Des 152018
 

ilustrasi: kapal perang ukraina (commons.wikimedia)

Voice of America melaporkan pada Jumat pagi bahwa Panglima Angkatan Laut (AL) Ukraina, Laksamana Ihor Voronchenko, tiba di Washington untuk bertemu dengan sejumlah pejabat militer tingkat tinggi, termasuk Laksamana John Richardson dan Kepala Operasi Angkatan Laut.

Topik utama dalam diskusi ini adalah agresi Rusia terhadap kelompok angkatan laut Ukraina di Selat Kerch. Secara khusus, Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa dia ingin tahu apakah Ukraina memperingatkan Rusia sebelum memindahkan kapal-kapalnya ke selat.

Terlepas dari insiden itu, Ukraina dan AS akan membahas kerjasama bilateral di bidang keamanan, serta penerapan strategi baru Angkatan Laut Ukraina.

‘Pemerintah AS telah bekerja sama erat dengan sekutu dan mitra di Eropa dan di seluruh dunia untuk mendukung aspirasi Ukraina untuk solusi diplomatik dan damai dari agresi Rusia, termasuk serangan non-terprovokasi baru-baru ini terhadap kapal Ukraina di Laut Hitam. Para pemimpin Departemen Pertahanan AS akan mengkonfirmasi dukungan kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina di dalam perbatasan yang diakui secara internasional, yang meliputi perairan teritorial dan hak kapal Ukraina untuk menggunakan rute laut internasional. Deklarasi Krimea dari pemerintah AS menetapkan bahwa AS telah menyangkal upaya pencaplokan Krimea oleh Rusia’, kata layanan pers Departemen Pertahanan AS.

Sumber: 112.international

Bagikan:

  2 Responses to “Kunjungi Washington, AL Ukraina Bahas Agresi Rusia di Selat Kerch”

  1.  

    Sowan ke AS demi mendapat jasa pengamanan yg tentu tdk gratis!