May 302014
 
Persiapan Latgab  2014 (photo: (Foto:  Kolonel Inf Robert)

Persiapan Latgab 2014 (photo: (Foto: Kolonel Inf Robert)

TNI akan mengadakan Latihan Gabungan 2014, yang melibatkan 3 matra: TNI AD, AL dan AU di kawasan Asembagus, Jawa Timur, kawasan Samudera Hindia bagian selatan dan Bali dengan kekuatan 15.108 personel TNI, terdiri dari 1.172 personel latihan posko dan 13.936 personel latihan lapangan.

Latgab dilaksanakan dua tahap yakni pada 19 Mei-24 Mei 2014 lalu, untuk Geladi Posko, dan 1 Juni-5 Juni 2014 untuk Geladi Lapangan di wilayah Selatan Sumatera dan Jawa.

Arsenal yang dikerahkan dari ketiga matra TNI, antara lain: 49 kendaraan tempur (satu tank recconaissance, 18 tank Scorpion, enam tank Stormer APC, dua tank Stormer Commando, dua panser Saladin, dua panser Saracen angkut personel, dua panser Ferret intai, 12 panser Anoa angkut personel.

Selain itu, juga melibatkan satu panser Anoa Komando, satu panser AMB, satu panser recconaissance dan satu AVLB. 24 helikopter (empat Mil Mi-35P, empat Mil Mi-17V5, empat BO-105, 10 Bell-412, dia Bell-205A-1 dengan peluncur roket, dan kanon 30 milimeter).

30 senjata berat artileri dan enam set PRS 77 dari Korps Zeni (18 meriam 105 KH 178, empat meriam 155 KH 179, dua meriam 76/GN dan enam meriam Giant Bow 23 MM).

Dari TNI AL sebanyak 32 kapal perang yaitu satu kapal selam, enam perahu karet, dua kapal BTD, enam kapal PKR, tiga kapal KCR, satu kapal KCT, satu kapal LPD, tiga kapal ATF, lima kapal AT, satu BR, dan satu kapal PR.

pra-latgab-2

Untuk mendaratkan pasukan, Korps Marinir TNI AL mengerahkan 29 tank BMP3F, 10 LVT 7, 36 BTR 50P dan enam kapal pendarat. Artileri medan Korps Marinir TNI AL juga mengerahkan delapan meriam lapangan Howitzer 120 milimeter dan delapan kendaraan peluncur roket RM 70 Grad.

Dari TNI AU, 40 pesawat tempur diterbangkan, yaitu 32 pesawat angkut (16 C-130B/H Hercules, empat Boeing B-737-200/300 Surveillance, tiga Fokker F-28 Fellowship, empat C-295, dua CN-235, tiga CASA-212 Aviocar.

Masih diperkuat 11 helikopter berbagai tipe (NAS-332 Super Puma, AS-330 Puma, EC-120 Colibri), dan sebagai penggentar utama barisan delapan Sukhoi Su-27/30 MKI Flankers, enam F-16 Fighting Falcon, 10 Hawk 100/200, dua F-5E/F Tiger II, 12 T-50 Golden Eagle, dua EMB-314 Super Tucano.

Jelang Latgab 2014

Jelang Latgab 2014

Skenario Latgab 2014
Skenario dari latihan ini adalah menghadapi serangan negara yang hendak merebut Indonesia. “Kita gambarkan jauh sebelumnya, ada negara musang. Karena negara tersebut kekurangan sumber energi maka mereka berniat melakukan invasi ke negara kita,” ujar Dirlatgab TNI, Letjen Lodewijk F Paulus, saat meninjau kesiapan pasukan TNI AL di Koarmatim, Surabaya, Jawa Timur, (28/5/2014).

Diskenariokan ada kekuatan asing dari negara Musang yang mencoba merebut sebagian wilayah Indonesia. Mereka berpangkalan di Pulau Paju, sebelah barat Bengkulu. Mereka juga mengerahkan kekuatan laut dan udara yang merencanakan menyerang Indonesia melalui dua poros besar, yakni Sumatera dan Pulau Jawa. Negara musuh tersebut diasumsikan mengawali invasi dari Sumatera hingga Jawa. “Kemudian di Pulau Jawa mereka diasumsikan mengirim satu divisi plus,” katanya.

TNI menyerang musuh yang masih berada di negaranya dan dihancurkan melalui pre-emptive strike dengan operasi militer, informasi dan operasi intelejen strategis. “Apabila gagal di negara musuh, ketika mereka dalam perjalanan, kita laksanakan operasi laut gabungan,” kata Letjen Lodewijk.

Kemudian musuh diskenariokan terdeteksi mendekati pantai. Oleh karena itu pertahanan pantai diperkuat. Setelah musuh mendarat maka dilakukan operasi darat gabungan.

pra-latgab

Setelah diasumsikan unsur laut dan unsur udara mampu menghancurkan musuh yang mendekati Indonesia, kemudian ada musuh satu brigade plus, yang ternyata melaksanakan operasi penipuan. Mereka mendarat di Banyuwangi. “Maka dari itu Panglima TNI memerintahkan Pangkogab untuk segera menyusun suatu kampanye militer”.

Latihan Gabungan 2014 dilakukan dengan berbagai skenario untuk menguji doktrin perang yang tegas dikatakan bersifat pre-emptive, di tiga mandala latihan, berakhir pada perebutan Pantai Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Di pantai dengan kombinasi medan latihan bisa dibilang lengkap itu, akan digelar operasi pendaratan amfibi Korps Marinir TNI AL lengkap dengan bantuan tembakan pantai dan operasi perang administrasi.

Kesiapan Koarmatim
Menyambut Latgab TNI pada 1-5 Juni mendatang, Komando Armada Timur (Koarmatim) menyiapkan: kendaraan amfibi, kapal tempur dan KRI. Unsur laut terbagi dalam 3 komando tugas yakni Komando Tugas Laut Gabungan (Kogaslagab), Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib) dan Komando Tugas Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin).

Kogaslagab berisi kapal-kapal kombatan jenis perusak kawal rudal seperti KRI Ahmad Yani dan KRI Yos Sudarso. Sedangkan Kogasgabfib berisi kapal jenis landing platform dock seperti KRI Makassar, KRI Surabaya dan KRI Kerapu. Sementara Kogasgabratmin berisi kapal jenis landing ship tank seperti KRI Teluk Sampit, KRI Teluk Mandar dan KRI Teluk Penyu. Dari unsur laut total ada 33 KRI, 76 kendaraan tempur dan 8 pesawat.

pra-latgab-3

Alutsista yang digunakan pasukan ini sebagian berumur tua. Tak sedikit peralatan seperti senjata hingga tank amfibi buatan tahun 1960-an. Namun meski sudah tua, menurut Letjen Lodewijk, alutsista ini masih layak digunakan. Sebagian peralatan tempur angkatan laut, sudah diupgrade dengan teknologi baru dalam kemampuan menangkis serangan, radar dan GPS.

Adapun salah satu alutsista terbaru adalah tank BMP 3F yang didatangkan dari Rusia tahun 2010. BMp 3F, berkapasitas 9 penumpang dan 3 awak, bisa melakukan tembakan otomatis.

