Jun 062014
 
image

Kapal Latih Zheng He Tiongkok datang ke Surabaya

Surabaya. Kapal Perang Angkatan Laut Tiongkok (PLAN) yang terdiri dari Kapal Latih Samudera, Zheng He 81 dan Guided Missile Frigate Weifang 550 (Type 054A) berkunjung selama 4 hari ke Indonesia. Kapal ini membawa 170 Taruna, untuk mengunjungi Markas Armatim serta ke Akademi Angkatan Laut.

Frigate Weifang Tiongkok berkunjung ke Surabaya

Frigate Weifang Tiongkok berkunjung ke Surabaya

Perwakilan Angkatan Laut dari kedua negara, melakukan “Forum of Junior Officers”, untuk saling mengunjungi kapal perang, latihan militer, serta sejumlah kegiatan lainnya. Kapal Zheng He 81 dan Weifang 550 juga membuka sesi untuk dikunjungi oleh masyarakat (open ship).

Sekitar 20 mahasiswa – mahasiswi Universitas Xin Zhong School dari Mulyosari Senter, 80 Siswa/siswi SMK Kal-2 dan 58 siswa/siswi SMA Barunawati mengikuti acara ini (5/6/2014).

Kedatangan para mahasiswa dan siswa ini, disambut dengan ramah oleh ABK dan Taruna kapal Zhenghe dan kapal Waifang. Acara open ship ini juga dihadiri warga keturunan Tiongkok yang berada di wilayah Surabaya.

image

Setelah melakukan open ship untuk pelajar dan masyarakat, perwira senior PLAN berkunjung ke TK Hangtuah 10 Juanda dan panti asuhan laksamana R. Mulyadi Juanda. Setelah itu digelar acara makan malam bersama di Kapal Zhenghe-81 yang dihadiri para pangkotama TNI AL wilayah Surabaya dan seluruh ABK dari kedua Kapal Latih tersebut.

Mereka datang ke Surabaya, untuk melihat Naval base terbesar Indonesia yang juga markas, logistik dan pelatihan, untuk Armada Indonesia Bagian Timur.

Frigate Weifang.
Frigate Weifang beserta belasan kapal perang Tiongkok lainnya, bergabung dengan Armada Angkatan Laut Tiongkok (PLAN), pada tahun 2013.

Kapal Latih Samudera, Zheng He 81 dan Guided Missile Frigate Weifang 550 (Type 054A) bertolak dari  India menuju Surabaya, Indonesia

Kapal Latih Samudera, Zheng He 81 dan Guided Missile Frigate Weifang 550 (Type 054A) bertolak dari India menuju Surabaya, Indonesia

Tahun 2013 bisa dikatakan penerimaan terbanyak kapal perang yang diproduksi industri dalam negeri Tiongkok, untuk Angkatan Laut mereka, sekaligus batu loncatan suksesnya ujicoba berlayar kapal induk Liaoning.

Kapal Induk China Liaoning yang bergerak ke Laut China Selatan (photo; PLA Navy)

Kapal Induk China Liaoning yang bergerak ke Laut China Selatan (photo; PLA Navy)

Kapal perang yang paling banyak diluncurkan Tiongkok pada tahun 2013, adalah frigate guided missile, termasuk frigate Weifang yang berkunjung ke Surabaya.

Bulan Februari 2013, frigate Bengbu tipe 056 resmi beroperasi di jajaran PLAN, untuk mengisi Armada Laut Tiongkok Timur. Selain itu, frigate yang sejenis yakni Datong dan Yingkou, juga diluncurkan mengisi Armada Laut Tiongkok Utara. Sementara frigate Meizhou, Baise dan Shangrao, bergabung dengan Armada Laut Tiongkok Selatan dengan pangkalan di Sanya. Adapun pada 1 Juli 2013, frigate guided missile Huizhou dan Qinzhou, diluncurkan untuk menjaga Hong Kong.

