Lanudal Juanda kembali Kirimkan 7 Prajurit TNI AL Terbaiknya ke Lebanon

13
13

Pangkalan udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) juanda di kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur Minggu, 14 Agustus 2016, kembali mengirimkan 7 prajurit TNI AL terbaiknya sebagai bagian dari pasukan perdamaian di Lebanon. Ke-7 Prajurit TNI AL yang diberangkatkan terdiri dari 3 pilot dan 4 awak pesawat.

Menurut Komandan Pusat Penerbangan TNI AL Juanda, Laksamana Pertama Manahan Simorangkir, Pengiriman pasukan perdamaian ini adalah yang kesembilan kalinya dilakukan oleh Lanudal juanda di kabupaten Sidoarjo.

Prajurit TNI AL yang dikirim ke Lebanon tergabung dalam satuan
Prajurit TNI AL yang dikirim ke Lebanon tergabung dalam satuan tugas Maritim TNI Konga XXVIII.

Ke-tujuh anggota TNI AL dari Lanudal juanda tersebut akan bergabung dengan pasukan perdamaian dari sejumlah negara di Lebanon. Pasukan perdamaian di Lebanon akan bertugas di wilayah perbatasan lebanon dengan israel. “Mereka akan tergabung dalam Maritime Task Force (MTF) Satuan Tugas Maritim TNI Konga XXVIII, yang merupakan gugus tugas di bawah UNIFIL,” papar Danlanudal.

Tugas Maritime Task Force tersebut adalah melaksanakan pengamanan area maritim di perairan mediterania timur. Salah satu tugas yang diemban pasukan perdamaian adalah mencegah upaya penyelundupan senjata atau barang ilegal lainnya dari dan menuju negara Lebanon. Sebab penyelundupan senjata atau barang ilegal lainnya ini bisa berpotensi merusak upaya perdamaian yang dibangun.

Pemberangkatan pasukan TNI AL sebagai pasukan perdamaian dunia ke Lebanon diberangkatkan secara langsung di dermaga Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim). Semua pasukan TNI AL ini diberangkatkan dengan menggunakan pesawat udara. (marksman)

13 KOMENTAR