Alutsista yang modern lainnya, KRI Sultan Hasanuddin yang telah dilengkapi radar 3 dimensi yang bisa langsung berkoordinasi dengan armada di udara. “Kapal ini juga ada sistem link ke kapal lain sehingga bisa transfer data”, ujar Danguspurla Koarmatim Laksamana Pertama Aan Kurnia. kapal ini juga dilengkapi tanker anti rudal. Sehingga jika kapal diserang oleh musuh, bagian ruang informasi pusat tempur akan tetap aman. Ruangan tersebut juga dilengkapi GPS jumper.

Kesiapan TNI AU dan AD
Selain meninjau helikopter di Lapangan Udara TNI Ahmad Yani Semarang, Dirlatgab TNI Letjen Lodewijk F Paulus juga memeriksa kesiapan pesawat tempur di Lapangan Udara Iswahjudi, Madiun Jawa Timur. Sebanyak 33 pesawat tempur digelar dalam apel persiapan latgab, antara lain Sukhoi, F-16, F-5 Tiger dan pesawat hawk. Keempat jenis pesawat ini mempunyai kemampuan dan keunggulan yang berbeda-beda. Pesawat Sukhoi mampu menangkis serangan dari berbagai zona.

Inspeksi Persiapan Latgan 2014 oleh Dirlatgab TNI, Letjen Lodewijk F Paulus (photo: Aditya Pradana Putra/Republika)

Inspeksi Persiapan Latgan 2014 oleh Dirlatgab TNI, Letjen Lodewijk F Paulus (photo: Aditya Pradana Putra/Republika)

Selain pesawat tempur, TNI AU juga akan mengerahkan berbagai jenis pesawat lainnya, seperti: Hercules Skadron Udara 31, Hercules Skadron Udara 32, Casa Skadron Udara 4, Super Tucano Skadron udara 21, Foker 28, Heli Super Puma dan Helikopter Colibri.

Letjen Lodewijk mengimbau agar pasukan terus berlatih menjelang latgab dan meminta mereka memanfaatkan alutsista yang ada semaksimal mungkin.

“Paradigma ancaman telah sangat jelas. TNI dituntut untuk kampanye militer,” ujar Letjen Lodewijk di Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur,(27/5/2014).

Kampanye militer kini menjadi paradigma baru di kalangan TNI dan baru disahkan pada tahun 2013. Di pertengahan 2014, kampanye militer itu langsung diuji coba. “Sejauh mana validitas doktrin itu dihadapkan pada operasi gabungan. Itu yang coba kita kejar pada latgab tahun ini,” ujar Dirlatgab TNI Letjen Lodewijk F Paulus.

Jumlah personel TNI AD dalam Gelar Kesiapan Latgab di Malang Jawa Timur diwakili 1.600 prajurit TNI AD dan 400 prajurit Angkatan Udara.

Inspeksi ini juga memberi kesempatan bagi prajurit untuk menyampaikan persoalan yang dihadapi di lapangan. Pasukan mengaku telah beberapa kali latihan menembak dan terjun payung. “Kendalanya saat menembak ada yang macet, tidak meledak waktu tolak balik,” ucap seorang prajurit. Ia mengaku telah 50 kali mencoba menembak. Mayoritas lolos, namun 3 diantaranya gagal dan tidak meledak.

Letjen Lodewijk juga menanyakan kesiapan pasukan regu penerbang. Sejauh ini mereka mengaku tak merasa ada kendala yang serius. “Cedera yang cukup berarti adalah cedera engkel. Untuk alat dan kesiapan pasukan aman,” ujar salah seorang pasukan penerbang TNI AD.

Mereka mengaku terakhir kali melakukan latihan pada bulan lalu di daerah Grato, Jungar, Jawa Timur di mana area tersebut merupakan perbukitan dengan tanah gembur. “Untuk latihan di lahan tebu terakhir kami lakukan tahun lalu,” ujar seorang prajurit.

latgab-7

Direktur Latihan Gabungan (Dirlatgab) TNI, Letjen TNI Lodewijk F Paulus mengatakan, ada lima aspek sasaran yang ingin dicapai dalam latihan gabungan ini.

1. Aspek Strategis, sebagai upaya untuk mewujudkan penangkalan terhadap potensi- potensi ancaman militer. “Artinya, jika TNI siap siapapun yang hendak mengganggu negara Indonesia tidak akan berani,” ujar Letjen Lodewijk di sela inspeksi terhadap kesiapan Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad), di Lanumad Ahmad Yani, Semarang, Selasa (27/5). Tak berhenti pada latihan untuk memperkuat aspek penangkalan, lanjutnya, apabila ada ancaman militer maka TNI juga akan siap menindak.

2. Aspek Operasional. Tujuh hari lalu telah dilewati latihan posko. Dalam latihan posko ini ada 14 langkah atas proses pengambilan keputusan militer. Langkah yang ke-12 sudah kita lewati, yaitu tactical floor game (TFG) dan sekarang akan memasuki tahap uji lapangan, dengan latihan gabungan (latgab).

3. Aspek Taktik. teknis dan prosedur. Yakni untuk menguji sejauh mana kemampuan prajurit untuk mengaplikasikan taktik- taktik yang telah dikuasai. Termasuk teknik dan prosedur-prosedur dalam operasi gabungan, yang melibatkan unsur darat, laut dan udara tersebut.

4. Aspek Psikologi. Selain ingin mewujudkan interoperability antar prajurit, Latgab juga akan mengikat prajurit secara emosional. “Ada semangat di situ serta daya juang prajurit dalam perang,” tegas Letjen Lodewijk.

5. Aspek Kajian, yang sangat penting untuk penelitian serta pengembangan (litbang) TNI.

Panglima Jenderal TNI Moeldoko didampingi KSAU Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia , KSAL  Laksamana TNI Marsetio  serta Pangkostrad Letjen TNI Gatot Nurmantyo  meninjau kesiapan prajurit TNI jelang Latihan Gabungan di Lapangan Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (25/5). (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Panglima Jenderal Moeldoko didampingi KSAU Marsekal
Ida Bagus Putu Dunia , KSAL Laksamana Marsetio serta Pangkostrad Letjen Gatot Nurmantyo meninjau kesiapan prajurit jelang Latihan Gabungan di Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta, 25/5/2014. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Latgab TNI 2014 ini bakal menjadi pengujian atas doktrin kampanye militer, yang baru disahkan tahun 2013. Khususnya sejauh mana validitas dari doktrin itu di hadapkan pada operasi gabungan, yakni dengan kampanye militer yang diasumsikan tidak dipersiapkan. “Artinya tidak dipersiapkan, kita butuh waktu lama untuk melaksanakan bagaimana prosedur- prosedur kesiapan, termasuk pengembangan alutsista, taktik dan teknik yang lain,”.

Latihan ini merupakan salah satu sarana memelihara sinergitas dua angkatan atau lebih dalam taktis dan teknis dan uji doktrin, dan tingkatkan daya tempur satuan dan ciptakan daya gentar dari ancaman.

Direktur latihan gabungan dijabat Komandan Komando Pendidikan TNI AD, Letnan Jenderal TNI Lodewijk Paulus. Sedangkan Panglima Kostrad Letnan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, menjadi Panglima Komando Gabungan TNI.

Dia didukung Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada Indonesia di Kawasan Timur TNI AL, Laksamana Pertama TNI Arie Soedewo, selaku panglima Komando Satuan Tugas Laut Gabungan, Laksamana Pertama TNI Pramono Hadi sebagai panglima Komando Satuan Tugas Gabungan Amfibi, dan Marsekal Pertama TNI Dedy Nitakomara selaku panglima Komando Satuan Tugas Udara Gabungan.

