Dec 302013
 
Freeport Gold Mine in West Papua (photo: grahafauzi.wordpress.com)

Freeport Gold Mine in West Papua (photo: grahafauzi.wordpress.com)

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menekankan pemerintah secara tegas akan melarang mineral mentah (ore) untuk diekspor. Undang-Undang Minerba akan dijalankan secara konsisten. “Tadi dalam rapat saya katakan satu, undang-undang harus dijalankan secara konsisten. Tidak ada lagi tafsiran yang bisa lain daripada undang-undang. Oleh sebab itu, mulai 12 Januari 2014 tidak ada lagi ore yang diekspor,” kata Hatta di kantornya (27/12/2013).

Terkait pengolahan dan pemurnian, Hatta menyebut ada pengolahan yang sudah dilakukan, tetapi pemurniannya sudah dikerjakan namun belum 100 persen. “Inilah rapat itu ingin diatur dalam PP (Peraturan Pemerintah) karena itu di undang-undang tidak disebut. Jadi silakan diatur dalam PP intinya tidak boleh berlawan dengan undang-undang,” ujar Hatta.

Lebih lanjut dia mengatakan pengolahan ada yag telah mencapai kadar 95 persen, namun pemerintah juga menginginkan pemurnian dilakukan di Indonesia. Akan tetapi, persentase pemurnian bekum diatur dalam undang-undang. “Ini harus diatur. Tapi yang sama seksli belum 100 persen tidak boleh. Tidak boleh ada ore, apapun perusahaannya, tidak ada lagi ore yang diekspor,” jelas Hatta.

Hatta menjelaskan ketentuan berupa PP tersebut akan dikeluarkan pada tanggal 12 Januari 2014 mendatang. Dalam 1 hingga 2 hari ke depan, kata dia, para ahli hukum akan merumuskan PP tersebut.

Kompas
Penulis : Sakina Rakhma Diah Setiawan
Editor : Bambang Priyo Jatmiko

Bagikan :

  33 Responses to “Larangan Ekspor Mineral Mentah”

  1.  

    bagus mending begitu, stop export material mentah. klw ngak dipaksa sekarang mau sampai kapan kita dibohongi export bahan mentah trus yg kadang didalamnya ada kelebihan material lain yg lebih mahal. lagi pula ini akan memperluas lapangan pekerjaan dalam negeri. ngak usah ngurusi antek2 yg menentang UU ini, mreka dibayar supaya ngak jadi bahkan diundur2.

  2.  

    ayo segenap warga negara semuanya kita laksanakan UU/ peraturan tersebut demi kejayaan dan kemakmuran NKRI kedepan.. jadikan emas dan perak sebagi simpanan devisa kita, bukan benda kertas berupa dollar.. sudah banyak negara maju yang menyimpan devisana berupa emas.. jangan takut asing.. rawe – rawe rantas malang – malang putung

  3.  

    Bagus itu..
    Pemerintah harus tegas akan uu minerba tersebut. Masak kekayaan harta bumi cendrawasih di keruk terus tapi dampak positifnya kecil sekali , apalagi khususnya di daerah timika, papua, dimana pt. Freeport berada.
    Di timika, karyawan-karyawan pt. Freeport siap di phk, mereka siap menerima konsekuensinya.
    Meskipun mereka di phk, mereka tetep akan mendapatkan uang phk dr pt. Freeport yang besaranya berkisaran 1 m, jadi tidak mungkin pt. Freeport mem-phk sampek 100000 an karyawan

  4.  

    Negara besar kok ekspor metah impor jadi ??

  5.  

    ini namaya suatu keberanian.. kapan lagi kita punya martabat dimata asing kalo g berani membuat kebijakan seperti ini untuk melindungi SDA kita dari pihak asing demi kemakmuran NKRI.. sejahterakanlah dan perdayakanlah semuanya masyarakat disekitar lokasi tambang biar kita mempunyai kekuatan dalam melaksanakan amanat ini..

  6.  

    apa berani sama freeport????

    •  

      Be..be..b..berani!

      •  

        Santai ja brow tujuan marinir 15ribu disitu kan untuk itu, sekalian perang ma asu pun ayo! aku daftar no.1 jadi relawan. Untuk para dewan perwakilan rakyat dan pemerintah diucapkan terimakasih karena sdh kompak mewujudkan NKRI yg mandiri berkelimpahan kemakmuran lewat UU nomer 4 th 2009 ttg minerba. Lima tahun sudah dikasi tenggang waktu semestinya smelter atau pemurnian bahan2 tambang itu sdh terbangun.

        •  

          he he he.. my bad. Baiklah.. heads up! “BERANI!!!”

          saya dulu ikut Menwa, jika perang keliatannya saya kena wajib militer nih.

