Nov 262017
 

Latihan : Pada hari H jam J, prajurit Marinir dan kendaraan tempur yang dimiliki Korps Marinir TNI AL secara taktis membombardir kubu kubu musuh, dengan semboyan Mendarat dan Menang. (marinir.tnial.mil.id)

Singkawang, Jakartagreater.com – Di bawah hujan peluru dan dentuman meriam musuh Prajurit Petarung Korps Marinir tanpa pikir panjang segera melaksanakan perintah Komandannya untuk mendarat dan menyerbu pada Minggu 26 November 2017 dipantai Kura Kura Singkawang Kalimantan Barat yang sementara dikuasai musuh.

Dalam hitungan menit pada hari H jam J yang telah ditentukan, prajurit baret ungu dan kendaraan tempur yang dimiliki Korps Marinir TNI AL secara taktis membombardir kubu kubu musuh, dengan semboyan “Mendarat dan Menang, Tuhan Bersama Kita” sehingga pantai Kura Kura Singkawang Kalimantan Barat dapat dikuasai dan diduduki oleh Marinir.

Kegiatan tersebut adalah simulasi latihan Raksa Yudha 17 Pasmar 2 Korps Marinir TNI AL yang dilaksanakan di Kalimantan Barat dalam rangka mempersiapkan prajurit Korps Marinir sabagai pasukan pendarat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Latihan yang digelar kali ini melibatkan 4 Kotama TNI AL diantaranya Koarmabar, Kormar, Kolinlamil, Puspenerbal, dengan mengerahkan sebagai berikut :

  1. 1745 prajurit petarung Korps Marinir dan 1500 Abk Kapal Perang RI.
  2. Kendaraan tempur Korps Marinir diantaranya 12 unit BMP 3F.
  3. 15 unit BTR 50.
  4. 4 unit BTR 4.
  5. 3 unit KAPA.
  6. 2 unit Vampire.
  7. 2 unit Hono Dutro Amo.
  8. 1 unit Aligator.
  9. Kendaraan pendukung lainnya.

Turut hadir dalam menyaksikan kegiatan Latihan yang digelar tersebut adalah :

  1. Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksma TNI Yudo Margono.
  2. Komandan Pasmar (Danpasmar-2) Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah.
  3. Komandan Pangkalan Utara TNI Angkatan Laut (Danlantamal XII) Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi.
  4. Asops Dankormar.
  5. Danrindam XII Pontianak.
  6. Pejabat utama Korps Marinir.
  7. Kolinlamil, Lantamal XII.
  8. Pasmar-2.

(Marinir.tnial.mil.id)

  56 Responses to “Latihan : Marinir Serbu Pantai Kura-Kura Singkawang Kalbar”

  1. Tank amphibi sepanjang perbatasan dengan negara lain harus ditambah penguasaannya dan penempatannya, paling tidak di kalimantan barat perlu 200 unit, 50 unit utk memback up atau sebagai cadangan atau tambahan utk pertahanan di kepulauan natuna yang secara geografis lebih dekat dng kalimantan barat, di kalimantan timur dan kalimantan tengah paling masing2 di tempatkan 150 unit, di kalimantan selatan juga sama perlu 150 unit

  2. Asal tau aja. Sebetulnya kemampuan angkut amfibi Indonesia adalah salah satu yg terbesar di Asia-Pasifik dibawah Amerika (Armada Ketujuh). Indonesia punya LIST dan LPD dg jumlah hampir 19 unit dg total sekali angkut sekitar 25 ribu pasukan marinir. Marinir kita juga termasuk terbesar di Asia-Pasifik. Bayangkan, China saja saat ini hanya punya 15 ribu, Jepang 3ribu, India malah tidak punya.

