JakartaGreater.com - Forum Militer
Dec 222014
 
USS Fort Worth berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, 22/12/2014 (US Embassy Jakarta)

USS Fort Worth berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, 22/12/2014 (US Embassy Jakarta)

Jakarta – Kapal perang pesisir USS Fort Worth (LCS3) tiba di Jakarta pada 22/12/2014, dalam rangka menjalankan rotasi penempatan selama 16 bulan guna mendukung kebijakan penyimbangan kembali AS di Indo-Asia-Pasifik.

Kunjungan ini merupakan yang pertama di Asia Tenggara, sekaligus kunjungan kapal jenis kapal perang pesisis (LCS) pertama di Indonesia, negara kepulauan yang terdiri atas 17.000 pulau dan juga negara demokrasi terbesar ketiga di dunia.

Kedatangan LCS3 ini disambut Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake; Pangarmabar Laksamana Muda TNI Widodo; Panglima Task Force 73 U.S. Armada ke-7, Laksamana Muda Charlie Williams; dan Panglima Destroyer Squadron 7, Kolonel laut Fred Kacher.

“Kedatangan Fort Worth di Jakarta merupakan program pertama dari sejumlah program kerjasama Angkatan Laut AS dengan angkatan laut negara-negara lainnya di kawasan, dalam masa tugasnya bersama Armada ke- 7 selama 15 bulan ke depan,” ucap Williams. “Kunjungan ini juga merupakan cerminan kemitraan kami yang sangat kuat dan terus berkembang dengan TNI AL.”

Asia Tenggara adalah wilayah pesisir yang ideal dan lokasi yang tepat untuk operasional kapal LCS. Kemampuannya untuk bermanuver, dengan kecepatan tinggi, dan di perairan dangkal, membuat LCS dapat beroperasi secara rutin di daerah dan lokasi-lokasi yang tidak dapat dijangkau oleh kapal-kapal AL AS yang lebih besar.

USS Fort Worth berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, 22/12/2014 (US Embassy Jakarta)

USS Fort Worth berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, 22/12/2014 (US Embassy Jakarta)

Ukuran Kapal Perang Forth Worth sama dengan kapal perang yang dioperasikan oleh AL lainnya di Asia Tenggara, sehingga dapat digunakan untuk latihan bersama seperti Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT). Fort Worth akan kembali ke Indonesia pada 2015 sebagai bagian dari latgab CARAT.

“Kunjungan Fort Worth ke Jakarta adalah babak baru bagi operasi AL AS di Asia Tenggara,” ungkap Kacher. “Selama saya tinggal dan bekerja di kawasan ini selama dua tahun terakhir, mitra-mitra kami selalu bertanya kepada saya, ‘Kapan LCS akan datang?’ Dengan kehadiran Fort Worth di sini, dan LCS lain yang secara bergilir akan berkunjung ke Singapura selama beberapa tahun ke depan, saya dapat mengatakan dengan yakin kepada mitra-mitra kami bahwa LCS hadir untuk kebaikan dan siap untuk beroperasi bersama Anda.”

Selama penugasannya, Fort Worth dilengkapi dengan “paket” peralatan perang permukaan, seperti meriam kaliber 57mm dan peluncur rudal (rolling airframe missile launcher) dan dua meriam kaliber 30mm, dua kapal karet 11-meter berburitan keras, serta dua tim keamanan masing-masing enam orang. Perlengkapan lainnya yaitu detasemen Helicopter Maritime Strike Squadron (HSM) 35, skuadron helikopter expedisi gabungan pertama di angkatan laut. Detasemen ini terdiri dari satu helikopter MH-60R Seahawk dan satu heli nirawak jenis MQ-8B Fire Scout. Heli Fire Scout ini akan membantu MH-60R dalam memperluas jangkauan dan ketahanan, sehingga meningkatkan pengindraan maritime kapal perang tersebut.

image

“Paket peralatan untuk perang permukaan sangat mendukung kemampuan kami,” ungkap komandan LCS Crew 104, Letkol Laut Kendall Bridgwater. “Dengan dua RHIB dan tim boarding yang sangat terlatih, LCS memiliki alat dan pelaut ahli untuk berlatih dan beroperasi bersama mitra-mitra kami, dan bahu-membahu memastikan keamanan maritim.”

image

Sejak bertolak dari San Diego pada 17 November, Fort Worth telah melintasi Samudera Pasifik dan berkunjung ke Hawaii serta Guam. Selepas kunjungannya di Jakarta, Fort Worth akan berlayar menuju Singapura, yang merupakan pusat perawatan dan logistik utama LCS yang secara bergilir ditugaskan di Armada ke-7.