Kemudian, Brigadir Jenderal TNI M Herindra (wakil Komandan Kopassus TNI AD) selaku panglima Komando Satuan Tugas Gabungan Pasukan Khusus, Brigadir Jenderal TNI (Marinir) Siswoyo Santoso (komandan Pasukan Marinir 1 TNI AL) selaku komandan Pasukan Pendarat, Letnan Kolonel Infantri Christian Tuheteru (komandan Brigade Infantri L 17/K) selaku panglima Komando Satuan Tugas Gabungan Lintas Udara.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko periksa kesiapan prajurit untuk Latgab 2014

Panglima TNI Jenderal Moeldoko periksa kesiapan prajurit untuk Latgab 2014

Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan, TNI akan muntahkan semua amunisi yang mereka miliki.” Ada beberapa tujuan yang ingin diraih, mulai dari peningkatan profesionalitas personel, satuan, hingga efek politis penggentar,” ujar Jenderal Moeldoko.

Mengingat sifatnya yang sudah dinyatakan secara terbuka sebagai pre-emptive strike kepada kekuatan agresor, maka pemusnahan kekuatan agresor sejak jauh dari wilayah darat Indonesia sangat menjadi andalan.

“Peluru kendali Yakhont akan diluncurkan dari kapal perang, jarak jangkauannya sampai 300 kilometer dari titik peluncuran, itu sebagai misal,” ujar Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Marsetio, yang turut menyaksikan pembukaan Latihan Gabungan 2014 Markas Besar TNI itu.

Satu lagi yang baru namun tidak mungkin bisa diikuti mata telanjang adalah dog fight antara pesawat tempur TNI AU dengan pesawat tempur agresor dari negara Musang itu. Diskenariokan dalam latihan itu, dog fight terjadi di selatan Pulau Jawa, dekat batas terluar zone ekonomi eksklusif Indonesia.

“Peluru kendali yang baru kami miliki untuk Sukhoi Su-27/30 MKI akan kami ujicoba. Ini pertama kalinya diujicoba dalam latihan skala besar seperti ini,” kata Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI IB Putu Dunia. (sumber: simomot.com dan detik.com)

  169 Responses to “Latgab 2014, Uji Kampanye Militer”

  1. Nomor Ije

  2. 10 besar?

    • “Sedangkan, alutsista yang tak ikut diturunkan salah satunya yakni tank seberat 60 ton dari Jerman, Leopard. Tank itu masih dalam proses karantina”

      Lucu……., mending alasannya Lapangan Latihannya BELUM DISIAPKAN agar dapat didarati Leopard, Gitu aja khok Repot……….

      Sebelum meninjau garasi Leopard, Menhan dengan didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq, dan Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio, menerima paparan dari Danyon Kav 8 Letkol Kav Otto Sollu.

      Dalam paparannya Letkol Kav Otto Sollu mengungkapkan bahwa kesatuannya sudah membangun garasi serta sarana pendukung lain untuk operasional tank Leopard. Bangunan garasi “khusus” tank Leopard saat ini tersedia sebanyak 33 unit. “Masing-masing garasi ini dibuat khusus mampu menahan beban sekitar 70 ton” ===> KENAPA KHUSUS PAK ???

      • Saya kok tidak yakin Leopard tidak diturunkan, soalnya di foto bung jalo kemarin ada tuh. Kalaupun tidak diturunkan mungkin gantinya merkava, T-90 sama yg dr perancis yg turun bung…. maaf suka menghayal. 😀

    • anda kayaknya benar bunng……………

    • Adalah sangat lucu, sudah 8 (Delapan) bulan sudah Tank Leopard “Mendekam Saja” di peraduan.

      Sudah saatnya di tunjukkan dan dibuktikan, apalagi ada Momen besar ini.
      meskipun saya tidak yakin, apabila diturunkan di Latgab, tentunya sudah dipilih Track yang cocok buat dia (Leopard).

      Seharusnya kita malu sama negeri seberang, yang BERANI men Test-Drive “Pendekar”nya dulu, sebelum yakin membeli dan dikirim.

      • Bung melektech, Leo itu kan spesies khusus jadi, kandang sama jalan dan jembatan yang akan dilewatinya harus khusus juga, jadi untuk kedepannya TNI kalau beli pilihlah yang tidak memerlukan ke khususan atau yang bisa segala medan

      • kayaknya Leo nya masih di perbatasan Bung hehehe abis latihan di Ambalat kemaren,lumayan buat gertak tetangga sebelah. IMHO hehe

      • Melektech @ Salam Kenal Bung Melektech !

        Saya Setuju Analisa Bung. Sepertinya Pernyataan Bapak BJ Habibie Tentang Leo Mendekati Kebenaran….
        Kalau untuk Latihan di Batam atau Kepulauan Riau saya yakin Leo bisa jalan, soalnya struktur tanahnya mengandung Batu granit dan Tanahnya mengandung Bauksid….karena itu humus tanah di kepri tidak lebih 10 Cm….
        La dengan beban 60 Ton, belum lagi kalau Leo diisi puluhan pelurunya, dengan tanah Kalimantan yang tanahnya gambut apa jadinya ????

  3. bravo TNI no 1

  4. 5 besar yaah

  5. Mantapp…
    Gak sabar tunggu ulasan hasil latgab nya.

  6. Jejeran PT76 masih keren ya dgn 90mm barunya..hehehe..inspeksi terus Jendral..pastikan semua pasukan siap..saoam hormat jendral 😀

    • “Paradigma ancaman telah sangat jelas. TNI dituntut untuk kampanye militer,” ujar Letjen Lodewijk..

      Kampanye yg gini nih yg ngeri sedep..apalagi tambah doktrin baru..

      ‘TNI menyerang musuh yang masih berada di negaranya dan dihancurkan melalui pre-emptive strike dengan operasi militer, informasi dan operasi intelejen strategis. “Apabila gagal di negara musuh, ketika mereka dalam perjalanan, kita laksanakan operasi laut gabungan,” kata Letjen Lodewijk

      Bener2 sedep.. :mrgreen:

      • latihan Tahun ini emang bener bener buat Gertak dan kasih sinyal ke asing ya bung hehe “berani usik kami? maka negara anda akan hancur berantakan dluan,”hehehe

    • “paradigma ancaman sudah jelas….” statement ini kalau masih dianggap sepele oleh masyarakat kita, jelas akan menguntungkan antek2 asing.. 🙂 salam

  7. Pertamax gak ya…..
    Semoga semuanya berjalan lancar….. Jayalah Negeriku…..!!!

  8. test

  9. 10 besar ah..

    • Mantap… doktrin TNI yg berubah untuk mampu melakukan military campaign kepada sebuah negara.. bukan hanya bertahan dari gelombang serangan musuh di teritori sendiri, tapi menghalau musuh sebelum memasuki teritori kita dan bahkan melakukan serangan balasan ke negara asal agresor.. biar kapok sekalian dan merobohkan nyali lawan agar tidak berani lagi berurusan dengan NKRI…
      Yang menjadi poin penting adalah..
      perubahan doktrin ini pastinya didukung oleh peremajaan dan penambahan alutsista strategis di berbagai matra, karena tidak mungkin efektif doktrin TNI kita sekarang apabila hanya didukung oleh list pembelanjaan Alutsista yang di blow up di media saja.. intinya, Alutsista strategis kita yg tidak di blow up itu jumlahnya banyak dan pastinya gahar2.. so, jangan berkecil hati warjager.. NKRI harga mati.. saya bangga sebagai Warga Negara Indonesia…

      • betul bung, mosok mau nyerang darwin(kalo perang) cuma modal cakra ma nenggala doang, ngandelin sukhoi 16 biji juga mustahil. pasti ada sesuatu yg diandelin ma tni kita….
        salut buat pak moel, terus datengin alat yang gahar ya pak….

