Sep 282014
 
Laksamana TNI Dr Marsetio terima Legion of Merit Medal AS

Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Dr Marsetio (tengah), menerima penganugerahan bintang kehormatan The Legion of Merit, dari Kepala Staf Angkatan Laut Amerika Serikat, Admiral Jonathan Greenert, di Markas Angkatan Laut Amerika Serikat, Washington, Amerika Serikat, Rabu (24/9). (Dinas Penerangan TNI AL)

Jakarta  – Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Dr Marsetio, menerima bintang kehormatan The Legion Of Merit dari pemerintah Amerika Serikat, yang disematkan Kepala Staf Angkatan Laut Amerika Serikat, Admiral Jonathan Greenert, dalam upacara militer, di Washington, Amerika Serikat, Rabu (24/9).
Tembakan meriam kehormatan 19 kali mengiringi penyematan bintang yang hanya diberikan kepada sosok pemimpin dengan jasa sangat luar biasa di bidang kemiliteran bagi Amerika Serikat itu.
“Kami menyambut baik sahabat dan mitra kami, Laksamana TNI Dr Marsetio, selaku kepala  Staf TNI AL pada pagi ini, di halaman Markas Angkatan Laut Amerika Serikat, dalam upacara yang penuh kehormatan,” kata Greenert.
“Laksamana TNI Dr Marsetio adalah pemimpin yang visioner baik pada angkatan lautnya serta di kawasan regional Asia Tenggara,” kata Greenert, saat menyematkan bintang kehormatan.
Greenert dan Marsetio secara pribadi juga saling mengenal dan bersahabat baik selain di ranah kedinasan sebagai militer profesional.
Indonesia secara perlahan namun pasti tengah mewujudkan visinya sebagai angkatan laut berkelas dunia, dimulai dengan investasi SDM ke berbagai belahan dunia dan sistem di lingkungan internal.
Dalam kurun waktu 2012 sampai 2014, kata Greenert dalam pidatonya, “Laksamana TNI Dr Marsetio telah berhasil meningkatkan hubungan kerja sama yang baik dan harmonis kedua Angkatan Laut.”
TNI AL telah berperan signifikan dalam menjaga keamanan maritim di Asia Tenggara, serta dapat menjalin kemitraan yang sama di kawasan Pasifik, seturut keterangan TNI AL, di Jakarta, Kamis.
Marsetio menggagas dan mewujudkan Simposium Keamanan Maritim Internasional yang diikuti 57 negara pada 2013. Kemitraan strategis kedua pemerintahan diterjemahkan dalam bentuk nyata pada berbagai aspek kemiliteran di lingkungan angkatan laut Indonesia dan Amerika Serikat.
Hal itu diikuti latihan bersama skala besar Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 dengan 18 negara negara-negara ASEAN dan sejumlah negara besar Eropa dan Asia lain di Laut Natuna, yang berbatasan dengan Laut Cina Selatan.
“Kerja keras yang telah ditorehkan akan selalu dikenang dan saya berharap kerja sama kedua bangsa antara Amerika dan Indonesia khususnya kedua Angkatan Laut akan terus berjalan,” kata Greenert.
Marsetio berada di Amerika Serikat juga sebagai partisipan penting pada Simposium Ke-21 Sea Power Internasional di Naval War College, Newport, Virginia, Amerika Serikat, yang diikuti 113 negara.
Simposium itu juga untuk meningkatkan operasi, kerja sama dan sinergitas dalam menanggulangi kerawanan dan kejahatan maritim, membahas tren masa depan dalam keamanan maritim, dan implikasi perubahan iklim terhadap keamanan maritim.
Ada juga sesi untuk mengatasi tantangan Angkatan Laut dalam kondisi geografis tertentu.
Inilah juga forum ilmiah tentang kemaritiman dan angkatan laut internasional, dihadiri 72 kepala staf angkatan laut sedunia, 14 rektor perguruan tinggi sekolah peperangan angkatan laut, 21 kepala Pengawal Pantai, dan tokoh-tokoh akademik lain. (antaranews.com).

  39 Responses to “Legion of Merit Medal Laksamana TNI Marsetio”

  1. Selamat general….!!!

    • The Legion of merit medal,ini untuk penghargaan kategori apa ya….???kok personil militer di luar negara ASU bisa menerima,mohon pencerahannya….

