Apr 242018
 

dok. FNS Dixmude (L9015). (photo: Rama via commons.wikimedia.org)

Jakarta, Jakartagreater.com – Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Barat (Kasarmabar) Laksamana Pertama TNI Heri Kusmanto, S.E., M.M., mewakili Pangarmabar menerima kunjungan kehormatan dua komandan kapal perang Prancis pada Snin 23 April 2018 di Ruang VVIP Makao Koarmabar Jakarta.

Kedua komandan kapal perang adalah Komandan FNS Dixmude (L9015) Kolonel Jean Porcher dan Komandan FNS Surcouf (F711) Letkol Christine Ribbe. Dalam kesempatan ini, Kasarmabar mewakili Pangarmabar mengucapkan selamat datang kepada kedua komandan kapal jenis Mistral Class Amphibious Assault Ship dan Class Frigate Aconit di Markas Komando Koarmabar.

Pangarmabar Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam sambutannya yang disampaikan Kasarmabar mengatakan bahwa hubungan antara kedua negara dan angkatan laut telah lama terjalin dengan baik.

Indonesia dan Prancis memiliki kesamaan visi dalam hal kemaritiman khususnya keamanan maritim dikarenakan Perancis memiliki wilayah zona ekonomi ekslusif terluas kedua dan Indonesia negara kepulauan terbesar dengan dua pertiga wilayah adalah lautan dan selat.

dok. Frigate FNS Surcouf (F711). (Photo: Franck Dubey via commons.wikimedia.org)

Lebih lanjut dikatakan Kasarmabar bahwa kedua angkatan laut memiliki kerja sama di bidang pendidikan di mana perwira angkatan laut Indonesia telah mengirimkan para perwiranya dalam pendidikan, sekolah maupun kursus di Prancis, dan juga anggota kapal perang melaksanakan pertukaran siswa/Cadet saat melaksanakan latihan bersama.

Sedangkan di bidang pertahanan, Indonesia memiliki hubungan dengan industri pertahanan Perancis yaitu dengan adanya pengadaan 2 kapal perang Indonesia yang berasal dari Prancis, yaitu KRI Rigel-933 dan KRI Spica-934.

Sementara itu, ke dua angkatan laut juga berpartisipasi pada kegiatan-kegiatan simposium tingkat internasional seperti Indian Ocean Naval Symposium atau IONS. Prancis juga berpartisipasi dalam Jakarta International Defense Dialogue (JIDD) dan Indo Pertahanan Expo 2017.

Sedangkan pada pelaksanaan Latihan Bersama Multilateral Komodo yang diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut pada tahun 2014, Prancis berpartisipasi sebagai peninjau dan pada Latihan Bersama Multilateral Komodo 2016 di Padang, Perancis ikut berpartisipasi menjadi bagian dari latihan multilateral begitu juga dengan tahun 2018 ini di Lombok.

Pada kesempatan ini, Komandan LHD Dixmude dan Komandan FHS Surcouf menyaksikan pemutaran video profil Koarmabar untuk mendapatkan pemahaman tentang tugas-tugas Koarmabar. Kunjungan kehormatan tersebut diakhiri dengan tukar menukar cinderamata dan foto bersama.

Turut mendampingi Kasarmabar dalam kegiatan tersebut, Asops Pangarmabar, Aspers Pangarmabar, Aspotmar Pangarmabar dan Komandan Satfibarmabar. (Dispen Koarmabar).

Bagikan :

  8 Responses to “Kunjungan Komandan Kapal Perang Prancis ke Koarmabar”

  1.  

    Indonesia Darurat Yakhont & Kalibr

  2.  

    tni al darurat nuklir tipe destroyer hahahah

  3.  

    Mistral, MICA, sekarang ASTER lah dibeli.

  4.  

    bersama FNS Dixmude TNI kuat…….

  5.  

    Bersama damen tot siapxaxa

  6.  

    Frech kiss lebih terkenal di dunia. Xixixi..

 Leave a Reply