Jan 132016
 
Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Joni SP

Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Joni SP

“Kegiatan teritorial seperti belajar mengajar harus dilanjutkan agar anak-anak yang berada di sekitar pos bisa membaca, menulis dan berhitung”, ujar Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Joni SP saat mengunjungi Satgas Yonif 406/CK yang mengamankan perbatasan di wilayah RI-PNG, Papua, Rabu (13/1/2016).

tni 5

Yonif 406/CK merupakan Batalyon Infanteri yang berada di bawah Brigade 4/Dewa Ratna. Batalyon ini bermarkas di daerah Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah dan masuk ke dalam jajaran Kodam IV/Diponegoro. Yonif 406/CK mendapat tugas untuk melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan RI-PNG di wilayah sektor utara Kabupaten Keerom Distrik Senggi TMT 01 Oktober 2015.

tni 3

Brigjen TNI Joni SP meminta keberadaan Satgas Yonif 406/CK dapat memberi manfaat untuk masyarakat perbatasan sekitar, kenali masyarakat setempat, dalam melaksanakan patroli tingkatkan kewaspadaan, dan jangan lalai.

Dalam kunjungannya selama tiga hari, Kasdam IV/Diponegoro didampingi Danbrigif 4/DR Kolonel Inf Agus Widodo melakukan pengecekan dan peninjauan pos-pos jajaran Satgas Yonif 406/CK seperti Pos Batom, Pos Towe hitam, Pos Iwur dan Pos Yuruf.

tni 2

Brigjen TNI Joni SP memberi arahan agar para prajurit yang bertugas menanami pohon kelapa sebagai tanda salah satu patok batas yang hilang, kemudian khusus untuk di Pos Kotis agar ditanami matoa disekitar bandara dan apabila para prajurit akan keluar Pos harus memakai buddy system dan melaporkan setiap kegiatan kepada Komandan.

tni 4

Danbrig 4/DR juga berpesan kepada prajurit agar meningkatkan kewaspadaan di Pos Iwur. Hal tersebut dikarenakan banyak mantan OPM yang bermukim disitu dan tetap jaga faktor keamanan apabila patroli patok perbatasan dengan menggunakan long boat.

Puspen TNI

  10 Responses to “Kunjungan Kasdam IV/Diponegoro ke Yonif 406/CK di Papua”

  1. mantap

  2. angkat telunjuk, hadir komandan.!.!.!

  3. Buat bapak-bapak prajurit TNI di Papua supaya jangan arogan di Papua yah. Wajib senyum, biar rakyat papua bisa senyum. Kalau ada yg arogan langsung pulangkan tarok di Natuna. Hahaha.

    • Kalau koropsi tarok dimana lah? KPK Tangkap Tangan Politikus PDIP
      Damayanti Wisnu Putranti?

    • Pernah ngobrol sama anggota TNI Yonif 406/CK yg pernah ditugaskan di sana, katanya Anggota Yonif 406/CK lebih diterima masyarakat Papua dibanding kesatuan TNI yg lain.

      • Bung Wawan, itu dah lama skl, dr th 70 an sejak pegang suku, yonif 406 langganan tugas disana, sangat Diterima masyarakat setempat. ayah mertua ane,eks yonif ini, bbrp kl tugas disana thn 70 an

      • bukan mau membual bung masalah tugas Batalyon dari jajaran SILIWANGI lebih sukses di banding satuan lain dengan ciri khas ngadu bako nya baik di aceh timor timur dulu sama papua juga sampai jajran KOSTRAD yg dulu brsl dr SILIWANGI masih rutin menggelar tradisi sebelum berangkat tugas

  4. Jadi seorang prajurid dan juga seorang guru kelas…wah dwi fungsi…mantap…

  5. Tipikal komandan kurang simpatik. Jabat tangan sambil lalu, gak ada afeksinya. Tidak heran anak buah bisa tidak respek. Bagaimana bisa menganjurkan pasukan di sana bersimpati dengan warga jika imbal balik sikap pimpinan terhadap anak buah begini?

  6. Ane berharap warga di sana dapat hidup sejahtera lah bung, tercukupi kebutuhan primer, sekunder kalo bisa sihh kebutuhan tersier juga…listrik, bensin dan sagu/beras terutama bung.

 Leave a Reply