        • “Alutsista yang digunakan pasukan ini sebagian berumur tua. Tak sedikit peralatan seperti senjata hingga tank amfibi buatan tahun 1960-an.”

          Gak yakin mau nyerang Darwin modal aja kayak gini

          • Mungkin tujuan menggunakan modal perlengkapan dan senjata seadanya dalam latgab ini adalah untuk memancing negara usil makin berani kirim mainannya ke wilayah kita, sehingga bisa digunakan oleh TNI untuk latihan tembak. 😀

            NB : Hanya celoteh iseng… maaf ya.

          • setuju bung kobu

          • Belum tentu jyga negara yg pny peralatan perang canggih berani menyerang negara lain. Contoh Amerika. Sampai skrg, AS nggak berwni nyerang Iran. Malah Alqaida yg nggak pny tank, berani nyerang AS di kandangnya sndr…

      • betul bung ucav!

  10. mantap surantap persiapanny…
    TNI MANTAP!!!

  11. Sepuluh

  12. semoga sukses nd menjadikan latgab ini sebagai tolak ukur buat kedepannya…

  13. “..doktrin kampanye militer, yang baru disahkan tahun 2013” Mohon pencerahan, apa sih ini ?

    • mungkin penyerbuan pasukan berdasar analisis data intelijen kita, dimana kalo ad pergerakan pasukan negara lain yg dinilai kan menyerbu nekara kita,kita duluan yang akan memukul.
      maaf sotoy banget nih…
      bung Jalo.. gimana nih yang bener

      • Yang saya tangkep sama dg bung Djoko Djawa, sekalian salam kenal.
        Dulu doktrinnya ada musuh yg sdh menduduki wilayah RI, lalu direbut kembali. Mengingatkan kita pada kampanye penumpasan PRRI/ PERMESTA.
        Kl sekarang, musuh potensial bikin masalah digebuk di negaranya. Musuh lagi meluncur ke RI, digebuk di tengah jalan. Musuh masih sempet mendarat, ya digebuk habis2an.
        Tapi ya itu pendapat saya saja. Kalau salah tulung dibenerin. Maklum, pengamat dalam masa percobaan, he3…

  14. Jadi pengen liat ane ..latgab nanti pasti seru sebagai pesan buat tetangga” yg usil..” ente jual ane beli klo perlu ane borong dah ” kata pak moel mo muntahin semua peluru yg ada..!!! Mantaaab panglima..klo bisa tuh RUDAL nyasarin sekalian ke tetangga yg rese 100 rudal juga lumayan tuh..tar bilang az sama tuh tetangga sorry ga sengaja..!!! Abis tuh rudal ga kena kesasaran jadi nyelonong, lagian siape juga yg bisa nahan tuh rudal apelagi si YAKHONT…!!! NKRI HARGA MATI..!!!

  15. Doktrinnya sudah masuk ke pre-emptive. Pertama kali. Perubahan doktrin tentu tak asal asalan, pasti sudah yakin bahwa kekuatan yang dipunyai memenuhi syarat digunakannya doktrin tersebut. Bravo TNI.

    • Sebetulnya tema pre emptive strike pd latihan ini sudah terlebih dahulu dipraktekan oleh TNI pada aksi penggrebekan tentara malay di tanjung datuk, bahkan pihak TNI juga berhasil melumpuhkan pangkalan laut malay dinegara mereka sendiri, mantaf.
      Seandainya itu adalah dalam kondisi perang sesungguhnya maka tamatlah riwayat musuh dlm sekejab. Bravo TNI …. Jayalah para ksatria bangsa.

  16. As.wr.wb.salam knal sdra sdra …. ijin nyimak jeh

  17. Kami tunggu jurnal nya di warjag setiap hari, selama latgab

  18. Great.. Luar Biasa.. Gempuran Masive Metode Pre Emptive Stike bakal datang.. BRAVO TNI

    KARTIKA EKA PAKSI … JALESVEVA JAYAMAHE … SWA BHUWANA PAKSA

  19. Sayang helikopter apache dan tank leopard gak ikut latgab tahun ini, semoga sukses latihannya yeah

  20. Kalo menurut ane, nggak peduli alutsista lawas atau modern, yg terpenting adalah selalu berdaya guna saat diperlukan

  21. Negeri musang yang kekurangan sumber energi. Datang dari sumatra => sapa ya. Joechink ato diego garcia plus persemakmuran. :mrgreen: pre emptive strike….. keren

  22. Nunggu rilis dari para sesepuh nih

  23. bravo TNI,
    yang di artikan Negara musang adalah Sonora, Negara yg mengaku serumpun tetapi sering berbuat jahat. Musang berbulu domba.

    • sepertinya China yang dimaksud deh . Kalau musang kan ada atau tidak ada orang ya berani . Kalau sonora itu pas nya disebut negara tikus, soalny beraninya kalau g ada orang . kalau ketahuan kan tikus lari terbirit-birit , apalagi ada si leo bapaknya kucing, g bakal berani klo g keroyokan .

    • Bukannya pangkalan di selatan kta yang diisi oleh 20.000 rbu lebih marinir dan berbagai jet dan kapal perusak ya,?
      CMIIW

      Kalau dipikir2, kekuatan di selatan kita memiliki bobot mencurigakan yang lebih tinggi daripada yg di utara,

  24. Pesen jelas buat usa. ojo macem macem ama indonesia

  25. Mantap…latgab 2014
    Kata panglima TNI akan muntahkan semua amunisi….ibarat toko, TNI lgi ngadaiin grand sale bt amunisi….apa maksdnya keluarkan stock amunisi yg lama nanti akan di ganti yg baru hehehe contoh Astros II yg sayang blum dteng…KRI Bung TOMO yg juga blum dteng tpi rapopo dan walo katanya pake alusista lama tpi klo dirawat dengan baik msih bisa utk musnahkan musuh dri pada negara sebelah yg cuman koar2 tpi gak ad buktinya….sekali lagi bt TNI selamat melaksanakan tugas…NKRI Harga mati

  26. Sayang….. KS nya cuma 1, padahal udah ngarep minimal 4 lontong yg sliweran 😀

    • Ah kayak yg ga tau aja bung tedjo ini, kalo Panglima bilang satu, itu bisa diartikan 10.. atau satu skuadron… atau sau lusin… hehehehe…

    • Kalo pengen liat yang sliweran, yang nongkrongin aja di lokasi latgab yang sudah disebutkan bung. Atau dilokasi-lokasi yang sudah disebutkan Bung PS hehe

  27. Bravo TNI … bisa ga ya satu rudal nyasar ke tanjung datuk ?

  28. NKRI harga mati

  29. Mantap TNI….

  30. bung Nara,bungJalo,dan para sesepuh yang ikut latgab,latihan besar kali ini kayaknya selain untuk meningkatkan kualitas tempur TNI dan menjajal alutsista yang ada,kayaknya juga mencoba alat tempur yang baru ya, yang ga disebutkan diatas(kaya ga sesuai dengan doktrin yang baru). mungkinkah juga dijadikan ujicoba alat baru bikinan pindad,kan jadi ga kelihatan kalo bareng latihan,rudal rasa pindad yg tenfah dikembangkan mungkin. atau juga uji coba alat yang tengah ditawarkan buat tni dari produsen luar…..
    mohon pencerahannya….
    salam

  31. semoga lancar dan sukses…!,
    …nanti media tv mana saja ya yg menyiarkan…!?,
    biar menjadi liputan khusus…bukan hanya sebagai cuplikan berita…!

