Home » Militer » Lanud Abd Saleh Terima Pendaftaran Taruna dan Taruni AAU Baru

Lanud Abd Saleh Terima Pendaftaran Taruna dan Taruni AAU Baru

JakartaGreater   –  Pangkalan TNI AU (Lanud) Abdulrachman Saleh, Malang sebagai Panitia Daerah Penerimaan Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Udara (AAU) menerima pendaftaran calon Perwira TNI AU melalui jalur pendidikan di Kesatrian AAU Yogyakarta, menjelang tahun ajaran baru 2021/2022, dirilis situs TNI AU, 26/3/2021.

Penerimaan Taruna dan Taruni AAU mewajibkan beberapa persyaratan yaitu :

  1. WNI, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD tahun 1945.
  3. Usia pada saat pembukaan pendidikan tanggal 5 Agustus 2021 serendah-rendahnya 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun.
  4. Tidak memiliki catatan kriminalitas.
  5. Sehat jasmani dan rohani.
  6. Tidak kehilangan hak menjadi prajurit, berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Sedangkan persyaratan khususnya pria/wanita dan bukan berstatus TNI/Polri dan PNS, lulusan SMA/MA IPA :

  1. Lulusan SMA/MA IPATahun 2016 nilai UN rata-rata minimal 50,00.
  2. Lulusan SMA/MA IPA tahun 2017 nilai UN rata-rata minimal 47,00.
  3. Lulusan SMA/MA IPA tahun 2018 nilai UN rata-rata minimal 46,00.
  4. Lulusan SMA/MA IPA tahun 2019 nilai UN rata-rata minimal 47,50.
  5. Lulusan SMA/MA IPA dan SMK Penerbangan jurusan airframe powerplant dan avionics tahun 2020 sebagai berikut : nilai rapor semester 1-6 terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Biologi, Matematika, Kimia, Bahasa Inggris dan Fisika minimal 70,00 dan tidak ada nilai dibawah 60.00.
  6. Diharuskan melengkapi foto kopi rapor kelas 10-12 yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang.
  7. Lulusan SMA/MA IPA dan SMK Penerbangan jurusan airframe powerplant dan avionics tahun 2021 untuk nilai rata-rata akan ditentukan kemudian dan apabila belum mendapatkan ijazah harus menyertakan surat keterangan dari sekolah yang bersanghkutan sebagai pengganti sementara ijazah.

Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapatkan pengesahan dari Kembuddikdasmen atau Kemenristek dan Dikti, belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan, tinggi badan minimal 163 diutamakan yang memiliki tinggi badan 165 cm bagi Taruna dan 157 cm diutamakan yang memiliki tinggi badan 160 cm bagi Taruni serta memiliki berat badan yang seimbang.

Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama selama 10 tahun, terhitung mulai dilantik menjadi perwira TNI. Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan kepolisian. Menyertakan Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD).

Bagi karyawan harus mendapat persetujuan dan sanggup membuat pernyataan diberhentikan dengan hormat dari pimpinan instansi yang bersangkutan bila lulus seleksi dan masuk pendidikan pertama TNI. Pendaftaran dengan menggunakan sistem online di website https://diajurit.tni-au.mil.id.

Kemudian pendaftar datang sendiri melaksanakan daftar ulang ke Dispers Lanud Abdulrachman Saleh, Malang dengan membawa dokumen asli dan menyerahkan berkas fotokopi masing-masing 2 lembar untuk keperluan validasi pendaftaran berupa : fotocopi akte kelahiran yang sudah dilegalisir, foto copi ijazah yang sudah dilegalisir.

Bagi yang belum lulus melampirkan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang menerangkan sebagai berikut :

  1. Pelamar masih duduk di kelas III SMA/MA atau SMK Penerbangan.
  2. Fotocopi KTP calon dan orang tua/wali.
  3. Fotokopi KK orang tua/wali, pas foto hitam putih ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar.
  4. Membawa print out pendaftaran secara online (apabila tidak bisa mendaftar secara online dapat langsung datang ke tempat pendaftaran).
  5. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 8 Maret sampai dengan tanggal 16 April 2021.

Tinggalkan Balasan