Feb 082019
 

Malang, Jakartagreater.com  – Memasuki hari ke-3 latihan Survival Dasar Bima Sakti A-39 T.A 2019 Lanud Abd Saleh, melaksanakan jalan Peta, dan Survival Air pada Rabu 6-2-2019 bertempat di Bendungan Selorejo, Kab. Malang Jawa Timur.

Kegiatan yang berjalan dengan aman dan lancar tersebut dipimpin langsung Komandan Latihan Letkol Pnb Taufik Nur Cahyanto, S.T, M, Han.

Letkol Pnb Taufik Nur Cahyanto, S.T, M, Han. disela-sela acara menyampaikan bahwa kegiatan Survival dasar ini sebelumnya diisi dengan berbagai teori diantaranya Pengenalan Survival Air, Pengetahuan Survival, Teori & Praktek Egress/Ditching, Teori dan Praktek Kerjasama dengan Pesawat Terbang, IMPK, Pengetahuan P3K, Teori Motivasi, Team Work & SOG, teori Kompas Siang dan Jalan Peta serta Praktek Pembuatan Bivak & Jerat.

Menurutnya, latihan Survival Dasar Bima Sakti A-39 ini merupakan pengetahuan dasar untuk melatih dan menambah pengetahuan para awak pesawat, tentang cara bertahan hidup dari kesulitan-kesulitan yang ditemui baik di darat maupun di air apabila sewaktu-waktu mengalami kondisi emergency dan jatuh di daerah yang tidak dikenal pada saat melaksanakan misi operasi udara,” tegasnya.

Adapun tujuan dari latihan survival ini memberikan pembekalan dasar kepada awak pesawat tentang teori survival untuk bertahan hidup baik di darat maupun di air.

Latihan survival dasar yang rencananya digelar selama 5 hari ini cukup menarik, karena selain diikuti anggota Lanud Abd Saleh, juga diikuti anggota SAR, BPBD, Pramuka, Menwa dan relawan baik dari daerah sekitar malang maupun luar daerah Malang Jawa Timur.

(tni-au.mil.id)