    Hanya saja kekuatan tempur ini akan berkurang karena banyak LAST buatan dari jaman PD2 hingga 80an. Indonesia perlu mengganti dan bahkan menambah dg LPD terbaru. Disisi lain juga harus punya pelindung udara tersendiri. Heli tempur/multipurpose seperti Apache,Mi-35, Cougar atau bisa juga SH-60 Sea Hawk bisa menjadi alat pendukung yg luar biasa untuk membantu pendaratan marinir kita.

    Memilih LPD juga akan sangat membantu, selain daya angkut pasukan, logistik hingga Alutsista yg besar juga bisa membawa pespur dalam menghadapi armada udara musuh yg mengontrol wilayah udara sasaran. F-35 B akan sangat cocok dalam menghadapi ancaman disamping tandem dg Su-35 yg (mungkin) akan kita miliki. Dengan begitu kita bisa berbicara tentang Poros Maritim Dunia.

  3. ARISGATOR

  4. Indonesia perlu mengadakan heli serang dan heli serbu amphibi serta pesawat jet tempur khusus utk angkatan laut, ke depannya indonesia perlu mengadakan 2 divisi utk masing2 pulau besar, utk pulau kecil diadakan utk gorontalo, kepulauan natuna, maluku, ternate, kepulauan aru, mulai kaimana, kepulauan raja ampat diadakan 2 batalyon marinir, kemudian di pulau2 besar paling tidak ada 4-5 skadron jet tempur utk jet tempur generasi 4++, kemudian pesawat tempur super tucano dimasing2 pulau besar diadakan 6 skadron, kemudian dipulau2 kecil dan terluar diadakan 2 skadron jet tempur generasi 4++, super tucano di adakan 2 skuadron

  5. Hari “H” itu hari apa ya ? biasanya kan nama hari HURUF depannya S,S,R,K,J,S,M dan ni juga jam “J” itu apa ya biasanya jam itu dimulai jam 24.00 sd jam 12.00.

    setelah berdatangan banyak alustita modern TNI akhir-akhir ini sering latihan skenario penyerbuan kesebuah wilayah dan latihan merekapun tak biasanya mengedepakan kordinasi semua sektor dengan pemahaman perang singkat dan jarak menengah, hal ini mungkin seiring berdatangan nya alustita GAHAR yang berhasil di beli. keberhasilan ini membuat TNI semakin percaya diri melihat kemampuan dalam rencana perang GLOBAl yang melibatkan ALIANSI ini terbukti latihan TNI yang semakin maju.

    “BRAVO TNI”

    • Hari “H” adalah terjemahan dari D Day.

      artinya hari saat suatu rencana dilaksanakan.

      Misal kalau mau menikah maka pasangan yang akan menikah itu menentukan hari H yaitu saat mereka meresmikan perkawinan itu baik di catatan sipil, gereja ataupun KUA. untuk urusan ini masyarakat RI mengenalnya sebagai akad nikah.

      Dalam militer D day atau hari H dalah hari di mana saat suatu serangan atau penyerbuan berlangsung.

  6. Ada yang punya kabar gak tentang tanda tangan pembelian su35? Soalnya ini udah mau desember.

  7. Jiahahaha noh jim para fansboy pada pesimis nungguin Su-35 kgk datang-datang.

    tapi sini gw bisikin sesuatu ya, dengerin ini bermanfaat. yg namanya beli alutsista ga kaya beli kacang goreng di mall yg bisa ditawar, beli alutsista bisa menggunakan bermacam2 strategi, salah satunya mendapatkan simpati orang dalam. ehemm……simpati……..uhuk….uhuk……

    nah klo sudah dapat simpati orang dalam bisa nemu celahnya, klo celahnya udah dapat……..uhuk….uhuk…….jadi bisa tahu harga pasnya, plus minus apa dalam negosiasi, dll.

    jadi ga kaya orang nawar beli motor di olx, perlu cod segala, pas udah sampai di lokasi nawar ini lah, itu lah. rada rewel sih boleh aja, ga ada yg larang, tapi apa manfaatnya, ga ada tho…..

    plus minusnya semakin lama bernegoisasi, semakin paham dan semakin jelas terbuka apa yg mau dibelinya, minusnya duit dan waktunya terbuang sia-sia, belum lagi kepercayaan fansboy yg sudah terlanjur larut. klo saya sih percaya nya lebih baik sektor privat yg mengadakan pembelian alutsista.

