Dec 142014
 
KASAL Laksamana TNI Dr. Marsetio secara simbolis melepas peluncuran kapal Bantu Hidro Oseanografi-1 (BHO-1) di dermaga galangan kapal OCEA Les Sables d’Olonne, Prancis.*

KASAL Laksamana TNI Dr. Marsetio secara simbolis melepas peluncuran kapal Bantu Hidro Oseanografi-1 (BHO-1) di dermaga galangan kapal OCEA Les Sables d’Olonne, Prancis.*

Pembelian alat utama sistem senjata (Alutsista) akan mendukung kebijakan kekuatan TNI AL untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Berdasarkan kebijakan strategis pembangunan kekuatan TNI AL pada renstra pertama tahun 2010-2014 bagi pembangunan kekuatan AL, kita melakukan pembelian alutsista berupa tiga buah kapal perang, KRI Multomo, John Lie dan Usman Harun,” kata Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI DR Marsetio, di Bitung, Sabtu.

Selain itu kata Kasal, TNI AL sedang membangun tiga buah kapal selam yang dua diantaranya dibangun penuh di Korea, sedangkan satu kapal selam peralatannya kerja sama antara Korea dan galangan di Indonesia.

“Sedangkan untuk kapal frigat dibangun bersama Belanda dan galangan Indonesia, kemudian pembuatan 16 roket dan tahun depan ditambah tiga lagi,” kata Kasal.

Dia mengatakan, kekuatan sistem senjata armada terpadu, harus ada kapal perang, marinir, pesawat udara, dan pangkalan.

“Kekuatan kita sebagai contoh kapal selam. Rencana akan dibangun 12 kapal selam sampai 2018 mendatang, selanjutnya kita akan tambah alutsista secara perlahan,” kata Marsetio.

Marsetio mengatakan, armada akan bergerak sesuai mekanisme, dimana arah potensi ancaman kita turunkan pesawat intai, kapal selam dan lain-lain.

TNI AL kata Marsetio, mempunyai tiga pesan, pertama sistem militer. Militer berkaitan dengan penegakan kedaulatan, sedangkan kedua yaitu Konstabulari, Konstabulari yaitu penegakan hukum seperti ileggal migran, fisihing, mining, narkoba dan money loundry.

Sedangkan yang ketiga yaitu hubungan diplomasi. Hubungan ini berkaitan dengan negara luar, contohnya mengirimkan kapal selam di Libanon, TNI AL kirim KRI Dewa Ruci yang dibantu bersama negara sahabat.

“Peralatan yang dimiliki TNI akan menjamin keutuhan NKRI khusus kekuatan dibidang kemaritiman,” ujar Marsetio.(Republika.co.id).

  165 Responses to “KSAL: 12 Kapal Selam sampai 2018”

  1.  

    mbah bowo mau memecah belah org indonesia & mau menciutkan nyali rakyat indonesia ? Sory mbah ga mempan ! Masih bnyak garda depan selaain TNI untuk menjaga indonesia ! Contohnya saya & rekan2 yg lain !

    mbah bowo tolong jngan komen di forum indonesia mndingan pulang aja ke negara mbah di malingsial sana comen nya di forum sana aja mbah ! Satu lagi jgn bawa2 nama indonesia karna mbah bowo bkn org indonesia !

  2.  

    Kalau kita ngomongin KS, ibarat ngliatin lele di kolam keruh…
    Emang para warjager percaya itu laut jutaan Hektar, ALKI ada 3..masa iya di jaga sama lontong cuman 2,hihihi..
    Amerika dan konco”nya aja ga brani slonong boy sekarang..ini malah anak Negerii pesimistis sma negaranya sendiri..

    dan kalau minta bukti foto,dll dan pesimistis.. silahkan nyelem aja di 3 ALKI kita…

  3.  

    sloww lurr…jngn terprofokasi sama##mbahbowo…mungkin aja mulutnya lagi kena sajen iri hati,,karna negaranya lg ngethot griji lurr…indonesia cinta damai lurr….

  4.  

    Si Mbah Bowo sok sok ngajarin..saya penganut aliran bebas dalam berpikir jadi ya suka suka saya, saya Freemason, Bundaran HI contoh sukses hasil Karya pendahulu kami yg juga orang orang Freemason..like Raden Saleh, Hamengkubuwono VIII, Paku Alam V sampai dengan VII, Soekarno-Hatta.

  5.  

    Mbah Bowo ini adalah rakyat miskin biasa dan yang paling merasakan dampak dari kenaikan harga BBM dan penghamburan uang rakyat oleh pemerintah untuk pembelian kapal selam

    Sangking Parahnya merasakan dampak tersebut Mbah Bowo sampai kelaparan karena tiap hari Mbah bowo selalu goggling di depan Laptop core i5 nya terkadang kalau sibuk juga googling di Android kit-kat nya untuk sekedar membaca dan comen di forum-forum militer

    Mbah Bowo jaga kesehatan ya.. Semoga kemiskinan tidak menyurutkan semangat Mbah untuk berselancar di dunia Maya..

