Apr 172016
 

Pada tanggal 14 April, sebuah pesawat pengintai RC-135 milik Angkatan Udara AS yang terbang di atas Laut Baltik dicegat pesawat tempur Su-27 . Pencegatan tersebut dinilai AS dilakukan dengan cara yang berbahaya dan tidak professional.

Insiden terbaru tarsebut hanya berselang beberapa hari setelah insiden yang terjadi antara Kapal Perusak USS Donald Cook dengan dua pesawat tempur Su-24 Rusia. Saat itu dua Su-24 terbang sangat rendah dan berbahaya yang menurut seorang pelaut AS adalah ‘penerbangan paling rendah diatas kapal perang AS yang pernah dilihatnya’.

Komandan Angkatan Laut AS di Eropa, Kapten Angkatan Laut Danny Hernandez, menyatakan baru satu tahun ini terjadi beberapa kali insiden pertemuan yang membahayakan antara kapal perang dan pesawat pengintai AS dengan pesawat – pesawat tempur Rusia.

“Pencegatan pesawat tempur yang tidak aman dan tidak profesional ini berpotensi menyebabkan kerusakan serius dan cedera awak pesawat yang terlibat,” kata Danny Hernandez “Lebih penting lagi, tindakan tidak aman dan tidak profesional dari seorang pilot yang sebenarnya tidak perlu tapi bisa meningkatkan ketegangan antar negara.”sambung Hernandez terkait pencegatan pesawat pengintai RC-135 yang dilakukan Su-27 Rusia.

Pesawat tempur Su-27 dituduh melakukan manuver “liar dan agresif” setelah mendekati RC-135 dengan kecepatan tinggi dari samping. Su-27 hanya berjarak 15 meter dari ujung sayap RC-135 dan melakukan manuver ‘roll barel’ dari sisi kiri pesawat, ke atas pesawat dan akhirnya ke kanan pesawat.

RC-135U, adalah pesawat pengintai elektronik yang melakukan misi pengumpulan data intelijen, biasanya dioperasikan oleh lima sampai 16 awak spesialis peperangan elektronika. Pemerintah AS saat ini sudah memprotes semua insiden yang terjadi kepada pemerintah Rusia melalui saluran diplomatic.

  59 Responses to “Lagi, Manuver Liar Su-27 Rusia Membahayakan Pesawat Pengintai RC-135 AS”

  1. Bikin ngilu nihhh

  2. Besok lagi pake PAK-FA om rusky…. 🙂

  3. gendong rudalnya banyak juga ya…… keren

  4. Hhe” dikacangi..

  5. mas kLowor, tidak perlu pakai PAK-FA , cukup SU-27 😀

    • Bung tedjo@ sekalian tes, mode silumanya udah “greget” belum. Itu kan pesawat intai, jadi peralatan nya pasti canggih. Nah…. jika pesawat intai aja “susah untuk melihat” PAK-FA, apalagi pesawat biasa…. 🙂

  6. cm gitu doang kirain ngapain, org cm lewat nyusul doang bahaya apanya.

  7. Sukurin lah..asu sih pengacau dunia.tkg acak2 negara lain,giliran dia diprovokasi tau rasa..

  8. usa paranoid, baru SU-27, itu belum SU-30 apalagi SU-35

  9. Mantap om putin

  10. Somplak nah paman sam ga’ di rudal sama su27 jga udah syukur…
    Namanya jga pesawat mata2 wajar aja di halau, Negara mana yg kedaulatan’y mau di Intervensi.
    …Dasar kelakuan Paman Sam, mau’y menang sendiri, ngerasa paling benar…

  11. kalo kita yg manuver mgkn sdh ditembak.

  12. itu yg ngezoom malah kameranya…..

  13. Katanya pesawat pengintai dan spesialis peperangan elektronika juga. Knpa gak dijaming aja tuh pesawat Su27 nya. Apa gak manjur jammer nya kalo buat pespur Russia.???

    Kalo emang mampu, butakan dong Su27 nya kaya Donald cook

    Cuma bisa ketawa. Muehehehehe,,,,,,,

  14. perasaan ini berita lama deh sumber berita ga jelas nih?????

  15. amerika syarikat takde daya..

  16. @TMB_ boleh saya tahu awak tinggal kat mana? saya sering melancong dan uruskan beberapa ihwal penting di putra jaya. jarang sekali saya jumpai bloger dari seberang yang cukup humble macam awak. salute buat awak yang bahkan di tengah banyaknya perbezaan di antara awak dan kita orang, awak masih nak teruskan bergabung kat blog ni.
    kiranya bila ada kata-kata dari genk-genk kita ni yang tak mengena di hati awak, jangan ambik pusing. awak fahamlah. kadang politik memang dapat membuat mata gelap. banyak genk-genk kita ni masih panas hati hal tempo hari kerajaan awak sdh buat beberapa manuver politik pelik yang dapat menjejaskan kepercayaan tetangga macam kami ni. sekali lagi syabass.. kit orang wellcome dgn awak

  17. mantap….hajar ja pesawat mata2nya, kan masuk di laut baltik jauh dari negeri AS, jaga kedaulatan negara lek putin hehe

  18. Burung nya rusia itu pamer Missil ya ? Wkwkwk…
    Pantesan aja nungging.

  19. justru itu d lakukan dg profesional makanya aman tdk celaka

    • Bagi pesawat amrik yang gak punya kemampuan manuver se-ekstrim sukhoi, maka dianggap membahayakan. Bagi sukhoi ya biasa aja dah….

