  4.  

    Adakah yg tau.., apakah kodam2 yg lain se Indonesia jg letaknya berdekatan dgn kantor gubernur?

    Krn seakan kok mau mbangun markas tp tergantung sm kebijakan gubernur..
    Maaf klo sy salah interpretasi..

  5.  

    3,5 pulau Jawa hanya ada satu Kodam? Hmmmm

  6.  

    Biasa biar ngirit biaya…..cepat koordinasi…….dan yang terpenting biar Gubernurnya tidak ikut separatis

  7.  

    ” pemerintah daerah letaknya berdekatan dengan kantor gubernuran, bukan sebaliknya yang jauh dari pusat pemerintahan.”

    Hmmmm……..

  8.  

    Ternyata belum hilang budaya’ Kalau bisa dipersulit kenapa harus dipermudah’ capek.com

  9.  

    klo nggak salah di kalbar jarak kodam dan kantor gubernur cm sktr 1km,polda dan kantor gubernur malah cm sktr 500m

    •  

      Kalo Kaltim Bagaimana …kalo g salah Polda di Balikpapan…atau sdh pindah ke Samarinda…

      •  

        Kalo Kaltim Polda dan Kodam Ada di Balikpapan kenapa…mengingat Balikpapan dekat pantai dan banyak fasilitas Negara Seperti Kilang minyak Pertamina, Bandara Internasional…Pelabuhan Internasional dan rencananya mau dibangun..Pangkalan Angakatan Laut…jadi kita melihatnya…dimana itu ada fasilitas Negara yg strategis. Jadi jangan dilihat dekat jauhnya dengan Kantor gubernur…tapi semuanya perlu pertimbangan yang mendalam…

        NKRI BISA

  10.  

    Kebanyakan alasan kebanyakan ngeluh kurang ini kurang itu kurang anu Indonesia banget…

  11.  

    Nambah kekuatannya malu2 jadinya malu2in

  12.  

    Apa gak ada alasan lain Pak selain lahan??? Secara disana belum banyak gedung2 bertingkat Pak

  13.  

    halah kemaren mau muji AD yg gak banyak ngeluh kayak AL ternyata sama aja, dideket kantor gubernuran biar polda ajah, lagian seneng banget ngetem dipusat kekuasaan, apa pejabat TNI yg di drop dari pusat nggak mau kehilangan lifestyle kalo jauh dari pusat kota. kalo masalah koordinasi, kan bisa pake aja alkom segala macem,hari gini gitu loh..

 Leave a Reply