Frigate Datong Tiongkok

Frigate Datong Tiongkok

Frigate tipe 56 merupakan generasi baru frigate guided missile yang seluruhnya secara independen diriset, dibangun, dikembangkan dan dibuat oleh Tiongkok. Frigate ini memiliki rudal pertahanan udara jarak dekat yang lebih canggih, anti kapal selam, serta memiliki kemampuan perang yang komprehensif.

Tiongkok juga membangun frigate guided missile tipe 054A yang memiliki kemampuan fully multi-purpose. Frigate ini diberi nama Weifang dan Yueyang dan bergabung dengan Armada Laut Tiongkok Utara dan Laut Tiongkok Selatan pada tahun 2013. Keberadaan frigate ini meningkatkan sistem peringatan dini jarak jauh dan sistem pertahanan udara Tiongkok.

Masih di tahun yang sama, Tiongkok juga meluncurkan Destroyer type 052C, dengan nama panggilan “Chinese Aegis” untuk mengisi Armada Laut Tiongkok Timur. Kehadiran Destroyer ini meningkatkan sistem anti-udara, anti-kapal selam dari kapal kapal perang Tiongkok.

Destroyer Zhengzhou Tiongkok

Destroyer Zhengzhou Tiongkok

Tidak itu saja, pada tahun 2013 Tiongkok juga meluncurkan kapal suplai komprehensif Taihu Lake dan Chaohu Lake type 903A yang bergabung di pangkalan Qingdao dan Zhousan pada 18 Juni dan 18 September.

Kapal suplai dan logistik PLAN,  Taihu Lake

Kapal suplai dan logistik PLAN, Taihu Lake

Kapal ini akan bertugas dan diintegrasikan ke dalam Armada maritime mobile taskforce Tiongkok, ketika terjadi perang atau mendampingi frigate maupun destroyer dalam tugas tugas jarak jauh, termasuk misi pasukan perdamaian atau kunjungan persahabatan.

Tiongkok berhasil membangun kapal perang secara mandiri, sehingga tidak heran tahun 2014 ini, semakin banyak kapal perang mereka, yang berlayar ke Laut Tiongkok Timur maupun Laut Tiongkok Selatan, termasuk kunjungan ke Surabaya, Jawa Timur, seperti yang dilakukan Kapal Latih Samudera, Zheng He dan Guided Missile Frigate Weifang. chinamil.com .

  62 Responses to “Kunjungan Kapal Zheng He dan Weifang”

  1. uno

  2. Jreeennnngg adakah ini…… πŸ™‚

  3. Siippp,apa yg di tinggal ya…..???lanjutkan…!!!!

  4. Pertamax kah ?

  5. Semoga persahabatan kedua negara terjalin abadi. πŸ˜€

  6. Wah promosi kapur nich

  7. moga makin erat.dan banyak tot yg diberikan

  8. Runner up….
    Bentuk kemandirian alutsista yang harus ditiru walaupun harus berinvestasi besar-besaran diawalnya..

  9. Mudah2 selain membawa tarunanya, Tiongkok jg membawa oleh2 buat Armatim hitung2 buat gantiin yg kemaren dipake latgab.

  10. oleh oleh dari om panda apa nih ? masak kapal segitu ga bawa buah tangan :mrgreen:

  11. nah kalo yg besar besar gini kan liatnya enak gitu he he he

  12. Bersahabat dengan negri yang jauh menyerang negri tetangga. Itu kemungkinannya.

  13. lumayan nomer pitu…weleh2 kaaapaann ya negeriku bisa kayak cina? Bisa bangun kaprang secara mandiri?…iso ku namung nguli bae…

  14. parno mode on
    …..
    hati2
    pasti ada penyadapnya
    pasti akan memasang penyadap
    pasti mata2
    pasti ada maksud2 tertentu yg merugikan
    dst.
    pasti.
    pokoknya pasti
    …..
    parno mode off

  15. weleh2 kaaapaann ya negeriku bisa kayak cina? Bisa bangun kaprang secara mandiri?…iso ku namung nguli bae…

  16. Para Pinisepuh Warjag, mohon pencerahan: Apakah ada paket “sumpit & pangsit” oleh-oleh Bibi Lung ? Salam hormat!

    • kayaknya gitu bang, pas yoko barusan rehat dr nyoba jurus2 baru brangkali msh ada kesulitan ma cakar elangnya, kebaikan bi lung disambut hangat

  17. ganti ktp gak nih?

