Dec 142014
 
KASAL Laksamana TNI Dr. Marsetio secara simbolis melepas peluncuran kapal Bantu Hidro Oseanografi-1 (BHO-1) di dermaga galangan kapal OCEA Les Sables d’Olonne, Prancis.*

KASAL Laksamana TNI Dr. Marsetio secara simbolis melepas peluncuran kapal Bantu Hidro Oseanografi-1 (BHO-1) di dermaga galangan kapal OCEA Les Sables d’Olonne, Prancis.*

Pembelian alat utama sistem senjata (Alutsista) akan mendukung kebijakan kekuatan TNI AL untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Berdasarkan kebijakan strategis pembangunan kekuatan TNI AL pada renstra pertama tahun 2010-2014 bagi pembangunan kekuatan AL, kita melakukan pembelian alutsista berupa tiga buah kapal perang, KRI Multomo, John Lie dan Usman Harun,” kata Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI DR Marsetio, di Bitung, Sabtu.

Selain itu kata Kasal, TNI AL sedang membangun tiga buah kapal selam yang dua diantaranya dibangun penuh di Korea, sedangkan satu kapal selam peralatannya kerja sama antara Korea dan galangan di Indonesia.

“Sedangkan untuk kapal frigat dibangun bersama Belanda dan galangan Indonesia, kemudian pembuatan 16 roket dan tahun depan ditambah tiga lagi,” kata Kasal.

Dia mengatakan, kekuatan sistem senjata armada terpadu, harus ada kapal perang, marinir, pesawat udara, dan pangkalan.

“Kekuatan kita sebagai contoh kapal selam. Rencana akan dibangun 12 kapal selam sampai 2018 mendatang, selanjutnya kita akan tambah alutsista secara perlahan,” kata Marsetio.

Marsetio mengatakan, armada akan bergerak sesuai mekanisme, dimana arah potensi ancaman kita turunkan pesawat intai, kapal selam dan lain-lain.

TNI AL kata Marsetio, mempunyai tiga pesan, pertama sistem militer. Militer berkaitan dengan penegakan kedaulatan, sedangkan kedua yaitu Konstabulari, Konstabulari yaitu penegakan hukum seperti ileggal migran, fisihing, mining, narkoba dan money loundry.

Sedangkan yang ketiga yaitu hubungan diplomasi. Hubungan ini berkaitan dengan negara luar, contohnya mengirimkan kapal selam di Libanon, TNI AL kirim KRI Dewa Ruci yang dibantu bersama negara sahabat.

“Peralatan yang dimiliki TNI akan menjamin keutuhan NKRI khusus kekuatan dibidang kemaritiman,” ujar Marsetio.(Republika.co.id).

Bagikan :

  165 Responses to “KSAL: 12 Kapal Selam sampai 2018”

  1.  

    Ditukar beras bisa ngak ? Barang ini ?

    •  

      Bisa mbah….. Kayak dulu thailand beli CN-235 buatan kita pake cara ditukar dengan beras

      •  

        Kalau gitu Beras dulu pak yang paling penting, Rakyat butuh beras yang murah.

        •  

          nJenengan tau kagak mBah? nJenengan sudah dideklarasikan sebagai musuh nomer satu 20 juta petani di Indonesia selain wereng, sundep, walang dan tikus. nJenengan mau anak anak petani ndak bisa sekolah, ndak bisa berobat kalau sakit karena harga beras yang murah. Sudah hanya bisa panen cuma dua kali setahun karena irigasi rusak, air ndak ada (air di sungai kebanyakan ditampung di waduk dan waktu musim kemarau dialirkan ke kota agar orang orang kota masih bisa mandi dengan shower) terus waktu panen harganya minta murah.
          Mikir mbah.
          Mikir.
          Jangan hanya mengeluh saja.
          Hidup ini hanya singkat saja mbah, jangan hanya mengeluh

          •  

            mbah bowo ini sbenernya orang malon atau Malaysia yang sedang ingin memprovokasi warga jkgr.
            jdi nie orang ingin kita benci sma TNI agar kekuatan TNI tidak di modernisasi.
            bahya klo ada yg terhasut ini.

          •  

            idealnya harga beras juga harus di subsidi pemerintah,

            SITU SIH GAMPANG TEORI TEORI SAJA, BELUM PERNAH JADI RAKYAT MISKIN KAN ?

          •  

            APANYA DEK ACENG APANYA, SITU BISANYA NGOMONG TERUS.,…. MENGHUJAT TERUS……….

            BELUM PERNAH JADI ORANG MISKIN KAN ?

          •  

            Saya haqqul yakin mBah Bowo belum pernah makan sego wadang sambel kluwak. Ato sego wadang dengan ditaburi garam atau sego wadang tahu kecap, atau sego tiwul ikan asin, ato nasi jagung ikan asin. Saya pernah mBah. Dan saya tidak pernah mengeluh, karena mengeluh hanya akan menurunkan semangat juang saya. Mengeluh juga tidak merubah apa apa. Mengeluh tidak menyelesaikan apa apa. Hidup ini terlalu singkat kalau hanya dipakai untuk mengeluh.

            Jangan oran miskin dipakai sebagai komoditas. Sudah bosan orang miskin dipakai komoditas. Kami orang muda hanya punya semangat yang menyala untuk mengubah nasib. Jangan gembosi semangat kami dengan provokasi nJenengan.

            Biarlah pemerintah bekerja untuk memenuhi janjinya.
            Kami tak butuh subsidi. Kami bisa berjuang sendiri. subsidi hanya untuk kaum yang lemah, lemah daya juangnya.

            Salam

          •  

            :cd:

            Mbah Bowo Kayak Wereng Sawah…!

            :ngakak

          •  

            siiip bung tahu lontong, semangat anda mirip semangatku kala menyantap lontong tahu mbah jiran 🙂

          •  

            kalau beras murah, pak tani nggak mau tanam padi..?!

