Apr 262018
 

Jakartagreater.com – Exercise Indopura merupakan salah satu bentuk kerja sama pertahanan laut yang dilaksanakan oleh TNI AL dan Republic of Singapore Navy (RSN). Latihan ini dilaksanakan setiap 2 tahun sekali dengan tuan rumah penyelenggara bergantian antara Indonesia dan Singapura. Exercise Eagle Indopura 2018 juga menandai 42 tahun kerjasama TNI AL dan Republic Singapore Navy.

Sebelum meninggalkan Singapura, Komandan KRI DPN-365 mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak baik dari TNI AL dan RSN, sehingga latihan Latma Eagle Indopura 2018 berjalan lancar, aman dan sukses.

Kedua kapal perang Sigma yang pernah mengemban misi Maritime Task Force (MTF) UNIFIL di Lebanon selanjutnya melaksanakan peran muka belakang untuk bertolak dari Singapura menuju Surabaya, yang dilepas langsung oleh Athan RI setelah sebelumnya sudah didahului KRI SIM-367 untuk bertolak ke Indonesia.

Dalam latihan bersama tersebut selama lintas laut menuju Indonesia, dilaksanakan berbagai latihan dari TNI Angkatan Laut yaitu KRI DPN-365 dan KRI SIM-367, sedangkan dari Singapura adalah RSS Formidable, RSS Independence dan RSS Valour.

Komandan KRI DPN-365 Letkol Laut (P) Aminuddin Albek selaku Dansatgas Exercise Eagle Indopura 2018 menerima kunjungan dari Athan RI untuk Singapura Kolonel Laut (P) Sumartono beserta Ibu dan foto bersama di haluan KRI.

Selama pelayaran, unsur-unsur latihan mengadakan Boarding Exercise yaitu Tim VBSS dari RSN sebagai Tim penyerbu dan KRI SIM sebagai kapal sasaran. Kegiatan dilanjutkan dengan peran heli dan serial latihan lainnya. (Dispen Armatim).