  32. semoga lancar dan sukses…!,
    …nanti media tv mana saja ya yg menyiarkan…!?,
    biar menjadi liputan khusus…bukan hanya sebagai cuplikan berita…!
    agar rakyat Indonesia semakin bangga dan mendukung profesionalisme TNI..
    serta program penambahan..penguatan serta modernitas alutsista TNI…., juga
    sebagai show of force…efek penggentar kepada negara manapun yg hendak
    berniat…berbuat buruk kepada Indonesia…!

    • maaf masalah jaringan…jadi double comment,
      bung admin bisa minta tlng hapus comment yg di atas ya
      biar tidak mengganggu yg lain….terima kasih !

  33. Semoga ada layangan atau sotong tetangga yang ngintip biar sekalian ngetes pensil dan sungutnya lontong .
    Dogfight nanti boleh juga agak jauh ke selatan dari ZEE kita biar sonotan bisa ikutan .
    Latgab sekarang masih bersimulasi satu negara penyerang jadi Cakra dan Nenggala bersaudara cuma satu yang ikutan .
    Nunggu latgab dengan simulasi 4 negara penyerang itu baru akan sangat menggentarkan .

    • Kemampuan TNI menyesuaikan doktrin atau doktrin menyesuaikan kemampuan TNI ?
      Perubahan doktrin dari defensive active menjadi pre-emptive merupakan suatu hal yang luarbiasa bagi saya karena pasti disebabkan hal yang tidak biasa.
      Kalau sekedar low profile bisa saja kemampuan sudah mampu pre-emptive tapi doktrin tetap defensive aktif.
      Sungguh sangat ngawur kalau pemerintah merubah doktrin TNI untuk pre-emptive sementara kemampuan untuk defensive aktif saja tidak mencukupi.
      Negeri ini sudah malang melintang di segala medan pertempuran untuk mempertahankan eksistensinya , jadi para pemimpin Negara dan militer tentu tidak sembrono merubah doktrin sekedar penggentar musuh dari luar .
      Pemerintah melalui skenario latgab ini seakan menyiratkan kemampuan TNI yang sudah mampu untuk melakukan pre-emptive walo di depan umum mengesankan ketertinggalan alutsista.
      Kita hanya bisa menduga-duga saja kemampuan tersembunyi TNI yang disamarkan agar rakyat tidak larut dalam euforia .
      Semoga prasangka baik ini benar adanya , dengan TNI yang kuat, jayalah negeriku .

      • Saya setuju sekali dengan anda bung. Perubahan doktrin harus didukung dengan kemampuan alutsista. Bagaimana mungkin bisa pre emtive strike klo rudal nya hanya menggunakan jangkauan maks 300KM ya walaupun mungkin jika yg bawa KRI sampai ZEE terluar, atau KS yg infiltrasi sampai perairan lawan, dan Pespur yang bisa menjangkau daratan lawan. Yang jelas untuk mendukung doktrin pre emtive strike ini harus didukung kemampuan dan kekuatan baik secara kualitas maupun kuantitas untu bisa memproyeksikan penyerangan ke negara negara yg berpotensi menjadi musuh disekeliling kita.

  34. tinggal nunggu aja reportnya dari Komandan Nara

  35. kok susah sekali ya masuk home JKGR ,nggak kayak biasanya lancar-lancar aja……??
    apa karena Hp ane minta ganti baru lagi ya. 😀
    mudah-mudahan latgabnya lancar & selamat latihan untuk penerapan doktrin baru ” pre-emtive strike ”

    selamat pgi para sesepuh & teman-teman warjagers semua.

    Bravo TNI

  36. tank leopardnya koq gak ikut???

  37. Bung EH bawa apa ya? Typhon atau jin rafa? Sesepuh 10 hari kedepan bakal sedikit komentar soalnya sedang sibuk.

  38. Bung EH bawa apa ya? Typhon atau jin rafa? Sesepuh 10 hari kedepan bakal sedikit komentar soalnya sedang sibuk. Bung LS bawa leo nggak? Bung PS bawa akula tuch

  39. 8 su 30 MKI? Sukhoi indonesiakan mk2? MKI kan sukhoinya sakh rukh khan?? hehe

  40. saat latihan nanti pasti ada yg ngintip entah di tempat latihan maupun nyoba untuk usil nyelonong di tempat lain, tetap waspada, bravo tni

  41. Semoga Latgab sukses dan lancar. Dan semoga nantinya kembali ke barak dengan keadaan sehat2 semua. Amin. Bravo TNI. NKRI harga mati.

  42. semoga Latgab 2014 bisa muncul video seperti ini :mrgreen:

    http://youtu.be/v71eF8HdZb8

  43. Bung Minoritas,
    Kemampuan TNI menyesuaikan doktrin atau doktrin menyesuaikan kemampuan TNI ?
    Perubahan doktrin dari defensive active menjadi pre-emptive merupakan suatu hal yang luarbiasa bagi saya karena pasti disebabkan hal yang tidak biasa.
    Kalau sekedar low profile bisa saja kemampuan sudah mampu pre-emptive tapi doktrin tetap defensive aktif.
    Sungguh sangat ngawur kalau pemerintah merubah doktrin TNI untuk pre-emptive sementara kemampuan untuk defensive aktif saja tidak mencukupi.
    Negeri ini sudah malang melintang di segala medan pertempuran untuk mempertahankan eksistensinya , jadi para pemimpin Negara dan militer tentu tidak sembrono merubah doktrin sekedar penggentar musuh dari luar .
    Pemerintah melalui skenario latgab ini seakan menyiratkan kemampuan TNI yang sudah mampu untuk melakukan pre-emptive walo di depan umum mengesankan ketertinggalan alutsista.
    Kita hanya bisa menduga-duga saja kemampuan tersembunyi TNI yang disamarkan agar rakyat tidak larut dalam euforia .
    Semoga prasangka baik ini benar adanya , dengan TNI yang kuat, jayalah Indonesia.

    • betul bung awan, menurut saya pernyataan perubahan doktrin TNI tersebut sudah cukup sebagai konfirmasi kekuatan TNI saat ini dan yang akan dibangun dimasa depan, biarlah keberadaan hiu, paus, dan layangan top secret tersebut tetap menjadi rahasia (bagi saya), (hiks) bung nara, bung PS, bung Ngurah, bung Erich anda bikin saya iri

  44. Met pagi kawan-kawan…
    Usul neh buat admin, situs nya dibikin ringkas dan ringan dunk. Masa makin bnyk koment, makin berat n susye buat masup…

  45. Siap2 nongkrong bersama anak2 di selatan Lanud Iswahyudi Maospati Magetan, menikmati take off pesawat tempur.

  46. Perasaan saya alutsista strategis diselipkan dalam latihan tapi tidak diumbar tahu2 ada serangan saja. Skenarionya rahasia

  47. Semangat dan selamat buat latgab 2014..semoga sukses!!
    Tema latgab adalah pre-emtive strike namun list alutsistanya….hehehe :p
    Ada yg disembunyiin dari list karena belum diakui secara tersurat..keukeh banget nih TNI 🙂
    Semoga aja ada lipsus dr TV ttg latgab bukan hanya cuplikan dari dispen TNI yg pastinya udah masuk sensor, hohoho
    Buat bung nara, jalo, erich, SS, PS, LS dll yg ikut latgab ditunggu FR nya bung
    JAYA NKRI!!!