        •  

          mbah bowo kalau di tempatku orang miskin itu nggak kekurangan beras karena beras panen itu disimpan nggak dijual. Yang nggak punya beras itu orang miskin di kota.
          dan lagi ini forum militer bukan forum sembako Mbah

    •  

      beras mmg bkn barang militer, tapi juga bukan barang yg non strategis. Ketahanan pangan salah satunya ya beras itu…ujung2nya national security. Fakta lapangan, sebagian besar “petani” yg kita lihat pegang cangkul,dsb adalah buruh tani. Petani secara teknis adalah pemilik dan penggarap lahan minimal 2 hektar. Masih adakah? Petani di daerah saya rata2 umurnya 45 tahun….dibawah itu? populasinya masih banyakan tarsius sulawesi. Hamparan sawah ditempat saya hampir habis, berganti swasembada beton. Kalau bicara ketahanan pangan(beras), maap2 ngomong..stadium 4 ibarat kanker. Koq bisa begitu? monggo masing2 mikir. semoga wacana lahan 2 jt hektar sawah barunya jkw jalan..gak kemudian#ebola ehehehe. Oya, :thumbup tambahan, CN 235 kita dulu barter beras ketan. :toast

      •  

        di Kaltim jutaan hektar lahan tidur…ada program pencetakan sawah…tapi kalo dipikir-pikir sawah yang ngerjai sawahnya nanti ya…wong dikampung saya di jawa aja susahnya setengah mati nyari buruh tani..mau nanam ngantri buruh mau pupuk ngantri buruh..mau nanam ngantri buruh…sebenarnya pertanian secara mekanik harus du galakkan…lah terus petani yang cuma punya lahan 0,5 ha gimana???? sewa alat..iya kalo alat mekaniknya ada….mbuh lah…mbulet..

      •  

        Uffffssss…
        virus #EbohongLagi dan #Bukanurusansaya sudah menjangkit di sini rupanya :).
        Baidewei sangat benar sekali kalau ketahanan pangan merupakan salah satu elemen sangat penting dari ketahan nasional secara keseluruhan pak.
        Yup…kita tunggu saja rencana lahan 2 juta hektar dan janji jika dalam 3 tahun Indonesia tidak bisa swasembada beras, maka akan ada penggantian menteri pertanian……tapi dan walau keran SAPI IMPOR akhirnya dibuka kembali setelah kemarin dengan susah payah ditutup oleh menteri pertanian yang lama denga tujuan untuk menghidupkan kemampuan dan ketahanan petani sapi lokal.

        •  

          Kran sapi ausie dah dibukaa sama sapi mulut putih berikut jalur yg di gagas kelompok kiai muda…haaa istilah yogi s memet..”uud” ujug-ujugnya duit….sby mempersilahkan kpk menghajar bawahannya…klo jokowi..oh itu bukan urusan saya ya…

  2.  

    KASIAN PAK RAKYAT MISKIN

    Setiap Hari Makan Mie Instan terus,
    bahaya Pak, bisa kena usus buntu lama lama.

    KAPAN BBM TURUN ?
    KAPAN HARGA ELPIJI TURUN ?
    KAPAN LISTRIK PER METERNYA TURUN ?

    Mbah sangat prihatin dengan kondisi sekarang,
    – RAKYAT MAKAN UBI
    – RAKYAT MAKAN MIE INSTAN CAMPUR NASI KEMARIN
    – RAKYAT MAKAN SAYUR KECAP IKAN KERUPUK

    RUMAH SAKIT PENUH SEMUA ORANG SAKIT SAKITAN, PENYEBABNYA KEBANYAKAN LEMAH BADAN, AKHIBAT KURANG GIZI DAN VITAMIN.

    •  

      Terus terang mbah….. Gw lebih suka mie instan dari pada makanan lain, kayak telur atau ikan….. Tiap sarapan pasti ma mie instan, padahal ada telur di dapur atau lauk lain….. Soalnya enak sie mbah…..

    •  

      jgn nyalahin pemerintah terus dong, rakyat juga harus mendukung kebijakan pemerintah toh juga untuk kebaikan bangsa juga.
      *jangan tanya apa yg telah bangsa indonesia berikan untuk anda namun, apa yg anda berikan untuk bangsa indonesia

      •  

        APANYA APANYA APANYA…………………..

        BBM TURUNIN DULU

        SENGSARA TUH RAKYAT SEMUA.

        •  

          emang bbm harus menunggu dinaikkan jika udh gk ada rakyat miskin lagi? sesuai hukum alam bro gk ada kaya klo gk ad yg miskin, emang duit ngebangun infrastruktur itu duitnya dari mana? pemerintah terpaksa menaikan bbm untuk membantu pembangunan infrastruktur dan menekan defisit perdagangan, siapapun presidennya saya yakin akan melakukan hal yg sama :v

          •  

            Ngak bisa ngeles gitu donk. Rakyat miskin idealnya 1 % dari seluruh populasi.

          •  

            Ngomong opo toh embah..dasarnya itu lho apaa..Bisa2nya jumlah rakyat miskin idealnya 1% dr populasi.
            Sampai kapan bergantung pada pemerintah. Rakyat kok maunya enak doank. Produktif kerja donk :D. Kita harus berpikir maju biar ga kalah sama negara tetangga atau bangsa lain.
            Btw, nulisnya “tidak” itu enggak/nggak/ngga. “Ngak”

          •  

            Klo org miskin di Indonesia cuman 1% siapa tuh yang kerja bersihin sampah di jalanan……

          •  

            di malaysia gaji tukang sapu sama dengan gaji manager disini dek, Disana Pemerintah meng gaji mahal semua pegawainya. Yang pegawai swasta juga gajinya besar besar.