  18. Mo tanya nih..KRI kita ada yg punya fungsi latih samudra gak ya..klo Ki Hajar Dewantara itu sama kah fungsinya?

  19. Iya bung PW,njenengan intip,siapa tahu ada nganu-nganu dari china…..pensil kek,bollpoint kek……he…he…piss bung PW……

  20. Kapal latihnya saja sebesar kapal perang kita, apalagi kapal perangnya, pasti lebih sangat besar lagi, pokoknya mbah ngeri…. ngeri……. ngeri……………

    Wahai negeri China yang agung, kami masih sangat mencintai kehidupan, janganlah berikan kami kematian.

    mbah berpesan, kenalilah calon musuhmu !
    – musuh yang bengis
    – yang suka darah
    – musuh yang suka menyembelih

  21. eh ada mbahti bowo…
    anu nya sudah numbuh mbah…
    http://id.wikipedia.org/wiki/Orang_kasim

  22. Menyimak misteri kedatangan ke surabaya

  23. salah satu cara menaklukkan musuh,adalah mengenalnya lbh dekat seperti sahabat..agar bs meraih kemenangan sebesar2nya dan menekan kerugian sekecil2nya

    • Saya sependapat, bung frans, ini adalah bagian dari “persiapan”. Di sisi lain saya juga paham jika lebih banyak yg tidak sependapat. Jika anda berada di luar rumah, anda memang tidak bisa memastikan apa yg akan dilakukan penghuni rumah. Anda hanya bisa menerka. Good luck sajalah.

    • Bung frans,bung loai…

      Pertama,cina gak perlu main ke rumah kita cm untuk tahu isi perabot rumah kita…mereka tinggal kontak agen agen mereka (baik etnis mereka sendiri yg sdh tinggal berpuluh tahun disini atau bangsa kita sendiri yg keblinger duit :mrgreen: ) …gak perlu mereka menunjukkan dapur mereka sendiri…

      Waifang adalah fregat mutakhir yg akan jadi tulang punggung PLAN di masa depan (bersama dengan destroyer terbaru mereka yg pasti jg akan berkunjung).frigat ini sarat teknologi mutakhir mereka dan dgn sukarela mereka tunjukkan pd kita…pasti waifang membawa misi dalam misi pada kunjungannya kali ini πŸ™‚

      Kedua,kita jg sdh berkunjung ke isi perut mereka (naval base dan akademi angkatan laut mereka)…kalau memang itu tujuan mereka maka skor masih 1:1 toh? Tdk ada keunggulan sesuai amanat sun tzu karena kita pun tahu isi perut mereka yg berarti tahu apa yg mereka pikirkan…

      Ketiga,jgn xenophobia lah…selama kita punya yg mereka butuhkan maka pendekatan gulali lah yg mereka lakukan…Pendekatan rotan cm mereka lancarkan apabila mereka memiliki substitusi atas apa yg dimiliki pihak yg akan mereka rotan…

      Tdk ada kawan sejati dlm politik…semua tergantung keadaan aktual…konsep enemy of my enemy is my friend adl.tepat ketimbang blok blok aneh yg cm memikirkan dirinya sendiri pada waktunya nanti dan mengecewakan pihak lain…

