Nov 182014
 

Lockheed Martin

Di jaman perang dunia ke dua, bomber dilengkapi senjata mesin (barrels), atau prajurit yang membawa senjata untuk melindungi pesawat dari serangan pesawat tempur musuh. Bahkan pesawat seperti B-52 Stratofortress dilengkapi senjata di bagian ekor pesawat untuk pertahanan, yang antara lain digunakan dalam perang Vietnam 1972. Perubahan senjata pesawat tempur dari gun-barrel menjadi rudal (missile), membuat senjata barrel di pesawat bomber, menjadi usang. Namun kini Lockheed Martin dan DARPA, menghidupkan mereka kembali, melalui senjata laser.

Perusahaan raksasa pertahanan Lockheed Martin, Notre Dame University, DARPA dan Angkatan Udara Research Lab telah memulai penerbangan pengujian turret laser udara yang memiliki potensi untuk benar-benar mengubah pertempuran udara seperti yang kita pahami saat ini.

Lockheed Martin-2

Senjata ini diberinama “Aero-adaptive Aero-optic Beam Control” atau disingkat ABC, yang mana laser merupakan senjata energi (directed) dengan turret 360 derajat. Alat kendali dan kamera yang ada di turret memastikan laser tetap mengunci rudal, saat ditembakkan dari pesawat.

Senjata ini telah diinstal oleh Lockheed Martin pada pesawat jet bisnis tua, Dassault Falcon 10 untuk pengujian penerbangan awal. Menurut Lockheed, turret ABC ini merupakan teknologi “atmospheric turbulence compensation” yang terintegrasi ke dalamnya.

Sistem turret ABC dirancang untuk memungkinkan laser berenergi tinggi mencegat pesawat musuh dan rudal, baik dari atas, bawah dan dari belakang pesawat. Pada awalnya, turret ini akan dipasang di pesawat pembom, pesawat yang besar seperti tempur AC-130. Tapi segera setelah itu, sistem ini akan dipasang pada pesawat tempur dan kendaraan tempur taktis tak berawak (UCAV).

by: Alto Daris

Bagikan Artikel :

  38 Responses to “Laser Super Turret Lockheed Martin”

  1. mantaff…

  2. test

  3. wah mantap. jadi seperti di film film, star wars dan star trek, mantap2

  4. mantab….

  5. semakin canggih semakin membingungkan. dan juga semakin mahal.

  6. keren

  7. Selamat Pagi…

    Proyek Boeing 747-400 ABL (Airborne Laser) pesawatnya beberapa waktu lalu dikandangkan di gurun. Apakah ABL ditunda atau hasilnya tidak sesuai harapan?

    Salam.

  8. nyimak dulu

  9. Serahkan pengembangan nya kepada PROF.Surya dan tenaga AhLi eLektronika Lainnya , seperti LEN , BPPT , dan Lembaga peneLiti negara Lainnya ?!! , kita pasti bisa !!!

  10. hahahahahah laser

  11. semoga pemerintah segera berfikir jauh ke depan spt amerika, bangsa besar spt indonesia hrs berfikir dlm lingkup global bukan sekedar unggul di kawasan, butuh proses memang, tp hrs di mulai dari sekarang, ayo segenap anak bangsa berikan yg terbaik untuk bangsamu, mulailah berbuat sekecil apapun jngn cm bicara saja.

  12. rudal bakalan usang karena teknologi laser

  13. berarti Jet Tempur generasi 6 nya Amerika yang ada di youtube yang pake Laser senjatanya Bisa jadi Kenyataan ya.. Walah Walah 🙁

  14. Riset puluhan juta dollar nanti ternyata dipatahkan oleh negara2 pesaing mrka hanya dengan konsep sederhana yg tidak mrka pikirkan saat ini. Masih ingat kasus pesawat stealth asu yg riset, uji coba dan produksinya menghabiskan biaya sangat2 besar? Mungkin smua orang jg berpikir kl mau menaklukan F 117, F 22 dll maka negara2 pesaing sprti rusia china dll juga harus buat pesawat yg lebih canggih lg, lebih siluman lg dll.. tp ternyata pesawat stealt itu cuma diantisipasi oleh china dengan konsep “sederhana” yaitu menaikan kemampuan radar untuk bisa mendeteksi pesawat stealth trsbt. konsep antisipasi yg tdk membutuhkan biaya waktu dll sebesar yg lawan keluarkan.

    • SETUJUUU……

      biar ASU bangkrut dulu…baru dikeluarkan teknologi antidotnya

    • Sialnya, asu masih tetap ada hingga saat ini

      • ASU tetap ada karena konsoirasi tingkat tinggi negara negara adidaya…mereka tdk dpt menguasai dunia sendirian sehingg partner harus selalu di pelihara…

        Perancis di era napoleon pernah menawarkan perdamaian dgn inggris dgn syarat inggris menghormati kepentingan perancis di kontinen eropa…jerman hitler pernah menawarkan inggris untuk berbagi kekuasaan di dunia dgn catatan inggris mengakui hegemoni jerman di eropa…semua karena perancis dan jerman tdk bisa mengelola dunia sendirian karena keterbatasan sumber daya…salah salah mereka yg akan diterkam dari belakang oleh dunia yg dijajahnya…mereka butuh partner…lawan sebanding dimana mereka bs menaruh respek…sekali lagi menaruh respek…

        Sekutu mempersenjatai china karena china adalah bemper satu satunya di asia untuk menghadapi jepang…Namun kebalikannya,mereka tergopoh gopoh membangun kembali jepang karena china berbalik mengancam mereka…begitu juga jerman yg mati matian di hantam sekutu kembali di bangun secara cepat dan dipersenjatai eropa karena musuh baru mantan kawannya sudah menjadi predator baru…rusia…

        Tidak ada kawan abadi dalam politik…yang ada hanya musuh dan calon musuh….nothing personal,hanya interest…

  15. antidot nya harus segera dicari dan dibuat ni…klo tidak bisa bahaya… btw ada yg tau ga berapa jauh jangkauan tembakan lasernya ? n bgmn dgn daya hancurnya ? kepo… hehehe 🙂

    • Senjata laser tidak bekerja jika warna object nya sama (terjadi harmonisasi frekwensinya). Jadi sederhananya ada anti dot nya. Laser jg di pantulkan oleh cermin.

  16. Sialnya, asu masih tetap ada hingga saat ini

  17. di salvo sama r han juga mencret.

  18. kapan ya TNI punya senjata laser ???

  19. Laser lama senjata orgNik pake laser kaya film2 luar angkSa

  20. klo mw nyerang darat lawannya pake mirror, t jamin pasti 2 2 nya mikir

  21. Doraemon punya antidotnya namanya Cermin AJAIB

  22. Yang perlu dicontoh adalah inovasinya,antidot gak akan terpikirkan kalau tidak ada sesuatu yang baru,walaupun bikin antidot juga gak gampang..

  23. Power sourcenya pake apa ya?

 Leave a Reply