        •  

          di malaysia rakyat makmus semua dek.

          •  

            Panjenengan pindah mawon ning malaysia…kulo luwih cinta Indonesia mbah…walaupun mangan singkong ato sego jagung…. NKRI harga mati. Salam hormat.

          •  

            Ah disini gak ada kok yang makan singkong, siapa bilang kita miskin, kita nih kaya kok, Rp. 5000 aja dah dapat nasi + lauk, semua ada, kita patut bersyukur, dan selanjutnya, kita kuasai kembali kedaulatan kita mulai dari laut, darat dan udara. SALAM NKRI

          •  

            ya jenengan pindah ke MALAYSIA AJA YA MBAH

        •  

          Mbah bowo pasti MISKIN ya ?? :toast .. toast tangan dulu .. bukannya sama miskinnya ma saya .. saya KAYA ..wakakaka sama sama rakyat indonesia aja ya mbah . Tapi

    •  

      Mbah sudah dapat KIM belum mbah? Kartu Indonesia Miskin. Biar mbah bisa makan di warteg gratis, anak cucu mbah bisa sekolah gratis, dan kalau mbah sakit bisa berobat gratis… 😀

    •  

      mbah klau mau ngomongin masalah beras dan ngeluh , bukan disini tempatnya , anda salah tempat kayanya , ini blog militer mbah , anda bisa salurkan kritikan anda ke pemerintah langsung or ikut demo , disini percuma engga ada yg baca juga orang2 penerintah.ok.

      •  

        Kata siapa ?

        Forum ini dibaca luas mulai masyarakat sipil sampai pejabat negara dan pemangku kekuasaan.

        •  

          mbah juga kata siapa disini ada orang pemerintahan ? orang pemerintahan kerjaannya banyak mbah , engga sempet baca kaya ginian , jadi mbah engga usah sengaja2 provokasi orang , disini bukan tempat dagang or jualan penderitaan , cari forum yg lain aja mbah , biar adem nih tempat.

    •  

      BBM Insya Allah turun…kalo prediksi oilcrude stabil 70 USD selama 2014.. hitungan itu bbm subsidi sebenarnya hanya 7.500 rupiah perliter..info terakhir cadangan crude oil dunia sdh bergeser dari Venezuela ke Amrik dgn total cadangan 1 T Barrel selain gas serpih ..maka Amrik next diprediksi swasembada minyak dan gas( eksploitasi gas & minyak serpih)…posisi strategis Timur Tengah akan menurun drastis…dan pandangan Amrik lebih tertuju ke Pasific Rim……konstelasi militer dunia akan menuju Teater Pasific… Imho Cmiiw,,…

    •  

      Tambahan Mbah, Harga tiket KA ekonomi juga naik, beras raskin ndak ada lagi……jadi Kartu Indonesia Miskin gak cocok untuk rakyat mbah…yang diperlukan itu Kartu Indonesia Sabar 😉

    •  

      Udah kemjuan mbah bisa mkan mie instan. Berati daya beli mbah mrmingkat. :thumbup: :thumbup: :siul:

  3.  

    Mantap,,!

  4.  

    wah mantap mengejar target 30kapal selam untuk indonesia (10 di barat, 10 di tengah, dan 10 timur)

  5.  

    12 kapal selam akan dibangun sampai tahun 2018. Tahun 2014 sebentar lagi berakhir. Sampai tahun 2018 berarti 3 tahun lagi. Changbogo 3 buah sudah dipublish, berarti kurang 9 buah kapal selam lagi. Jadinya tiap 1 tahun harus mempublish 3 kasel goib nih, atau tiap tahun harus mempublish proses pembuatan 3 kasel.

  6.  

    kacang mahal mbah bowo…

  7.  

    proxy war mbah bowo…

    •  

      apanya yang proxy,

      mending di jajah inggris, kalau kayak gini caranya

      •  

        DIJAJAH KOK BANGGA………, BBM naik ribut, pulsa ama internet mahal gak ribut pernahkah kalian mikir .hal itu…….

        •  

          Lihat tuh malaysia dan Brunai, Australia dan Singapura ? Jajahan Inggris, kayanya minta ampun, semua rakyatnya bahagia,

          •  

            Tapi Nggak Punya harga Diri..! Mau Mbah?
            ketemu musuh dari utara menundukkan muka, mau kayak gitu mbah??? :malu2 + :takut

          •  

            MBAH LANGSUNG SEMBAH SUJUD KALAU PASUKAN PASUKAN CHINA NEGERI YANG AGUNG SUDAH MENDARAT

          •  

            PANTESAN , ente sekelas “MAID OF LONDON” sih..!
            mentalnya..!
            Udah Lupa Ma Bambu Runcing Ya Mbah..?
            Apa jaman Dulu Malah Jadi Anteknya Kompeni Kali ya?
            TURUT PRIHATIN MBAH sama Mental MU..! :cd

          •  

            Mau disembelih tentara China? atau minimal dikepruk gada kalau mereka sudah mendarat !

            ya silahkan saja, mbah sih mending milih sujud.

      •  

        Dapat salam dr gengis khan mbah…

      •  

        Piye to wo…bowo…KO seneng dijajah…mental budak….

        •  

          kemerdekaan, itu adalah maknanya kebebasan. Bebas dari perbudakan dan kemiskinan.

          Rakyat Kita masih banyak yang miskin tho ?

          Ya to ?

          Enak Jaman Pak harto kan ?

          •  

            :hammer
            Kena Lo sekarang..Gregetan Gw ma ni Orang..
            :marah

          •  

            stop memprovokasi mbah, kalo ingin indonesia maju, rakyat harus mendukung. bukan selalu mengeluh dan menuntut.

          •  

            maka dari itu dek Fedom mbah ingin menjelaskan betapa enaknya ORDE BARU dibandingkan sekarang.

