Mar 272018
 

dok. KRI Teuku Umar (385) (Koarmabar)

Jakarta, Jakartagreater.com – Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) menggelar Latihan Perencanaan Strategis (Latrenstra) Bidang Pertahanan Negara Tahun 2018, yang dibuka oleh Asisten Perencanaan (Asrena) Pangarmabar Kolonel Laut (P) Retiono Kunto H., S.E, pada  Senin, 26-3-2018 di Gedung Nanggala Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jakarta.

Asrena Pangarmabar menyampaikan perencanaan strategis bidang pertahanan negara merupakan suatu rangkaian kegiatan perencanaan secara berurutan yang dilaksanakan setiap 20 tahun dan dijabarkan dalam periode 5 tahunan serta selanjutnya dirinci dalam perencanaan tahunan.

Sebagai bagian dari sistem tersebut, Kotama atau Satker harus berperan dan terlibat secara aktif agar perencanaan strategis mendapatkan hasil yang baik. Asrena Pangarmabar mengatakan latihan yang baru pertama kalinya dilaksanakan di Koarmabar ini diharapkan peserta latihan memahami secara utuh rangkaian kegiatan proses perencanaan bidang pertahanan negara matra laut sebagai bekal di penugasaan.

Latrenstra bidang pertahanan Koarmabar tahun 2018 pada hakikatnya merupakan latihan bagi perwira Koarmabar dalam bidang studi strategi yang menuntut adanya pengaplikasian atau penerapan seluruh teori yang nantinya akan diajarkan dan dipelajari.

Dalam kegiatan Latrenstra pembangunan bidang pertahanan kali ini tidak hanya pada lingkup proses perencanaan jangka panjang, namun juga pada lingkup proses perencanaan jangka menengah dan jangka pendek.

Asrena Pangarmabar Kolonel Laut (P) Retiono Kunto Bahas Latihan Perencanaan Strategis (Latrenstra) Bidang Pertahanan Negara 2018, Jakarta, 26-3-2018.

Kolonel Laut (P) Retiono Kunto mengharapkan para peserta latihan agar dapat lebih memperhatikan mekanisme Latrenstra tanpa mengabaikan tutntutan tersusunnya produk naskah yang bermutu serta memiliki bobot kualitas sesuai dengan standar baku yang telah ditetapkan.

Serta dapat menggali sekaligus memecahkan permasalahan yang ditemui dalam pelaksanaan latihan, sehingga dapat mengasilkan konsep dan pemikiran baru guna menjawab tatangan tugas dimasa yang akan datang.

Latrenstra Pembangunan Bidang Pertahanan Tahun 2018 ini, mengambil tema “Melalui Latrenstra Pembangunan Bidang Pertahanan Tahun 2018, Koarmabar Akan Meningkatkan Kemampuan Dan Pengetahuan Perwira Dalam Penyusunan Dokumen Serta Melaksanakan Mekanisme Renstra Koarmabar Guna Menghadapi Tugas Di Masa Mendatang”.

Kegiatan Latrenstra Pembangunan Bidang Pertahanan ini dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai dengan 29 Maret 2018. Serta diikuti oleh para perwira menengah jajaran Koarmabar.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Pegawasan dan Pengendalian (Kawasdal) Kolonel Laut (P) Heri Widodo, S.A.P., Kepala Tim (Katim) Penilai Dankolatarmabar Kolonel Laut (P) Suharto, S.H., M.Si. (Han), Aspers Pangarmabar Kolonel Laut (P) Deni Herman, S.T., M.AP., Kadisminpersarmabar Kolonel Laut (P) Agus Pratopo Budi Sarjono, S.T.  (Dispen Koarmabar).