Latihan Tempur Sikatan Daya Melibatkan 39 Pesawat

Jakartagreater –  Komando Operasi TNI Angkatan Udara II menggelar latihan antar satuan “Sikatan Daya 2020” yang melibatkan skadron udara tempur, angkut, intai dan Helikopter, dengan jumlah 39 pesawat, dirilis Situs TNI AU, Selasa 29-9-2020

Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara II, Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo, SIP pada Senin 28-9-2020 tiba di Lanud Abdlurachman Saleh Malang, Jawa Timur, untuk menandai dimulainya manuver lapangan. Pangkoopsau II mengatakan latihan tempur dengan sandi Sikatan Daya 2020 ini bertujuan untuk menguji sejauh mana kesiapan dari seluruh satuan yang ada di jajaran Koopsau II.

“Koopsau II memiliki 12 pangkalan udara, 3 diantaranya adalah Pangkalan Udara (Lanud) Tipe A yang membawahi beberapa skadron udara. Nah hari ini kita lakukan manuver lapangan, bagaimana realisasi satuan tugas di jajaran Koopsau II dalam menjalankan tugasnya,” ujar Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo.

Jet tempur Sukhoi Air Refuelling di latihan Sikatan Daya 2020 (@ Skadron Udara 14 TNI AU)

Sejumlah skadron udara yang memiliki pesawat-pesawat tempur dilibatkan diantaranya 4 pesawat Sukhoi dari Skadron Udara 11 yang akan tergabung dalam Satuan Pesawat Tempur (Satpespur) dengan sejumlah pesawat F-16 dari Skadron Udara 3, pesawat Su-27/30 dari Skadron Udara 14, pesawat T-50i dari Skadron Udara 15, serta pesawat EMB-314 Super Tucano dari Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Manuver lapangan itu akan dilaksanakan selama 3 hari mulai hari ini hingga tanggal 30 September 2020 mendatang. Sebelumnya telah didahului kegiatan Gladi Posko dengan menggunakan sarana vikon yang berlangsung selama 3 hari, Senin-Rabu 21 sampai 23-9-2020.

Latihan antar satuan Koopsau II “Sikatan Daya” 2020 yang digelar ini, mensimulasikan beberapa operasi udara yang menjadi tanggungjawab Koopsau II diantaranya operasi intelejen udara, serangan udara strategis, perlawanan udara maupun darat, serta operasi dukungan udara.

“Meliputi pengisian bahan bakar di udara maupun penerjunan. Kita melibatkan sekitar 706 personel dengan 3 pangkalan operasi yang kita gunakan yakni Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Lanud Iswahyudi di Madiun dan Lanud Mulyono di Surabaya,” kata Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo.

Hari ini manuver lapangan dimulai oleh Satuan di jajaran Komando Operasi TNI Angkatan Udara II (Koopsau II) dengan sandi Sikatan Daya 2020 untuk menguji kemampuan tempur personel jajaran Koopsau II dengan segala aspek pendukungnya.

Sharing

5 pemikiran pada “Latihan Tempur Sikatan Daya Melibatkan 39 Pesawat”

  1. liat photo diatas pespur nya keren…tapi kalou engak ada rudalnya kayak liat gerobak terbang aja kayak nya…!!!
    jadi bukan pespur nya yang buat seyem…tapi gotongan nya…!!!
    mau f22 mau su57 kalou engak ada senjatanya percuma…lebih gantengan tukino bawa bom tandan…!!!

Tinggalkan komentar