            Dulu apa-apa murah dek,
            sekarang ?
            Mbah sampai bosen makan tempoe bacem sama sayur kecap !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

            KAPAN RAKYAT MAKMUR

            KATANYA MAU IREVOLUSI MENTAL

            URUSAN PERUT DULU PAK MOHON YANG DIREVOLUSI.

          •  

            mBah Bowo belum pernah ngrasain ndak enaknya sih.
            Tak critani ya

            Bapak ane punya sawah 400 ru. Gak tau kalo dijadikan hektare. Mungkin 0.1 hektare. Biasanya ditanami padi. tapi tiap tahun harus ditanami tebu TRIP. Kalo tidak mau, besoknya pasti koramil nongkrong dirumah. Setelah tebu panen, dikasih gula 25 kg saja. Itupun kalo tidak dikorupsi perangkat desa. Kalo protes kenapa dipotong, besoknya koramil nongkrong lagi.
            Pernah klompencapir bapak ane dapat penghargaan sama presiden Suharto sampe dikunjungi oleh beliau. Karena nanem jagung. Jagungnya memang bagus, tongkol dua besar besar. tapi waktu dijual, kagak ada harganya, murah banget. Ndak bisa dipake ongkos kelahiran adik ane. Utang ke paman ane yang kaya, ternyata udah jatuh miskin karena cengkihnya dibabat habis sama si tommy. Mau protes kagak berani. Takut diciduk dituduh subversi. Apanya yang lebih enak HAH.
            Kuliah saya diiringi banting tulang ibu bapak ane. utang kesana kemari karena gabah ndak pernah ada harganya. Gaji ibu ane murah sekali karena program Suharto upah buruh murah forever. Apanya yang lebih enak HAH.

            Tanggal 11 Maret 1997 ane mulai teriak minta perubahan masih didalam kampus. Bersama sama temen sekampus ane mulai teriak minta perubahan. Tanggal 27 April 1997 ane bersama 12 teman ane mulai teriak diluar kampus. Dijaga sekompi prajurit 501 Branjangan, water kanon dan panser. Sekompi brimob dan sekompi dalmas. Tanggal 25 Mei 1997 ane bawa temen lebih banyak. Digebugi sama brimob, prajurit 501 Branjangan. Untung ada prajurit marinir yang melerai. Mungkin ane udah koit kalo kagak ditolong ama prajurit marinir

            Jangan lihat kebelakang mBah. Lihat kedepan. Jalan Indonesia menuju kejayaan dan kesejahteraan yang berkeadilan terbuka lebar. Beri kami yang muda muda virus optimisme dan semangat juang seperti yang ditunjukkan pendahulu kita.

            Salam

  8.  

    Apa yang 7 sdh sliweran di lautan kita ya bung ps…he..

  9.  

    mantappp

    kapal selam yg di kirim ke libanon yg mna yah..? 401 kah,,402 kah atau jangan” kapal selam yg ghoib…?

  10.  

    ntu enam belas rudal..
    keceplosan apa pemberi tahuan??
    (banyak yang kagak sinkron ma berita sebelum nya)
    alamat expose mahluk goib?????

  11.  

    tiap hari sya makan ikan sayur + kerupuk mbah,,,,alhamdulillah sya masih sehat dan hidup mbahh…!!!

  12.  

    Hemmm pengiriman kapal selama ke Lebanon … ? Nyimak aja …
    Bung PS neh ranahnya …

  13.  

    Mbah bowo ini seperti air di tengah gurun….

  14.  

    ??”? ?????????••????????? mbah bowo lucu bingitz…

  15.  

    :hn “Rencana akan dibangun 12 kapal selam sampai 2018 mendatang”,,,ini pak KASAL sedang keceplosan atau sedang menebar :hoax ya? :matabelo

    sedang belajar :alay hahaha

    •  

      bung STMJ, khusus kekuatan bawah air kita, clue dari tni sendiri sudah sgt byk. Jd leak sebenarnya muncul dari pernyataan resmi dari tni juga,. Ingat dulu berita kapuspen tni yg dikutip di kompas media cetak, bahwa yakhont ditembakkan dari kri nanggala. Dan sampe skrg berita tsb tdk pernah diralat. Dan clue2 lain yg beterbaran yg keluar dari pernyataan resmi pihak tni/kemhan. Dan juga dari dubes rusia dulu juga pernah mengeluarkan statemen ks bnv dll
      Soal yg satu ini semoga kita bukan keluarga berencana :sup: :2thumbup

      •  

        Ya, saya mencermati itu bung Gue :maho , komen saya diatas sengaja untuk memancing suasana :cool :sup:

        Emoticon nyengir kuda ada ga ya hehe

        •  

          Emoticonya jgn kbyakan dong bung…
          jd kagk enak dibacanya..hehee

          •  

            Maaf bung Nesta atas ketidak nyamanannya, mohon maklum saya bukan anak gaul dan tidak pernah bermain-main dengan emoticon ini. Untuk hari ini saja saya jadi alay :alay hehe

        •  

          Dan pancingannya gak bakalan pernah strike…..

          •  

            Saya memancing diskusi sehat bung Diqin, bukan hal yang lain, spesialisasi saya bukan mengemborkan hoax. Ngomong ngomong, menurut anda mengapa Australia begitu getol meningkatkan kekuatan bawah airnya hingga berencana serius mengakuisisi KS buatan Jepang yang dalam prosesnya justru malah mengorbankan industri dalam negerinya? Dalam buku putih Australia, Indonesia termasuk dalam ancaman laten dari utara, sebab kita masih dipandang sebagai negeri diktator bermental perusuh. Pertanyaannya, ancaman yang seperti yang seserius apakah yang bisa diberikan oleh 2 KS Cakra jadul dan 3 KS Changbogo sehingga Autralia harus merogoh dompet miliaran dolar (12M $) untuk membeli KS Jepang? Perlu dicatat, untuk melaksanakan rencana ini Amerika sampai rela membengkokkan kebijakannya demi Australi, tidakkah ini menjadi sebuah hal yang menarik untuk disimak?

