Mar 192019
 

Surabaya, Jakartagreater.com – Sekretaris Lembaga Akademi Angkatan Laut (Seklem AAL) Kolonel Laut (P) Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han) didampingi Komandan Resimen AAL Kolonel Laut (P) Isswarto turut melepas (Satlat Lattek).

Lattek Prajalasesya kali ini diikuti 108 Taruna AAL tingkat I angkatan ke-67 dengan menggunakan KRI Dewaruci, salah satu unsur dari Satban Koarmada II, akan melaksanakan pelayaran selama 14 hari.

Upacara pelepasan dipimpin Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si pada Senin 18-3-2019 di Dermaga Madura, Koarmada II, Ujung, Surabaya. Hadir dalam upacara tersebut Kaskoarmada II Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono serta para Asisten Pangkoarmada II.

Lattek Prajalasesya kali ini diikuti 108 Taruna AAL tingkat I angkatan ke-67 dengan menggunakan KRI Dewaruci, salah satu unsur dari Satban Koarmada II, akan melaksanakan pelayaran selama 14 hari mulai tanggal 18 sampai dengan tanggal 31 Maret 2019 dengan rute pelayaran Surabaya – Kotabaru – Balikpapan dan kembali ke pangkalan Surabaya.

Selama pelayaran para Taruna AAL berlatih tentang kehidupan khas prajurit TNI AL di atas kapal perang diantaranya latihan peran kebakaran, peran kebocoran, peran tempur dan peran peninggalan.

Selain itu mereka juga berlatih untuk dinas jaga laut seperti jaga anjungan, pengawas jaga, jaga kamar mesin dan dinas jaga darat saat kapal berlabuh. Hal ini untuk memperkenalkan, mengetahui dan menghayati tata cara kehidupan prajurit TNI AL agar memiliki daya tahan fisik dan mental sesuai dengan tuntutan kebutuhan sebagai prajurit matra laut.

Sedangkan saat berlabuh di pelabuhan singgah, para Taruna AAL melaksanakan kegiatan kunjungan ke pejabat instansi setempat dan melaksanakan sosialisasi dan promosi tentang Akademi Angkatan Laut kepada siswa-siswi sekolah menengah atas untuk bergabung dan mendaftar sebagai Taruna Akademi Angkatan Laut. (Bagpen AAL)