Jan 102017
 

KSAL Laksamana TNI Ade Supandi usai meresmikan tiga kapal patroli cepat di Batam (sumber : republika)

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi meresmikan pengoperasian tiga kapal patroli cepat 40 M produksi dalam negeri, Selasa (10/1/2017) di Dermaga Batuampar, Batam. Ketiga kapal tersebut adalah KRI Tatihu-853, KRI Layaran-854 dan KRI Madidihang-855.

Dalam acara tersebut, KSAL menjelaskan keberadaan tiga kapal cepat tersebut merupakan bukti bahwa industri pertahanan dalam negeri mempu melaksanakan tugas dan fungsinya yaitu mengembangkan teknologi industri pertahanan yang bermanfaat bagi pertahanan, keamanan dan kepentingan nasional.

“Keberhasilan ini juga merupakan salah satu solusi konkret bagi komite kebijakan industri pertahanan dalam mengurangi ketergantungan dari negara lain terkait dengan pengadaan alutsista TNI Angkatan Laut di masa yang akan datang“, tegasnya.

Ketiga kapal patroli cepat 40 M tersebut merupakan produksi PT Palindo Marine Shipyard Batam, yang selanjutnya akan diproyeksikan untuk memperkuat Satuan Kapal Patroli (Satrol) TNI Angkatan Laut.

Kapal ini dipersenjatai dengan senapan mesin kaliber 12,7mm, serta memiliki panjang keseluruhan 45,5 m, lebar 7,9 m, kecepatan maksimal 24 knot, kapasitas bahan bakar 70.000 liter dengan endurance selama 6 hari.

Beberapa kemampuan ketiga kapal ini diantaranya, mampu melaksanakan peperangan anti kapal permukaan, peperangan anti udara, operasi patroli laut, dan operasi Search And Rescue (SAR).


Sumber : Dispenal Mabesal

 Posted by on Januari 10, 2017