          •  

            bung STMJ.. anda mancing bung PS dan Bung Ngurah Rai tapi beliaunya g strike sama sekali. padahal beliaunya tau banyak sekali masalah ini, ya ginilah akhirnya diskusinya jadi buntu..

            jangan lupa bung STMJ.. untuk dibuatkan artikel perkembangan geopolitik kawasan lho yaa…??? he.he.he..

          •  

            Saya tidak memancing individu tertentu bung E-Kafa, tapi mengajak siapa saja untuk membahas diskusi menarik. Karena topik yang merangsang “berpikir” itu topik yang saya sukai.

            Insya’Allah bung saya akan lanjutkan artikelnya, game play perkembangan kawasan sedang berubah karena banyak hal, saya akan tunda dulu penulisan artikelnya sampai saya selesai mengamatinya.

          •  

            ya bung STMJ.. saya tunggu artikelnya dan mudah mudahhan cepat kelar.. amin..

          •  

            Bung STMJ, kalau menurut saya pihak selatan cukup atau akan kondisi lontong kita. namun bukan hanya lontong kita yang diwaspadai tetapi hubungan kita dengan negeri panda.
            seperti kemarin panda bermain di laut international tentu datang & pergi melewati ALKI kita.
            selanjutnya juga Beruang Merah yang bermain di laut yang sama saat KTT G20..
            jadi yang dilihat sama selatan Garuda (termasuk Panda & Beruang Merah).
            hal ini yang turut menjadi salah 1 alasan merubah rencana mereka.

            maaf penilaian anak kampung..he.h.ehe
            salam & sukses utk rekans warjaker

        •  

          Wah seneng rasanya.Sekarang begitu liat komen-komen warjager udah pada pake emoticon kaktus ( nama disamarkan ). Good Job buat bung Diego, bung Jalo dkk sebagai admin JGR yang telah membikin tampilan situs formil ini berwarna dengan menyediakan aplikasi emoticon bagi para komeners warjag, sehingga memanjakan komeners dalam menuangkan ide/kritikan baik terhadap isi artikel maupun dalam menanggapi komen komeners di dalam situs ini terhadap suatu artikel yang bersangkutan. Kedepannya klo bisa tampilan ni situs gakalah keren kaya majalah militer online negeri ini yang populer. Bravo JGR :2thumbup :2thumbup :2thumbup

  16.  

    Paling wacana doank lah,..

  17.  

    Sulit tercapai….. Pembuatan kapal selam butuh waktu lama, sekelas DSME aja butuh waktu 18 bulan….. Tanpa pesan ke galangan kasel lain jumlah tersebut tidak akan tercapai….. Lagipula harga kapal selam tidak murah, sekelas CBG saja harganya sekitar $ 350 jt….. Kalo 7-8 kasel….. Masih bisa dikejar lakh. Tapi kalo 12…. No hope.
    btw gw nurut pemerintah….. Pemerintah bilangnya kita cuma punya 2 jadi gw nurut

    •  

      Cakra class 2 buah, changbo go class 3 buah, target 12 KS masih kurang 7 KS,,,masih bisa tercapai bung Reaper, bisa tercapai “kalau” sisa kurangnya yang 7 kita sudah beli dari 2007 kemarin,, who knows?! :malu

      •  

        Mbayangin skenario terburuk kalo ternyata kita cuma punya 2 kasel plus 3 yang lagi dipesen. Solusi biar dapet 7 kapal selam dengan pesan kasel dari 3 galangan komposisi 2 2 3. Tapi ini bakalan terealisasi paling cepet 2019….. Itu kalo penandatanganannya 2015, kita kan dah tau sendiri seperti apa mbuletnya pemerintahan kita, belum lagi kemampuan galangan jadi masalah, harga juga gak bisa dikesampingkan…..
        Sebenarnya opsi paling logis adalah beli kasel bekas sebanyak 7 unit, tapi ini juga sama aja lama, namanya aja kasel bekas pastinya mereka semua juga butuh perbaikan atau penggantian suku cadang, belum lagi harus minta persetujuan DPR….. Jadi agak sulit mewujudkan 12 kasel di tahun 2018

        •  

          Saya yakin komposisinya tidak sepenuhnya SSK bung Reaper, seperti kata bung Hero, diantaranya pasti ada KS midget, bukankah kita sudah lama mengembangkannya 😀

          •  

            Kalo midget juga dihitung kayak kok kurang greget ya….. harusnya midget di itung sendiri (walau sama2 kapal selam)
            tapi kalo misalnya diisi midget, jumlahnya sangat kurang kalo gitu…… Daya jelajahnya jelas lebih kecil dari the true submarine, begitu juga persenjataannya….. Paling banter 2 torpedo dan 8 ranjau

          •  

            Midget bukan untuk patroli bung reaper, fungsinya lebih seperti FAC yaitu tembak kabur. Ukurannya yang lebih kecil, kesenyapan dan kekuatan serangnya dapat menjadi game changer yang amat sangat menentukan. Midget bukan barang sepele, semua kembali pada siapa yang berada dibalik kemudi dan siapa yang menjadi otaknya. Memiliki SSN sekalipun, jika tidak dapat menggunakannya dengan baik, nilainya akan sama halnya dengan seonggok besi mengambang.

