Latihan Scramble Skadron 16

53
60

skadron-16Arsenal terbaru TNI AU, F-16 Block 52ID yang dioperasikan oleh Skadron Udara 16 senantiasa melatih naluri bertempur dan mengoptimalkan kemampuan guna menjadi satuan tempur yang unggul dan perkasa. Salah satu jenis latihan yang rutin dilaksanakan adalah scramble atau reaksi cepat dalam sebuah operasi pertahanan udara aktif.

Dengan dibentuknya Skadron Udara 16 di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, praktis menambah kekuatan unsur tempur sergap Kohanudnas secara signifikan, terutama di wilayah udara Indonesia bagian barat. Bagian barat wilayah Indonesia tentunya meliputi daerah Selat Malaka yang merupakan salah satu jalur penerbangan tersibuk dan pelayaran strategis dunia.

Sejak diresmikan operasional akhir tahun lalu, Skadron Udara 16 langsung berperan dalam operasi pertahanan udara dan pengamanan obyek vital nasional sepanjang tahun, dengan sandi Operasi Tangkis Sergap-15. Dalam operasi ini unsur tempur sergap dituntut memiliki kemampuan mobilitas yang tinggi, dapat digerakkan dengan cepat, siaga 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu. Skadron Udara 16 mengoperasikan pesawat F-16 Block 52ID yang sesuai peruntukannya sebagai multirole fighter dilatih agar dapat memenuhi tuntutan itu.

Untuk tetap menjaga tingkat kesiapan dan moral tempur satuan, baik penerbang maupun teknisi, silabi latihan secara terjadwal telah dilaksanakan. Termasuk di dalamnya latihan scramble dan simulasi intersepsi udara. (tni-au.mil.id)

53 KOMENTAR

    • Pulau indonesia ada ribuan bung. Butuh berapa tahun buat memenuhinnya??

      Klo pulau besarnya, 1 pulau 1 ska keknya masih sangat kurang menurutku.

      yg jelas SU-35 jangan sampai lolos. Langsung bungkus. Special pake telor.

      NKRI harga mati

  1. Minta Tolong Admin, saya sangat Apresiasi dgn situs JKGR ini , bnyk informasi yang sangat bermanfaat dapat saya dapatkan di sini, akan tapi sangat di sayangkan , di sini saya lihat ada Iklan misi Misionaris , Maaf dari Umat Kris**n , Gambar dan tulisan “Ingin Mengenal Tuhan ” akan menjadi SARA , karena menyangkut urusan ber agama dan mayoritas Musl** dan ini kan NKRI , ini situs nasional bukan situs agama, kalau lah mau promosi agama seharusnya di situs agamanya sendiri dong, dan hal ini berlangsung da lama Maaf klo ada salah ucapan saya,

    • Ini orang komennya “SAMPAH” banget…, mngkin klo itu link bokep komen lu gak nyampah gitu..malah mngkin mnta nambah link yg lain..kbikan buat saudara yg bukan beragama mayoritas lu larang? lu tau gak klo bnyak jga warjag d sini bukan beragama mayoritas…klo lu gak suka yaa gak perlu nuntut macem2.. emang nenek moyang lu doank yg brhak d warjag ini?.. biar lo tau bahwa mayoritas di daerah Papua, Bali, NTT, Manado, Kalteng, Tapanuli bukan beragama mayoritas..trus klo orang d daerah trsebut mau buka link yg elu maksud bagaimana? lo mau larang?.. makanya jgn kbnyakan hidup d pulau jawa, yg jdinya fikiran lu bahwa Indonesia ini hnya sebatas pulau jawa aja..

      • bung blue navy…klo memang bung berfikir jernih ttg iklan yg bung DK maksud..yaa gak usah lah d larang2…klo mau yaa tinggal d tbahi ama iklan atau link dri agama lain yg ada d Indonesia malah lbh bagus & Indonesia bnget..jgn kesannya merendahkan yg agam minoritas gitu..toh jga utk iklan atau link agama yg mayoritas kan bnyak jga bertebaran..mlah lbh byak..d sinetron2 mlah lbh sering..toh saudara yg beragama lain gak ribut kyak komennya khan?..ini Indonesia yg berasal dri byak suku & agama..jgn prnh merasa merendahkan dgn sesama saudara sebangsa..

    • tidak semuda itu asal ditempatkan hrs disesuaikan dgn situasi politik klo adem ayem z kenapa mw bikin gaduh lagian jgn hanya memikirkan menyerang tetapi pertahanan jg hrs dipikirkan,gmn klo musuh tiba2 nyerang jakarta dari arah selatan ???…….(waspada satu p.cocos)

      penempatan hrs strategis mengingat jet kita terbatas seperti di makassar jet bisa dikirim keselatan (australia) dan keutara (ambalat).

  2. Pemerintah sebaiknya jangan terlena dengan rayuan atau tipuan f16, typhoon, rafale, apabila sampai menggagalkan akuisi su35.
    Apakah jika suatu saat Indonesia dirongrong/diinvasi negara tetangga yang notabene akan memiliki f35, mereka (pesawat2 itu) mampu membendung / melawannya. Kalau iya sih tak apa…
    Kita semua jangan menutup mata.
    Saya takut ada upaya untuk melemahkan kekuatan militer kita agar jangan sampai memiliki pespur yang mampu menandingi/melawan pespur sekutu U.S dengan memaksakan agar Indonesia hanya memiliki pespur yang levelnya dibawah f35. Sehingga bila suatu saat kalau memang perlu diinvasi, kekuatan udara Indonesia sudah terukur dan terbaca. Bahkan sebelum diinvasi bisa dilemahkan terlebih dahulu dengan cara diembargo (Indonesia sudah berpengalaman kl masalah ini ?)
    Contoh Irak, sebelum diserang rudal2nya suruh dipotongin terlebih dahulu agar tidak bertenaga ketika diserang.
    Disaat situasi geopolitik regional dan global yang cukup krusial saat ini, terlebih ada indikasi penempatan kekuatan militer U.S yang cukup besar di Australia juga di Cocos island, chrismast island, kepulauan andaman nicobar dll yang tidak terasa ternyata berada di sekeliling Indonesia, memiliki urgensi tersendiri bagi negara kita untuk memiliki peralatan perang yang mumpuni baik Darat, Laut maupun Udara.

  3. saya sudah menduga hal ini akan menjadi kartu truff mereka, segala kebobrokannya akan dibuka, waktu jaman SBY juga gitu, segala prilaku kadernya dibuka sehingga terkuak semua, cm karena SBY pure dipilih rakyat ( 2x menang telak ) tidak terlibat apa-apa ya SBY tidak terkena. entah klo presiden x ini banyak yg tidak diketahui,

    misi intelijen australia sdh dilancarkan akan membuka semua bobrok pemilu kemarin

  4. Tumben F-16 ada beritanya, biasanya yg keluar hanya Sukhoi Family entah cman latihan, down force black flight, operasi pemantauan udara diperbatasan, ampe2 sukhoi dibuat ngawal napi
    Ternyata gak cuman nunggu di shelter saja tow