Lagi, Jet Tempur Harrier Jatuh Dilaut

39
232

Sebuah pesawat tempur AV-8B Harrier milik Marinir AS, terbakar dan terjatuh di Samudera Atlantik di lepas pantai North Carolina. Insiden tersebut terjadi sekitar jam 17.00 waktu setempat, pihak Coast Guard AS yang mendapat laporan segera mengirimkan tim penolong ke lokasi.

Militer Angkatan Laut AS juga mengirimkan helikopter penolong untuk menyelamatkan pilot yang berhasil keluar menyelamatkan diri.

Skuadron Harrier AV-8B milik Marinir AS memang bermarkasi di Air Station Cherry Point Haveloc didekat lokasi kejadian.

Harrier adalah pesawat tempur dengan kemampuan terbang dan mendarat secara vertikal. Pesawat unik dan canggih, namun dengan segudang masalah yang menimpanya atau terkadang disebabkan kesalahan pilot. Sejak tahun 2000 saja sudah terjadi 26 insiden fatal yang menewaskan 2 pilot dari India, 1 pilot dari Inggris dan 3 pilot dari AS.

Insiden fatal terakhir terjadi pada tahun 2014, Sebuah jet AV-8B Harrier Marinir AS jatuh dan menabrak rumah California, pilot berhasil keluar menyelamatkan diri, sementara pada bulan Maret 2016 sebuah Harrier milik Marinir AS juga terbakar saat hendak lepas landas dari Kapal Serbu Amfibi USS Kearsarge.

Pada tahun 2025, AS berencana menggantikan Harrier dengan pesawat tempur siluman F-35.

39 KOMENTAR

  1. Negara segede amerika aja masih memelihara harrier…itu saja masih sampai tahun 2025…lha kita ditahun segitu pespurnya udah model terbaru..tp ya tidak sebanyak amerika..heheh..tp semoga pertahanan kita kuat,bandel Dan efisien…

    • Pesawat tempur dengan VTOL pastinya sangat boros bahanbakar kalau terlalu sering menggunakan kemampuan VTOL-nya. Mesin tentu akan bekerja sangat berat. Belum lagi desain turbin dan nozlle-nya yg kompleks untuk membelokkan pancaran ke arah bawah. Sepertinya masih akan butuh waktu lebih lama lagi untuk mewujudkan pesawat sejenis ini yang lebih efisien.

      • Yaiyalah kita minta TOT, semua negara minta TOT, dapet hibah? Ya bagus, banyak kok yang kasih hibah, Rusia, Brunei. USA juga udah untung kok di Freeport, untungnya lebih gede berkali-kali lipat lho! maksain kepentingan, buat apaaa?

    • Tau gk kenapa Tukino & T50 jatuh…?? @amen.. Krena inget lagunya Mansur S..
      Jatuh bangun aku mengejar mu..
      Namun dirimu tak mau mengerti..
      Kubawakan proposal sukhoi..
      Tapi yang datang ko’ Tukino..
      Tak sanggup diriku sungguh tak sanggup..