Latihan Pra Armada Jaya TNI AL Libatkan Belasan Kapal Perang

JakartaGreater – TNI AL melakukan latihan Pra Armada Jaya meliputi: Latihan Operasi Laut Gabungan (Opslagab), Operasi Amfibi (Opsgabfib), Operasi Gabungan Pendaratan Administrasi (Opsratmin), Operasi Pertahanan Pantai (Opshantai, dengan melibatkan ribuan personel dan alutsista TNI AL dari Koarmada I dan Koarmada II.

Latihan ini bertujuan untuk menguji dan meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit TNI AL serta kesiapsiagaan peralatan tempur TNI AL.

Latihan Pra Armada Jaya, TNI AL Libatkan Belasan Kapal Perang

Latihan Pra Armada Jaya 2021 juga merupakan latihan matra TNI AL yang terdiri dari latihan operasi laut gabungan dilaksanakan oleh Koarmada II, latihan operasi gabungan amfibi dilaksanakan oleh Koarmada I, latihan pasukan pendarat dilaksanakan oleh Kormar, latihan operasi pendaratan administrasi dilaksanakan oleh Kolinlamil dan latihan operasi pertahanan pantai dilaksanakan oleh Koarmada I dalam hal ini Lantamal IV Tanjung Pinang yang berlangsung hingga 15 April 2021 mendatang, dirilis Pen Koarmada II, 9-4-2021.

Latihan Pra Armada Jaya, TNI AL Libatkan Belasan Kapal Perang

Dalam latihan kali ini melibatkan beberapa Alutsista TNI AL dari Koarmada I dan Koarmada II diantaranya KRI R.E. Martadinata-331, KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Fatahillah-361, KRI Clurit-641, KRI Kujang-642, KRI Nanggala-401, KRI Aluguro-405, KRI Diponegoro 365, KRI Bung Tomo-357, KRI Teuku Umar-385, KRI Patimura-371, KRI Tjiptadi-381, KRI Pulau Rangsang-727, KRI Sutedi Senaputra–378, KRI Imam Bonjol-383, KRI Sembilang–850 dan 5 pesawat udara, 10 kendaraan tempur yang terdiri dari BTR-50 6 unit dan BMP-3F sebanyak 4 unit.

Latihan Pra Armada Jaya, TNI AL Libatkan Belasan Kapal Perang

latihan Operasi Laut Gabungan (Opslagab) yang dilaksanakan oleh Koarmada II bertujuan untuk mewujudkan keunggulan laut dengan cara meniadakan niat dan menghancurkan kekuatan armada laut suatu negara/lebih yang akan melakukan agresi dan atau konflik bersenjata dalam rangka penegakkan kedaulatan negara.

Para pejabat TNI AL yang hadir menyaksikan latihan dan Onboard di KRI GNR-332 diantaranya Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Asrena Kasal, Asintel Kasal, Waasops Kasal, Pangkoarmada I, Pangkoarmada II, Kadispenal, Kadisenlekal serta Asops Pangkoarmada I.

Latihan Pra Armada Jaya, TNI AL Libatkan Belasan Kapal Perang

Daa=lam latihan ini Dua Kapal perang TNI Angkatan Laut (TNI AL) KRI Clurit-641 dan KRI Kujang 642 berhasil menembakkan peluru kendali (Rudal) C-705 dan Hit on target atau mengenai sasaran yang menyebabkan taget kapal sasaran tenggelam.

Target sasaran adalah sebuah kapal Eks KRI Balikpapan dengan jarak lebih kurang 70 km. Penembakan Rudal di perairan Natuna ini merupakan rangkaian latihan yang digelar TNI AL Pra Armada Jaya.