Armada ke-7 menjalankan berbagai operasi AL yang dilakukan di luar wilayah AS guna mendukung kebijakan AS di wilayah Indo-Asia-Pasifik. Sebagai armada dengan jumlah terbesar AS, Armada ke-7 mengadakan program-program dengan 35 negara maritim lainnya untuk membangun kerjasama dengan tujuan meningkatkan keamanan maritim, mendukung stabilitas, dan mencegah konflik.

US Embassy Jakarta

Berbagi

  88 Responses to “Kunjungan USS Fort Worth (LCS3) ke Jakarta”

  1.  

    Ada apa ya??

    •  

      Petramax harusnya ^^

    •  

      pasti ada maksud tertentu, su’udzon ga boleh, tapi wajib waspada, btw coba usul (yg punya koneksi) ke menkominfo buat data center di sini yg banyak, ngomong anti asu tapi domain masih [dot] com, harusnya [dot] co [dot] id

      kedelai impor dari asu, pakan ikan impor, pakan ternak impor, lama-lama sperma impor [amit2]

  2.  

    mungkin gak kalau lagi mencoba memetakan jalur2 lintas kapal perangnya agar lebih familiar dengan wilayah indonesia….? hmmm…hati2.

    •  

      sy ga ngerti, dimana ada kalimat mo tinggal 16 bulan di Indonesia, sepertinya yg benar akan tinggal dikawasan asean selama 15 bulan , setelah ini akan kesingaporno yg memang jadi pangkalannya , jadi tinggal lamanya ya dinegara sekutunya , macam thailand, philipine malay gitu. di indonesia cuma singgah masak ga boleh wong kita tidak lagi perang deng siapa2. herannnn…. deh …… komennya santai kelesss

    •  

      Baca artikelnya dg jeli,,,
      Jangan ngaworrr
      Baru komentar,,,,

    •  

      malu donk sama gelar, masa tidak bisa membedakan antara tugas dan kunjungan? sedang melakukan kunjungan kenegaraan dalam tugas 15 bulan di singapura, begitu kira-kira.

    •  

      MAS prof kl ga salah negara kita salah satu negara NON BLOCK.
      terus masalahnya dimana?selama masih menguntungkan.

      TIDAK ADA TEMAN DAN MUSUH YANG ABADI..YANG ADA HANYALAH KEPENTINGAN!

    •  

      Kebijakan apa? anda lagi masturbasi prof?

      Dari jaman SBY juga kapal Ameriki yang nyandar malah ukurannya segaban, jumlah sejaban…bikin komen kok gak nyambung cuma gelar dibanyakin doank…wkwkwkwk

    •  

      Sssstt…….tensi omogannya diperhalus,…………anda kan sufi…..!

  3.  

    mau ngapain nih ASU

  4.  

    timur tengah sudah di acak , sekarang kebijakan si ASU ke asia pasifik , mengerikan !!!!

  5.  

    timur tengah sudah di acak2 , sekarang kebijakan si ASU ke asia pasifik , mengerikan !!!!

  6.  

    Itulah modus ASU. Dimana Ada ASU disitu Ada konflik. Di Irak, Afghanistan, Suriah, Libiya, Ukraina, dan jangan sampai di NKRI untuk yg kedua kali….

  7.  

    kaprang tidak terlalu wah.

  8.  

    promosi kapal kayaknya, ga usah dibeli, suku cadangnya pasti mahal,,,

  9.  

    sepertinya mau dihibahkan

  10.  

    ngapain disini? kan ada darwin? ada diego garcia/cocos island? subic katanya jg sudah aktif lagi? kenapa disini? bayar berapa sih bwt sandar 16 bulan? #gagalpaham …..menjaga stabilitas katanya?….stabilitas my ass?

    •  

      santai bro jdi jengkel liat komen ente ni…..fanatik memaksakan pola pikir yg didramatisir…..biarkan mereka berkumpul….saat mereka usik nkri maka mereka tw apa arti neraka

  11.  

