Mei 062019
 

MiG-29K India (foto : Theaviotianist)

Kapal induk India INS Vikramaditya dan kapal induk Prancis FNS Charles de Gaulle akan melakukan latihan perang. Latihan perang yang bersandi Varuna 19.1 akan melibatkan kekuatan udara dari dua kapal induk. Selain itu India juga akan menerjunkan kapal selam Scorpene pertamanya INS Kalvari.

Latihan perang yang terdiri dari dua tahap, tahap pertama akan berisi pertemuan kunjungan, diskusi dan interaksi professional dan acara olah raga. Sedangkan tahap kedua akan mencakup “berbagai latihan lintas spektrum operasi maritim” seperti latihan pertahanan udara armada kapal induk dan latihan perang anti-kapal selam.

Jet tempur MiG-29K Fulcrum andalan India, akan melakukan latihan pertempuran udara dengan Dassault Rafale, pesawat tempur multirole andalan Prancis. Latihan pertempuran udara tidak hanya melakukan simulasi serangan terhadap kapal perang tetapi juga perang dogfight antara MiG-29K dan Rafale Perancis.

“Latihan Varuna bertujuan untuk mengembangkan interoperabilitas antara kedua angkatan laut dan membina kerja sama yang saling menguntungkan dengan belajar dari praktik terbaik satu sama lain untuk melakukan operasi bersama,” kata Kementerian Pertahanan India dalam sebuah pernyataan pers.

Partisipasi kapal induk INS Vikramaditya sangat penting karena terjadi beberapa hari setelah seorang perwira Angkatan Laut India tewas dalam kebakaran akibat ledakan pipa uap di ruang mesin di atas kapal induk.

Aset angkatan laut lainnya yang ikut serta di pihak India termasuk kapal perusak rudal Delhi class, INS Mumbai, fregat INS Tarkash, kapal selam diesel-elektrik Shishumar, INS Shankul dan kapal tanker INS Deepak.

Armada Prancis terdiri dari fregate FNS Forbin, fregat serba guna Horizon class, FNS Provence, fregat anti-kapal selam Latouche-Tréville, kapal tanker FNS Marne dan kapal selam nuklir Rubis class

Thediplomat

Bagikan
 Posted by on Mei 6, 2019