        •  

          penempatan marinir mungkin untuk membendung kalau terjadi invasi dan meredam gejolak keamanan di papua. namun yg paling harus diperhatikan adalah jika serangan amerika tidak dengan menggunakan militer tapi dengan melemahkan ekonomi indonesia serta membocorkan hasil sadpan mereka terhadap istana sehingga menimbulkan kekacauan politik dan itu dampaknya lebih berbahaya.

      •  

        agar pemerintah indonesia bisa ngomong sambil teriak2 dan nunjuk2 maka diperlukan alutsista kelas wah wah….

  7.  

    Membingungkan. Sepertinya dalam pemerintah sendir masih tarik2an kepentingan, jadinya berita berbeda-beda tergantung siapa yang ngomong. Sebaiknya ditunggu kepastian penerapan aturannya nanti di tahun 2014, apa benar2 diberlakukan atau lebay lagi. Saya harap pemerintah punya nyali untuk melakukannya.

    Btw ngeri juga ya liat permukaan bumi bolong seperti itu? jadi inget theory yang memasukan manusia sebagai virus

    I’d like to share a revelation that I’ve had during my time here. It came to me when I tried to classify your species. I realized that you’re not actually mammals. Every mammal on this planet instinctively develops a natural equilibrium with the surrounding environment, but you humans do not. You move to an area, and you multiply, and multiply, until every natural resource is consumed. The only way you can survive is to spread to another area. There is another organism on this planet that follows the same pattern. A virus. Human beings are a disease, a cancer of this planet, you are a plague, and we are the cure. Agent Smith -The Matrix

    •  

      ketinggalan, “cure” dalam dunia nyata bisa berupa bencana alam dan pergolakan sosial/politik

    •  

      “Saya ingin berbagi pencerahan yang saya dapatkan selama waktu saya di sini. Pencerahan itu datang kepada saya ketika saya mencoba untuk mengklasifikasikan spesies Anda. Saya menyadari bahwa Anda bukanlah benar-benar termasuk mamalia. Setiap mamalia di planet ini secara naluriah mengembangkan keseimbangan alam dengan lingkungan sekitarnya, tetapi Anda manusia tidak. Anda pindah ke suatu daerah, dan Anda bertambah banyak dan berkembang biak, sampai setiap sumber daya alam dikonsumsi sampai habis. Satu-satunya cara manusia bertahan hidup adalah dengan menyebar ke daerah lain. Ada organisme lain di planet ini yang mengikuti pola yang sama. Yaitu virus. Manusia adalah penyakit, kanker planet ini, Anda adalah wabah, dan kita (mesin/program komputer) adalah obat” Agent Smith pada film The Matrix

  8.  

    bagus

  9.  

    Tambang kita yang juga hebat bukan hanya TEMBAGA & EMAS di PAPUA, tapi juga LOGAM TANAH JARANG yang masih menggunung berupa LIMBAH BAUKSIT ( Tailing ). Tanah ini diambil oleh Cina untuk diolah menjadi BAHAN MAGNET NEODYNIUM yang kekuatan magnetnya ribuan kali dari magnet permanen biasa. Dan dipastikan akan jauh lebih kuat dibandingkan dg GERMANIUM, sebagai bahan pembuat CHIP. Negara yg telah diketahui mempunyai mineral TANAH JARANG ( EARTH RARELY ) adalah Cina dan Indonesia. Dan telah terjadi persengketaan antara Cina dan Amerika+ Eropa, karena Cina menghentikan eksport TANAH JARANG. Dan Amerika membawa masalah ini ke WTO.

    •  

      Lucu memang, China ingin membatasi ekspor elemen2 rare earth dilaporkan ke WTO, kita ingin.agar ore diproses dulu sehingga ada nilai tambah bagi ekonomi domestik, Jepang protes. Yang ada hanyalah kepentingan nasional yang abadi, dan untuk ini membela yang satu ini, muka betonpun dipasang…

      Sayang sekali untuk golongan rare earth yang digunakan pada aneka perangkat teknologi canggih ini, cadangan RI tidak (belum?) masuk hitungan,

      http://routemag.files.wordpress.com/2013/04/rare-earth-element-map-380.gif?w=550

      •  

        setuju pak danu…
        Untuk mempertahankan hal ini,muka beton skalipun harus dikeluarkan,,ini hak kita sebagai bangsa untuk membicarakanya..
        Seorang tersangka korupsi yg jelas” nyata saja masih di carikan pengacara untuk membelanya supaya mendapatkan penangguhan hukuman.
        Tapi untuk kasus smmelter seperti sekarang ini juga. Wakil” rakyat dan anggota hewan pada kemana? Kog tak ada banyak yg melindungi ataupun menegaskan UU ttg smelter,begitu berkurangnya jiwa patriotisme pada pemimmpin kita.dan wajib di tanam kembali jiwa patriotisme dalam jiwa pemimmpin” bangsa ini,
        mosok kalah dengan rakyat jelata yg hanya bermodalkan areet dan runcing

    •  

      Selain China konon Korea Utara juga kaya dengan rare earth element ini, sedang Indonesia saya pikir bukannya ga ada tapi ga dicari karena alasan rumitnya birokrasi. Jangankan rare earth element, migas saja minta ampun susahnya untuk dapat sumur baru.