          •  

            Daya jelajahnya & senjata lebih kecil berarti lebih cepat kembali ke pangkalan. Sementara tidak semua pangkalan dapat menyuplai kasel (Mungkin bisa kalau ada submarine tender kayak ratulangi). Biaya midget saya kira juga tidak murah, yang dipasang di midget setara the true submarine. Contoh saja, kalo kita beli 10 midget berarti kita beli 10 sonar, mungkin harga sonar midget lebih murah dari kasel sejati, tapi murahnya mungkin hany a setengah dari harga sonar kasel sejati

      •  

        bung STMJ,

        yang dibeli 2007 dengan state credit 2 unit, kurang 5 mungkin ini midget yang (akan) dibuat lundin sesuai info kemarin (klo gak salah bung Ayam Jago)…

        •  

          Bung Danu tambahan jangan lupa dua ks dari timur sama papa nikos ( nama disamarkan ) trus cakra nanggala+3 brother changbogo jumlahnya dah 8 buah, blom yang unpublish. Makin menarik aja dunia kasel NKRI. Ngomongin jumlah kasel NKRI tak ubahnya seperti maen tebak-tebak biji buah manggis

        •  

          Bung Danu, tebakan saya (kalau tidak meleset) pengadaan tahun 2007 melalui kredit ekspor ada 3 buah SSK sisa kredit dirupakan pembelian tank BMP, total SSK jadi 8 buah. Memproduksi 4 buah midget sampai 2018 saya rasa masih cukup relevan.

      •  

        Klo sabar nunggu, perjanjian informasi rahasia antara indonesia dengan rusia perkiraan akan berakhir tahun depan paling cepat. Klo tidak diperpanjang oleh pemerintahan skrg, maka apa yg ditanyakan bung STMJ dan bung danu akan terjawab. Kecuali klo diperpanjang lagi, anda pasti tau jawabannya….
        Kami untuk itu “no comment” , biar tetap misteri he he he…. (entar dijewer sama bung diego he he he)
        Yang penting kita bukan “keluarga berencana”

    •  

      Midget…midget…midget bajul sagara buatan dalam negeri…

    •  

      ini sih obrolan dulu2 bersama sesepuh…walahu alam kebenerannya :

      kerja sama pembuatan changbogo dgn korsel dgn skema sbb :
      1.Tim A, berangkat ke korsel sejak 2012, sambil buat ks tentunya sambil belajar, diharapkan 2014 awal 1 ks changbogo selesai, sambil di PT.PAL membangun infrastrukstur untuk assembling ks sejenis dan 2015 awal diharapkan rampung.
      2.Tim B, pasca KS-1 rampung, berangkat ke korsel, untuk belajar sambil membuat KS-2, sama seperti dgn tim A sebelumnya, disaat yg bersamaan Tim A membuat KS-3 dibawah supervisi korsel di PT.PAT dimulai awal 2015 dan diharapkan rampung pada pertengahan 2016.
      3. Sejak pertengah 2016 nanti, maka Indonesia akan memilki 2 line produksi KS, jika korsel masih tetap dlm kerjasama, maka artiya ada 3 line produksi yg siap.
      4.selisih waktu finish Produksi KS-4, KS-5, KS-6 dimungkinkan bisa bersamaan waktu, juga mekanisme produksi akan berbeda dgn produksi KS-2 yg menunggu selesainya KS-1 dibuat, motong baja untuk KS-7 tidak menunggu selesainya KS-4 dibuat.

      1 line produksi bisa saja mengerjakan bbrpa KS dgn type yg identik dlm waktu bersamaan, yg terpenting adalah setiap komponen untuk membangun KS sudah ready, tinggal assemblingnya z.

      melihat skema tsb, yakni 3 line produksi, gue bilang sih mungkin2 z, membuat KS-4 sampe KS-12 dgn sisa waktu dari juli 2016 sampe akhir 2018 sebanyak 9 ks, dlm waktu 30 bulan.
      dimana masing2 line produksi punya beban 3 KS…untuk diassembling.

      catatan : KS nya satu type alias identik

      •  

        analisa yang bagus bung donnie.. semoga saja kesiapan infrastruktur PT. PAL mampu dan siap begitu juga industri industri pendukung penyuplai komponennya juga siap… amin..

  18.  

    di kasih dikit komplin di kasih byak ga percaya,itu yg ngomong kasal bukan orang sembarangan .bingung sm orang2 yg sok tahu di jkgr ini

  19.  

    Sepertinya ada yg error, komentar kasal kok belepotan gitu gak terstruktur. Sepertinya media nya yg gak ngerti militer jadi asal ketik saja

  20.  

    :tkp
    ane ke dermaga dl ah

  21.  

    Nyimak dulu di pojokan (sambil ngopi plus pisang goreng yg masih hangat)….

  22.  

    Kok duluin kapal selam ya, kok jadi kayak gini.
    Arahnya kemana ya ini ?
    RAKYAT SEJAHTERA ATAU APA NIH ?

    NGAPAIN KAPAL SELAM DIBANYAKIN ?
    BAKAR KAPAL CHINA SAJA NGAK BERANI.

    Sebaiknya perbaiki dulu taraf hidup rakyat miskin,
    Biar ngak gemetar badannya tiap hari gara-gara kurang gizi.

  23.  

    Tes

  24.  

    :toast :amazed:

  25.  

    Harus berimbang mbah…jangan sampai kita sudah makmur kita diacak acak musuh gak ada perlawanan….piye to mbah mbah

  26.  

    Hadeh klo brita lontong mah…………bikin ane dag dig dug……sakit klo dibanting….. :mewek2 :mewek2 …..

  27.  

    Nyimak…

  28.  

    Jangan ragukan kewibawaan mbah disini dek,

  29.  

    penenggelaman 5 kapal thailand kog lum ada beritanya ya.. katanya tgl 14 des.. ni udh tgl brp ya??

  30.  

