Apr 042018
 

Kedatangan KRI Layang -635 dan KRI Kakap-811 di Mako Lantamal VII Kupang adalah untuk melaksanakan bekal ulang BBM dan air tawar untuk kebutuhan kapal pada saat akan bertolak ke Darwin Australia.

Surabaya, Jakartagreater.com – Setelah menempuh pelayaran 2 hari dengan jarak 690 NM dari Pangkalan Koarmatim, Surabaya Satgas Latma Cassoex 2018 antara TNI AL dengan Australia Navy, KRI Layang-635 dengan Komandan Letkol Laut (P) Isak Rapang SE, M.Si, M.Tr. Hanla yang sekaligus menjabat Dansatgas Latma Cassoex (Cassowary Exercise ) dan KRI Kakap-811 dengan Komandan Mayor Laut (P) Iwan Susilo tiba pada Rabu 4 April 2018 di dermaga Mako Lantamal VII Kupang.

Satgas Latma Cassoex 2018 disambut oleh Pasops Lantamal VII Kupang Letkol Laut (P) Jarot Wibisono beserta perwira staf, Kupang Nusa Tenggara Timur.

Selama perjalanan atau lintas laut (Linla) dari Surabaya menuju Kupang KRI Layang-635 dan KRI Kakap-811 yang dilepas keberangkatannya oleh Dansatkat Koarmatim Kolonel Laut (P) Isswarto beserta perwira staf di dermaga Lombok Koarmatim telah melaksanakan serial-serial latihan.

Latihan yang dilaksanakan diantaranya adalah, peran melewati medan ranjau, peran peperangan anti bahaya udara, peran penyelamatan kapal dari bahaya kebakaran dan kebocoran, maneuver taktis tanpa gerakan, latihan laporan sergapan permukaan, latihan pembekalan di laut (RAS), latihan isyarat bendera dan isyarat lampu.

Kedatangan KRI Layang -635 dan KRI Kakap-811 di Mako Lantamal VII Kupang adalah untuk melaksanakan bekal ulang BBM dan air tawar untuk kebutuhan kapal pada saat akan bertolak ke Darwin Australia.

Menurut Dansatgas Cassoex 2018, tujuan latihan ini untuk meningkatkan kerja sama militer bidang Latihan bersama antara Indonesia dengan Australia, mengasah kemampuan serta menambah pengalaman berlatih dengan Angkatan Laut negara asing dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut.

Lebih lanjut dia mengatakan, tercapainya program dan materi latihan bersama, terpenuhinya kebutuhan personal, materil dan dukungan logistic pada kegiatan latihan dan tercapainya frekuensi latihan bersama sesuai kesepakatan dalam hubungan kedua angkatan laut. (Dispen Armatim).