Sep 052014
 
SU 30 MKM Malaysia (photo: malaysiandefence.com)

SU 30MKM Malaysia (photo: malaysiandefence.com)

The Royal Malaysia Air Force (RMAF) akan melakukan uji penembakan pertama rudal Anti-kapal Kh-31A dan rudal anti-radiasi Kh-31p (AS-17 ‘Krypton’) dari jet tempur Sukhoi Su-30MKM dalam latihan Royal Angkatan Laut Malaysia (RMN) di Laut China Selatan bulan ini.

Penembakan Kh-31 terhadap target laut akan berlangsung di bagian dari Laut China Selatan secara rutin digunakan oleh RMN untuk praktik menembak.

Rudal Kh31P RMAF

Rudal Kh31

Lokasi yang tepat dari daerah penembakan tidak diketahui, tetapi sumber-sumber militer mengkonfirmasi bahwa daerah itu jauh dari Kepulauan Spratly yang disengketakan, untuk menghindari provokasi dari negara pengklaim lainnya.

RMN juga akan melakukan penembakan langsung dari rudal anti-kapal MBDA Exocet MM40, serta dan rudal permukaan ke udara Seawolf, dari kapal dan rudal Sea Skua MBDA dari Helikopter Super Lynx RMN.

  140 Responses to “Latihan Militer Malaysia di Laut China Selatan”

  1. makin panas lcs

  2. nyimak..

    • sepertinya kita sudah susah seperti thn 60 mendominasi kekuatan militer di asia tenggara

      coz negara2 sekeliing kta jg menginginkan kekuatan yg kuat,bahkan kita skng tertinggl bahkan disemua sektor.kita hny unggul jumlah personel.

      contohnya pesawat tempur kita kalah kualitas dan kuantitas dgn singapura f-5 eagle dan f-16 dan malaysia memiliki semua varian sukhoi yg kita miliki plus honet,
      kapal selam kita kalah dgn vietnam dll.

      semoga kedepan kt merebut dominasi tersbt krn kita negara terbesar dia asia tenggara
      pertahan bkn didasarkan perbandingan dgn negara lain tetapi berdasarkan luas wilayah kita.

  3. Ikutan mejeng diatas

  4. malingsit latihan militer……bikin panas LCS

  5. pasti akan ada latihan tandingan

  6. Tni au, sukhoinya kpn yaa akan jg uji tembak rudal ini?? Mhn info sesepuh semua, apakah tni au jg pnya rudal kh 31 type A utk anti ship misile nya gk?? Krn setau ane yg ditunjukkan cm kh 31p.. mhn pencerahan sespuh warjag

  7. Apakah LCS ini sengaja di goreng ya ? wah bisa memicu perang nih bisa2…

  8. 8 . meleng lg -.-

  9. Bagus deh..

  10. Affirmative 😈

  11. show force yah?
    selama kapal induk china cuman 1 atau 2 mereka gag akan melakukan expansi militer,tapi gag tau lagi tahun 2020….
    bersikap baiklah pada tetanggamu kalian gag akan bisa menghadapi mereka seorang diri….
    karna amerika hanya bertahan di teritorial australia

  12. ping..!!

  13. bukannya si melon beli brahmos dari indihe. ini paling tante rosi kagak mau benerin sukronya gara2 jammer podnya di obok2 asu. terus malak kalo mau di benerin beli dulu barang ane
    (kok jadi parno gini ya)

  14. Selamat pagi…!!!

  15. Gawaat..lokasi uji penembakan tdk diketahui..waahh bs hilang lg nih pswt malaysia..

  16. su 30 mkm itu jet jelek. jet tempur made in russia punya pengalaman jelek & tulul. di perang yomkipur. dessert storm. iraq-iran semua jet russia hancur lebur bung.

  17. satpam nya kurus…maling2 pada tambah ngelunjak

  18. Kemampuan su 30 mkm ga bs di anggap remeh bung,, USA mengakui F15 mereka kewalahan menghadapi Su 30 mki, yg sejenis dgn su 30 mkm.