    Kilo yg terbaru mantap thu…

  31.  

    katanya akan dibangun 12 kasel?berarti dalam 1 tahun 3 buah itu keren tapi kalau cuma publis kasel peninggalan pemerintah yg dulu ya tidak keren lagi.harapan saya supaya 12 kasel ini merupakan hasil dari pemerintahan skarang bukan warisan dari pemerintahan sebelumnya.

  32.  

    Teori doang, dari dulu kata2 seperti itu sudah sering terucap, target kapal selam dari 12,15 bahkan 18, katanya thn 2014 TNI terkuat seasia tenggara tp 2014 sudah hampir habis, masih saja belum memenuhi syarat seperti yg gembar-gemborkan,,,

  33.  

    16 roket, mau nambah 3 lagi. masa roker rhan 122, mikir. 12 Kasel s/d 2018. Sikembar =2, Changbogo =3 dan penyerahan terakhir 2018. Masih kurang 7. Jelas tidak mungkin dipesan setelah pesan changbogo. Mungkin sebagian sdh berenang, lainnya dlm proses produksi yang lebih dulu drpd chnagbogo. Jadi 12 kapal itu penutupnya adalah Changbogo. Mikir. analisa ngawur pedagang ayam dipasar.

  34.  

    buat mbah bowo”gak ada lo gak rame” ,klo sinetron jadul ibaratnya DATO MARINGGIH,super nyebelin.biar temanya senjata pokoke beras miskin,
    Jgn d anggap smpai k hati dia mmg lg akting pdhal d sana dia trtawa terkekeh kekeh liat ad yg trprovokasi.
    mending nonton MU VS LIVERPOOL seruuu…

  35.  

    [lg brhayal] 12 satuan lontong, 16 divisi kroket nkri big bro :sungkem

  36.  

    Mbah bowo ini org miskin, menengah, atau kaya gk sih?

  37.  

    jika 12… berarti jika yg skrg 2 carkra dan nanggala… 3 Changobo… dlm waktu 4 thn ini kliayan mustahil mmenuhi 7 sisanya kecuali memang benar telah ada kerjasama dan pembelian masa pemerintahan SBY ke Rusia yg membuat takut Australia, AS, Inggris dan Malaysia maupun Singapore

  38.  

    MBAH SETUJU

  39.  

    TNI AL kirim kapal selam ke Libanon? :S

  40.  

    Maaf oot yang sering di sebut warung sebelah apa ya

    Pencerahan ya bung hehehe … saya taunya cuma JKGR diiringi… :cd:

  41.  

    mbah bowo yg bijak…
    bknkah sbaiknya kita minta kail dr pd ikan.?
    bknkah lbih baik kita minta cangkul dn lahan drpd beras murah?
    saya tdk ragu kewibawaan mbah. TP ragu dgn bijak tdknya mbah bowo.

    •  

      Masalahnya gini dek,

      APA SIH PRESTASI PEMERINTAH SEKARANG ?
      KALAU DILIHAT DARI GEMBAR-GEMBORNYA SAAT KAMPANYE PEMILU YANG LALU.

      FAKTANYA :
      1. BBM NAEK
      2. LISTRIK NAEK
      3. BELI KAPAL DARI CHINA BESAR-BESARAN
      4. BELI BUS TRANS DARI CHINA

      MANA BUKTI DARI JANJINYA ?
      YANG AKAN INI, YANG AKAN ITU.

  42.  

    Itu bukan roket tapi korvet
    jelas saja target MEF untuk kasel berjumlah 12 kapal selam baru ttp targetnya 2024. Palingan keceplosan atao wartawannya salah ngetik

  43.  

    Berarti salah satu pejabat TNI yang dulu pernah bilang bahwa TNI sudah setara Eropa itu beneran yah??? :takut

  44.  

    prestasi? saya blm yakin bisa melihatnya .
    makanya usahakn lah punya kali. cangkul dan lahan.
    egois mungkin. tp begitulah faktanya. jika kita sj kekurangan gmn mo bantu ssama?

  45.  

    sabar mbah kan baru 2 bulan tunggu aj,d bawa happy aj mbah,ngapain mikirin ,,yg penting manchester united menang telak..malm ini makan gratis mbah d rumah makan padang.

  46.  

    mbah bowo mau memecah belah org indonesia & mau menciutkan nyali rakyat indonesia ? Sory mbah ga mempan ! Masih bnyak garda depan selaain TNI untuk menjaga indonesia ! Contohnya saya & rekan2 yg lain !

    mbah bowo tolong jngan komen di forum indonesia mndingan pulang aja ke negara mbah di malingsial sana comen nya di forum sana aja mbah ! Satu lagi jgn bawa2 nama indonesia karna mbah bowo bkn org indonesia !

  47.  

    Kalau kita ngomongin KS, ibarat ngliatin lele di kolam keruh…
    Emang para warjager percaya itu laut jutaan Hektar, ALKI ada 3..masa iya di jaga sama lontong cuman 2,hihihi..
    Amerika dan konco”nya aja ga brani slonong boy sekarang..ini malah anak Negerii pesimistis sma negaranya sendiri..

    dan kalau minta bukti foto,dll dan pesimistis.. silahkan nyelem aja di 3 ALKI kita…

  48.  

    sloww lurr…jngn terprofokasi sama##mbahbowo…mungkin aja mulutnya lagi kena sajen iri hati,,karna negaranya lg ngethot griji lurr…indonesia cinta damai lurr….

  49.  

    Si Mbah Bowo sok sok ngajarin..saya penganut aliran bebas dalam berpikir jadi ya suka suka saya, saya Freemason, Bundaran HI contoh sukses hasil Karya pendahulu kami yg juga orang orang Freemason..like Raden Saleh, Hamengkubuwono VIII, Paku Alam V sampai dengan VII, Soekarno-Hatta.

  50.  

