Apr 092019
 

Latihan pemantapan Rupanpur, diharapkan para personel Rupanpur memiliki tingkat kualifikasi dan mampu mendukung tugas-tugas Batalyon Infenteri 1 Marinir ke depannya.

Sidoarjo, Jakartagreater.com    –    Regu Pandu Tempur (Rupanpur) Batalyon Infanteri 1 Marinir mengadakan latihan pemantapan yang dilaksanakan pada Senin 8-4-2019 di Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya.

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 4 hingga 8 April 2019 dipimpin Lettu Mar Novie Haryanto tersebut berlangsung di daerah latihan meliputi Dermaga Sea Raider Armada II, Hutan Mangrove Rungkut, Surabaya, dan desa Cemandi, Sedati, Sidoarjo.

Materi yang dilatihkan Regu Pandu Tempur meliputi :

  1. Renang laut.
  2. Exersisi perahu karet.
  3. Dayung perahu karet.
  4. Long Range Navigation (LRN).
  5. Kompas bintang.
  6. Raid Amfibi.
  7. Patroli tempur.
  8. Infiltrasi.
  9. Pertahanan.

Sementara itu Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Marinir Danang Wahyu Isbiantoro, M. Tr. Hanla., M.M mengatakan Regu Pandu Tempur (Rupanpur) Yonif 1 Mar merupakan Satuan organik yang dimiliki Batalyon Infanteri 1 Marinir, yang berfungsi sebagai mata dan telinga Batalyon untuk memberikan data intelijen, data situasi depan pertempuran dan memandu induk satuan dalam operasi tempur dalam rangka mendukung tugas Batalyon Infanteri 1 Marinir.

Dihadapkan dengan tugas, fungsi dan peranannya, lanjutnya, maka diperlukan pembekalan pengetahuan dan ketrampilan, melalui Latihan Pemantapan Regu Pandu Tempur.

“Dengan latihan pemantapan Rupanpur, diharapkan para personel Rupanpur memiliki tingkat kualifikasi dan kemampuan yang lebih dari sebelumnya serta mampu mendukung tugas-tugas Batalyon Infenteri 1 Marinir ke depannya,” pungkas Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Marinir Danang Wahyu Isbiantoro. (marinir.tnial.mil.id)