Lantamal IX dan Kemenhan Bahas Pengembangan Maritim Pesisir

Sejumlah nelayan dengan perahu yang sudah didandani mengikuti Festival Perahu Nelayan di Kupang, NTT, Sabtu (22/4). Festival perahu nelayan yang diikuti 48 nelayan itu diselenggarakan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Indonesia dalam rangka memperingati Hari Bumi dengan tema “Selamatkan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil”. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/ama/17)

Kementerian Pertahanan dan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX/ Ambon membahas peranan TNI Angkatan Laut dalam pengembangan potensi maritim mayarakat di wilayah pesisir, Kamis.

Pembahasan pengembangan potensi maritim antara Lantamal IX yang diwakili Asisten Intelijen, Kolonel Marinir Said Latuconsina dengan staf Kementerian Pertahanan yang dipimpin Kolonel Inf. Edy Sutrisno, didampingi Bambang Handoyo Lukito dari Lembaga Psikologi Jakarta.

Kolonel Marinir Said Latuconsina mengatakan bahwa selain menjaga dan mempertahankan kedaulatan laut Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tugas pokok TNI Angkatan Laut adalah harus bisa mengolah kekayaan dan potensi maritim masyarakat di wilayah pesisir.

Karena itu, Lantamal IX/Ambon melaksanakan berbagai kegiatan untuk pembinaan masyarakat pesisir di Maluku, diantaranya adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilakukan melalui Pramuka Saka Bahari.

“Kegiatan seperti ini merupakan salah satu pembinaan maritim khususnya SDM yang berada di pesisir kepulauan Maluku. Nantinya bisa menjadi penerus dalam hal pengembangan potensi laut,” ujar Kolonel Marinir Said Latuconsina.

Kepala Desa Galala, John van Capelle dan Sekretaris Desa Halong, Yulianus Wattimury membenarkan pernyataan Kolonel Marinir Said Latuconsina.

Menurut mereka, Lantamal IX/ Ambon telah melakukan beragam pembinaan potensi maritim di wilayah Maluku, misalnya dengan mengadakan perlombaan tradisional yang berkaitan dengan kemaritiman, seperti lomba dayung, lomba hias perahu semang, memancing, termasuk penanaman mangrove dan terumbu karang.

Kolonel Inf. Edy Sutrisno berharap implementasi pembinaan potensi maritim untuk pertahanan negara di bidang kelautan, dalam hal ini Bina Potensi Nasional Kekuatan Maritim (Binpotnaskuatmar) terus ditingkatkan, agar tercipta lingkungan yang kondusif sehingga mewujudkan komponen cadangan dan pendukung untuk memperkuat postur.

Sumber: Antara

Tinggalkan komentar