      Kalau boleh menyamakan kita sdg menjalani ketoprak humornya spanyol di zaman franco…satu sisi berkarib dgn jerman dan italia yg telah membantu franco memenangkan perang saudara spanyol…di lain sisi main mata dengan inggris yg bersedia memberikan segala bantuan ekonomi termasuk minyak pada spanyol asal spanyol tdk ikut berperang di pihak jerman-italia…bantuan ekonomi itu tdk seberapa dibandingkan apabila spanyol berperang di pihak axis dan memblokade gibraltar dan memotong suplay bahan mentah inggris dr india dan timteng yg berarti lonceng kematian bg inggris yg sedang mati matian bertahan dr gempuran jerman-italia…franco yg cerdik memanfaatkan situasi untuk kepentingan spanyol…Hitler sebenarnya geram pd franco tp ia tdk punya tenaga yg cukup untuk memaksa franco…bagi Hitler franco tdk berpihak pd sekutu pun sdh cukup…

      Kalau kita melihat sesuatu gunakan helikopter view dimana kita bisa melihat dari atas semua sisi agar kesimpulan yg diambil jg menyeluruh…

      • tajam….

      • Untuk itulah mereka perlu berhitung. Pada PD II negara netral tapi relatif lemah (spanyol hampir sama kuat dengan inggris dan jerman) seperti negara2 skandinavia tetap dicaplok uni sovyet dan jerman. Kunjungan ini dalam rangka berhitung (secara lebih detail). Jika ingin aman, kita harus membuat mereka percaya bahwa kita di pihak mereka. Sederhana saja.

  24. dengan bangganya cina memakai prodak dlm negeri mskipun dcap kw 2 sedangkan indonesia lebih bangga dgn prodak import..coba dr dulu indonesia bangga dgan prodak lokal..pasti prodk lokal skrg dch go intrnsiol dn bs mnambah devisa negara..

  25. pasti ada kadonya nih asik
    kira2apa ya?

  26. Cina pakai produk dalam negerinya Oleh sebab itu cina makmur, sebab tuh duit muter di dlm negeri.saya berharap keberhasilan indonesia membuat senapan dapat terjadi pd produk alutsista lain.saya yakin,memang semua perlu proses.

  27. tes

  28. tiongkok pun sebelum mandiri spt sekarang pastinya beli .borong .sadap.bajak .pelajari dan buat…
    NKRI sedang menuju ke arah sana…
    selamat malam semoga sehat semua

  29. Tot c705 gimana tuh sekarang kok udah gak ada gaungnya. Kalo ama china mbulet mulu puter haluan ke Iran aja.

  30. Korea baru pulang dari tanjung priok ,mamarika menyusul pamitan dan sekarang cina datang belum lagi sonotan ngajak baikan hadeh nampaknya ada yang sesuatu……aku sekarang jg heran kenapa warga jkgr kok g nonblok lg yah kalo tiongkok datang dipuja puja kalo mamarika dcuekin emang dah yakin ma tiongkok kalo nanti g bakalan musuhin kita kalo ada kesempatan dan apa kita sudah bener bener g butuh sama mamarika sedangkan transaksi perdagangan kita aja lebih suka pakai dollar drpada rupiah lebih baik berpikir cerdas dan waspada selalu dalam hubungan internasional itu yang terbaik bagi Indonesia

  31. Malaysia beli sistem pertahanan udara HQ-16 + TOT. kok bisa yaa… dapat dapat tot ,

    padahal baru beberapa bulan yang lalu Tiongkok kehilangan warga negaranya
    akibat hilangnya pesawat MH370… yg sampe sekarang belum ketemu..

    mungkinkah mereka disandera oleh malaysia?…

    kalo ini benar… kemungkinan yg disandera bukan orang biasa..

    maaf… kalo ngaco… he..he..

    ane mau tau kabar tot rudal c 705 ? apakah sdh ada kelanjutannya ?… mohon pencerahan

  32. Test……. Hadir!

  33. xixixixi takut nya ToT (Ternyata omong Tok)

 Leave a Reply