    Sabar prof, kan masih ada kata2 rotasi tugas penyeimbang indo-asia-pasifik.(orang sabar di sayang tuhan)…mungkin prof bisa sedikit memberi pencerahan?…(bingung prof marah) tumben..masih gagal paham.piss…

  12.  

    Ijin nyimak aja deh,ka ga jadi curhatan ama prof (nunggu dingin hati dulu) ma’af sblmnya..salam NKRI ya prof.piss

  13.  

    16 bln ? busyet dah… emang TNI AL pd kemana..jd kg di anggap gitu… katanyanya TNL AL kuat… tangguh… buat jagain pulau2 sendiri gk sanggup ya… owalah… ini nih yg gk sukanya.
    WOY PEMERINTAH DAN TNI kami menolajk kehadiran Pasukan Asing di negeri ini. Memangnya kalian gk bisa ya menjaga stabilitas di kawasan sendiri… yg ada masalahnya tar tambah panas.
    Bermain cantiklah diplomasinya wahai para pemimpin negeri ini. TETAP NETRAL itu yg terbaik. dengan adanya mereka (AS) sama aja ‘seakan2″ sdh memihak salah satu kubu perebutan LCS. Sekalian aja dah gitu undang Kapal2 Perang CINA berlabuh juga, pakir di dermaga berdampingan biar tambah seru….pelan2 satu kapal perang, tar nambah lagi…Kapal selam,,,Pespur…terus pasukan daratnya, akhirnya jd pangkalan mereka ini Indonesia..PARAH BENAR DAH. Nih atas ijin Siapa sih ???? Presiden apa Panglima TNI….

  14.  

    Klo gak boleh bersandar 16 bulan berarti deal pembelian apache+blackhawk gagal dikirim dah. Hehe…., simalakama.
    Cerdik bgt usa.

    •  

      yaaa… terus uang yg sdh d bayar hangus dah kakakakakaka….

    •  

      memang mau sandar disini selama itu bung? sepertinya tidak. tolong di baca dengan terliti. jangan sepotong-sepotong, nanti esensinya beda. dan kita jadi salah mengartikannya. dan akhirnya sperti profesor diatas, koment seperti orang kalap.
      Saya orang awam dengan kemiliteran, tapi sebuah kapal perang standby di negara orang dalam yang tidak terikat kerjasama pakta pertahanan, tidak mungkin terjadi. kecuali negara ini darurat perang dan perlu bantuan karena negara kita lemah seperti upil atau malon, waah ga tahu itu.

  15.  

    Hadeh nih prof lagi mabuk oplosan kali ya ngomong kok gak ada beda sama berak…kan sudah biasa us Navy sama tni al latihan bareng seperti sebelumnya Navy seal latihan bareng marinir kita nggak ada yang istimewa

    •  

      Kapal perang pesisir USS Fort Worth (LCS3) tiba di Jakarta pada 22/12/2014, dalam rangka menjalankan rotasi penempatan selama 16 bulan guna mendukung kebijakan penyimbangan kembali AS di Indo-Asia-Pasifik. >>>>>>>> Bukan Latihan ini mas…. tp ada kalimat “penempatan”…. yg jd pertanyaan apa 16 bln di mangkal di NKRI ini ????

    •  

      ngomong opo koe beroww,,berooowww…

  16.  
  17.  

    prof muthakir ini jelmaan mbah bowo kyaknya,,bisa bisanya bawa nama agama islam-kristen,jgn gitu lah,umat lain yg tdk ikut kena getanya,agama gk ad yg nyarankan brbuat jahat, amerika/israel itu krna memang ideologi yg brbeda,kesombongan kepongahan dan takhabur sifat mreka,
    Dan tujuan kapal ini singapura,d indo cuma numpang pamer dan sbentar,
    Bukan presiden yg mngundang prof,,dungu.

  18.  

