Jul 092019
 

Uji penerbangan dua Mig-35 Rusia. © Russian MoD

Komandan Angkatan Udara India Birender Singh Dhanoa pada hari Senin melakukan kunjungan bilateral selama empat hari di Rusia.

Selama kunjungan yang akan berlangsung hingga 12 Juli, Komandan Birender Singh Dhanoa dijadwalkan akan mengunjungi berbagai unit operasional dan pelatihan serta menerbangkan pesawat latih Rusia YAK-130, kata Kementerian Pertahanan India.

Komandan juga akan berdiskusi dan berinteraksi dengan pejabat senior angkatan bersenjata Rusia.

“Kunjungan itu akan memberikan dorongan lebih lanjut terhadap kerja sama pertahanan serta memperkuat hubungan dan memungkinkan dalam pertukaran produktif antara kedua angkatan udara,” bunyi pernyataan itu.

Russian Aircraft Corporation “MiG” adalah salah satu kandidat pada program akusisi pesawat tempur 114 miliar dolar Angkatan Udara India.

Perusahaan dirgantara Rusia itu akan menurunkan jet tempur MiG-35 yang akan bersaing dengan jet tempur multi-peran F-16, F-18 AS, Gripen Swedia dan Rafale Perancis, sebagaimana dilaporkan oleh Wionews.

Di Rusia sendiri, Angkatan Udara Aerospace Rusia baru saja menerima dua unit MiG-35, dan akan menerima empat MiG-35 hingga akhir tahun 2019.

Mulai masuknya MiG-35 baru di jajaran milter Rusia diharapkan dapat meningkatkan peluang MiG-35 untuk menang dalam kompetisi akuisisi pesawat tempur multiperan India, yang pada gilirannya akan dapat membuka pasar pada semua negara yang saat ini masih mengoperasikan pesawat tempur MiG-29 “Fulcrum” di Amerika Latin, Afrika dan Asia.

 Posted by on Juli 9, 2019