  19. hati-hati modus

  20. Tni. ALo. Kalah deh sama AL nya malon. Helicopter Super Lynx meluncurkan rudal sea skua mbda! Mana helicopter tni al untuk anti kapal selam! Kasihan kapal perang kita

    • Maap bung mau tanya,kayanya anda paham banget soal strategi militer,memang klo dalam perang peran aks hanya menggunakan helicopter aks aja ya bung?dan klo punya heli aks pasti kt menang ya bung?mohon pencerahaannya,maklum saya cm orang awam tentang duniamiliter,cm tukang jaga kios rokok jd soal beginian kurang paham saya bung,mohon pencerahaannya ya bung,terima kasih
      Hehehe…

    • Hehehe…maap bung ad yg lupa,mksdny peran AKS dan AKP hanya bs di gunakan heli aja.gt mksd saya,hehehe….
      Maap bung,arti AKP dan AKS ( anti kapl permukaan dan anti kapal selam ) πŸ™‚
      Mohon pencerahaannya

  21. latihan menembak dulu biar waktu perang ngak salah sasaran
    oΒΊΒ°??°º??Γ₯?Γ₯?Γ₯ΒΊΒ°??°º?ΒΊ

  22. OOT..saya org sipil sdkt bingung istilah man behind the gun..maksudnya. uji coba rudal pswt dilakukan oleh satu atau dua pswt..berarti stlh selesai uji coba hanya ada satu atau dua pilot yg pny pglmn penembakan rudal tsbt..adakah perbedaan kualitas antara pilot yg prnh uji coba dgn yg blm uji coba rudal tsbt? Mohon pencerahan..

    • Saya juga bung hehehe, analisa ane nih ya.. man behind the gun itu trgntung orang yg megang senjata tersebut.. Semakin berpengalaman smakin pro :mrgreen:

      Perbedaan harusnya jelas ada bung, pilot yg berpengalaman jelas bisa mengetahui karateristik dari rudal tersebut wkwkwk artinya dia bisa memperkirakan cara yang efektif utk menghancurkan sasarannya..CMIIW

      Maaf bung, analisa ane hehe bisa salah bisa bener.. salam kenal bung :mrgreen:

  23. keahlian menebang pohon karet pake misile hanya dimiliki oleh tudm. syabas!

  24. Akan membuat sang naga “gerah” dgn latihan tandingan.Nunggu penampakan Su33 dan J-20 akan bikin sonora kesurupan apalg bila pantai sabah atau terengganu di sambangi balistic Wu-14 bisa2 sonora bikin hari “berkabung” lg

    • Satu lg yg bikin negara tetangga ketinggalan,dlm exercise mrk hny libatkan satu matra saja.nampaknya hny TNI saja yg mampu bikin exercise melibatkan 3 matra angkatan, disini kogabwilhan adalah idea yg brillian.TNI pny paket lengkap termasuk PPRC dan PPRC sendiri adalah kesatuan yg sangat penting dlm situasi darurat negara.

  25. Pesawatnya meriah!! Sayang gk ada gambar tower petronasnya..

  26. Masih kalah Gahar latihannya dgn TNI kita. Kita kalo latgab kaya mau perang beneran.. contoh wkt latgab kemarin, Mako tmpt Bapak tiba2 harus di kosongkn segera karena ada serangan musuh yg ternyata Dirlargab mau ngetes seperti apa reaksi Denma & staf operasi kalo di hantam howie jarak dkt. Mrk memang Profesional,tdk ada yg panik smua sdh tahu hrs berbuat apa. Salute.

    #Bapak tdk dtg tapi…… hadir

  27. @AFN wah tau juga ya.. padahal udh di wanti2 tuh jgn sampe bocor.. eh mlh bocor alus..lus..lus.. hehehe

    @handal Insya Allah pak jika Allah ksh umur panjang..hehehe

  28. yah kok kentut apinya yang mau di keluarin. yang poker winner bung PR. ato di selipin jitensi kalo jitenbi mah udah keluar artikelnya.

  29. Hiduplah indonesia raya.

    Assalamualiakum.

  30. untuk menghindari dari pengklaim lainya..nyali tempe malaysia

  31. Gak ngaruh buat indonesia, sonora tu memang sering nunjukin, pas tiba waktunya perang diapun sibuk nelpon ke emaknya biar dibantuin.