    Masih bingung nih USS Fort Worth maksdnya rotasi selama 16 bulan itu mo ditempat kan di Indonesia ato hanya berlabuh biasa saja utk menuju pangkalan nya yg di singapura,filipina ato yg di okinawa krn kalo LCS ini termasuk bagian dri Armada Ke-7 US maka gak mungkin kapal ini akan bersandar di sini selama 2 tahun lebih krn gak ad pangkalan militer US di sini kalo singapura ato filipina sih lumrah krn ada pangakalan militer us disana ato pusat nya armada ke-7 di Guam ato Okinawa

  19.  

    http://jakartagreater.com/cepu-bagansiapiapi-usa/
    Tuh buka… di kasih sama neo_binjo .
    meskipun tidak terjajah secara fisik…kita sdh di jajah habis2an secara ekonomi oleh bangsa luar
    tuh kapal kayaknya cuma mau amankan investasi2 milik AS aja di indonesia. makanya dia berkepentigan keamanan kawasan ini. coba baca dah komen2nya di link tersebut semoga
    mas2 bisa faham permainan licik negara2 bule tersebut mengeruk SDA NKRI ini. LCS hanya pengalihan perhatian sementara, tar kalau dah negara ini abis SDA nya baru semua rebut2an di LCS. Oh negeri ku,,,betapa menderitanya kau….

    •  

      sebenarnya byk kok… tp gk bisa berbuat apa2 … hehehe.
      saya jg lagi mempelajari hubungan ekonomi, politik dan militer.
      Yang mana intinya..pergerakan militer dan politik mengikuti pergerakan ekonomi suatu negara. Ujung2nya adalah Duit…Keserakahan…
      sebagai contoh..Liat kenapa (maaf) bersikerasnya Partai Golkar waktu dulu dengan calonnya ARB bahkan bersedia jd wapresnya jokowi (kakakakkak),,liat sekarang saham2nya di Bakgri Group…gocap..cuma rp 50/lembar walalla..kalau jd RI 1 bisa di bayangkan tuh betapa ekspannsinya besar2an menjarah ekonomi ini…(Analisa orang awam) bisa2 jd Soeharto ke 2 kwkwkwkw….
      Militer cuma sebagai alat…buat tawar menawar…ancam2an.
      liat bagaimana iraq.. dengan alasan di buat2 amerika…ujung2nya di bagi perusahaan sekutunya AS lumbung2 minyak mereka disana…coba aja cek perusahaan apa saja milik eropa yg ngebor minyak bumi iraq habis2an.
      Yang kasihan adalah prajurit… termakan doktrin yg d buat2 oleh penguasanya yg mana di balik penguasanya itu adalah para Pengusaha serakah.
      Liat investasi rusia di Kalbar sama d Kaltim..yg sedang dan mau di bangun. Liat investasi Cina pada Tambang batubara, sawit dan lainnya.
      Mustahil lah mereka perang karena ada kepentingan masing2 di negara ini.
      LCS hanya pengalihan isu sementara akan tetapi pasti dan pasti terjadi.
      coba aja cek hadist nabi tentang akhir zaman. Dan perang Nuklir di masa mendatang pasti terjadi. tinggal waktu saja ketika SDA sdh mulai habis di dunia fana ini.
      Politik, Militer adalah Alat untuk keserahan kaum kapitalis dan liberalis.
      kalau tidak bisa secara damai secara perang pun mereka siap.
      Sebagai rakyat kecil saya hanya bisa mengelus dada kok….semoga aja pemimpin sekarang bisa mensejahterakan rakyatnya.

    •  

      klo bisa jangan berfikir aja prof tapi bertindak juga untuk kebaikan NKRI….

    •  

      halah…kapal cuma sebiji doang …diributin.
      apa hebatnya kapal ini….?
      lhah senjata ashm nya aja…cuma jarak tembak 9 km, warhead 9 kg..

      itu mah senjata gak serius….
      kapal hanya untuk diplomasi keliling.

  20.  

    spt jono maksudnya prof…he…he… dia milih presiden yg lain….prof makanya omong begitu… diteliti dulu kebenarannya klo disini 16 bln. he..he..

  21.  

    berharap g sampai hitungan bulan, ni rombongan lekas mengusirkan diri atau terusir dengan sangat sengaja..

  22.  

    Amerika hanya ingin mempertahankan super PowerPoint ny,,,,, dan menghambat perkembangan hegemoni ideologi indonesia, ,,,,,,,,mereka udah bingung sekutu diasia pasifik terutama Tenggara gak mempam mengacaukan indonesia seperti halnya di timur tengah, makanya amerika to The point langsung kesini dengan kapal perang nya,,,,,intinya ini strategi baru yang akan menjajah indonesia,,,,,,,, pesan saya kuatkan ideologi kepada bangsa Indonesia.

