Jul 072019
 

Surabaya, Jakartagreater.com  –  Latihan Pemantapan Regu Pandu Tempur (Lattap Rupanpur) Korps Marinir Ta. 2019 resmi dibuka oleh Komandan Komando Latih Korps Marinir (Dankolatmar) Kolonel Marinir Suliono, S.E. Dengan Apel Pembukaan Lattap Rupanpur  pada Sabtu 6-7-2019 di Lapangan Apel Puslatpasrat Gunungsari, Surabaya.

Lattap Rupanpur Korps Marinir Ta. 2019 diikuti oleh perwakilan Rupanpur jajaran Satuan Infantri Korps Marinir dengan kesuluruhan peserta sejumlah 154 personel mulai dari Pasmar 1, 2, 3 dan Brigif 4 Korps Marinir.

Dalam penyampaian sambutan apel pembukaan Komandan Komano Latih Korps Marinir Kolonel Marinir Suliono, S.E. mengatakan bahwa Lattap Rupanpur tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel Rupanpur Batalyon Infanteri Marinir khususnya bidang intelijen tempur agar mampu melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya secara optimal di Batalyon Infanteri Marinir.

Lattap akan dilaksanakan selama lebih kurang 3 Minggu mulai dari tanggal 6 Juli 2019 di Daerah Pusat Latihan Tempur Marinir 7 Lampon yang juga merupakan tempat Chandradimukanya Prajurit Intai Ampibi Marinir. Peserta pelatihan akan menerima materi dan gemblengan yang sangat keras dengan medan latihan yang menantang.

Materi latihan yang akan dilatihkan meliputi Kemampuan Dasar Perorangan, Kemampuan Aspek laut dan Tikopsrat yang akan diberikan secara bertahap mulai dari Penyegaran Teori Taktik, Drill Teknis, Drill Taktis sampai dengan Drill Tempur serta diakhiri dengan Materi Aplikasi.

Cukup banyaknya materi latihan dan pendeknya waktu yang digunakan membuat kegiatan Lattap Rupanpur sangat padat tidak mengenal waktu baik siang maupun malam sehingga membutuhkan mental, fisik yang prima serta cara berpikir yang cerdas.

Mengingat latihan tersebut mengandung resiko yang tinggi, Dankolatmar memberikan penekanan kepada para peserta Lattap agar melaksanakan kegiatan latihan dengan serius, sungguh – sungguh dan disiplin yang tinggi serta mengutamakan zerro accident dalam setiap tahapa kegiatan latihan.

Pada apel pembukaan Lattap Rupanpur tersebut dihadiri oleh para Katim materi latihan, seluruh Perwira staf Mako Kolatmar, Para Kasi Staf Kolatmar dan Danpuslatpasrat, Danpuslatsus dan Dankima Kolatmar.

Acara apel pembukaan Lattap ditutup dengan pembacaan doa, kemudian langsung dilanjutkan dengan Materi Penyegaran Teori Taktik yang dilaksanakan di ruangan Bapra Puslatpasrat Gunungsari Surabaya, selanjutnya pada hari Minggu tanggal 7 Juli 2019 para peserta Lattap Rupanpr akan bergeser ke Pusat Latihan Tempur Marinir-7 Lampon Banyuwangi. (Marinir)

  2 Responses to “Latihan Pemantapan Regu Pandu Tempur Marinir”

  1.  

    Mungkin istilahnya kalau di negeri orang adalah marinir perintis kalau di kita mungkin intai amfibi (Taifib) jadi ingat saat perang teluk 1 tahun 90, prajurit marinir perintis Amerika beberapa minggu sebelum penyerbuan ternyata sudah standby bersembunyi dan mengintai dari dalam gorong-gorong saluran air di Irak melaporkan real time kondisi lapangan ke kesatuannya dan mempersiapkan jalan untuk penyerbuan tetapi jasa mereka tidak pernah terekspose sedikitpun bahkan cenderung ditutup tutupi.

  2.  

    RUPANPUR – Regu Pandu Tempur – Unit Khusus Batalyon Infanteri Marinir
    Rupanpur merupakan mata dan telinga Batalyon Infantri, identik dengan pasukan elitnya satuan infanteri marinir. Regu Pandu Tempur memiliki persyaratan yang berat dengan tuntutan tugas yang makin kompleks. Mereka harus profesional dan mempunyai kemampuan yang lebih di segala medan dan cuaca, apalagi sebagai pasukan pendarat. Mereka juga dituntut memiliki kemampuan teknik dan taktik tempur darat dan selalu bergerak di depan yang menjadi andalan Batalyon Infanteri Marinir. Kemampuan Rupanpur adalah di air dan darat, hampir sama dengan kemampuan Taifib, perbedaannya yaitu Taifib memiliki kemampuan tidak hanya di air atau darat, tetapi juga di udara, sehingga Taifib memiliki brevet untuk tiga media, yaitu air, darat dan udara…https://militerhebatdunia.blogspot.com/2016/07/rupanpur-regu-pandu-tempur-unit-khusus.html