Nov 162016
 

Latihan Taktis Antar Kecabangan  TNI AD Tahun 2016 telah dilaksanakan di Tanjung Datuk, Natuna sejak pertengahan Oktober lalu hingga  puncaknya (12/11/2016). Selain Tank Leopard 2, juga diturunkan alutsista : Tank Leopard, Tank AVLB, Tank ARV, Ranpur Marder, Ranpur M 113 A1, Ranpur Anoa, Meriam 23mm/GB, Meriam 76 mm, Meriam 105 mm, Meriam 155 mm, Roket Astros, Helly MI 35, Helly MI 17, Helly Bel 412 dan Mortir 81.

tank-leopard-natuna

Tank Leopard 2 RI di Natuna (Foto : hobbymiliter.com)

tank-leopard-natuna-1

Tank Leopard 2 RI di Natuna (Foto : hobbymiliter.com)

Pasukan yang terlibat : Satuan Brigif 13/1 Kostrad yaitu Yonif Raider 303/SSM dan Yonif Raider 323/BP dengan perkuatannya terdiri dari unsur-unsur: Yonif Para Raider 501/BY, Yonif Para Raider 432/K, Grup 3/Sandha Kopassus, Yonif Mekanis 201/JY Kodam Jaya, Yonkav 1/BCC, Yon Armed 9/155/GS/P, Yon Armed 10/105, Yon Armed 10/Astros, Yon Armed 13/76/TRK, Yonarhanud 1/PBC, Yonzipur 9/LB, Yonbekang 1/TBY, Yonkes 1/YKU, Denpal Kostrad, Denhub Kostrad, Denpom Kostrad, Jet Ski dan Sea Raider Yonif 136/TS, Yonif Mekanis 412, Yonif Mekanis 413, Heli Puspenerbad.

tank-leopard-natuna-2

Latihan PPRC

Dalam arahannya Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memaparkan berbagai sekenario untuk latihan PPRC mendatang yang rencananya juga dilakukan di Natuna. “Saya berharap nanti pada latihan PPRC dilaksanakan skenario berbeda, latihannya belum ditentukan tanggal berapa dan kapan”, ujar Panglima TNI.

Dia juga meminta Bupati Hamid Rizal untuk membantu suksesnya kegiatan PPRC nanti dengan mensosialisasikan kepada masyarakat dan TNI AD akan memfasilitasi dan akan memobilisasi seberapa banyak pun warga Natuna yang ingin menyaksikan. “Saya minta nanti warga masyarakat dapat sama-sama di sini ikut hadir menyaksikan latihan tersebut, tujuannya adalah agar warga masyarakat pulau Natuna dapat merasakan kehadiran kita untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara khususnya Natuna ini,” kata Panglima TNI.

Sumber : Antara

Bagikan:

  44 Responses to “Latihan PPRC di Natuna Tampilkan Skenario Berbeda”

  1.  

    Ko sepi?

  2.  

    Latihan terus

  3.  

    Video di artikel ini sekaligus menjawab pertanyaan para warga tetangga yg katanya jaguh, yg mengatakan bahwa Tank Leo RI tidak berdaya di medan berlumpur. Kami tidak perlu banyak bicara, kami tidak perlu banyak omong kosong, silahkan tonton video ini sampai semaput. Inilah bukti kami. Mohon warga malon jika mau menonton video ini tidak memakai kaca mata 3D….xixixi

    Jd terharu lihat video ini dan foto alutsista negeriku yg semakin canggih dan bertambah modern. Saya ucapkan terima kasih kpd pemerintah sebelumnya yg telah berjasa memodernisasi alutsista TNI. Jaya Indonesia….MERDEKA..!!!

    Kerja lg ahh….xixixi

  4.  

    Itu leopard ditaruh di natuna terus atau stlh latihan di kirim ke jawa lagi yaahh??

  5.  

    @M Ozawa

    Eyaaa…ni tank kan tidak dibeliin komputer balistik yang dilengkapi dg fitur autotracking.

    Tanpa alat tsb, walaupun sasaran sudah masuk dalam bidikan tapi kecepatan&arah angin tetap mempengaruhi ketepatan tembakan.

    Komputer balistik&autotracking mensinkronkan antara bidikan optik, sudut tembakan, jarak sasaran dan kecepatan angin, sekaligus memberi info jenis amunisi yang tepat untuk sasaran yang berbeda-beda (anti tank, anti personel, dsb). Komputer ini sekaligus menyingkat sekuel penembakan dari mulai membidik, mengatur sudut tembakan, menghitung kecepatan angin dan memilih jenis peluru.

    Tanpa komputer ini, dalam sekuel penembakan tak ubahnya penembakan dalam tank generasi awal spt scorpion atau amx

    Jadi disinilah salah satu kelemahan leopard RI dibanding milik singapur atau abrams miliki aussy

  6.  

    Lebih baik mandi keringat saat latihan daripada mandi darah dalam pertempuran.

  7.  

    @nico robin

    Sudah menjadi kesepakatan yang berlaku secara internasional….kapal perang yang tenggelam dalam masa perang dianggap sbg “kuburan” bagi awaknya yang menjadi korban….dimanapun lokasinya berada walaupun bukan dinegara asalnya.

  8.  

    Mau latihan lagi ? Tp x ini di saksi’in warga ? Alusista ghoib kah yg di keluarin ??

  9.  

    bikin tank yg banyak pak.. biar swaktu iring2an deru mesinnya bergemuruh dan getaran roda2 rantainya menggetarkan bumi tetangga..! kita tunjukan kekuatan sbenarnya bahwa NKRI mampu luluh lantakan gunung pembendung, rawe2 rantas, malang2 putung..
    yg rese di brantas, yg jadi penghalang di pentung..!

    ayo semangat kerja.!

  10.  

    Wuuush whuuush….

    cluester meluncur..

    blaaak blaak blaak

    takde tobe continue

  11.  

    pasti kalian tahu jawabannya

  12.  

    GITU DONG LATIHAN TERUS JANGAN DI UMPETIN SENJATA NYA,JANGAN BELI2 AJA TERUS KAGAK DI UJI KAYAK SEBELUM NYA TERBUKTI BARANG CHINA ERA SBLM,DELAY DN MELESET GARA2 KAGAK DI UJI DL UNTUNG BELUM PERANG WKWKWKWK

  13.  

    stop beli senjata buatan cina

  14.  

    cuman usul buat pak Panglima …
    sekali kali pelaksanaan latihan nya tanpa jadwal, dibuat mendadak latihan siaga merah … spy tahu berapa lama kesiapan semua unsur tempur & berapa lama utk sampai di tujuan dlm kondisi darurat perang.

  15.  

    porsinya masi kurang ideal, mohon di tambah leopardnya, trus di tambah jumlahnya di buletin jd 500 unit. atau tambah T-80 hibah dari iran

  16.  

    banyakloh mas orang kita yg jadi pelaut kerajaan belanda dulu

  17.  

    Mbtx kurang mlrsx jg msih kurang…
    sbtulx drone lah snjts pling tepat dtemptkn d natunavyg dlengkpi missile

  18.  

    coba latihan di Indonesia Timur, biar “teman kita” yang dibelakang sana tau..

  19.  

    perkuat terus kekuatan di pulau natuna setelah itu biasakan dengan medan tempur di daratan natuna

  20.  

    inget waktu di kesatuan

 Leave a Reply