Kunjungan Korvet Siluman INS Kiltan India ke Jakarta

doc. INS Kiltan India. (@ Indian Navy)

Jakarta, Jakartagreater.com  –   Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) III Jakarta, Brigjen TNI Mar Hermanto beserta para pejabat Lantamal III menerima Courtesy Call (CC) Komandan Kapal perang Angkatan Laut India “INS KILTAN” (P 10) Commander Ginto George Chako, dalam rangka mempererat tali silaturahmi di Mako Lantamal III Jakarta, Rabu, 11-11-2019, rilis Dispen Koarmada I.

INS Kiltan adalah merupakan kapal perang korvet siluman anti-kapal selam yang dibangun sendiri oleh India dan ditugaskan ke Angkatan Laut India yang diluncurkan tahun 2013.

Ini adalah yang ketiga dari empat korvet kelas Kamorta yang dibangun di bawah Proyek 28. Korvet kelas Kamorta adalah kelas korvet anti-kapal selam yang saat ini beroperasi dengan Angkatan Laut India.

Dengan pbobot 3.500 ton, kapal ini memiliki panjang 109 meter dan lebar 14 meter dan didorong oleh empat mesin diesel untuk mencapai kecepatan lebih dari 25 knot.

Kapal perang Angkatan Laut India “INS KILTAN” (P 10) merupakan kapal jenis Kamorta-Class Corvette dengan Komandan Kapal Commander Ginto George Chako, menurut rencana keberadaan kapal perang ini di Kota Jakarta sampai dengan 13 Nopember 2019 mendatang.

Selama itu bersama Panglima Eastern Naval Command Vice Admiral Atul Kumar Jain AVSM, beragam kegiatan baik yang dilaksanakan di kapal maupun di darat akan dihelat, diantaranya kunjungan kehormatan kebeberapa kotama TNI Angkatan Laut di Jakarta, Kasum TNI dan Kementerian Pertahanan RI.

Selain mempererat silaturahmi dan persahabatan kunjungan ini kapal Perang India, untuk kerjasama di bidang militer.

INS Kiltan ilengkapi dengan helikopter anti kapal selam (ASW), di samping berbagai senjata lain seperti torpedo berat, roket ASW, senjata jarak menengah 76mm kaliber dan dua senjata 30mm multi-barel sebagai sistem senjata dekat (CIWS) dengan sistem pengendalian tembakan.

Selain itu, corvette menampilkan roket pengumpan roket (Chaff) yang dikembangkan di dalam negeri dan sistem ukuran dukungan elektronik canggih (ESM), yang dapat digunakan untuk mendeteksi dan memetakan transmisi musuh dan peralatan pencari arah.

INS Kiltan juga dilengkapi dengan manajemen tempur canggih dan sistem manajemen platform terintegrasi.

Pada kunjungan kehormatan ke Lantamal dilaksanakan pemberian cinderamata dan foto bersama dengan para pejabat teras diantaranya para Asisten Danlantamal III, Dansatrol, Kakuwil Lantamal III, Dandenma Lantamal III, serta para Kasatker dan Kasatlak Lantamal III.

Satu pemikiran pada “Kunjungan Korvet Siluman INS Kiltan India ke Jakarta”

Tinggalkan komentar