Sep 122017
 

dok. Jungle survival Marinir TNI AL dan USMC (USMC)

Banyuwangi – Prajurit Marinir Indonesia berbagi ilmu dengan Marinir Amerika Serikat (USMC) mengenai cara bertahan hidup di hutan, dalam latihan bersama dengan sandi “Cooperation Afloat Readiness and Training” (CARAT) 2017, Senin 11-9-2017 di hutan Selogiri, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Salah satu pelatih Marinir TNI AL yang bertugas memberikan penjelasan cara bertahan hidup di hutan (jungle survival) adalah Serka Ahmad Syaifur. Serka Syaifur beserta sejumlah pelatih dari Batalion Infanteri-3 Marinir lainnya memberikan penjelasan serta memperkenalkan sekaligus mempraktikkan cara menangkap dan memasak sejumlah binatang buas, antara lain biawak dan ular.

Mereka juga memperkenalkan berbagai jenis tanaman di hutan yang dapat dimakan secara langsung tanpa harus dimasak terlebih dulu oleh prajurit, demikian pula tanaman yang tidak bisa dimakan alias berbahaya bagi tubuh.

Prajurit Marinir kedua negara terlihat antusias dalam mengikuti materi latihan yang diberikan oleh para pelatih Korps Marinir TNI AL tersebut. Bahkan beberapa di antara prajurit marinir AS itu ada yang berusaha mencoba menangkap ular dan biawak.

Meski semula prajurit USMC itu terlihat enggan untuk memakan karena geli, tetapi akhirnya mereka mau mencoba melahap sejumlah makanan dari bahan botani dan hewani yang sudah dicontohkan terlebih dahulu oleh para pelatih.

Kegiatan yang dipantau oleh Perwira Pelaksana Latihan  Letkol (Mar) Prasetyo Pinandito, perwira dari Itjenal Letkol (Mar) Hermawan Prasetyo Budi, dan perwira dari Pasmar-1 Letkol (Mar) Kusyuwono ini, merupakan bagian dari rangkaian latihan bersandi CARAT 2017 yang berlangsung hingga 12 September 2017. (Antara).

  21 Responses to “Latihan Jungle Survival Marinir dan USMC”

  1. hiiiiiii atut…python ngeri bgt…liat aja bergidik…

  2. Jangan banyak2 ngasih ilmunya

    Ntar tentara as gampang mencari kelemahan TNI

  3. tentunya TNI juga gak semua ngasih ilmunya ke marinir amrik

  4. tentara negara adidaya aja masi belajar sama tni….

  5. Dan prajurit US NAVY kehilangan selera makannya

  6. Hallo TNI …saran saya kalau latihan militer bersama jangan ajari tentara2 amerika trik2 bertahan dihutan ,apalagi ajari cara tangkap binatang buas dan bertahan hidup dihutan.negara kita ini sudah dikelilingi pangkalannya

  7. Pangkalan AS sdh lama Ada di Indo Kita aja yg g nyadar

  8. Asal jgn diajar ilmu Kanuragan dan Kedigdayaan karena itu ilmu yg diwariskan nenek moyang Nusantara!

  9. Tentara bule pada heran dan kaget, lihat marinir tangannya kesiram air keras….ndak nyonot kulitnya…lebih heran lagi di bacok malah ndak mempan….

  10. Meski semula prajurit USMC itu terlihat enggan untuk memakan karena geli, tetapi akhirnya mereka mau mencoba melahap sejumlah makanan dari bahan botani dan hewani yang sudah dicontohkan terlebih dahulu oleh para pelatih.

    Xixixi..Ya iyalah biasa makan MRE rasa Pizza sm burger kok jadinya geli suruh makan uler haha…

  11. TNI terlalu baik..tiap tahun ngajarin US survive, besok2 sang murid akan menghajar gurunya.

  12. Kalau makan aja sudah jijik, kenapa pas “perang” lihat korban dari lawan ga merasa jijik dan mual ya?

 Leave a Reply