    Jangan lupa billing spedy di bayar tepat waktu ya mbah, biar tak putus internetMbah Bowo ini adalah rakyat miskin biasa dan yang paling merasakan dampak dari kenaikan harga BBM dan penghamburan uang rakyat oleh pemerintah untuk pembelian kapal selam

    Sangking Parahnya merasakan dampak tersebut Mbah Bowo sampai kelaparan karena tiap hari Mbah bowo selalu goggling di depan Laptop core i5 nya terkadang kalau sibuk juga googling di Android kit-kat nya untuk sekedar membaca dan comen di forum-forum militer

    Mbah Bowo jaga kesehatan ya.. Semoga kemiskinan tidak menyurutkan semangat Mbah untuk berselancar di dunia Maya..

    Jangan lupa billing spedy di bayar tepat waktu ya mbah, biar tak putus internet

  6.  

    aneh sama warjag,,
    dlu diskusinya enak buat di baca, fokus sama isi berita juga,
    tapi skrg lebih sering bales komentar2 gk penting,,
    fokus woi fokus,jgn OOT,,

  7.  

    BBM mau diturunkan tuh … apa harga ikut turun??? >:) sudah bener harga BBM tinggi dan harusnya tanpa subsidi. Bayangkan kalo harga BBM indo naik turun … rakyat kita kurang melek urusan keuangan … budgeting bulanan bisa amburadul … sayang oh sayang … lagian yang duluan kacao kalo harga BBM tetap murah bukan Indonesia tetapi setengah negara OPEC dan Paman Sam. … dua tiga bulan lagi mungkin bakal$120/bbl.

    Mbah Bowo pencitraan ya?

  8.  

    bowo ki kakean cangkeman ae gak mudeng opo2 wi….

  9.  

    test :jrb: :2thumbup :cd: :maho:

  10.  

    Kayaknya ane tau mbah bowo :babyboy itu siapa, dari gaya bicaranya dan cara penulisannya :hoax mengingatkan ane :hammer pada seseorang member topix :cool :matabelo

  11.  

    mbah bowo itu tingkah polahynya mirip karakteristik seorang aktivis LSM yang didanai oleh funding luar negeri , kayaknya rela menjual negaranya demi seperiuk nasi , dikarenakan di forum militer ini kita mengasah dan memupuk nasionalisme dg gencar , dia pengin memperlambat atau bahkan menggembosi nasionalisme dan jiwa kepatriotan kita semua…. waspadalah….waspadalah….

  12.  

    Bung Ahmads..para sesepuh masih disini tapi semua pada SR..

  13.  

    Cuma saran untuk semua warjagers, sebaiknya keluarkan komen atau opini HANYA yang berhubungan dengan materi/tema yg sedang dibahas, tidak perlu memberikan/menjawab komen dari pihak lain yang mengalihkan topik pembicaraan.JANGAN MUDAH TERPANCING DENGAN PENGALIHAN TEMA.Dengan begitu, diskusi akan lebih fokus dan berbobot. Kalaupun ada yang mau memberikan info lain diluar topik sebaiknya hanya tentang alutsista saja…salam.

  14.  

    Jika bener2 rencana & realisasi hingga 2018 membangun 12 KS sungguh hal yang sesuai dengan kebutuhan yg sangat mendesak,,berarti Pemerintah memang membangun ke segala bidang, semua prioritas,realisasi KS 12 sebaiknya ada tipe U214 2 unit, Amur/Improved Kilo 4 unit, Improved ChangBogo 6 unit, tdk lupa ekuisisi destroyer bertahap 1 unit, real fregrat 125m 2 unit, PKR 4 unit, Korvet Sigma 6 unit, KCR 20 unit, utk TNI AU 24 SU 35BM, dll, sy yakin keuangan dg jml unit alutsista spt itu msh sangat mudah mengatur keuangan nnya dan TIDAK akan mengganggu kebutuhan pembangunan lainnya..soal beras ada yg terlalu mencari2 masalah, itu sdh tentu antek asing, bs itu negeri tetangga dekat, bs itu rekrutan
    agen CIA, dg tujuan apalg selain menggagalkan perkembangan kekuatan militer RI,,dah hapal lagunya

  15.  

    correct skl proof,,mbah bawa kuncinya jangan ditanggapi,,biarkan di upload tp gak usah di gubriss,,

  16.  

    coba kawan kawan Warjag mari kita ingat ingat gambar KS Nanggala ynag ditampilkan oleh JKGR kira kira 1 tahun yang lalu yang mana KS Nanggala tersebut singgah di pelabuhan sorong ( insya Allah judulnya KS nanggala singgah di pelabuhan sorong ) dengan ciri ciri bodi menaranya sebelah samping depan ada LAMPU WARNA MERAHNYA -nya.

    sedangkan pada hari armada kemarin di dermaga Surabaya juga ditampilkan KS Nanggala tetapi di bodi samping kiri depannya tidak ada LAMPU WARNA MERAH-nya dan bodinya tampak mulus sekali..

    bukankah clue tersebut bisa ditarik kesimpulannya??? yang jelas mengenai Jumlah, Jenis, dan persenjataan KS tidak akan dipublikasikan secara terbuka sampai kapanpun…

    biarlah semua ini menjadi rahasia penjaga negara ini…

 Leave a Reply