    Mbah Bowo ini adalah rakyat miskin biasa dan yang paling merasakan dampak dari kenaikan harga BBM dan penghamburan uang rakyat oleh pemerintah untuk pembelian kapal selam

    Sangking Parahnya merasakan dampak tersebut Mbah Bowo sampai kelaparan karena tiap hari Mbah bowo selalu goggling di depan Laptop core i5 nya terkadang kalau sibuk juga googling di Android kit-kat nya untuk sekedar membaca dan comen di forum-forum militer

    Mbah Bowo jaga kesehatan ya.. Semoga kemiskinan tidak menyurutkan semangat Mbah untuk berselancar di dunia Maya..

    Jangan lupa billing spedy di bayar tepat waktu ya mbah, biar tak putus internetMbah Bowo ini adalah rakyat miskin biasa dan yang paling merasakan dampak dari kenaikan harga BBM dan penghamburan uang rakyat oleh pemerintah untuk pembelian kapal selam

    Sangking Parahnya merasakan dampak tersebut Mbah Bowo sampai kelaparan karena tiap hari Mbah bowo selalu goggling di depan Laptop core i5 nya terkadang kalau sibuk juga googling di Android kit-kat nya untuk sekedar membaca dan comen di forum-forum militer

    Mbah Bowo jaga kesehatan ya.. Semoga kemiskinan tidak menyurutkan semangat Mbah untuk berselancar di dunia Maya..

    Jangan lupa billing spedy di bayar tepat waktu ya mbah, biar tak putus internet

  51.  

    aneh sama warjag,,
    dlu diskusinya enak buat di baca, fokus sama isi berita juga,
    tapi skrg lebih sering bales komentar2 gk penting,,
    fokus woi fokus,jgn OOT,,

  52.  

    BBM mau diturunkan tuh … apa harga ikut turun??? >:) sudah bener harga BBM tinggi dan harusnya tanpa subsidi. Bayangkan kalo harga BBM indo naik turun … rakyat kita kurang melek urusan keuangan … budgeting bulanan bisa amburadul … sayang oh sayang … lagian yang duluan kacao kalo harga BBM tetap murah bukan Indonesia tetapi setengah negara OPEC dan Paman Sam. … dua tiga bulan lagi mungkin bakal$120/bbl.

    Mbah Bowo pencitraan ya?

  53.  

    bowo ki kakean cangkeman ae gak mudeng opo2 wi….

  54.  

    test :jrb: :2thumbup :cd: :maho:

  55.  

    Kayaknya ane tau mbah bowo :babyboy itu siapa, dari gaya bicaranya dan cara penulisannya :hoax mengingatkan ane :hammer pada seseorang member topix :cool :matabelo

  56.  

    mbah bowo itu tingkah polahynya mirip karakteristik seorang aktivis LSM yang didanai oleh funding luar negeri , kayaknya rela menjual negaranya demi seperiuk nasi , dikarenakan di forum militer ini kita mengasah dan memupuk nasionalisme dg gencar , dia pengin memperlambat atau bahkan menggembosi nasionalisme dan jiwa kepatriotan kita semua…. waspadalah….waspadalah….

  57.  

    Bung Ahmads..para sesepuh masih disini tapi semua pada SR..

  58.  

    Cuma saran untuk semua warjagers, sebaiknya keluarkan komen atau opini HANYA yang berhubungan dengan materi/tema yg sedang dibahas, tidak perlu memberikan/menjawab komen dari pihak lain yang mengalihkan topik pembicaraan.JANGAN MUDAH TERPANCING DENGAN PENGALIHAN TEMA.Dengan begitu, diskusi akan lebih fokus dan berbobot. Kalaupun ada yang mau memberikan info lain diluar topik sebaiknya hanya tentang alutsista saja…salam.

  59.  

    Jika bener2 rencana & realisasi hingga 2018 membangun 12 KS sungguh hal yang sesuai dengan kebutuhan yg sangat mendesak,,berarti Pemerintah memang membangun ke segala bidang, semua prioritas,realisasi KS 12 sebaiknya ada tipe U214 2 unit, Amur/Improved Kilo 4 unit, Improved ChangBogo 6 unit, tdk lupa ekuisisi destroyer bertahap 1 unit, real fregrat 125m 2 unit, PKR 4 unit, Korvet Sigma 6 unit, KCR 20 unit, utk TNI AU 24 SU 35BM, dll, sy yakin keuangan dg jml unit alutsista spt itu msh sangat mudah mengatur keuangan nnya dan TIDAK akan mengganggu kebutuhan pembangunan lainnya..soal beras ada yg terlalu mencari2 masalah, itu sdh tentu antek asing, bs itu negeri tetangga dekat, bs itu rekrutan
    agen CIA, dg tujuan apalg selain menggagalkan perkembangan kekuatan militer RI,,dah hapal lagunya

  60.  

    correct skl proof,,mbah bawa kuncinya jangan ditanggapi,,biarkan di upload tp gak usah di gubriss,,

  61.  

    coba kawan kawan Warjag mari kita ingat ingat gambar KS Nanggala ynag ditampilkan oleh JKGR kira kira 1 tahun yang lalu yang mana KS Nanggala tersebut singgah di pelabuhan sorong ( insya Allah judulnya KS nanggala singgah di pelabuhan sorong ) dengan ciri ciri bodi menaranya sebelah samping depan ada LAMPU WARNA MERAHNYA -nya.

    sedangkan pada hari armada kemarin di dermaga Surabaya juga ditampilkan KS Nanggala tetapi di bodi samping kiri depannya tidak ada LAMPU WARNA MERAH-nya dan bodinya tampak mulus sekali..

    bukankah clue tersebut bisa ditarik kesimpulannya??? yang jelas mengenai Jumlah, Jenis, dan persenjataan KS tidak akan dipublikasikan secara terbuka sampai kapanpun…

    biarlah semua ini menjadi rahasia penjaga negara ini…

 Leave a Reply