  23.  

    Amerika hanya ingin mempertahankan super PowerPoint ny,,,,, dan menghambat perkembangan hegemoni ideologi indonesia, ,,,,,,,,mereka udah bingung sekutu diasia pasifik terutama Tenggara gak mempam mengacaukan indonesia seperti halnya di timur tengah, makanya amerika to The point langsung kesini dengan kapal perang nya,,,,,intinya ini strategi baru yang akan menjajah indonesia,,,,,,,, pesan saya kuatkan ideologi kepada bangsa Indonesia.

  24.  

    Mungkin inikah ada kaitannya panglima (mimpi) big brother asia

  25.  

    Coba rekan2 liat bagaimana secara terbuka AS menyatakan perang ekonomi dengan Rusia.
    dengan cara apa… jawabnya selain embargo adalah MINYAK. kenapa kok bisa harga minyak dunia turun kaya gini apa gk rugi tuh negara pengeksport minyak, terus kenapa kok gk mereka batasi produksinya… karena negara2 penghasil minyak seperti Arab Saudi, Kuwait dll dlm penguasaan AS dan sekutu2nya. (gk tau dah kalau indonesia). jd penurunan harga minyak sekarang hanya permainan sementara AS dam sekutunya…tergantung daya tahan Rusia dan Daya “tabungan duit” AS. Dan jangan lupa di AS sendiri mereka punya kilang2 pengeboran minyak akan tetapi di batasi UU negara dengan pembatasan eksport..hebatkan. CIna begitu juga…kaya SDA Batubara tetapi tidak gila2an menambangnya,…malah import dari luar negeri mereka ..kenapa kok bisa ya ???? sedangkan Indonesia….kakakakka….kasihan dah.
    Sakitnya tuh disini Pak Presiden.

  26.  

    Akal2an .. negara besar aja bang… Cina gk mungkin mau bermasalah untuk jangka waktu yg lama dengan NKRI. Kecuali SDA kita sdh habis…hehehehe.

  27.  

    tu yg triak2 anti amerika..emang lu siape?
    Tni saja welcome koq,
    Dan saya termasuk yg senang bgt atas kedatangan brother kita amerika..selamat datang captain amerika..
    rakyat indonesia sangat senang dan bangga atas kehadiran anda..cuma segelintir koq org2 yg berfikiran kerdil yg nggak suka akan nama besar amerika,biasalaah…kelompok2 kecil kaya teroris/pengacau keamanan gtu,suka bawa2 agama..jijik ngliatnya..ntar jg di dor tu org sm densus 88 hehe
    Lagian org2 tsb nggak di anggap koq sm pemerintah kami,lanjut kan pak jokowi..

  28.  

    Hadeh…jangan terlalu paranoid bung, presiden tni kita lebih pintar dari anda.

  29.  

    Udah sekian lama mngikuti JKGR bru di artikel ini saya komen… Krna sama was was ny kyak pak prof.. Coz.. Klo udh brhubngan ama tu negara, bkal kcau smuany.. G mngkin tu AS dtg ksini tnpa mksud n tujuan.. Psti ada sesuatunya.. Okelah,, klo mmang cma nmpang singgah, krna mw ngunjungi sodara2 ny yg ad d ASEAN, tp, knp bru skrng mreka mmpir d indonesia??? Udh brpa lma hubngan AS-sing-pilipin?? Slma ini dia lewat mana?? Dan itu slma 16 bulan.. Mngkin slma itu pula akn ada yg mondar mandir cocos-singpur-pilipin.. Hufh.. Wajar lah klo pak prof ampe g tidur.. Smoga ada sisi positifny(kalo ada).. N smoga g trjadi ap yg d tkutkn y pak prof.. ALLAH maha tahu yg terbaik.. Brdoa aja, moga pmbuat kbijakan mmbuat kputusan yg bijaksana untuk NKRI..

    Udah gitu aja.. Maap belepotan..

  30.  