      Ini seperti pengemudi grab bawa avanza di zigzag deket-deket ma metromini, trus ngadu ke mentri jonan 😆

  20. gah d apa apain juga,lebay gimana jongosnya ikut ikut lebay

  21. rusia paling bisanya propokasi doang ga lebih, amerika santai aja tuh. sekali2 yg di propokasi f15 atau f18 gitu, biar seru. cemen beruang ompong

    • kalau yang diprovokasi f15 atau f18 akan terjadi kunci-kuncian radar, kalau itu SU ternyata terkunci duluan apa coba? kedigdayaan SU 27 akan hilang karena selama ini SU 27 cuma hebat dia tas kertas, belum batle proven, kalau sempat SU 27 kalah apa yang terjadi? SU jadi tidak laku… karena pembeli dan pembelu potensial SU family itu adalah negara-negara bukan sekutu rusia…

  22. UDAH DI COBA SM SUKHOI TNI sewaktu di ostrali,… hasilnya mamamiaaa,…

  23. hihihihi kayak seorang kakak yg main sama adik yg nakal hahaha kagak berani mukul kakaknya karna si adik bawa mercon

  24. Ah, bosen baca beritanya. yang di intersep pesawat asu terus, coba sekali-kali gantian gitu.

    Si ASU berani gak ya??

  25. buat apa as melakukan itu krg kerjaan, toh pesawat rusia jg ga bw senjata. ini cm kerjaan si putin plontos aja, nyari popularitas. biar dimata rakyat rusia, presiden nya hebat, berani. pd hal… hehehe…cemennn

  26. Knp pesawat rc-135.
    Gk bsa ngedetect kedatangan su- 27..?
    Padahal ini pesawat diperuntukan bwt peperangan elektronika…wah ceungiren yeh mang sam…bsa dikacangin ku Om Putin…
    Mantapz lah…bsa ngbully mamang riika pamajikan mang sam..
    Salam knl nkri harga mati.

    • @tandi&@action cut

      Pesawat RC-135 adl pesawat sigint yang tugasnya mengumpulkan/menyadap emisi/sinyal elektronik/radar dan menyadap transmisi komunikasi radio, hp dsb,bahkan bbrp tipe dilengkapi dg kamera pengintai…tapi pesawat ini tdk punya kemampuan jamming.

      Dlm insiden ini, sgt mungkin rc-135 sdh tau akan kedatangan sukhoi, krn sebelumnya kemungkinan sdh dihubungi oleh radar controller dirusia yang menanyakan tujuannya mondar/ir didaerah tsb, atau menyadap komunikasi radio ktk radar controller mengarahkan koordinat rc-135 kpd sukhoi.

      Tapi sekali lg pesawat rc-135 bukan pesawat awacs, jd ia tdk tau persis dmn posisi sukhoi yang sdg mengintersepnya…dan yang lebih penting pesawat rc-135 berada di wilayah udara internasional dan sukhoi yang ditugaskan mengintersepun hanya melakukan pengidentifikasian visual walaupun dg bonus aksi akrobatik.

      Untuk tugas jaming-jamingan, amrik punya pesawat yang khusus utk melakukan tugas itu, yakni pesawat: EC-130 compas call, EF-18Growler, EA-6 dan F-16 J…dulu ada juga pesawat EF-111 yang mungkin saat ini sdh pensiun

  27. Cengeng nih amerika..bru di gtuin mewek…

    • ntar kaya mig cina yang nyeggol pesawat mata2 US jatuh tuh pesawat mig, pilot rusia itu justru membahayakan dirinya sendiri dan terlihat masih labil, kalau itu mig di tembak amerika apa rusia berani balas? lah su24 rusia aja ditembak turki rusia cuma bisa masem-masem, perekonomian rusia saat ini dalam kondisi payah, rusia tidak siap perang, provokasi yang dilakukan rusia cuma gertak sambal, memprovokasi tapi berharap pihak yang diprovokasi tidak bereaksi keras, tujuannya untuk konsumsi dalam negeri agar rakyat rusia merasa bangga dengan negaranya dan lupa atas perut mereka yang sedang kosong, lupa akan isi kantong mereka yang kian menipis….

      • ceritanya kurang lengkap, pesawat mata mata u2 amerika yang di senggol akhirnya mendarat darurat di daratan cina. akhirnya u2 di kembalikan ke amerika setelah di “preteli” dan banyak komponen hilang. di kirim pakai kontainer dalam bentuk terurai.

  28. Hahaha gaya russian roulette. Lagian pesawat pengintai kok ketahuan. Saya pribadi juga mengoperasikan RC series. RC-100 Bravo. Tapi oli sampingnya boros banget.

  29. satuju @cicicuit, biasa lah naikin popularitas yg mulai merosot, yg plg gampang y propokasi. gaya soviet dr dl begitu, ntar di rudal sm us, br tau dia

  30. Jadi inget kejadian tahun 2001 waktu pesawat us dipaksa mendarat di hainan sm cina. Pilot cina melakukan roll barrell manuver

  31. wkwkw..jumpa imbang nya,asu pada diem hanya protes,kejadian spy plane asu pernah terjadi dgn china,yg akhir nya pesawat asu di buat mendarat di china

  32. keren klo tu sukhoi berada di depan pswt rc135 trus melakukan manuver cobra..

 Leave a Reply