  32. Tinggal Malay kalau perang beneran nyalinya nanti se spartan Indonesia atau Vietnam ga y..:)

  33. yg penting hadirrr

  34. Sy teringat latgab tahun 1996 di natuna. Waktu itu dibawah Komando pangkostrad wiranto Dan danjen kopassus prabowo. Serangan pajarnya sudah seperti perang beneran. Belum lagi diatas natuna sudah seperti dog fight beneran. Tembakan Meriam kapal pendaftaran ampibi. Lengkap. Perang habis. Latgab PPRC tahun 2012 pun luar biasa. Termasuk angkasa yuda tahun 2013 yg lalu. Tiap tiap pesawat menjatuhkan Bom, tepat sasaran. Kebetulan sy waktu itu dekat dengan lokasi pemboman. Luar biasa.

    • Waduh bung AMX deket banget untung ga kena Bom Bung…heheheh sory canda bung

      • Mau Nambahin sedikit tentang LATGAB ABRI yang ke III di tahun 1996.
        Latgab Yang pertama pada tahun 1988 dirlatgabnya pak marsda Soeyitno
        Latgab yang kedua pada tahun 1992 dirlatgabnya Pak Hartono
        Dilatgab yang kedua F16 baru dan OV 10 bronco dilibatkan
        Trobel Spotnya di Asembagus ,laut jawa ,selat madura dan laut bali.,

        Pada Latgab 1996 tujuannya dalam rangka menyelenggarakan operasi pertahanan sesuai dengan tujuan pembangunan kekuatan ABRI pada Renstra V yaitu mampu mengatasi trouble spot pada 2 (dua) daerah yang berbeda.Natuna dan daerah barat ,,
        Saat itu sudah dipikirkan bahwa LCS adalah memiliki potensi konflik tinggi.
        Saat itu parchim yang baru datang dijajal kekuatannya dengan menembakkan RBU nya ,Lontongnya bung PS menembakan torpedonya,Harpon juga dijajal dll

        kegiatan yang dilaksanakan didua spot adalah :
        Raid amfibi di pulau sugi. Sat linud masuk Marshalling area di Lanud Halim, Sub Kogasfib melaksanakan rehelshall di singkawang dan penerjunan Linud oleh sat Linud 305 di ranai.
        Spot kedua
        SUL pada DZ ops Linud di tanjung Buton, ops Linud di tanjung buton oleh Sat Linud 330,
        dan , ops amfibi di pantai Sengiap

        Latgab 1996 adalah Latgab terbesar diera orde Baru eyang Soeharto, dan terakhir Polri mengikuti LATGAB ABRI
        Saat itu Panglimanya Pak Faisal Tanjung,,

        Aduh jadi ingat topi merah Latgab ABRI 1996,, ane simpan dimana ya ?Sayang dikasih ama temen soalnya
        hehehehe

    • Wah simak jg toh,thn 96 msh Danki. 2013 & 2014 adlh latgab dg unsur Penggertak terbesar,sampai “mereka” jantungan. Padahal blm ada 45% kekuatan rill di keluarkan. Saat itu dirlatgab memaparkan ” jika di perintahkan” kami sanggup menggusur tetangga nakal.. bkn sombong,tp melihat etos kerja keras seluruh pihak yg terlibat dr prada-letjen menunjukan profesionalisme & militansi tinggi. Latgab tetangga sma aj lihat level kompi/flight kita.

      • Berarti latgab kemaren itu kekuatannya belum sampe 100% toh bung? ato bahkan gak sampe 60%??

      • Latihan-latihan begini sebenernya bermanfaat untuk melemaskan otot dan melatih reflek tempur. Sangat bagus untuk pemanasan ofensif ke suatu negara tetangga yang ga pengalaman perang/tempur. Tapi juga bagus untuk defensif reaktif saat negara diserang negara superpower. Dengan latihan-latihan seperti ini paling tidak akan mencegah kehancuran total kekuatan sendiri diawal perang. Sehingga sisa kekuatan yang cukup besar bisa dialokasikan untuk pertahanan berlarut dalam menghadapi serangan gelombang kedua yang biasanya bertujuan untuk menduduki dan menguasai secara teritorial.

