Aug 092018
 

Waktu luang untuk bersantai pada akhir pekan dan para Instruktur Australia berkunjung ke Candi Borobudur dan Candi Prambanan, dan tempat-tempat wisata lainnya bersama rekan-rekan mereka dari Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad.

Salatiga, Jakartagreater.com – Menyusul keberhasilan Mobile Training Team (MTT) perdana dari Australia pada 2011, untuk mendukung pengembangan pelatihan infanteri mekanis TNI AD, Latma Rhino Ausindo diselenggarakan 7 sampai dengan 16 Agustus 2018 mendatang di Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad di Salatiga.

Dalam Sambutanya Danyonif Mekanis Raider 411 Kostarad Letkol Inf Widi Rahman S.H. Mengatakan “Latihan tersebut melibatkan 60 peserta TNI AD dari Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa. Tim Pelatih Australia berasal dari Batalion 5 (Mekanis) dan Resimen Lapis Baja 1 (Tank) di mana sebagian dari Brigade 1 (Mekanis) bermarkas di Darwin.

Program pelatihan tersebut dikembangkan secara khusus untuk Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad dan difokuskan pada teori Coy dan operasi mekanis M113 dan disusul dengan pelatihan praktis pada tingkat peleton dengan menggunakan Ranpur M113.

Sepanjang Rhino Ausindo digelar para Instruktur Australia sangat terkesan dengan antusiasme seluruh peserta dan melihat banyaknya pertanyaan yang diangkat selama sesi tanya-jawab mereka juga terkesan dengan kecepatan pemahaman para peserta.

Selain melakukan pelatihan dengan keras, ada pula waktu luang untuk bersantai pada akhir pekan dan para Instruktur Australia berkunjung ke Candi Borobudur dan Candi Prambanan, dan tempat-tempat wisata lainnya bersama rekan-rekan mereka dari Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad.

Interaksi yang santai antara personel Angkatan Darat Australia dan TNI AD mencerminkan sehatnya hubungan dan kukuhnya persahabatan, khususnya antara anggota Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad dan Brigade 1 (Mekanis).

Hubungan pada tingkat antar-individu dan antar-unit merupakan pondasi di mana kedua Angkatan Darat berupaya untuk semakin meningkatkan kemitraan yang strategis. (Penkostrad).

 Leave a Reply