Lampu Humvee Menyala Saat Voting Tentara Kosovo

Kosovo baru saja menerima 24 unit Humvee dari Amerika Serikat © Bujar Terstena via RFE/RL

JakartaGreater.com – Kosovo kembali menerima sebanyak 24 unit kendaraan taktis lapis baja, mobilitas tinggi, multiguna yang sering disebut sebagai “Humvee”, minggu ini dari Amerika Serikat, seprti dilansir dari laman Radio Liberty (RFE/RL).

Humvee tersebut telah dipertimbangkan sebagai hadiah Natal awal untuk Pristina menjelang pemilihan parlemen pada tanggal 14 Desember untuk membentuk Tentara Nasional Kosovo. Namun rencana terbaru itu kembali meningkatkan ketegangan di Balkan.

Para anggota parlemen Kosovar dijadwalkan mengadakan pemungutan suara akhir untuk mengubah Pasukan Keamanan Kosovo yang hanya dilengkapi persenjataan kecil, berjumlah 2.500 personel dan dilatih NATO untuk menjadi Tentara Nasional yang nantinya berjumlah 5.000 tentara, menurut pemerintah Tentara Nsaional Kosovo tersebut akan diperlukan guna mengamankan negara dan agar tidak bergantung pada dukungan keamanan internasional.

Namun langkah tersebut telah membuat marah Serbia, ditambah Kosovo telah menaikkan tarif 10 kali lipat terhadap barang-barang dari Serbia yang melumpuhkan ekonomi mereka, ini dilakukan hingga Beograd mengakui berdirinya negara Kosovo.

Angkatan Bersenjata Kosovo berparade di alun-alun “Zahir Pjaziti” untuk peringatan deklarasi kemerdekaan Kosovo keenam © Suhejlo via Wikimedia Commons

Serbia, mengklaim “bahwa itu adalah provokasi terus menerus”, dan gerakan Pristina akan membahayakan stabilitas regional dan mungkin tidak akan membiarkannya selain bereaksi untuk melindungi minoritas Serbia di Kosovo.

“Sudah waktunya untuk berhenti saling memperingatkan dan mulai sama-sama bertindak di semua sisi, tidak reaktif, pasif, ataupun pasif-agresif tetapi proaktif, kreatif, dan konstruktif”, kata Vedran Dzihic, wakil direktur Pusat untuk Advanced Studi Eropa Tenggara.

Kosovo, bekas provinsi Serbia yang mendeklarasikan kemerdekaan pada 2008 – hampir satu dekade setelah perang tahun 1998 – 1999 yang berakhir dengan serangan udara NATO pada Serbia yang memaksa Beograd untuk menarik pasukandari Kosovo untuk mengakhiri konflik yang menewaskan sekitar 13.000jiwa.

RFE/RL, Inc. adalah perusahaan swasta, nirlaba, yang didanai oleh Kongres AS melalui United States Agency for Global Media (USAGM), sebuah lembaga pemerintahan federal independen yang mengawasi semua media sipil internasional milik AS.

Tinggalkan komentar