Mei 112017
 

Skadron Udara 12 dan Skadron Udara 16 Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin melaksanakan latihan terbang malam yang dimulai sejak Senin (8/5) hingga Rabu (10/5). (roesminnurjadin.com)


Pesawat tempur F-16 Skadron Udara 16 dan Hawk 100/200 Skadron Udara 12 Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin menggelar latihan terbang pada malam hari di langit Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama (Marsma) Henri Alfiandi, menyampaikan bahwa latihan terbang malam digelar selama tiga malam mulai Senin (8/5). Ia berharap masyarakat tidak terkejut dengan suara gemuruh pesawat tempur saat malam hari.

“Latihan ini dilakukan secara rutin oleh para penerbang Skadron Udara 12 dan 16 guna melatih, mengasah dan meningkatkan kemampuan mereka agar dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik,” ujar Marsma Henri Alfiandi di Pekanbaru, Rabu.

Skadron Udara 12 dan Skadron Udara 16 Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin melaksanakan latihan terbang malam yang dimulai sejak Senin (8/5) hingga Rabu (10/5). (roesminnurjadin.com)


Danlanud menjelaskan bahwa latihan terbang malam ini dilakukan oleh penerbang sesuai tahapan pencapaian individu pilot.

“Para penerbang di Skadron Udara 12 dengan pesawat tempur Hawk 100/200 dan Skadron Udara 16 dengan pesawat tempur F-16 harus dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kemampuan terbangnya. Untuk itu, latihan ini dilaksanakan sehingga kesiapsiagaan operasi selalu terjaga,” kata Marsma Henri Alfiandi.

Danlanud menyampaikan sebagai pangkalan operasi, Lanud Roesmin Nurjadin harus siap menjalankan misi apapun yang diberikan. Salah satunya adalah melakukan operasi udara yang dapat terjadi kapan saja, baik siang ataupun malam hari.

Marsma Henri Alfiandi juga menambahkan bahwa dalam latihan ini tak hanya para penerbangnya saja yang meningkatkan kemampuannya, namun juga melihat dan meningkatkan kesiapan para ground crew dan Alutsista yang dimiliki dalam pelaksanaan tugas.

Sumber: Antara

 Posted by on Mei 11, 2017

  34 Responses to “Latihan Terbang Malam Pesawat F-16 dan Hawk 100/200 TNI AU”

  1.  

    mantap dah

    •  

      Barusan buka tempo kok nggak bisa.
      Semoga segera bisa diakses lagi.

    •  

      Agar tdk mengganggu latihannya jgn diatas kota bisa dipinggir kota jarang penduduk atau diatas laut…. Kan kasihan pasien rumah sakit pesawat meraung-raung mondar mandir latihan dogfiht……pernah f-5 tiger terbang rendah latihan diatas kota sampai jendela kaca rumah penduduk gemetar dan agak retak serta kakek sy yg lagi sakit terganggu, Bkn tidak cinta TNI tapi jgn egois juga mesti dipikir hak orang lain. Bravo TNI-AU !!!!… (Jgn lupa gripen-NG 3 skuadron, su-35 kelaut aja)

  2.  

    Berlatih dan terus berlatih untuk mengasah kemampuan serta mengenali karakter alutsista yg ditunggangi agar efektif kemampuannya. Asal bukan eject Kat hanggar yahh…

  3.  

    Mantaplah, siap tempur disegala situasi dan kondisi! Bravo TNI AU!

  4.  

    kalau F15 SG nerobos masuk, kira2 apa yg bisa dilakukan Hawk ya?

  5.  

    diantara skuadron yang ada sepertinya skuadron ini yan paling sering latihan, ada apa ya

  6.  

    Sayangnya yg d tunggangi sdh mulai berumur smua….

  7.  

    Test…

  8.  

    Yang belum pernah denger tuh latian terbang Malam super tukino…hehehe

  9.  

    Bung diego, tadi saya baca di runing text salahsatu tv nasional, katanya rusia segera membangun reaktor nuklir disumatra, apa bener nih,,

  10.  

    Tes

  11.  

    Ini yg bikin ponakan saya nangis kaget karena knalpotnya seperti nempel di telinga

  12.  

    dahsyatnya ..

  13.  

    Kadang ada efek sonic boom.warga terutama emak emak pada panik,kirain WW3 di mulai.seperti suara kentut meleput leput di udara.ahaha

  14.  

    Ane demen ni…Eni cm slah satu dr segudang kecanggihan The Legendary Falcon, fly by wire, ni pilot jet super canggih bs terbang sambil tidur, …blon prnah tu ade cerita rongsokan kuminis terbang malem…la die punye radar visualnye item putih doang, jangan2 masih analog HUAHAHA…

  15.  

    Wah..ini yang ribut 3 malam berturut turut.. salut ..tidak peduli cuaca hujan terus dipekanbaru…eeeits. F16 nya pake bawa “Pensil” segala…hehehe