    # Biar saja,bukan urusan saya,wkkkkk…

  31.  

    ati-ati sama ni kadal, liciknya gak ketulungan, masih inget krisis rudal kuba?? itu gara-gara ni kadal ketauan jadi biang keladi dibalik serangan kudeta pemerintah kuba, alhasil ketauan kalo ni kadal dalang dari serangan ini, Uni soviet murka dah, itu yang ketauan lu ya, gimane sama laporan2 beredar kalo osama bin laden itu dilatih oleh kadal ASU buat melawan Uni soviet? ISIS yang dilatih kadal ASU untuk mengacaukan timur tengah? dll, pokoknya ati ati dah sama ni kadal, tindakan sama ati beda 180 derajat, mending deket ke rusia deh jelas jelas Uni Soviet dari dulu selalu membela negara2 muslim, Mesir dikeroyok kadal dan konco2nya+Israel mundur setelah diancam Soviet dan Pakta warsawa dengan nuklir, Israel gak berani nyerang palestina karena Uni Soviet dan Pakta warsawa progresif mendukung palestina, ASU kadal gak berani macem2 di timur tengah,

    be careful Indonesia ku. mending dukung aliansi Rusia dan China deh daripada jadi kacung ASU en konco molo

    •  

      Indonesia sudah kenyang ama tipu2 lick ala USA….jauh sebelum apa2 yang anda sebutkan itu.

      Kita sudah punya anti dot thdp semua aksi2 USA itu. sudah banyak aksi USA disini yang gagal total. tetapi ada yang berhasil dari grand design mereka.
      antara yang berhasil dan yang gagal atas plan2 mereka…lebih banyak yang gagal dibandingkan yang berhasil.

      sebenarnya saya yakin kita juga sedang merencanakan penghancuran USA secara plean2…dan terstruktur. lihat aja tanda2nya.

  32.  

    cuman silaturahmi aja, gak usah terlalu curiga (waspada boleh :v)
    kapal rusia, vietnam, belanda aja boleh ngaso dimari. masa AS gak boleh. nanti kalo ngambek di gangbang ma AS and friend gimana

    •  

      Memang semudah itu mau ngambek dengan Indonesia coba kita lihat sedikit saja berapa juta dollar uang yang masuk ke amerika dari perusahaan tambang dan perusahaan perusahaan lainnya, banyak warganya yang hidup dan makan di negeri ini, jadilah orang yang bangga dengan bangsa sendiri walaupun hanya sekedar berkomentar.
      Salam kenal bung smekza.

      •  

        hanya bercanda bung, tidak usah terlalu dianggap serius. tenang saja saya bangga ma bangsa ini (cuma yang pantas dibanggakan). saya sama sekali nggak membangga-banggakan AS. tidak seperti orang2 yang memuja-muja Rusia ato AS. padahal mereka sama aja, licik. salam bung

  33.  

    Uang negara sudah banyak di belikan alutsista tapi kok ndak mau belajar sendiri saja untuk pengamanan negara ini dari darat laut dan udara malah asing di bolehkan untuk datang dengan dalih kerjasama, seharusnya cukup 1 minggu bukan berbulan bulan bagaimana kalo kedatangannya juga mau melakukan pemetaan tempat tempat strategis suatu saat akan membahayakan negara ini, kita lupa pernah di embargo kita lupa sumber daya alam diambil, harusnya mulai dari sekarang untuk mengurangi/membatasi diri demi keutuhan NKRI mandiri mengelola sumber daya alam, mandiri pembuatan alutsista, mandiri mencukupi kebutuhan dalam negeri, berdayakan sumber daya manusia banyak kok orang pintar di negeri ini bahkan ada yang bekerja di perusahaan strategis negara negara maju di bisa diminta pulang untuk mengembangkan kemajuan di negeri sendiri.

    Jangan lupa Indonesia negara yang semuanya ada dari bahan dapur sampai bahan Nuklir

    Jayalah Indonesiaku salam NKRI

  34.  