    • Saya suka dengan pandangan opini anda bung@WI.. Tp Klo menurut pandangan opini sy sebagai fansboy.. Sy cendrung melihat ini sebagai sistem kriptografik pemberitaan yg membutuhkan Cognitive control dalam mengevolusi Imajinasi untuk memahaminya… Itu menurut sy lho.. Gk tau klo menurut pandangan yg lain apalagi bung@Colibri..pasti beda lg.. Hehehe(guyon kang).
      Salam bung@WI..monggo di lanjut opini nya.

      • Halah, bilang aja percaya yg ghoib2. Pake kata kriptografik sama Cognitive control segala.

        • Hehehe.. Kamu ini lucu.. Ko tiba2 malah marah2 gk jelas dengan komen sy.. Klo sy PERCAYA YG GHOIB itu adalah salah satu rukun iman dalam islam… klo km bukan muslim ya pantas saja klo km tdk meyakini itu.. Dan sepertinya ganjalan dlm hati km belum hilang ya.. Hehehe

          • Eeaaa,, bentar lg dalil bung@preman kluar.. Xixixixixi

            Udah lama kagak nongol.. Xixixixixixixi

          • Percaya kalo ghoib itu ada kalo hubungannya sama Jin, sama malaikat. Lah ini masak kudu percaya kalo kita punya Lontong sekilo juga gegara TNI pasang tuh foto di kalender ? Ngomong tuh yg bener, jangan samain percaya sama malaikat, jin dg tuh Lontong sekilo.

            Hhhhhhhhhh

          • Komen km:
            Lah ini masak kudu percaya kalo kita punya Lontong sekilo juga gegara TNI pasang tuh foto di kalender ?
            ——–
            Coba baca lg komen saya.. Ada gk saya komen yg km TUDUHKAN diatas..!!??

            Klo gk ada itu artinya km BERASUMSI sendiri maksud dr kalimat komen Sy…Dan itu belumtentu benar karena ASUMSI itu tdk bisa dibuat dasar kebenaran.

            Klo km BERFIKIR DEWASA dan MENGHARGAI PENDAPAT ORANG LAIN pasti km bertanya DENGAN SOPAN&SANTUN apa maksud dr kalimat sy.. Klo dlm islam MENGGUNAKAN AKHLAK… Bagaimana ADAB/ATURAN dlm berdiskusi dengan MENGHARGAI PENDAPAT orang lain dan Memberi masukan dengan baik.
            Tp klo pake cara si donal Trumpt sih lain lagi..Ya sy maklumi.. Yahudi.. Hehehe

          • Ente jenius Wan kalo dalam permainan kata2. Sayangnya itu dipake kalo km kalah argumen. As U wish, coba Anda jelaskan ada gak hubungannya antara tanggapan Anda terhadap komentar Bung WI dan balasan saya ke Anda ttg tanggapan Anda tsb. Kalo ya, berarti Anda paham maksud diskusi kita. Kalo enggak, berarti Anda sejenis dg si Huha.

      • Orang sini dah kapok sama yg ghoib2 gegara lontong sekilo.

        Hhhhhhhhhh

  8. sip bung WI saya ikut mengamini….!!!
    😛 😎

  9. bung admint komen lewat opera mini kok payah yaa…???apa lagi rada panjangan dikit kayak kereta…engak masuk …!!!

  10. bung kolibri mana aja kok engak penah kelihatan….???!!
    🙂 😉

  11. bung colibri udah engak zaman pake prinbon…pake yang kekinian dong….!!!
    ramalan cuaca kan lebih keren…..!!!
    😆 😎

 Leave a Reply