    • Yah seperti itulah latian TNI, makin rill makin terlihat kelebihan / kekurangan masing2 satuan. Latgab kemarin ckp membuat para tetangga panas dingin. Itu baru 25% kekuatan rill yg dimiliki. Klo malay latgab utk ukuran kita=latian tingkat kodam.

      #96 masih danki..

  35. NKRI harga mati ! TNI harga diri !….bravo TNI !!!

  36. bingung itu maksdnya gambar Roundel AUnya Malasia ato pespur itu hanya untuk Show saja kalo dipake perang udah ditembak duluan tu pesawat kalo gambar benderanya segede itu
    Gimana kabar para Hulubalang penjaga wilayah udara NKRI udah dpet Mainan baru belum

  37. brahmos misil ntar di mari he…..he….

  38. Selamat malam warjager.

    Tuh sukhoi pak cik dari pabrikan irkut ya?

    Kalo ada yg bilang sukhoi kita lebih canggih di bagian avioniknya karena pake punyanya su 35 ak percaya aja. Wong su 35 yo dari pabrik Knapoo.Imho.
    Maaf kalo nyampah ya ndan hehehe

  39. baru ngeh ternyata su 30 mk2 kita airframe nya plek bgt sama persis dgn su 35 UB. double seater juga lgi,,?? jgn2 ?…..
    bung warjager semua coba di bandingin??

  40. Met malem abangda sklian.Polonia kapan ya disinggahi planker? Bang Werch,PR ato abang2 yg laen.maap lagi kasmaran nih.

  41. Sdh beberapa kali mampir kok, maka ny runway & apron,PomAU,Paskhas di tambah..

  42. jiah katanya sr mode on bung pr. hadeuh pertanyaan di trit hub ri rusia ngga di jawab2. udah abis rokok satu pak nih
    alasan sambil ngarep mode on

    • polonia koq jadi misterius ya bang..emang runway lama gak cukup ya kan dulunya komersial yg nampung widebody..apa api belakang butuh lebih panjang kali ya..

      • Ada yg lebih misterius lagi. Lanud kelas D dijaga 3flight paskhas dan dikomandani Letkol

        • maaf Jenderal PR…mohon ijin tanya…kalo gak salah lanud polonia itu lanud tipe c? Apa ada istilah kelas D mengganti tipe C…maaf ini pertanyaan dari tukang jaga kios air mineral galon. ..wassalam

          • Wajar Soewondo di jaga 3 flight Paskhas yg komandannya melati 2 (danlanud-nya melati 3) lha wong layangan geni mburi nginap disono katanya dan mungkin sambil jagain Buk Minah yg lagi jualan pecel, jagain Truk Pasir n jagain lapak Es Campur seri telungatus ato patangatus,…..cmiiw

        • Kalo lanud yang majalengka itu gmana bung PR..?

  43. Lanud suwondo medan kan direncanakan mnjd basis pangkalan f16 25id selain yg dipekanbaru. ya mmg pst hrs diperluas toh. kan afron dan hanggar yg lama kan gak cukup luas utk menampung kedatangan si falcon dan sodaranya blm lg utk tmpt lapaknya psu yg ehem.ehem. polonia mmg tdk ada hanggar utk tempat pesawat maskapai. pesawat2 penumpang semuanya ya terjemur begitu aja siang malam. imho.. di lanud suwondo klw di lihat dari letak strategisnya kan utk mengcover wilayah selat malaka trs ke ujung barat NAD pulau sabang sampai ke sisi barat P.Sumatera kearah samudera hindia. sdg yg bermarkas di pekan baru mencover pesisir riau dan selat malaka memagari sonoro dan upil. btw.. selama 2 minggu lbh kok suwondo sepi ya? ada apa gerangan? hehehe.. cm herki dan boeing surveiland yg ada bbrp kali take off. kok gak kedengaran suara gelegar yang sdh akrab ditelinga, 2 biji hawk100/200 susul menyusul plus si falcon.

  44. Kalian mulutnya besar bangat yah.
    Sukhoi indon yg dilock kemarin udah tau siapa yg punya angkara?
    Kihkihhhhh

  45. @bung pr. kalo sekarang masih berani ngelock2 nggak bung si asu??

  46. gara2 anak pahang banyakyang ngetrolll. hehehehe.

 Leave a Reply