  48. Semoga sukses & Lancar Latgab TNI 2014..

    Ditunggu dokumentasi & jurnalnya dari para narasumber yg ikut Latgab ini. Bung@PS, PW, KRI, Lare Sarkem, Om Satrio & Om Nara.. Tdk ketinggalan jg Bung@Jalo sbgai Paparazzi nya Warjag 🙂

    • salam bung DK

      Para sesepuh pada ga comen nh bung,soalnya lgi mantengin mainan baru TNI di Latgab nnti..
      yaaa,smoga ya bung dpt gambar mainan Ghoibnya walaupun dikit”…

      biar pada kerokan para Hoaxer, hahaha

      Salam NKRI

  49. Para sesepuh ga ada yang komen neh, salam NKRI

  50. belajar komen ah, mengapa cuma 1 KS yang diturunkan ? karena kalo disebutin 2 KS kan selama ini timbul pertanyaan “2 KS dipakai latgab semua terus yang ronda siapa ?” nah sekarang kan jawabnya enak 1 dipakai latgab, 1 lagi yang ngeronda.. hmm pinter juga ya… :mrgreen:

  51. Slam hangat bung @EG lama jadi SR gatel juga tangan,melihat TNI yg makin gahar :))
    Ingat Slogan yang di katakan sesepuh dimari

    bagi TNI “Jujur itu dosa, dan Berbohong itu Halal”

    Banyak alusista Ghaib di Indonesia ini Bung, Sonotan pernah merasakan pahitnya kena damprat si Ibu Minah + Es PMU di papua… 1 drone dan 2 F18 jadi mercon diudara.. hihi

    Salam NKRI

    • @bung gogon bukan ghaib bung, cuma karena keterbatasan dimensi kita saja, kita yang awam ingin tahu masalah2 yg tergolong rahasia negara, seumpama kita ngobrol sama dukun (hahahaha) cuman bisa denger ceritanya sajah (coba minta foto pocong, kunti dkk kepada mereka dan bilang “hura percoyo….dst.” hehehe), marilah kita cermati sumbangan tulisan, analisa maupun komen dari warjagers (yg saya yakin pintar2 semua) dan tarik kesimpulan sesuai keyakinan anda sendiri hehehehe, salam kenal dari sesama “SR gatel” bung gogon

    • Gogon @ Salam kenal….
      Saya merasa aneh saja kalau benar ada 2 F18
      kena rudal kita ngak jadi pemberitaan heboh di Australia dan Dunia….
      Beberapa Pesawat AS, Israel yang dirudal Iran, Siria dan Rusia tidak ada satupun yang luput dari pemberitaan CNN, Aljazerah dll. Begitu juga katanya ada yang kena torpedo …….

  52. Negara yang kekurangan sumber daya alam itu pasti Amerika Serikat. Disusul negara kawasan jepang, china, australia, india. Singapura itu negara dagang. Kekuatan musuh 1 divisiyang siap mendarat di jawa itu marinir AS yang ada di darwin. Penggunaan pangkalan aju musuh pastidatang dari 7th fleet USA via filipina malaysia dan singapura. Mana kira2 pangkalan aju yang akan di musnahkanlebih dulu?

  53. Dari TNI AL sebanyak 32 kapal perang yaitu satu kapal selam, enam “perahu karet, dua kapal BTD, enam kapal PKR, tiga kapal KCR, satu kapal KCT, satu kapal LPD, tiga kapal ATF, lima kapal AT, satu BR, dan satu kapal PR.”
    —————————–
    6 PKR = Patroli Kawal Rudal ??
    1 PR = Perusak Rudal kah ????? Penjelajah Rudal kah ??????@#$÷×
    BR, AT, ATF = ………… ini gak tau apaan?

    • Rupanya ini, my bad:

      Arti dari singkatan-singkatan yang dipakai oleh TNI-AL untuk fungsi KRI:

      * ASG – Kapal Angkut Serba Guna
      * AT – Kapal Angkut Tank
      * BA – Kapal Bengkel Apung / Repair
      * BAP – Kapal Bantu Angkut Personel
      * BCM – Bantu Cair Minyak / Kapal Tanker
      * BHO – Kapal Bantu Hidro Oseanografi
      * BR – Kapal Buru Ranjau
      * BTD – Kapal Bantu Tunda
      * BU – Kapal Bantu Umum

      * KCR – Kapal Cepat Rudal
      * KCT – Kapal Cepat Torpedo
      * LAT – Kapal Latih
      * MA – Kapal Markas
      * PC – Kapal Patroli Cepat
      * PK – Kapal Perusak Kawal
      * PKR – Kapal Perusak Kawal Rudal
      * PR – Kapal Penyapu Ranjau
      * KS – Kapal Selam

  54. cepet-cepet pengen liat video ato foto2 dari latgabnya nih….siapa tau aja ada penampakan yg bikin merinding hiiiiiiiii…seremmmmmmm…. Di tungu foto n videonya ya para komandan sekalian…salam hormat kami dari rakyat sipil biasa…NKRI Harga Mati

  55. Latgab tahun ini syarat keanehan dan misteri.

    Pertama, nguji doktrin pre-emtive strike dengan alutsista jadul. Tetapi ada alutsista yang tak bisa diamati dengan mata telanjang.

    Kedua, jauh hari sebelum latgab dog fight di selatan ini, lanud iswahyudi sempat dikosongkan (disterilkan). Mengapa? Adakah pesawat baru yang kehadirannya sangat disembunyikan, bahkan dogfight saja ga mau didokumentasikan dengan video?

    Ketiga, ada yang khusus dari anoa yang dilibatkan, cuma 1 anoa komando. Ini anoa pasti special isi dan perannya. Kayaknya nguji coba alat, koneksi dan jaringan baru ini.

  56. q tunggu fotonya latgab bung admin

  57. Slmt pagi om Gondrong, sy sepakat soal respon rakyat thd latgab ini, kemajuan besar tlh ditancapkan oleh pemikir2 strategis kita pre emp strke, selain uji doktr nampaknya pesan yg jelas sdh disampaikan bhw jangan pernah bermimpi utk membalkanisasi RI ataupun jngn lg bermimpi utk mengulang sukses mrk di th 60 an, jngn lg ada darah jutaan rakyat tdk brdosa tertumpah sia2, fondasinya sdh digelar tinggal generasi berikut brkewajiban mengasahnya.

  58. Bung jalo kok gak nongol nongol ya. Apa lagi sibuk nyiapin kamera resolusi tinggi?

  59. Bicara soal latihan mungkin bs mengumpamakan ke team sepak bola, klo latihan biasanya team sepak bola g mungkin pake jersey asli. Begitupun sepatu pemainnya… maaf ngawur lagi..