    Sebelumnya salam kenal untuk prof…, Prof komentar anda mengandung SARA, semua agama saya yakin pasti mengajarkan untuk saling mengasihi sesama nya, yang salah individunya bukan agama nya, saya kira anda dengan “title” yang panjang di nama anda pasti lebih paham, Tuhan itu satu kita yang berbeda

    •  

      Di balik komentar anda yang panjang itu anda memilih salah satu agama, dan mendiskriminasi agama yang lain, saya tidak menyalahkan anda tentang, karena tentu kita beda pendapat, tetapi untuk GAM,OPM,RMS, saya kira bukan masalah agama yang mereka tuntut, tetapi perhatian pemerintah yang terlalu berpusat di pulau jawa sehingga daerah lain terabaikan seperti di papua, mereka menjadi sapi perah untuk SDA, lalu kesejahteraan masyarakat di sana tidak banyak berubah, jika ada orang yang terlalu mengkotak kotak an tentang agama, bagaimana jika NKRI ini benar benar terpecah seperti di bali anda tahu mayoritas agama di sana apa?, Indonesia bagian timur seperti Papua, NTT,NTB, kalimantan,?sedangkan kemerdekaan Indonesia diraih bukan cuman oleh satu agama, satu suku, tetapi oleh semua elemen yang ada di Nusantara ini, kita tetap bertahan karena kita mempunya Pancasila, kita bukan negara berbasis syariah ataupun milik agama lainnya, hendaknya Prof berkaca kepada negara Yugoslavia, mereka terpecah karena masalah agama, etnis, dan itu karena turut campur tangan pihak asing, anda mau NKRI yang kita cintai seperti itu?

      •  

        saya setuju dengan komentar anda bung Vladimir.

      •  

        sebenarnya …masalah kenapa jawa selalu menjadi pusat pembangunan dan pusat segalanya?

        itu adalah karena faktor alamiah dan sejarah.
        alamiah karna :
        1. jumlah manusianya adalah yg terbanyak….. semua pembangunan kan sasarannya adalah manusia.

        2. alamiah karena jawa adalah pusat penghasil makanan terbanyak di indonesia…bahkan telah menyuplai utk bebrapa pulau. kesuburan tanah di jawa jauh bebrapa kali lipat daripada kesuburan di pulau lain…sekalipun di sumatera. sehingga orientasi pembangunan adalah pencukupan pangan, sandang…dan terakhir papan.

        3. alamiah karena jawa adalah terbaik dalam hal SDM dan penghasil industr serta qualitas pendidikan dan kesehatan.

        4. sejarah…karena sejak zaman kerajaan2 kuno, jawa adalah selalu menjadi pusat pemerintahan, peradaban, keuangan, dan kebudayaan….mulai pra belanda, terus belanda, orla, orde baru, reformasi…sampai sekarang.

        sebenarnya fenomena seperti ini bukanlah satu2nya didunia dimana yang menjadi pusat pemerintahan dan pusat negara…akan selalu menjadi sentra pembangunan dan perhatian.

        lihat aja…thailand 9akan selalu bangkok sentris), filipina…akan selalu mndanau sentris, vietnam juga akan selalu hanoi sentris. britania akan selalu british sentris. lalu apa yang anda masalahkan.

        GAM, OPM, permesta, PRRI, permesta, RMS…adalah hasil karya segelintir oran yang oportunistis…dg dukungan & pelatihan negara2 barat (yg memang ada kepentingan agama kristian dan katolik, serta yahudi disitu).

        kalaupun perhatian yg mereka tuntut…sudah banyak perhatian yng diberikan oleh pemerintah tapi kan tuntutan metreka merdeka, lepas dari NKRI.

        sehingga jangan salahkan pemerintah dan negara akhirnya bertindak tegas dan kejam. dan akan selalu menang…kalau masalah perang dg kaum separatis.

  35.  

    Nkri harga mati tapi kalau sudah bicara kontrak tambang langsung horni liat loyaltinya

  36.  

    salam kenal juga proff , , , ,sebelumnya juga saya orang muslim prof , tapi saya engga setuju kata2 prof , indonesia milik semua agama prof , bukan cuma islam aja prof , jadi disini tempat buat orang2 nasionalis , jadi tolong meskipun kita comment disini tanpa tau orangnya yg mana , tp klau bisa jangan bawa2 nama agama prof , sangat berbahaya kata2 anda ,

  37.  