      Rare earth element ini akan jadi sumber sengketa baru antara China dan dunia, China menguasai 90% sumber alam rare earth. Dan seperti rencana pemerintah RI mewajibkan smelter demikian juga pemerintah China melindungi kekayaan alamnya. Hal ini memaksa investor asing untuk masuk dan berinvestasi langsung ke China karena ketergantungan tinggi pada sda ini.

  10.  

    Yang sering demo2 itu kemana?? Pergi kejalan, dukung pemerintah untuk mewujudkan PP ini! Jangan sampai kebijakan ini di kalahkan oleh bully dan uang lobby!

  11.  

    pasti pihak asing gak tinggal diam + harus hati-hati sm penjilat2 kita,yang bakal coba ngobok2 kebijakan larangan ekspor ore
    tp yg takutnya berita ini cuma angin..maklumlah tahun 2014,tahun panas,tahun penuh kepentingan & ambisi

  12.  

    tapi apakah kita sudah siap jika nanti digertak freeport?

    •  

      “kita” rakyat Indonesia atau “kita” pemerintah/legislatif ? 😉 Masalahnya Freeport dipandang lebih menguntungkan asing dan segelintir oknum pemerintah daripada menguntungkan rakyat banyak

      Freeport keluar rakyat ga begitu terpengaruh, pemerintahlah yang takut kehilangan sabetan. Freeport harus keluar setelah masa perjanjian selesai. Ganti dgn BUMN atau minimal perusahaan asing lain yang dealnya benar2 diawasi dari awal jangan sampai merugikan negara.

      •  

        Freeport yg punya rothschild….. punya nyali besar kalau mau berurusan dengan asu… diindonesia yg punya nyali besar adalah kelompok rakyat jelata sedang kan para pemimpin kita????

      •  

        danu: Makanya om, di RI udah kebanyakan alumni2 univ. AS, Inggris, Asu, yang bekerja di pemerintahan, makanya ngembek terus jadi an**ng kapitalis…

        selalu pro barat…!
        pro rakyat??? jangan harap degch…

        lebih baek ga usah sekolah /kuliah / ngambil2 beasiswa ke barat, pulang2 selalu menjadi penjilat pan**t AS/Inggris/ASU/Barat…!

  13.  

    saya takutnya pemerintah bikin uu minerba setengah hati.paling nanti aturan No 20/2013, tentang “konsentrat
    tembaga yang bisa diekspor adalah
    berkadar Cu 99,99 persen, serta
    pemurnian tembaga hingga 99 persen” bakalan dirubah menjadi kisaran 50 persen. ujung-ujungnya freeport dan newmount tidak mengalami imbas apa-apa

  14.  

    Dagelan yang sedang berlangsung saat ini: kenaikan gas LPG.

    Seluruh ‘beban’ dipikulkan ke Pertamina, “Itu masalah corporate action Pertamina, pemerintah tak bisa ikut campur” kata Menko HR. Jangan membodohi rakyat deh, menyelamatkan Merpati dengan “penyertaan modal pemerintah” (baca: uang rakyat) bisa, nombokin BUMN boleh, tapi tak punya hak suara ketika BUMN ingin menetapkan harga semaunya. Mungkin pemerintah bodoh (buktinya Rp paling ancur se Asia), rakyatpun dianggap bodoh. Hehe kalian salah, rakyat dengan tersenyum sinis menilai masing2 individu pejabat dan membuat perhitungan di Pemilu 4 bulan lagi…

    (mungkin juga akan ada skenario “pahlawan dipaksakan”…)

    •  

      dan yang lebih Parah lagi Rakjat Indonesia gampang melupakan sejarah !!!, apalagi di tingkat Akar Rumput yang masih mayoritas ” untuk penghidupan sehari-hari saja susah & SDM Terbelakang ” Gampang di kadalin oleh Partai – Partai yang banyak FULLUS.
      Indonesia Nasibmu……
      akan ada Konsiprasi para Pemilik Modal…
      Skenario Pahlwan dipaksakan bisa jadi terlaksana ….

 Leave a Reply