      • The Legion of Merit (LOM) adalah penghargaan dari Angkatan bersenjata Amerika Serikat.,diberikan kepada yang dianggap sangat berjasa dalam memberikan pelayanan dan prestasi yang luar biasa.
        Biasanya Diberikan kepada 7 Instansi Angkatan bersenjata US dan juga diberikan kepada tokoh tokoh militer dan tokoh politik dari negara sahabat US

        Medali ini adalah salah satu dari dua medali yang dikalungkan di leher,, medali kehormatan lainnya di sematkan di dada (medal of honor)
        Medali ini dalam urutan ketujuh daftar medali yang diberikan militer US setelah Defense Superior Service Medal dan uritan sebelumnya adalah the Distinguished Flying Cross

        Di US medali ini biasanya diberikan kepada Angkatan Darat, Korps Marinir, Angkatan Laut ,dan Angkatan Udara ,Cost guard ,flag officers and captain

        Disana Tamtama senior yang berprestasi luar biasa juga bisa mendapatkan medali ini tetapi sangat langka .karena untuk bisa mendapatkannya kadang dihitung dengan Point

        Siapa saja yang berhak mendapatkan medali ini diatur dalam Peraturan Angkatan Darat 672-7 dan diberikan kepada negara asing yang setingkat dengan of Chief Commander, Commander, Officer, and Legionnaire
        kretrianya harus menduduki jabatan Chief Commander: Head of state or government.
        Commander: Equivalent of a U.S. military chief of staff or higher position.. Tetapi tidak untuk seorang Kepala Negara.

  2. maaf OOT, waktu itu ada wacana PAL bakal bangun helicopter carrier kan, desainnya dari kapal star-50 nya PAL, itu perkembangan berita nya gimana???

    https://www.facebook.com/permalink.php?id=286974721406673&story_fbid=467250046712472

  3. Pasti indonesia membeli alutsista angkatan laut dari negri paman sam, tidak mungkin sekonyong koyong dapat mendal begitu?

  4. lumayan

  5. Ada apa neh di balik medali? Udang lobster kah? :mrgreen:

  6. Merdekaaaaaa NKRI Harga MATI

  7. Pertanyaan yg bener adalah..USA di kasih apa ama kita ampe ngasih medali gtu….

  8. Garuk2 pipi yg ga gatel

  9. Sepuluh besar….

  10. Ini pasti melirik kapal induk ya

  11. Hmmm…. Jangan2….???

  12. Hati-hati dg kebaikan si asu ini..!!! Ngga ada angin ga ada ujan dapet medal kehormatan…!!! Mo intip” ks kite kali..ape ada sesuatu yg diminta asu dikabulin indonesia.??? Selalu ada kepentingan..!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  13. Murni karena visi, peran dan profesionalitas TNI AL dalam menjaga keamanan dan stabilitas maritim di Asia Tenggara.

  14. Dikasih penghargaan dicurigain.. ada2 aja..
    Ini sdh sampai pada taraf penghormatan tertinggi pada AL kita kok.. oleh AS. They need us, guys.. komodo naval exercise itu sdh suatu ajang “mendamaikan” sekaligus kitanya show off kok.. bagi negara2 yg berseteru momen latgab beaar2an itu cukup ngademin situasi.. dan ga diduga2 kita berani lho ngadainnya.. buat mereka yg diundang klo ga datang malunya minta ampun itu. Byk bgt kok yg mau ikutan.
    Sekalian kita mau mamer.. nehh lhoo bicep kami makin jadi.. belum besar2 bgt tp buat miting leher lu lu pada sih dah bisa…

  15. Selamat Pak…semoga upaya TNI AL untuk menjadi World class navy cepat terwujud

  16. Selamat pak semoga TNI AL bisa memiliki alutsista Blue Water Navy

  17. Sssstt..mungkin karena dlm bbrp bln terakhir alat perangnya pernah mau dijadikan sasaran tembak oleh lontong TNI AL di dlm lautan Indonesia

  18. Ya amerika yg akan memberi setelah diberi sesuatu oleh indonesia .. pemberian medali tersebut salah satu penghargaann karena intimnya kerjasama navy dan tni al dan mungkin referensi dari pak marsetio untuk pembelian berbagai macam alautsista yg akan dirilis kemhan ( pembelian senjata dari usa selalu di ekspose media dan persetujuan yg panjang dari pemerintahannya ) tni terus2an diminta menerima hibah kapal perang kelas alreight burke ( kalo ga salah ) selalu ditolak tni al karena seluruh persenjataan strategisnya di downgrade atau dipereteli ..
    Karena skrg indonesia punya bergaining yg kuat mungkin ini tni al mau terima hibahnya ( dan usa setuju dengan senjata strategis dan radarnya ga dipereteli lagi … hehehe )
    Karena usa selalu bilang pemberian hibah tidak akan mengganggu program utama TNI dalam MEF .. semoga saja benar2 tidak mengganggu kebijakan pembelian atau pengembangan alutsista kita .. amien

  19. semoga list nya bung @nara jadi kenyataan semua.
    dikit” udah ada yg jadi kenyataan soale..

    amin…

  20. Hmmm….

  21. Nyimak

  22. gunung pindang….eh padang…. ???

  23. “Laksamana TNI
    Dr Marsetio telah berhasil meningkatkan
    hubungan kerja sama yang baik dan
    harmonis kedua Angkatan Laut.”
    pertanyaan orang awam..apa saja kerjasama selain latihan perang,pendidikan2 bagi perwira kita??
    apakah ada sesuatu yg d tawarkan oleh kita ke us dan kita mendapatkan alutsista yg wow? ?

  24. Oliver hazard perry…frigat buluk dr era 80 an…jangan harep ASU ngasih arleigh burke….

 Leave a Reply