Agu 012018
 

Latihan Pemantapan Rupanpur Korps Marinir TA. 2018 kali ini diselenggarakan di Puslatpurmar – 7 Lampon dengan diikuti oleh 140 peserta dari jajaran Brigif 1 Marinir, Brigif 2 Marinir dan Brigif 3 Marinir.

Surabaya, Jakartagreater.com – Regu Pandu Tempur Korps Marinir (Rupanpur) mengadakan latihan pemantapan yang diresmikan oleh Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi  pada 30 Juli 2018 di Lapangan Apel Kesatrian Ewa Pangalila Gunung Sari Surabaya.

Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi mewakili Komandan Korps Marinir menjadi ispektur upacara dalam upacara pembukaan Latihan Pemantapan Regu Pandu Tempur Korps Marinir TA. 2018. Adapun selaku Komandan Upacara Mayor Marinir Wawan Kusumawan jabatan kesehariannya sebagai Dan Denlat Opsfib, selaku Perwira Upacara Kapten Marinir Noko Sugiarto jabatan kesehariannya sebagai Wadan Denlat Korbantem.

Latihan Pemantapan Rupanpur Korps Marinir TA. 2018 kali ini diselenggarakan di Puslatpurmar – 7 Lampon dengan diikuti oleh 140 peserta dari jajaran Brigif 1 Marinir, Brigif 2 Marinir dan Brigif 3 Marinir.

Adapun rencana Latihan Pemantapan Rupanpur tersebut berlangsung selama 2 minggu mulai tanggal 30 Juli s.d 12 Agustus 2018, dengan materi latihan meliputi Kemampuan Akademi, Kemampuan Dasar Perorangan, Kemampuan Aspek Darat dan Kemampuan Aspek Laut.

Adapun medan latihan yang akan digunakan pada latihan kali ini meliputi sekitar Alas Purwo, Poncomayo Banyuwangi. Adapun Latihan Pemantapan Regu Pandu Tempur Ta. 2018 kali ini didukung oleh para pelatih profesional dari Komando Latih Korps Marinir yang tidak diragukan lagi kemampuannya.

Dalam amanat Komandan Korps Marinir yang dibacakan oleh Komandan Pasmar -1 Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi menerangkan bahwa Regu Pandu Tempur (Rupanpur) adalah Satuan organik yang dimiliki Batalyon Infanteri Marinir, yang berfungsi sebagai mata dan telinga Batalyon untuk memberikan data intelijen, data situasi depan pertempuran dan memandu induk satuan dalam operasi tempur dalam rangka mendukung tugas Batalon Infanteri Marinir.

Oleh karena itu, dihadapkan tugas, fungsi dan peranannya diperlukan pembekalan pengetahuan dan keterampilan, melalui Latihan Pemantapan Regu Pandu Tempur. Dengan harapan agar para personel Rupanpur akan memiliki tingkat kualifikasi dan kemampuan yang lebih dari sebelumnya dan mampu dimonilisasikan sebagai satuan terdepan guna mendukung tugas-tugas Batalyon Infenteri Marinir.

Komandan Koprs Marinir memberikan penekanan untuk dilaksanakan pada latihan tersebut yang dibacakan oleh Inspektur Upacara meliputi :

  1.  Pertama, Dengan waktu yang terbatas ini laksanakan segala kegiatan latihan denga penuh rasa tanggung jawab sehingga apa yang saudara ikuti dapat membawa manfaat baik terhadap satuan maupun perorangan.
  2. Kedua, Jangan ragu dan malu untuk bertanya kepada pelatih atau instruktur, apabila ada materi latihan yang belum saudara pahami.
  3. Ketiga, Bina dan tingkatkan disiplin diri dengan tetap mendekatkan diri kepada Sang Pencipta agar saudara mampu melaksanakan tugas dengan baik sesuai apa yang diharapkan oleh Korps Marinir.
  4. Keempat, Laksanakan prosedur keamanan personel maupun material dalam setiap kegiatan sesuai yang ditetapkan serta berorientasi kepada zero accident.
  5. Kelima, Kepada pelatih dan instruktur, berikan materi latihan dengan baik kepada para peserta latihan agar mudah diterima dan dipahami sehingga dapat dijadikan bekal bagi personel Regu Pandu Tempur dalam melaksanakan tugas.

Hadir dalam pelaksanaan pembukaan latihan Latap Rupanpur kali ini Para pejabat utama Mako Kormar, Para Dankolak Kormar, Para Asisten Pasmar-2, Para Komandan Kolak Pasmar-2, Para Komandan Satuan dan Komandan Komando Latih Korps Marinir serta Para Pastaf Komando Latih Korps Marinir.(Mariir.tial.mil.id).

Bagikan:

  One Response to “Latihan Regu Pandu Tempur Korps Marinir”

  1.  

    RUPANPUR – Regu Pandu Tempur – Unit Khusus Batalyon Infanteri Marinir

    http://militerhebatdunia.blogspot.com/2016/07/rupanpur-regu-pandu-tempur-unit-khusus.html

 Leave a Reply