Des 172018
 

Kegiatan ini merupakan latihan interoperability evakuasi medis udara dengan sandi “Angel Rescue IV” yang menggunakan Heli Dauphin AS-365 N3+ dan rumah sakit sipil Saint George University Hospital sebagai sarana evakuasi medis.

Lebanon, Jakartagreater.com – Satgas Maritim (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-K/KRI Sultan Hasanuddin-366 bergerak dengan cepat melaksanakan evakuasi medis udara terhadap 1 personil crew Kapal Jerman FGS Oldenburg F-263 yang mengalami cidera luka berat akibat musibah kebakaran, pada Kamis 13-12-2018 di Area Maritime Of Operation, Laut Mediterania, Lebanon.

Kegiatan ini merupakan latihan interoperability evakuasi medis udara dengan sandi “Angel Rescue IV” yang menggunakan Heli Dauphin AS-365 N3+ dan rumah sakit sipil Saint George University Hospital sebagai sarana evakuasi medis.

Dalam kegiatan tersebut, diskenariokan kapal Jerman FGS Oldenburg F-263 mengalami kebakaran yang mengakibatkan 3 korban terluka dengan kategori 1 luka berat dan 2 luka sedang.

Satu korban yang mengalami luka berat dievakuasi menggunakan Heli Dauphin AS-365 N3+ yang dikemudikan pilot Kapten Laut (P) Muhammad Al Amin dan Co Pilot Kapten Laut (P) Ario Letto menuju Saint George University Hospital untuk penanganan lebih lanjut.

Menurut Dansatgas Letkol Laut (P) Cecep Hidayat, S.E.,M.Si, kegiatan latihan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan unsur-unsur MTF dan meningkatkan kemampuan tim rescue crew kapal, Helikopter Dauphin AS-365 N3+ serta tim medis baik yang ada di unsur MTF maupun yg ada di Saint Goerge Hospital guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang dialami oleh personel UNIFIL khususnya crew kapal MTF yang sedang bertugas di Area Maritime of Operation (AMO).

“Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan unsur-unsur MTF dan meningkatkan kemampuan tim rescue crew kapal, crew heli dan tim medis untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang dialami crew kapal saat bertugas,” tandasnya.

Satuan Tugas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII-K/Unifil (United Nations Interim Force in Lebanon) yang dipimpin oleh Letkol Laut (P) Cecep Hidayat, S.E.,M.Si , adalah Satgas yang bertugas sebagai pasukan pemeliharaan perdamaian dunia dibawah naungan PBB selama 1 tahun di wilayah perairan Lebanon dengan menggunakan KRI Sultan Hasanuddin-366. (dispen koarmada II)