  60. Bung jalo, bung nara…di latgab sudah muncul slava class belum ya?

  61. TNi makin gagah. Bravo prajurit tni..

  62. Lagi mancing di tambak belakang bandara lama juanda barangkali ada penampakan ajaib muncul .kemaren baru f16 yg muncul …gak tau kalau malam munculnya..
    salam

  63. Alutsista yang gahar belum nampak
    baru helo ini yang datang
    http://lookpic.com/O/i2/1287/E4woPogv.jpeg

    • dimana itu bung kok kayak di lapangan bola dekat pemukiman. pasti jadi rame nih ya masyarakat pada ngumpul. Bisa digambarin suasananya pas 6 helo terbang semua?

  64. Menunggu ALutsista yg kasat mata di tongolin, ngarep.com

  65. jo lali nggowo kopi karo udud..karo potoen..salam kenal bung pitik.

  66. salam persatuan dan kesatuan ….

    BRAVO TNI, BRAVO NKRI

  67. Yakin KS yg ikut latihan cuma 1 unit? Atau mksud nya 1 ska?

    • @bung BRICI, mari bersama2 kita tunggu laporan dari para “Paranormal” yang memiliki kemampuan penerawangan ke alam gaib LATGAB bung, hehehehehehehehe, itupun dengan catatan kalau Beliau2 sudi berbagi informasi bung, salam kenal buat bung BRICI

  68. Dengan membaca kalimat Bismillahirrahmaanirrohim “SELAMAT DATANG LATGAB TNI, SELAMAT BERTUGAS WAHAI PARA HULUBALANG NEGERI INI, ASAHLAH, DAN TUNJUKKANLAH KEMAMPUANMU KEPADA MATA DUNIA AGAR TIDAK MACAM MACAM DENGAN NEGERI INI.. KOBARKANLAH SEMANGATMU WAHAI PARA HULUBALANG UNTUK MENJAGA IBU PERTIWI DARI GANGGUAN ASING..”

    do’a SR yang tak mernah melewatkan JKGR selama hampir 3 tahun..

  69. dah lama mantengin ni forum, baru skr saya ikut rembuk dimari…oya, ada yang mau saya tanya nih, mungkin para sepuh di sini ada yang tau…”entah sudah berapa hari team (mungkin dari AD) yang melanglang buana ke Ruskie dan beberapa negara Eropa, skr mungkin dah balik”…apakah ada yang special yang dilihat/dibawa dari sana???…

  70. Ikut jawab ngawur ya… ini untuk ditunjukkan sama negeri ASU dan konco2nya, bahwa kekuatan TNI sekarang sudah setara dengan mereka, di item tertentu malah lebih gahar bung…. hehehe…. maaf kebanyakan mimpi. 😀

    • Setara apanya? Lha mbok liat itu yg dijejer PT-76 segitu banyaknya, berarti kita lebih hebat dari ASU, secara di ASU barang kaya gitu kalau mau liat harus bayar karcis masuk musium hehehe 😀

      Yg aku heran kok ada “efek politis penggentar” sebagai tujuan latgab, makanya aku tanya, negara manakah yg masih bisa “digentarkan” dengan melihat aksi alutsista alutsista seperti yg tersebut dalam artikel diatas?

      Sulu? 😀
      Timor Leste? 😀

      • setuju bung, sbnr nya sebagai masy awam, saya juga pingin lihat alutsista gahar kita yg tersembunyi.
        mudah2an pemerintah mau berbaik hati menampilkan alutsista gahar yg tersembunyi walau cuma sekilas..
        hehehe

    • untuk senjata pamungkas tidak perlu dikeluarkan kalau memang tidak perlu sekali, karena itu sebagai kartu truf..kalau latihan ya…secukunya…sajalah

      • Lha itu yg tak pertanyakan, kenapa ada “efek politis penggentar” sebagai tujuan latgab kalau show of force-nya gak ada?

        Sapa yg gentar liat alutsista jadul gitu? Salah salah malah gembar gembor ketinggian jargon justru makin banyak satire di media Sonotan 😀

        • Show of force nya langsung ke target bung (Tentara musuh) dengan nge lock kapal TDLM di tanjung Datu dari 4KS sekaligus dan visual Platyphus dan Flangker plus persenjataan lengkapnya.
          Sepertinya strategi TNI seperti itu. Show of force nya dgn diizinkannya mempublish melalui media ini kepada rakyat NKRI tercinta walaupun diragukan validitasnya.
          Yang jelas yang perlu digentarkan bukan rakyat sipil seperti kita, tapi fihak asing yang beberapa diantaranya sudah dikasih shock therapy.
          Saya setuju, tujuan latgab ini adalah ujicoba doktrin pre emptive strike gabungan 3 matra dan efek penggentar buat musuh, efek politisnya adalah lokasi latgab ini menunjukkan potensi arah datangnya musuh (tinggal ditebak tebak siapa musuh yg datang dari arah tersebut). Apakah dgn alutsista yang dipublish itu akan mengentarkan musuh? Tentu tidak dan untuk tercapainya tujan latgab diatas, serta untuk menggentarkan musuh yg bisa kita tebak siapa, maka bisa diperkirakan kualitas alustista yg sebetulnya digunakan adalah minimal sama atau melebihi kekuatan musuh yg bisa ditebak tersebut.

        • Efek politis penggentarnya dengan statemen petinggi TNI dalam latgab ini, negara yg berpotensi menjadi musuh akan menegakkan telinganya, dan membuka mata mereka lebar lebar. Menggunakan satelit, pengintai, dan segala ressources yang mereka punya untuk mengetahui apa yang “menggentarkan” di latgab tersebut yg memang sengaja tdk di publish. Atau jangan-jangan TNI sengaja agar ada musuh yg masuk mengintai Latgab ini seperti yg sudah sudah dan menjadikannya real target uji alutsista yang kita punya. Real target yang dihancurkan ini juga bisa menjadi penggentar dan peringatan bagi yang mau coba coba loh.

  71. Apakah Indonesia punya tank lain sekelas leo, selain leo, scorpion, dan yg dipakai marinir?

    • Leopard 2A6 punya bodi baja yang sangat tebal, semoga ada industri dalam negeri yang menconteknya dengan membuat IFV dengan bodi baja yang tebal yang minimal tahan terhadap RPG dan ranjau darat.
      Salam….

      • Dan, semoga Pindad juga membuat tank yang memiliki kemampuan 1 tank seperti 4-5 tank; tahan terhadap roket dan artileri tank lawan dalam durasi yang lebih lama (sangat lama) dari tank-tank biasa. Sehingga, akan efektif dalam pertempuran dan lebih hemat dari segi biaya.
        Terima kasih.

  72. Smg Latgabny brjln sukses. Krn ini adalh latgab trbesar yg prnah dilkukn olh TNI dg mlibatkn arsenal dn pasukn tempur trbaik. Sbg sarana psywar bgi syppun yg mw mngusik kdaulatan NKRI. Bisa dpastikn tetangga sbelah pd ngintip dr kjauhan sambil bisik2 dn brdebar mlihat superioritas arsenal tempur TNI. Jayalah Bangsaku Jayalah TNI ku.

  73. Tinggal nungguin oleh oleh dari sesepuh yang ikut LATGAB…

  74. menantikan kelanjutan “secuil kisah awak Hiu Kencana jilid 9”
    #ngarep.com 😀
    salam NKRI…..!!!!

