Nov 052016
 

Pangkoopsau I, Marsekal Muda TNI Yuyu Sutisna, menandatangani prasasti pergantian nama Lanud Tanjungpinang menjadi Lanud Raja Haji Fisabilillah. (Batam Pos/Osias De)

Pangkoopsau I, Marsekal Muda TNI Yuyu Sutisna, menandatangani prasasti pergantian nama Lanud Tanjungpinang menjadi Lanud Raja Haji Fisabilillah. (Batam Pos/Osias De)


TNI Angkatan Udara melakukan pergantian nama Pangkalan Udara Tanjungpinang menjadi Pangkalan Udara Raja Haji Fisabilillah (RHF), pada hari Rabu (2/11) kemarin. Upacara perubahan nama ini dipimpin oleh Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) I, Marsekal Muda (Marsda) TNI Yuyu Sutisna.

Marsda Yuyu menjelaskan bahwa pergantian nama Lanud Tanjungpinang didasarkan pemikiran TNI Angkatan Udara untuk mengganti seluruh nama pangkalan TNI Angkatan Udara dengan nama tokoh pejuang, baik lingkup nasional maupun daerah.

Menurut Marsda Yuyu, hal itu merupakan wujud penghormatan kepada para tokoh pejuang yang telah berjasa kepada bangsa dan negara. “Maka berdasarkan Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) nomor Kep/678/ X/ 2016, telah diubah nama Lanud Tanjungpinang menjadi Lanud RHF,” ujarnya, seperti dilansir Batam Pos pada Sabtu (5/11).

Pangkoopsau I mengatakan bahwa penggunaan nama Raja Haji Fisabilillah telah melalui mekanisme koordinasi antara TNI Angkatan Udara, Pemerintah Daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama dan juga ahli waris.

Pergantian nama ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Pangkoopsau I dan pembukaan selubung satuan didampingi oleh Komandan Lanud Tanjungpinang, Kolonel Wahyu Anggono.

Raja Haji Fisabilillah adalah putra daerah dan seorang tokoh pejuang yang berasal dari Kota Lama Ulu Sungai Riau. Raja Haji Fisabilillah juga menjadi salah satu tokoh nasional yang terkenal dalam melawan Belanda di Teluk Ketapang dan berhasil membangun Pulau Biram Dewa di sungai Riau Lama.

Sumber: Batam Pos

  8 Responses to “Lanud Tanjungpinang Berganti Nama Menjadi Lanud Raja Haji Fisabilillah”

  1. jihad Fisabilillah

  2. saya punya cita cita tapi kayaknya ketinggian yah hehehehe

    cita cita saya yaitu ingin sekali membuat perdamaian dunia sungguh sangat indah sekali bila semua negara di dunia ini saling damai bahu membahu menciptakan energi terbarukan yang ramah lingkungan, bersama sama meningkatkan ketahanan pangan dan lain lain. sungguh sangat indah sekali yaa bila semua itu terwujud. itulah cita cita saya bagaimana dengan cita cita kalian?????

  3. @kere mbalel : Anda memiliki masalah kejiwaan ya?
    Dalam bertetangga terkadang yang mengalah belum tentu kalah…!
    Unsur Negara bukan hanya ada militer dengan persenjataannya…!
    Ingat…!!
    Masih ada warga negara yang lebih memilih jalan yang lebih normatif dan beretika…!!
    Jika anda merasa kuat, bukan harus bersikap seperti sok jagoan…!!!
    Masih ada unsur lain yang sama pentingnya, atau bahkan lebih penting dari sekedar kuat, yaitu cerdas…!!!
    Anda / anak anda tidak ingin di samakan dengan rukang becak kan…?
    Mulailah rubah sudut pandang anda untuk berpolitik yang lebih sehat dan manusiawi berdasarkan PANCASILA.

    Yang kami inginkan bukan hanya menjadi bangsa dan negara yang kuat, kami juga menginginkan menjadi bangsa dan negara yang cerdas…!!!

    Mohon untuk tidak memposting muatan yang memprovokasi / mendidik yang sekiranya kurang terpuji.

    Salam…

 Leave a Reply