    Mari bersikap realistis

    Terhadap kekuatan angkatan laut US kita ini mesti ngapain ? mau menganggap sebagai musuh ya harus dipikir dulu untung ruginya, lihat juga kekuatan angkatan laut kita

    Yang jelas adalah wilayah operasi armada ketujuh amerika adalah dari pasific sampai samudera hindia, makanya penugasannya bisa 15 bulan per kapal perang

    Yang jelas amerika tidak mengakui UNCLOS oleh karena itu wilayah laut pedalaman Indonesia juga dianggap laut internasional oleh mereka, kapal-kapal militer mereka bisa bebas lalu lalang

    Terus apa yang harus kita lakukan, ya paling tidak dikawal dengan kapal perang selama melintas di Indonesia, kalau perlu jumlahnya lebih banyak daripada kapal US, lain lho lewat nylonong begitu saja sama lewat tapi ditempel terus dan diawasi paling tidak itu menunjukkan bahwa TNI AL eksis dan betul-betul menjaga wilayahnya

    saya kira mereka mampir ke Tanjung Priok karena ya itu tadi pengawalan dari TNI AL telah dijalankan sehingga memaksa mereka untuk bekerja sama

    •  

      apa iya…? bebas berlalu lalang..?
      menurut omomngan blog sebelah itu rombongan kapal perang ASU …swekarang harus minta ijin dulu sebelum memasuki alur laut kita. Dan merekapun sudah mulai mematikan system Aegis mereka…gak seperti dulu…berani lenggang kangkung.

      soalnya mereka takut kalau aegis mereka kena jamming…TNI AL.
      bisa rusak tuh kapal aegis..seperti kasus kapal destroyer donald cook nanti.

  38.  

    Ini kayaknya professor gelar dari universitas KOPLAK ya

  39.  

    16 Bulan,,,, ?
    dari mana dapat nya 16 bulan tu prof ?
    gendeng koe prof,,,

  40.  

    setiap tahun juga mampir bahkan latihan bareng dari dulu, kapal tsb lagi tugas kenegaraan 16 bulan dan selama masa tugas itu, melakukan kunjungan secara rotasi ke negara kawasan asia pasifik secara bergantian…….
    mbok ya kalau ada berita dicerna dulu jangan ditelan mentah mentah hehehhe….

  41.  

    Ono profesor pekok bin guooblikk..
    Haha barisan sakit hati..
    Sakitnya tuh di ketek..

  42.  

    ngga apa2, kita intip teknologinya, mungkin ada yg bisa kita curi utk PT PAL, juga strategi perang pesisir, memburu-menyergap lawan dst….itu aja lainnya katakan TIDAK ke AS
    YOU ARE TERORISM NO. 1 IN THE WORLD

  43.  

    Yeps… Saya setuju sama anda om,,,

  44.  

    saya beri BINTANG utk komentar anda…sekali lagi pilihan boleh beda & ternyata jagoan kita kalah, tetapi mari kita hormati pemenangnya, Jokowi-JK baru 2 bln memulai tugasnya, belum bisa kita nilai, nanti setelah satu periode boleh kita nilai, mereka BERHASIL atau GAGAL mewujudkan janjinya..

    tetapi melihat kinerja 2 bln ini OBYEKTIF aja, ada terobosan2 yg menjajikan, 1) pemberantasan illegal fishing, 2) tdk memberi ampun utk gembong pejahat/narkoba, dst

  45.  

    sebelumnya mari kita mengingat kembali prinsip dasar negara ini[NON-BLOK] sebelum beradu argumen tanpa BELAS KASIH !!!memang bukan rahasia umum bila banyak tentara asing dinegeri ini,tapi biarlah itu menjadi urusan negara,andai kita tao dan bisa berpikir bijak..didunia tada negara yang bisa berlaku adil dalam bersikap selain negeri ini.bagaimana kedua korea yang saling bermusuhan tapi menganggap indonesia sebagai sahabat.israelpun bisa jua hadir dgn alusistanya.negeri ini tidak boleh memgingkari niatnya menjadi negara non blok..dan pada akhirnya semua negara bisa bersahabat dengan indonesia tanpa kecuali..meski ada bebarapa negara yang saling bermusuhan..tapi itukan masalah diluar ..wlao terkadang negeri ini terpaksa ikut campur persoalan pribadi bangsa lain..seperti,perang palestina,libanon,kongo,thailand dll…melalui PBB.

  46.  

    Trus.. apa yang akan kalian lakukan ?

 Leave a Reply