JakartaGreater.com - Forum Militer
Apr 242018
 

Banten, Jakartagreater.com – Dalam rangka menindaklanjuti perintah Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han), tentang direktif latihan “Back To Basic” Kormar 2018.

Korps Marinir TNI – AL mengadakan latihan guna meningkatkan kesiapan satuan dan mewujudkan postur prajurit petarung Korps Marinir yang tanggap, tanggon dan trengginas serta profesional. Latihan dilaksanakan pada 24 April 2018 di daerah latihan pantai Caringin Kecamatan Labuan, Pandeglang Banten dan sekitarnya.

Latihan “Back To Basic” Korps Marinir ini dibuka langsung oleh Kas Kormar Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto. Upacara pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan kepada perwakilan Penyelenggara, Perwira pelaksana latihan (Palaklat), Penilai dan Pelaku Latihan.

Latihan digelar dalam kurun waktu waktu 10 hari ini dengan melibatkan pelatih dan pendukung yang profesional dari Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) serta pelaku yang berasal Pasmar-1 , Pasmar-2 dan Brigif-3 Mar.

Materi latihan “Back To Basic” Kormar terbagi dalam dua kategori yakni materi perorangan (Latihan teknis aspek darat dan latihan teknis aspek laut) dan materi satuan tingkat Kompi (Latihan taktis aspek darat dan latihan taktis aspek laut). Latihan dibagi dalm empat sektor latihan yakni Sektor I Latnis Aspek Laut, Sektor II Lattis Aspek Laut, Sektor III Lattis Aspek Darat dan Sektor IV Latnis Aspek Darat.

“Korps Marinir merasa perlu untuk mengadakan suatu upaya kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan kemampuan dan keterampilan bagi seluruh personel Korps Marinir dan khususnya para personel satuan tempur yang ada di jajaran Korps Marinir, yaitu melalui latihan “Back To Basic” Korps Marinir, yang mana rangkaian kegiatan latihan ini merupakan manifestasi dari tekat Korps Marinir untuk selalu mengedepankan kesiapsiagaan operasional satuan melalui pola pembinaan secara kontinyu dan berkesinambungan dan tetap berorientasi kepada keseimbangan aspek internal maupum eksternal,”pungkas orang nomer satu di jajaran baret ungu.

Lebih lanjut, Dankormar menambahkan latihan “Back To Basic” Korps Marinir ini, sangat tepat karena merupakan sarana yang dapat untuk lebih meningkatkan kesiapsiagaan terhadap situasi yang ada serta untuk memupuk jiwa militansi, karakter dan jati diri Korps Marinir, sehingga kedepan prajurit Korps Marinir akan semakin siap menghadapi situasi apapun serta memiliki tanggung jawab terhadap setiap tugas yang diberikan oleh negara dan bangsa.

Mengakhiri amanatnya Dankormar menekankan agar memegang teguh disiplin dan tingkatkan ketaqwaan kepada tuhan YME, dengan selalu memohon perlindungan, agar setiap langkah mendapatkan petunjuk dan bimbinganya, laksanakan latihan ini dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga latihan ini benar – benar bemanfaat bagi diri pribadi dan satuan serta tetap laksanakan prosesur keamanan baik personel maupun material guna menghindari kerugian terhadap personil dan material serta berorientasi kepada “Zero Accident”.

Dalam upacara pembukaan latihan “Back To Basic” ini dihadiri oleh , Wadan Pasmar 2 Kolonel Mar Sarjito, Wadan Pasmar – 1 Kolonel Mar Siswoto, Asops Dankormar Kolonel Mar Y. Rudy Sulistyanto, Aspotmar Kolonel Mar Baidhowi Oktafidia, Kadisminpres Kormar Kolonel Mar Agus Gunawan. (Dispen Kormar).

Berbagi

 Leave a Reply