  75. sekedar penerawangan tanpa memaksa tu dipercaya kebenaranya…?
    “..mengapa kekuatan paman sam sekarang dialihkan kewilayah nyi loro kidul..
    karena mereka melihat paradigma belakangan ini dimana negeri panda melakukan gerakan invasi baik laut tao udara dikawasan asia tenggara khususnya pada sekutu paman sam.
    negeri panda melakukannya karena mereka ingin memecah konsentrasi paman sam yg slama ini melakukan teror di negeri2 para nabi.apalagi sebagaian negeri tersebut adalah sekutu negeri panda/beruang.
    begitupun jua akibat sekutu2nya diteror habis2an..negeri beruang merahpun melakukan invasi pada negeri2 disebagaian daratan eropa yang berakibat semakin bingungnya paman sam akan keputusan apa yang harus dipilih !!!!

  76. Nggak tau bner apa nggak ya, klo defensif-ofensif mungkin maksudnya nunggu musuh menyerang masuk wilayah kita dulu baru dihajar balik sampai ke wilayahnya, bersifat reaktif. Klo Pre emtive strike, musuh sudah niat dan bergerak menyerang tapi di masih di wilayahnya sendiri sudah dihajar duluan sehingga kehilangan kemampuan menyerangnya. Makanya untuk pre emtive strike terdiri dari operasi militer, operasi intelejen, dan operasi informasi. Bersifat agresive. Maaf klo salah, biar rekan2 yg lbh faham yg memperjelas.

  77. preemptive= jarak jauh= radar canggih= rudal jelajah= pespur canggih= perang bvr = su 35= yakhont= s club= kripton= vls= mbda = astros= ks cruiser= pusing dah gua

    • Menurut Saya Kalau Mau Tujuan Latgab Untuk Mengetarkan Sonotan, Sonara atau Negara Manapun Juga, Ikuti langkah yang dilakukan Presiden Soekarno Sewaktu mengkomandokan Operasi Mandala dengan mengelar pesawat tempur, Pesawat pembom, dan KRI Irian dkk, Wiskey class dkk, langsung Amerika dan Eropah blingsatan ketakutan dan mendesak Belanda angkat kaki dari tanah Papua.

      Irian Barat kembali kepangkuan Ibu pertiwi tanpa Alutsista tersebut memuntahkan seputir pelurupun untuk merebut Irian Jaya/Papua.

      Saya mengidam-idamkan Suatu Saat Ladgab TNI dapat mengikuti apa yang pernah dilakukan Presiden Soekarno, dengan menggelar Alutsista tercanggih dan tergaharnya, dengan tujuan sebagai pengingat agar jangan negara lain coba-coba main api dengan NKRI.

      Mencegah perang jauh lebih murah biayanya dibandinghkan perang sesungguhnya.

      Bravo untuk TNI, Jayalah NKRI Ku.

  78. mantap doktrinnya

  79. Bung Nara,
    sepertinya yang nomer “6. Latgab 2014 merupakan latgab pertama yang mengujicobakan operasional senjata strategis diluar wilayah Zona Ekonomi Eksklusif ZEE 200 mil laut.” yang ditunggu-tunggu rakyat Indonesia juga para musuh Indonesia .

    • titip di fotoan barang sebiji ndan…..

      • harusnya para capres di ajak nonton sekalian. sembari memberi tahu apa yang telah di capai pak Beye juga menjadi acuan kelak apa yang masih kurang atau mana yang perlu diperbaiki dan di tambah…..

        selamat bertugas ndan….

      • Salam hangat bung Nara..

        Tolong di share dimari dikiiit aja ndan,Ntuh Hoaxer biar pada kerokan dan kpalanya siap” di tutupin ember ndan..hihihi
        kalo bisa si Hiu dan baracuda ada ga ndan Nara…?

        Salam NKRI

    • @bung nara : untuk no. 3, apakah ini berarti pula peningkatan peran agen di “tingkat external” dlm menggali informasi? selamat kepada tni dlm menorehkan sejarah baru & sgt ditunggu artikelnya 🙂

      • latpur ini adalah jawaban atas pergerakan sonotan plus asu 2020 ya ndan…
        thanks jadi adem ati saya..
        kemarin kemarin sebelum leak A1 alutsistanya gencar..
        ngumpat ngumpat saya.. asem sonotan membangun strike force sing edan..kl gini ceritanya mereka merencanakan skenario busuk…
        nggak ada niatan soadaraan bin tetanggaan..sekali agresor tetep agresor…
        mana pake menjahit “itu” dua biji.
        kl dia menjahit jenis itu, malah sampai 2 biji, dipastikan NIAT nya sudah ga bener sama kita…
        mana asu sudah mengepung… bajigur ngapain asu ngepung..

        weleh-weleh….
        ngajak main kembang api si sonotan cs..
        lalu yg membanggakan, melihat, mencermati,ternyata bapak yg tinggi itu sudah menyiapkan WELCOMING PARTY…
        lalu bilang SURPRISE..

    • Bung Nara,
      Setelah TFG apa lanjut ke muntahin amunisi tajam juga ?
      itu TFG nya masih satu front penyerang atau lebih dari satu Bung 😀

      • Bung Nara,
        itu 2 red force berasal dari arah berlainan atau 2 red force dari arah sama ?
        Satu force dalam latgab itu mewakili brapa % kekuatan sesungguhnya ?
        Lokasi diluar ZEE apa dekat sonotan ?
        Kalau iya apakah memang sengaja show of force 😀 ?

      • maaf bung Nara..kapal induk siapa ini??LHD juga kita belum ada kan…

    • Bang.. nitip uraian yg No. 7 yah.., soalnya ulasannya kurang banyak di warjag ini..
      thx bfr

  80. siap ndan….

  81. Ane nunggu film nyang tar malam aja dah,..

  82. ndan nara : …..dengan dukungan kapal induk ? & LDH…. nah lho??? mainan baru lagi nih ndan? 🙂

  83. Hmmm…TNI berani gak ya bikin strategi kyk gini :mrgreen:

    “Setelah melakukan gerakan tipu di laut utara sehingga kita fokus ke lautan, karena mengetahui kelemahan kita dlm anti serangan udara secara mengejutkan Pasukan musuh menerjunkan paratroopers sebanyak satu divisi di wilayah tanggerang dan cengkareng untuk kemudian merebut halim dan SHIA sehingga tertutuplah jakarta dari udara.kemudian musuh mendaratkan peralatan berat di halim secara airborne sehingga musuh memiliki bantuan tembakan artileri dan armoured vehicle/light tank.kemudian meraka segera melakukan doorstoot langsung ke jantung jakarta…saat kita sibuk mempertahankan jakarta,musuh melakukan pendaratan laut di pantai selatan jawa tengah untuk menggulung sentra sentra militer darat kita yg terpusat di jawa tengah dan dgn cepat menuju surabaya yg sdh di kosongkan armada kita yg tertipu gerakan palsu musuh di laut utara.secara de facto jawa sdh di kuasai musuh…”

    Silakan di analisa kamerad sekalian…

  84. wow dengan 2 red force dan 1 blue force aja tni udh siap, semangat ndan nara, bbrp wktu yll iring2an kendaraan tempur sudah melintasi probolinggo menuju situbondo, dan di juanda skg ini info dr teman bnyk penampakan aneh2, hehe

  85. mantap kt punya kpl induk?
    brafo tni

 Leave a Reply